LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

3 Lokasi Asyik untuk Menikmati Santap Siang dan Pemandangan Alam

| 20 Comments

Hai Sahabat Lalang Unguweekend ini sudah melipir ke mana saja? Memang paling asyik tuh menikmati akhir pekan bersama orang-orang tersayang sambil mencari suasana yang berbeda ya..

Seperti yang kami lakukan beberapa waktu lalu, menyengaja mencari tempat makan dengan suasana berbeda dari yang sehari-hari kami hadapi, meski tak harus jauh-jauh dari rumah.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan berbagi pengalaman santap siang di 3 tempat yang memungkinkan kita menikmati makanan sekaligus menikmati alam. Salah satunya berlokasi di kota kami (Pekalongan) dan 2 yang lain di kota sebelah, yaitu Kab. Batang.

Forest Kopi Batang

Pertama kali aku berkunjung ke tempat ini pada September 2019 lalu saat mengikuti acara Super Camp Famtrip Batang 2019 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kab. Batang.

Saat itu, kami berkunjung ke salah satu kedai kopi hits yang berlokasi di tengah hutan pinus dengan ketinggian 1000 mdpl di Desa Kembanglangit Kab Batang itu pada malam hari. Sebaliknya, pada kunjungan kami yang terakhir pada Desember 2021 kami lakukan pada siang hari.

Di Forest Kopi Batang

Siang menjelang sore di akhir pekan, sampai di Forest Kopi Batang

Kalau sebelumnya kami dimanjakan dengan gemerlap lampu dan suasana malam hutan pinus saat kunjungan pertama, maka pada kunjungan kami lepas siang menuju sore kemarin, eksotisme hutan pinus lebih dapat kami nikmati. Dan kabut yang mulai muncul meski jarum jam baru lewat dari pukul 2 siang menambah syahdu suasana 😊

Suasana siang di Forest Kopi Batang

Suasana siang di Forest Kopi Batang

Meski namanya kedai kopi, tapi di sini tidak hanya bisa merasakan nikmatnya racikan kopi lokal ditemani snack saja. Kita dapat juga memesan makan berat yang cocok sebagai pengisi perut di waktu makan siang sudah agak lewat itu, hehe..

Forest Kopi Batang

Maksi di Forest Kopi

Nasi Goreng dan Nasi Ayam Rica-rica adalah menu yang kami pesan siang itu, ditemani Cocho Magnum, Caramelo, Hazel Dazzle dan Red Velvet Latte, juga Pisang Goreng dan Mendoan sebagai camilan saat menunggu makanan & minuman yang kami pesan datang. Jeda antara saat pesan makanan dan saat makanan sampai ke meja kami juga relatif tak lama. Oya, dari semua pesanan itu, aku paling suka Red Velvet Latte nya 😋

menu by Forest Kopi Batang

Pesanan kami siang itu

Alhamdulillah rasa dari menu yang kami pesan relatif sesuai dengan lidah kami, sehingga makan siang kesorean itu bisa kami nikmati sambil ngobrol ngalor-ngidul dan cuci mata dengan pemandangan hijau hutan pinus di sekeliling. Tak lupa pose-pose dulu sebelum pulang, hehe..

menjelang sore di Forest Kopi

Menjelang Ashar, kabut mulai turun di sekitar Forest Kopi Batang

Oya, selain bisa menikmati makanan dan minuman serta pemandangan alam, di sekitar Forest Kopi ini ada juga wahana yang asyik untuk pepotoan yang berkonsep taman bunga, lazzy bag, tenda kemping, dll, dan juga forest bridge yaitu jembatan gantung yang menghubungkan wahana pepotoan itu dengan Forest Kopi. Untuk memasuki spot2 foto tersebut tiketnya antara 10-20 ribu, atau bisa juga membeli sistem paket antar 25-35 ribu.

Forest Bridge di Forest Kopi Batang

Forest Bridge

pepotoan di Forest Kopi

pose2 dulu sebelum pulang..hehe..

Alamat lengkap Forest Kopi ini adalah Jl. Bandar-Batur, Kembanglangit, Blado, Kab. Batang. Waktu operasionalnya mulai jam 10 pagi hingga jam 18 malam (weekday) atau jam 20 malam (weekend).

Kuliner Sawah Ubud Brayo Batang

Masih di daerah Kab Batang, tempat makan bernuansa alam berikutnya yang kami kunjungi untuk makan siang beberapa waktu lalu adalah Kuliner Sawah Ubud Brayo.

Kuliner Sawah Ubud Brayo Batang

Ubud Brayo Batang

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner di Desa Brayo ini ditata dengan nuansa Bali -yang diwakili aneka penjor, payung dan juga kain motif kotak hitam-putih- serta menawarkan pemandangan sawah di sekitarnya. Adapun menu makanan dan minuman yang tersedia di sini merupakan menu tradisional lokal.

Oya, sistem pemesanan di Ubud Brayo ini prasmanan. Pengunjung memilih sendiri makanan dan minuman yang diinginkan, lalu dapat memilih tempat duduk di dalam ruangan rumah limasan ataupun di area terbuka di sekitar rumah limasan.

prasmanan di Ubud Brayo

Tempat mengambil makanan secara prasmanan

tempat pesan minuman di Ubud Brayo

Aneka minuman tradisional di Ubud Brayo

Pojok Jajanan di Ubud Brayo

Jajanan jadoel bersanding dengan jajanan modern

Saat kami mampir di Bulan Maret yang lalu, kami memesan lauk Mangut Lele, Mangut Bawal, Garangasem Ayam, Pepes Daging, Megono, Gudangan / urap sayur dan Sayur Asem sebagai teman nasi hangat. Sedangkan minumnya Es Teh, Teh Panas dan Gulas (Gula Asem). Nah, dari pesanan ini yang paling kunikmati adalah Mangut Lele dan Gulas nya.. Hmm..yummy.. 

Di Ubud Brayo Batang

Maksi di Ubud Brayo

Siang itu matahari cukup royal memberikan sinarnya, jadi kami memilih tempat makan indoor saja, hehe.. Namun terdapat jendela-jendela besar sehingga tetap dapat menikmati pemandangan hijau di luar dan semilir angin siang itu.

Menikmati menu ndeso ditemani semilir angin dan pemandangan sawah menghijau yang menyegarkan mata, menjadi salah satu hal yang menyenangkan di siang terik akhir pekan waktu itu. Alhamdulillah..

Kuliner Sawah Ubud Brayo Batang

Suasana di Kuliner Sawah Ubud Brayo

pose di Ubud Brayo

Sebelum pulang, pose2 sejenak.. 😊

Oya, Kuliner Sawah Ubud Brayo ini berlokasi di Desa Brayo Kec Wonotunggal Kab Batang. Jam operasionalnya dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

Cafe & Resto Alam Teduh Pekalongan

Nah, kalau tempat makan yang satu ini lolasinya masih di kota kami sendiri, tepatnya di Jl. Ampera, Duwet, Kec. Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Cafe & Resto Alam Teduh

Di Alam Teduh Cafe & Resto Pekalongan

Resto berkonsep taman / menyatu dengan alam ini buka dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam, mempunyai tempat makan indoor, semi outdoor dan juga outdoor . 

Selain menawarkan pemandangan sawah di sekelilingnya, di alam teduh juga ada sudut-sudut cantik yang bisa dimanfaatkan untuk pepotoan dan mengabadikan kenangan bersama di sini.

Alam Teduh Cafe & Resto

Suasana Alam Teduh Cafe & Resto

Menu yang ditawarkan relatif beragam. Saat kami mampir ke sini bulan Juni lalu, kami memesan Bebek Bakar, Pecak Lele sambal santan, Nasi Goreng, Capcay, Sayur Sop, Kentang Goreng, Mendoan, Jus Sirsak, Jus Alpukat, Lemon tea dan Teh manis. Alhamdulillah rasa sesuai dengan lidah kami, dan yang paling kusuka adalah Pecak Lele sambal santan serta Lemon Tea nya.. 😋

Alam Teduh Pekalongan

Maksi di Alam Teduh Cafe & Resto

Sambil menunggu pesanan datang, si kecil ditemani ayahnya main-main dulu di sekitar. Area makan di ruang terbuka ini memang cukup nyaman untuk anak melampiaskan hasrat eksplorasinya. Tak lupa, pepotoan dulu..hehe..

Pose-pose di Alam Teduh

Sisi & ayahnya

Sahabat Lalang Ungu, itulah 3 lokasi asyik untuk menikmati santap siang dan pemandangan alam, yang berada di Kab Batang dan Kota Pekalongan. Dari ketiga tempat makan itu, untuk suasananya menurutku yang paling asyik adalah di Forest Kopi, tapi untuk makanannya aku paling suka di Ubud Brayo.

Teman-teman apakah juga suka melipir cari tempat asyik di akhir pekan? Atau punya rekomendasi tempat yang asyik untuk makan sambil menikmati alam? Yuk bagi cerita di kolom komen ya…

Baca lagi yuk tulisanku lainnya tentang kuliner ataupun jalan-jalan..

20 Comments

  1. Penasaran banget pingin main ke Forest Kopi Batang. Pengen nyobain jembatan gantung di antara pohonnya (trus baru ngeh kalo BBku berat, takut jembatannya gak kuat hehe).

    Acara makan emang bukan sekadar isi perut, tapi bisa juga untuk relaksasi dan refreshing kayak kalau makan di tempat-tempat di atas. Apik bener, asri dan dekat sama alam.

  2. Rekomendasi restoran dan makanannya super wow. Agak susah milih mana yg mau didatengin. Tapi molly keknya rekomen restoran ala Bali secara belom pernah ke bali hihii.

  3. Suasana ngopi dengan pemandangan alam terbuka itu menurut saya lebih nikmat dan rileks daripada di semacam kedai-kedai perkotaan. Apalagi walaupun ‘tempat ngopi’ tapi nyediain makanan berat juga. Jadi buat nggak suka ngopi, tapi masih pengin gabung nongkrong2 bersama teman/keluarga, masih bisa ngikut.

  4. enak nih ngopi sambil menikmati pepohonan.. bikin lupa pulang… tempatnya juga enak buat anak anak main.. jadi orang tuanya ngopi trus anak anak bisa main .. harga makanannya juga terjangkau mbak?

  5. Forest Kopi Batang itu terkenal dan ngehitz banget. Pengen liburan ke sana. Sambil menikmati hidangan yang lezat dan hitz.

  6. Berasa camping yaa, kak Tanti.
    makan di alam terbuka ditemani pohon dan suara burung-burung berkicau.
    Anak-anakku kalau ketemu tempat makan seru yang ada tempat untuk berekplorasinya seperti di Forest Kopi Batang dan Cafe & Resto Alam Teduh Pekalongan dijamin makannya jadi kilat. Demi dibolehin main, hihi~

  7. Forest kopi batang asyik banget yaa tempatnya, kayak syahdu gitu. Kayaknya kalo berkunjung ke sana saya bakalan betah dan gak mau cepat-cepat pulang, hehehe

  8. Wah aku suka banget nih sama tempatnya yang terbuka dan hijau-hijau seperti ini.. Bakal jadi list tempat yang bakal aku kunjungi nih kedepannya hhe, catat dlu..

  9. Forest kopi batang itu bisa jadi pilihan lokasi tempat utk menghabiskan waktu ebersama kawan di akhir pekan, apalagi dengan kondisi hutan yang sejuk dan syahdu, semakin nikmat ditemani kopi hangat gorengan obrolan hangat, dan bila perlu api unggun

  10. suka banget aku cafe atau kedai coffee yang punya konsep menyatu dengan alam kaya gini, beneran bikin betah lama lama, apalagi ada makanan juga hihi

  11. enak banget nih, bersantai sambil menikmati alam. Tempat-tempat seperti ini, lagi banyak diburu oleh wisatawan lho.

  12. Udah lama banget nggak ke Batang-Pekalongan
    Ternyata semakin banyak lokasi kuliner plus wisata yang keren

  13. Kalau lihat tempatnya, saya pengen deh ke Forest Kopi Batang. Tapi, dari makanannya tertarik sama menu-menu di Ubud Brayo ^_^

  14. asyiknya bisa menikmati hari bersama keluarga dan sahabat di tempat indah seperti ini ya, sambil menikmati pemandangan alam, jadi bisa lebih fresh kembali ini 🙂

  15. Nyaman banget makan di tempat yang sejuk begini..
    Tapi kalau cuaca sedang hujan yaa..jadi anak-anak gak bisa cobain playground dan bermain bersama alamnya yaa..

  16. duh kalau makan bareng keluarga di tempat yang kayak begini tuh adem banget ya, bisa sekalian mata adem hati rilex

  17. Adem yaaa suasananya, full ijo ijo gitu. Jadi pengin ke Forest Kopi dan Ubud Brayo sesuai rekomendasi Mba Tanti nih. Ntar klo ke arah Batang dan Pekalongan kudu ajak mas bojo dan anak-anak ke sana.

  18. Menikmati makan siang dengan pemandangan asyik itu jadi sensasi tersendiri ya… terasa lebih nikmat juga pastinya..

  19. Kulineran di Ubud Brayo sambil santap ayam rica2 ini enak banget ya mbak. Suasana alamnya mengena banget dan cocok untuk bawa keluarga.

  20. Aku seneng yang suasana di Batang, Mba, duh teduh dan kayaknya pas banget buat me time ya. Makan sambil menikmati suasananya

Leave a Reply

Required fields are marked *.