LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Daftar Makanan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

| 12 Comments

Lalang Ungu. Sebagai orang tua, memperhatikan tumbuh kembang anak merupakan hal yang sangat penting. Tentunya, kita ingin memiliki anak yang bisa tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan usianya.

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu atau posyandu yang rutin diadakan di lingkungan rumah jadi salah satu cara orang tua untuk melihat tumbuh kembang anak. Namun sekarang, Anda bisa dengan mudah menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak jika tidak punya waktu untuk datang ke posyandu.

Jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kondisi tumbuh kembang anak Anda, Anda dapat melakukan konsultasi dokter online untuk menjaga kondisi Anak agar selalu optimal. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak, daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat tumbuh kembang anak, dan beberapa informasi terkaitnya.

Cara Menggunakan Kalkulator Tumbuh Kembang Anak

Untuk menghitung dan melihat apakah tumbuh kembang anak Anda sudah optimal dan sesuai usianya atau tidak, Anda dapat mencoba menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak dari KlikDokter.

Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan nama anak, jenis kelamin, tanggal lahir, berat badan, tinggi badan, dan ukuran lingkar kepala anak Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol “Cek Sekarang dan Anda akan diarahkan ke laman hasil. Kalkulator tumbuh kembang anak ini dapat digunakan oleh anak dengan usia maksimal 5 tahun.

Pada halaman hasil, akan ada grafik berat badan yang menunjukkan kategori berdasarkan berat dan usia anak. Di sini, Anda dapat mengetahui apakah anak Anda berada pada berat badan yang normal, gizi berlebih, gizi kurang, atau gizi sangat kurang.

Begitu pula dengan tinggi badan anak. Ada kategori normal, perawakan tinggi, perawakan pendek, dan perawakan sangat pendek. Sedangkan pada grafik lingkar kepala, akan ada kategori makrosefali, normal, dan mikrosefali.

Tanda-Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Tumbuh kembang anak dapat terdiri dari dua faktor, yaitu tumbuh dan kembang. Tumbuh dapat dilihat dari pertumbuhan fisik, seperti berat badan, tinggi badan, dan sebagainya. Sedangkan kembang melihatkan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, seperti pengetahuan, motorik anak, dan sebagainya.

Dari kalkulator tumbuh kembang anak ini, Anda dapat memperhatikan beberapa hal di bawah ini terkait pertumbuhan si kecil.

1.   Berat Badan Anak

Berat badan anak yang ideal sesuai umurnya yaitu:

  • 0 bulan: 3 – 3,5 kg
  • 5 bulan: 2 kali BB saat lahir
  • 1 tahun: 3 kali BB saat lahir
  • 2 tahun: 4 kali BB saat lahir

2.   Tinggi Badan Anak

Tinggi badan anak yang ideal sesuai umurnya, yaitu:

Tinggi badan ideal untuk anak laki-laki:

  • Usia 1 tahun: 72 – 78 cm
  • Usia 2 tahun: 82 – 92 cm
  • Usia 3 tahun: 83 – 95 cm
  • Usia 4 tahun: 84 – 97 cm
  • Usia 5 tahun: 85 – 98 cm

Tinggi badan ideal untuk anak perempuan:

  • Usia 1 tahun: 70 – 78 cm
  • Usia 2 tahun: 80 – 92 cm
  • Usia 3 tahun: 82 – 95 cm
  • Usia 4 tahun: 83 – 96 cm
  • Usia 5 tahun: 84 – 97 cm

3.   Lingkar Kepala Anak

Ukuran lingkar kepala anak yang ideal sesuai umurnya, yaitu:

  • 1 tahun: 43 – 46 cm
  • 2 tahun: 44 – 47 cm

            Idealnya, setiap tahun lingkar kepala anak akan bertambah 2 cm.

Daftar Makanan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Agar tumbuh kembang anak bisa ideal, sebagai orang tua Anda perlu memastikan asupan gizinya cukup dan terpenuhi. Salah satu cara untuk memenuhi gizinya yaitu dengan memilih makanan-makanan dengan nutrisi yang baik seperti berikut ini:

●     Susu

Anda tentu ingat dengan kampanye 4 Sehat 5 Sempurna. Susu merupakan pelengkap dari semua nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan. Begitu pula untuk asupan gizi anak Anda. Susu mengandung kalsium dan fosfor yang bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

●     Keju

Sebagai produk turunan dari susu, keju juga sangat baik dikonsumsi untuk membantu tumbuh kembang anak. Keju mengandung protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D. Selain itu, keju juga memiliki citarasa yang khas dan disukai oleh banyak anak-anak. Anda dapat mengkombinasikan keju dengan roti, taburan pada cemilannya, atau langsung dimakan.

●     Buah dan Sayuran

Tentunya Anda sudah mengetahui baiknya mengkonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Misalnya saja beta-karoten pada wortel bisa membantu menjaga mata. Selain itu, vitamin C pada buah jeruk bisa menjadi antioksidan dan menjaga imun si kecil.

●     Telur

Telur ayam memiliki banyak kandungan gizi, terutama protein yang baik yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tidak hanya itu, telur pun dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, sehingga Anda tidak perlu bingung menyajikan bahan yang satu ini.

●     Ikan

Makanan yang berasal dari laut ini mengandung protein dan asam lemak yang bisa membantu tumbuh kembang anak. Ikan laut dalam seperti salmon dan tuna mengandung omega-3 yang sangat baik untuk bantu mendukung perkembangan mata, otak, dan saraf anak.

Tentunya, Anda dan pasangan ingin memiliki anak dengan tumbuh kembang yang ideal dan optimal, agar mereka dapat hidup dengan baik dan sehat. Memiliki tumbuh kembang yang baik saat kecil akan sangat mempengaruhi kehidupan anak kedepannya. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak untuk mulai memahami fase-fase tumbuh kembang anak.

Oya Sahabat Lalang Ungu, sudah pernah menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak ini? atau adakah makanan favorit putra/putrinya di antara daftar makanan yang baik untuk tumbuh kembang anak tersebut di atas? Yuk, bagi ceritanya di kolom komen ya…

Baca juga : info sehat a la Mechta

12 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.