LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Belajar Budidaya Anggrek Bersama Teras Sinau Bareng Salatiga

| 65 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu… Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya.. Seperti aku, yang saat ini bahagia karena tanaman-tanamanku tumbuh subur, termasuk anggrek-anggrek ku.

Ya, meskipun belum semua anggrek yang kurawat di rumah saat ini berhasil berbunga, namun aku tetap bersyukur karena kondisi tanaman-tanaman itu sesuai harapan : sehat dan sesuai perkembangan di masa vegetatif mereka.

Bagiku ini penting karena pernah ada masanya aku tidak berani merawat anggrek sebagaimana pernah kuceritakan di tulisanku : Kala Anggrek Pertamaku Berbunga.

Keberanianku mulai merawat anggrek sekitar 2 tahun lalu karena dorongan dari teman-teman kantor yang saat itu mulai mempraktekkan budidaya anggrek hasil kultur jaringan, juga karena beberapa kali mendampingi kelompok binaan belajar budidaya anggrek.

Teras Sinau Bareng Salatiga

Nah, salah satu tempat kami belajar budidaya anggrek adalah di Teras Sinau Bareng (TSB)  yaitu sebuah tempat pelatihan budidaya anggrek yang berlokasi di Jl. Arjuna 45B Karangalit Salatiga.

Adalah Bp. Sukamto, seorang penggiat budidaya anggrek yang tidak ingin menyimpan sendiri pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya dalam budidaya anggrek ini, sebaliknya ingin menyebarluaskannya. Rupanya meski sudah purna tugas dari Dinas Pertanian Kab. Semarang, semangat seorang penyuluh pertanian untuk berbagi ilmu tetap tertanam kuat dalam jiwa beliau.

Untuk itu beliau membuka rumahnya sebagai tempat belajar bersama tentang budidaya anggrek dan menamainya TSB. Oya, TSB ini terbuka untuk umum dan tidak dikenai biaya. Selain sharing tentang budidaya anggrek, di TSB kita juga bisa lebih dekat menikmati keindahan anggrek-anggrek di greenhouse maupun tanaman lain di kebun.

Belajar Mengelola Bibit Anggrek Botolan

Pada 8 Januari 2022 lalu kami mendampingi teman-teman PPL pertanian berkunjung ke TSB di Salatiga. Selain untuk silaturahmi (karena Pak Kamto ini sebelum bertugas di Kab Semarang cukup lama bertugas di kota kami) juga untuk ngangsu kawruh cara yang benar mengelola bibit anggrek yang dikembangkan dalam botol-botol (istilahnya bibit anggrek botolan) mulai dari pemindahan hingga penanaman dan perawatannya.

Belajar anggrek di TSB Salatiga

Serius menyimak materi di TSB Salatiga

Di teras belakang rumah beliau yang digunakan sebagai tempat pelatihan TSB, kami kumpul gayeng dari pagi hingga siang, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman budidaya anggrek dan teman-teman PPL menyimak dengan serius cara pengelolaan bibit anggrek botolan sekaligus mempraktekkannya.

belajar anggrek di TSB Salatiga

Praktek memindah bibit anggrek botolan

Setelah itu, kami berkeliling ke greenhouse anggrek maupun ke kebun mungil di sebelahnya yang sarat dengan tanaman hias maupun tabulampot, yang semuanya tertata rapi dan sangat mengundang untuk mengadopsinya! 😁

TSB Budidaya Anggrek Salatiga

Keliling kebun dan greenhouse TSB

Pelatihan Tematik Budidaya Anggrek Untuk Pemula

Kesempatan kedua ikut belajar bersama TSB adalah pada pekan awal bulan ini, tepatnya tanggal 6 Juli 2022 lalu. Saat itu kami mengundang beliau ke kantor kami selaku narasumber dalam Pelatihan Tematik Budidaya Anggrek Untuk Pemula.

Pelatihan Budidaya Anggrek

Pelatihan Tematik Budidaya Anggrek Untuk Pemula di Dinperpa Kota Pekalongan

Pelatihan singkat ini diikuti sekitar 20 orang perwakilan kelompok P2L binaan kantor kami, untuk mengenalkan budidaya anggrek sebagai alternatif peluang usaha bagi kelompok P2L yang selama ini baru melakukan budidaya sayur-mayur dan tanaman obat.

Alhamdulillah senang melihat antusias para peserta menyimak materi dari awal hingga praktek dengan diselingi diskusi tanya-jawab antar peserta dan narasumber. Para peserta juga berinisiatif membentuk WA grup sebagai wadah komunikasi lanjutan antar peserta maupun antara peserta dengan kami di Dinas dan Pak Kamto selaku narasumber.

Praktek budidaya anggrek untuk pemula

Peserta antusias bertanya dan praktek budidaya anggrek

Nah, Sahabat Lalang Ungu itulah sekelumit ceritaku mendampingi PPL dan kelompok P2L belajar anggrek bersama TSB Salatiga. Teman-teman bisa juga lho bila berminat berkunjung ke TSB, ada baiknya menghubungi beliau dulu melalui kontak akun facebook “Tsb Budidaya Anggrek” agar dapat diatur dengan baik waktu kunjungannya.

Apakah kalian juga penggemar / penggiat bududaya anggrek, teman? Ada pengalaman berkesan dengan anggrek? Yuk bagi kisahnya di kolom komen ya.. Terima kasih…

65 Comments

  1. Wah keren bisa belajar bareng. Ibuku suka banget anggrek. Anggreknya bagus2 tapi seadanya saja, nggak tau cara mengembangkannya. Aku pernah dikasih tapi mati semua ☹️. Jadi tahu dirilah, cukup buat menikmati dg memandang saja.

    • nah aku juga awalnya cm sebagai penikmat saja mbaa..lama2 kok ketularan hobi rawat anggrek! haha..

  2. Saya suka bunga anggrek tapi setiap beli atau dapat dan dibawa ke rumah, kok gak pernah berbunga ya? Mungkin saya tidak bisa merawatnya…
    Kalau beli dari taman bunga bagus. Dibawa ke rumah saja, tidak lama mati gitu aja. Perasaan disiram juga hehehe
    Mungkin kata orang tangannya ini gak cocok

  3. Keren banget bisa belajar gardening bareng2 khususnya budidaya anggrek. Pasti bermanfaat sekali untuk ibu2 dan peserta yang hadir.

  4. Rumahku dikelilingi kebun anggrek dulu mba, jadi berasa udah familiar dan berteman banget sama anggrek, tapi skrg kebun2 anggrek jadi perumahan hiks, udah ga bisa liat kebun anggrek yang warnanya hijau ungu setiap hari, dulu waktu kecil malah main maze/labirin petak umpet di sela2 tanaman anggrek yg tinggi2

  5. Ahaa pelatihan yang bermanfaat banget bagi mereka yang menyukai budidaya anggrek, apalagi dapet ilmu dan langsung praktek, huaduduuu mamaku suka banget ikutan yang beginian.
    Aku cukup penikmat keindahan anggrek saja, suka betaah dan speechless kalo liatnya, adem, tenang. Biasanya kalo di Bandung sengaja suka main ke Orchid Forest sekedar menikmat anggrek dimana-manaa.
    Ayo, kapan ke Bandung kabarin, nanti tak ajak main ke siniii..

    • nah iya nih sdh lama dengar ttg orchid forest ini..jd pengen mampir.. smoga kpn2 bisa main ke sana dg Nchie ya..

  6. Anggrek ini cantik banget ya, tapi memang butuh perawatan khusus kalau mau dikembangkan.
    Asyik banget bisa belajar budi daya anggrek kayak gini 🙂

  7. Saya suka melihat tanaman anggrek mbak, tapi tidak berani merawatnya takut mati heheehe…entah mengapa tanaman2 itu selalu mati di tangan saya, mungkin sentuhan tangan saya kurang lembut sehingga tanaman itu enggan hidup. Tapi salut dengan mereka yang hobi merawat anggrek hingga tumbuh subur.

    • mungkin bkn salah tangannya mba..kondisi / lingkungannya saja yg blm pas dg kebutuhan si anggrek..

  8. Dari dulu senang banget dengan Anggrek, apalagi warna-warnanya yang cerah kalau lagi mekar. Mendampingi kelompok belajar di teras Sinau seru banget ya apalagi suasana belajar bersama mbak.

    • saya juga dulu begitu mna..hingga sempat takut rawat anggrek.. ternyata setelah mencoba lagi berulangkali bisa juga ada anggrek berbunga di rumah saya..hehe..

  9. jadi semangat praktik yaa mbak setelah dapat pelatihan bareng di TSB Salatiga trus jalan-jalan ke greenhouse-nya. Anggrek jadi tanaman hias yang cantik!

  10. Gak mudah merawat tanaman anggrek ini yaa, kak Tanti.
    Karena mama mertuaku cerita kalau kudu beneran mengenali masing-masing karakter anggrek yang sedang dirawat, meski secara garis besarnya perawatannya sama, tapi ada kekhususan dari masing-masing jenis.
    Ini amazing banget sih yaa… Kalau berbunga memang bikin hati yang melihat bunganya ikutan bungah.

  11. Entah mengapa aku selalu berpikir kalau Anggrek itu bunga mahal dan susah ngerawatnya. Meski begitu, kalau ada pelatihan kaya cerita Mbak Tanti, kayanya bakal ikut juga karena penasaran. Aku pernah lihat macam-macam anggrek saat di Banyumas

  12. Asiknya ada pelatihan budidaya anggrek yang cantik ini. Ingat dulu pernah liat di taman Flora anggrek nya bagus bagus, sedang dibudidayakan. Kalau ada pelatihan seperti ini makin banyak nih ibu ibu yang bisa mengembangkan nya baik hanya untuk kesibukan, atau healing, bahkan untuk berbisnis. Yes memelihara tanaman cantik seperti anggrek bisa buat healing hehe

  13. Anggrek itu bunga yang gampang-gampang susah buat di rawat, ya, Mbak. Dulu aku pernah dikasih bibitnya sama Balai Pertanian di sini. Eh mati semua, hiks. Padahal cantik banget bunga anggrek ini.

  14. Jadi kepengen ikutan dah.
    Secara kalau sdh pada berbunga, anggrek tu cantik-cantik dan ada jenis yg bunganya bisa awet sampe mingguan.
    Sekarang sih, baru berhasil menjaga satu anggrek tetap hidup saja dah syukur banget. Ndak tau pula namanya anggrek apaan 😀

  15. Gayeng banget ya mba sinau budidaya anggrek kalau rame-rame gini. Bagi penggemar bercocok tanam pasti senang banget rasanya bisa mendapatkan ilmu berharga seputar budidaya anggrek.

  16. Selama pandemi kemarin aku sempat menyukai dunia tetumbuhan tapi gak kepikiran menekuni anggrek sih karena pas aku cari tau budidaya anggrek cukup rumit dan butuh lahan khusus pdahal kalau ada ilmunya mudah aja ya

  17. Wah dirimu yang telaten aja anggreknya blm berbunga semua apalagi di tanganku huwaaaa. Ternyata emang susah2 gampang ya mbak nanamnya? AKu tu pengen jg gtu kapan2 punya anggrek yg biasa ma org2 ditempelin di pohon gede gtu lho kyk seneng aja gtu buat pandang2an 😀
    Wah pelatihannya seru banget apalagi diajari peluang utk buka usaha juga yaa TFS

    • hihi…karena sebagian besar anggrek rawatanku masih pra remaja, mbak..blm masanya berbunga..hehe..

  18. penggemar tanaman anggrek tapi belum pernah berhasil membudidayakannya nih mbak. Dulu ibu mertua saya yang punya banyak pohon anggrek. sejak beliau meninggal gak ada tanaman anggrek yang hidup di halaman, hiks sedih deh jadinya.

    seru ya pelatihan seperti ini. pernah ikutan sekali di Kebun raya bogor, tapi gak telaten saya mbak.

  19. Wah, siapa saja boleh berkunjung ke sana ya? Asyik..yang penting berkabar dulu berarti. Sipp deh, boleh nih kapan-kapan ke sana biar jadi lebih tahu banyak tentang gimana sih budidaya anggrek itu. Apalagi buat saya, yang sekadar tahunya udah.. bunga anggrek terpajang aja gitu. Hihihi

  20. asyik banget nih mba bisa dapat ilmu baru dan belajar banyak anggrek bersama teman – teman ya. AKu suka anggrek karena unguuu

  21. pelatihan mahal nihh…
    tapi masyaAllah bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.
    semoga bisa jadi sarana healing untuk ibu2 dan mungkin ada yang bisa jadi sumber pendapatan juga 😀

  22. Wah kayaknya seru ya

  23. Keren banget ini budidaya anggrek, aku dan ibuku suka banget anggrek tapi giliran aku mencoba menanam, kok sulit ya berbunga? Kayaknya harus banyak belajar lagi deh

  24. Almarhumah ibuku suka menanam anggrek mba, tapi hobi beliau nggak ada yang nurun ke anak-anaknya. Di rumah Purworejo masih ada satu tanaman anggrek warisan beliau, masih dirawat sama Bapak.
    Sayangnya koleksi almarhumah nggak banyak.

  25. Oke nih tambahan info baru seputar nanem anggrek, bisa dikembangkan dengan media botol juga yaaa… cocok nih dishare ke ibuku mba, pasti seneng dan pengin nyobain.

  26. Ibu dan ibu mertua pecinta anggrek, di rumah jg ada beberapa anggrek,setiap jalan2 pagi lewat rumah tetangga yg anggreknya bagus pasti ibu suka,tapi sy yg ga terlalu suka tanaman…tangannya katanya ga cocok atau mgkn feelnya ga dpt ya?

  27. Waah keren banget ini kegiatannya. Pasti senang kalau pinter merawat tanaman ya Mbak. Saya kurang telaten nih, sukanya hanya memandangi. Hehe.

    • hihi..saya awalnya juga hanya berani memandang mba..tapi setelah ikutan merawat ternyata kok numan..hehe..

  28. Menarik sekali mbak. Ini bisa untuk umum atau cuman untuk kantor-kantor mbak? Ada yang dijual jugakah?

    • yg ke Sinau Bareng itu bisa utk umum kok mba.. misal mbak dg beberapa teman mau main ke sana bisa, kontak beliau dulu.. ada yg dijual juga di sana..

  29. Pengen ikutin ibuk di acara ini. Kalau dibuka umum kabar kabari mba Tan. Anggrek itu kan mayan mahal ya mayan jadi usaha kan. Mba Tanti kerenn.

    • yg ke TSB itu utk umum kok Nyi.. misal ibuk dan teman2 mau main ke sana bisa..asal kontak dulu ke pemiliknya utk janjian..

  30. Wah asyiknya…papa sama mamaku pecinta anggrek juga mbak di rumah mereka ada beberapa pohon kalau pas mekar gemesh banget liatnya. Pasti mereka seneng bgt klo bisa ikut pelatihan gini

  31. Jaman masih tinggal di Pedurungan, anggrekku lengkap, mbak.
    Tapi karena yakin kalo rumah sekarang hadap barat, ya udah deh aku kasih ke tetanggaku yang rumah lama.

    Dulu aku juga merawat anggrek botolan, beli di Paritama. Ya ampung ngambilin bibit anggrek dengan pipet, tiap pagi dan sore dilihat, kayak punya bayi aja. Tapi alhamdulillah anggrekku juga rajin berbunga, meski ada juga yang masih anakan udah mati. Suka dukanya ngerawat tanaman ya mbak, hehehee

    • hihi..iya mba..kadang suka gemes kalo sepertinya gak ada perkembangan..eh lain kali puas banget saat melihat ada progress meski sedikit.. nikmaaat wis pokoke ya mba..

  32. waaaah keren mbak, aku dah keduluan mental blok ke megang tanaman pasti layu, padahal in syaa Allah kalau dah niat dan konsisten in syaa Allah bisa ya mbak, keren mbak izin bintangin barangkali suatu saat bisa “mainan” anggrek

    • naah..blok mentalnya diilangin dulu deh.. coba main2 dg tanaman yg mudah perawatannya..klo sdh jatuh hati pasti semua jadi terasa makin mudah..

  33. Pengin belajar nanam anggrek juga tp blm kesampaian. Diriku ga telaten soalnya…

Leave a Reply

Required fields are marked *.