LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Sepenggal Siang di Kota Lama Semarang

| 23 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu… Selamat Tahun Baru 2022 ya..semoga tahun ini penuh kebahagiaan, kesuksesan dan keberkahan untuk kita semua. Aamiin..

Senang bisa nulis lagi di sini setelah beberapa lama rumah maya sederhana ini nggak update. Kali ini aku ingin menuliskan pengalamanku berkunjung kembali ke Kota Lama Semarang, beberapa waktu lalu.

Sepenggal siang di Kota Lama Semarang

Tentang Kawasan Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang dulunya merupakan sebuah kawasan pusat perdagangan Kota Semarang di sekitar abad 19-20 Masehi.

Di kawasan yang dulunya disebut outstad dengan jalan utama yang dulu disebut Heren Straat  (kini dinamakan Jl. Letjen Suprapto) ini kita dapat melihat gedung-gedung kuno. Tidak hanya yang berarsitektur eropa, namun juga bangunan-bangunan yang mewakili budaya tionghoa maupun arab.

Pecinta sejarah dan budaya akan senang sekali menyusuri kawasan ini, demikian juga para pecinta fotografi maupun yang suka berfoto-ria.

Gereja Blenduk di Kota Lama

Gereja Blenduk, salah satu ikon Kota Lama Semarang

Ada buanyaaaak spot-spot cantik yang bersuasana  vintage nan instagramable di kawasan yang berlokasi di Jl. Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kec Semarang Utara Kota Semarang ini.

Spot foto di Kota Lama

Salah satu sudut cantik di Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang Makin Cantik

Terakhir aku berkunjung ke salah satu kawasan wisata di Kota Semarang ini kalau tidak salah di Februari 2019, saat merayakan ulang tahun ke-4 komunitas Gandjel Rel di salah satu resto di kawasan Kota Lama ini. Wah..sudah 3 tahun lalu, pantas saja kemarin itu aku merasa agak pangling, karena…kawasan ini makin cantik!

Renovasi di kawasan ini rupanya sudah hampir selesai ya..trotoar resik dengan tiang-tiang lampu yang cantik dan tanaman-tanaman hias di tepi jalan membuat aktivitas berjalan-jalan di kawasan Kota Lama sekarang makin terasa nyaman.

Jalan lingkungan Kota Lama Semarang

Berjalan-jalan di Kota Lama Semarang makin asyik..

Seperti biasa, jalan-jalan di Kota Lama ini selalu nggak kuat untuk nggak pepotoan! Hahaha…ya iyalaah.. Selain gedung-gedung tuanya yang cakep, suasana di sekitar yang semakin asri membuat hasrat bergaya di depan kamera sulit dibendung! 😊😊

Gedung tua di Kota Lama

Beberapa gedung tua di kawasan Kota Lama Semarang

Sepeda sewa di Kota Lama

Bosan keliling Kota Lama dengan jalan kaki? Sepedaan saja!

Galeri Industri Kreatif Semarang

Oya, saat berkunjung ke Kota Lama di bulan November 2021 lalu kami sempat mampir sebentar ke Galeri Industri Kreatif Semarang (GIK) yang berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang tepatnya di daerah belakang GPIB Immanuel / Gereja  Blenduk.

GIK Semarang di Kota Lama

Galeri Industri Kreatif Semarang

Di dalam GIK ini kita bisa melihat-lihat maupun membeli berbagai hasil industri kecil / UKM Kota Semarang. Ada beragam batik dan bentuk kain ataupun pakaian jadi, hasil seni kriya bahkan di salah satu area khusus ada barang-barang jadul semacam ‘pasar klithikan‘ begitu..

Kios Barang Jadul di Kota Lama

Waduuuuh…ada buanyaaak barang jadul nih..bisa buat properti pepotoan..hehe..

Tak lupa ada juga area kuliner sehingga pengunjung dapat mampir sebentar melepas dahaga / lapar setelah menikmati sajian karya seni di GIK ini. Asyik sekali..

Pose duluuu…

Oya, GIK ini juga merupakan lokasi Creative Hub Semarang (CHS) yang merupakan salah satu wadah / ruang kreasi dan kolaborasi komunitas di Kota Semarang yang diresmikan oleh Menparekraf dan Wagub Jateng pada 13 Maret 2021 lalu.

Taman Srigunting Kota Lama Semarang

Ngadem sejenak di Taman Srigunting yang asri

Sahabat Lalang Ungu, itulah sekilas cerita pengalamanku berkunjung kembali di Kawasan Kota Lama Semarang beberapa waktu lalu. Salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang tak pernah bosan kukunjungi..hehe..

Bagaimana dengan kalian? Ada kenangan indah di Kota Lama? Yuk..bagi ceritanya di kolom komen ya.. Terima kasih..

23 Comments

  1. Bolak-balik lewat tapi belum pernah masuk GIK. Mupeng nih buat berburu barang2 lucu di dalamnya.

  2. Waah cantiknya. Jika ada rezeki ke Semarang, harus mampir di kota lama ini ^__^

  3. Setuju banget mba caption foto mu salah satu sudut semarang yang cantik…aura semarang itu kayak tenang ya mba. Kapan kapan akh bisa bermalam di sini maklum suka lewat aja kota ini

  4. Perkembangan kota Semarang luar biasa ya dan bersyukur banyak gedung² bersejarah yang di jadikan cagar budaya.

  5. Salah satu tempat yang pengen dikunjungi nih. Tapi kapan ya.
    Terakhir ke Semarang aja udah lama banget, jaman masih lajang.

  6. Aq malah blum pernah k gik mba, k kotalama jg sekedar lewat. Trakhir ksnaa tahun 2020 setelah lebaran wkkkk pdhl sering lewat kawasan pecinan, mau k kotalama kok mager

  7. Setiap kota lama di tiap kota selali menyajikan nilai artistik, termasuk bangunannya.

    Akutuh sering ke Semarang tapi belum pernah sampai ke Kota Lama mbak. Palingan ke Lawang Sewu. Padahal pengen banget hunting foto disana haha

  8. Aku baru ke sana lagi setelah bertahun-tahun absen karena pandemi, memang makin cantik ya dan kafenya makin banyak. Favorit anak-anak tetap ya gelato matteo hihi. Itu sepedanya disewa per jam ya Mbak?

  9. Waah lama nggak pulangg, seru nih skrg ada sepedanya. Makin mendukung buat eksplor kota lama dgn paripurnaaa

  10. Aku juga suka mbak jalan-jalan di kota lama, apalagi kalau sore atau malam hari gitu, lumayan refreshing ya

  11. Ini adalah kota (dan secara spesifik, kawasan Kota Lama) yang ingin banget aku datangin ulang. Dulu waktu mepet, sampe nyari spot foto yang ada akarnya aja itu nggak nemu huhuhu.

    Kalau bisa balik ke sana lagi udah kebayang spot-spot foto dan gaya yang mau dipake muahahaha. Makasih tulisannya mbak, jadi bisa kangen-kangenan sama Kota Lama Semarang.

  12. Kota lama sekarang makin cantik. Cocoknya jalan2 ke kota lama kalau pagi atau sore, nek siang puaaaannassss. Kasian kalau bawa anak2.

  13. Semarang sekarang seru banget, banyak tempat-tempat yang menarik buat dikunjungin. Apalagi area jalan kakinya juga udah makin banyak, jadi bisa menikmati kota semarang lebih nyaman bersama dengan pasangan hhi

  14. Senangnya baca ini karena jadi nostalgia saat jalan-jalan ke Kota Lama… jadi pengen jalan-jalan kesana deh menikmati indahnya kota lama..

  15. Suasana Kota Lama Semarang sangat vintage sekali yaa..
    Senangnya bisa kembali memanfaatkan secara maksimal area publik untuk kembali bersosialisasi dan berkumpul bersama.

  16. Wahh jadi pengen deh liburan ke Semarang, banyak banget lagi tempat spot foto yg keren. Ntar deh kalau ke Semarang pasti ke sana, hihihi…

  17. Cantiknyaaa, apalagi si sepeda pink yang penuh dengan bunga-bunga, jadi pengen naikin #ehhtapi sepedanya hanya buat pajangan atau boleh dinaikin mbak ya? Semogaa ada kesempatan main kesana.

  18. Aku rindu semarang 🙂
    Yak terakhir kali menginjakkna kaki di sana adlah tahun 2019
    Aku ajak ibuku berkunjung ke saudaranya sekalian liburan
    Beliau senang sekali 🙂

  19. Aku pernah mampir ke sini mbak. Sayangnya malam hari. Dan itu hawanya kerasa banget agak serem. Wkwkkw

    Jadi pas foto merinding euy. Berasa ada yang nemenin di Belakang. Hahaha

  20. Aku pernah mampir ke sini mbak. Sayangnya malam hari. Dan itu hawanya kerasa banget agak serem. Wkwkkw

    Jadi pas foto merinding euy. Berasa ada yang nemenin di Belakang. Hahaha
    Tapi pengen ke sana lagi saat pagi atau siang hari. Pasti feel-nya beda. Kayak saya baca artikel mbak ini.

  21. wah tempatnya cakep yaa. bangunannya juga belanda banget. kalau di kotaku nggak banyak sih ada lokasi dengan bangunan belanda kayak gini makanya suka iri sama kota-kota yang masih banyak peninggalan belandanya

  22. Naik sepeda sore-sore sepertinya asyik yaa.
    Lihat kota lama Semarang ini jadi ingat waktu ke kota Tua beberapa tahun lalu. Ahhh kapan bisa kembali lagi ke sana yaa? Dan kapan juga bisa menginjakkan kaki ke kota lama Semarang?

  23. sudah lama ga main ke kota lama Semarang Mbaa, makin cantik aja sekarang tempatnya yaah. btw main ke sana siang-siang panasnya kayak apaaa? hihi

Leave a Reply

Required fields are marked *.