LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Cerita Petualangan dan Detektif, Genre Buku Cerita Favoritku

| 18 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu.. Tak terasa, kita sudah akan memasuki pekan terakhir di Bulan Oktober nih yaa.. Semoga sahabat semuanya tetap sehat dan bahagia yaa..

Sahabat, pagi tadi aku membuka WAG 1W1P Gandjel Rel dan menemukan tema baru untuk pekan terakhir bulan ini adalah tentang buku favorit. Waah..asyik nih.. Ini tema yang membuatku senang, karena sebagaimana yang sudah sering kuceritakan bahwa membaca adalah salah satu hobiku.

Nah, kali ini aku akan menulis sambil sedikit bernostalgia nih ceritanya.. Yups, aku akan menuliskan genre buku cerita/novel favoritku dari masa ke masa, yaitu genre petualangan dan detektif.

Berawal dari Lima Sekawan, Sapta Siaga, Trio Detektif, dll

buku anak

2 serial cerita anak favorit

Kedua judul novel anak karya Enid Blyton (edisi Bahasa Indonesia tentu saja..hehe) ini lah yang mengawali kesukaanku membaca di awal masa remaja dulu.

Keasyikan petualangan seru Julian, Anne, Dick, George dan si anjing pintar Timmy yang terpapar dengan apik dalam cerita Lima Sekawan menawan hatiku sejak pertama kali membacanya.

Tak kalah menariknya adalah kisah seru Sapta Siaga yang terdiri dari Peter, Janet, Jack, Barbara, George, Pam dan Colin. Judul demi judul dari kedua cerita seri ini selalu ‘kulahap’ dengan semangat, entah itu hasil pinjam di perpus sekolah, pinjam teman ataupun hasil tabungan bersama kakak-kakak.

Selain kedua seri itu, aku juga suka membaca seri Trio Detektif dengan tokohnya Jupe, Pete dan Bob. Oya, ku juga suka serial Pasukan Mau Tahu yang merupakan karya lain Enid Blyton. Nah kalau dari penulis nasional, aku suka Detektif Imung karya Arswendo yang awalnya dulu ditulis untuk majalah Hai.

Novel-novel Karya Agatha Christie

Nah, saat SMA kakak mulai mengenalkanku dengan novel-novel detektif lainnya, dan yang paling kusuka adalah karya-karya Agatha Christie.

Hampir semua judul novel Agatha Christie kusuka, kuburu untuk langsung kubaca habis. Tidak hanya novel-novelnya yang menggunakan tokoh utama Hercule Poirot, sang detektif fiksi kenamaan itu, namun juga cerita-cerita dengan tokoh detektif lainnya yaitu Miss Marple.

Serial Kapt. Kosasih & Gozali Karya S. Mara Gd.

Nah, kalau karya penulis Indonesia, aku suka serial pasangan detektif Kapt. Polisi Kosasih dan Gozali, yang merupakan buah karya S. Mara Gd.

novel detektif lokal

salah satu novel detektif karya penulis Indonesia

Membaca serial detektif lokal ini sangat menyenangkan buatku, karena penulis menuturkan petualangan dua serangkai dalam membongkar misteri kasus-kasus yang ada, dengan menggunakan bahasa maupun alur cerita yang membumi. Terasa benar-benar larut ke dalam kisahnya tiap kali membaca serial ini.

Novel Petualangan Winnetou Karya Karl May

Oya, hampir saja lupa kusebutkan, ada salah satu novel seri petualangan yang menjadi favoritku dulu :  Winnetou.

Apakah kalian pernah dengar judul buku ini?

Winnetou adalah novel serial karya Karl May, yang menceritakan kisah petualangan seorang pemuda Jerman yang kemudian dikenal sebagai Old Shatterhand bersama sang kepala suku Apache bernama Winnetou.

Serial petualangan karya penulis Jerman ini sepertinya masih diterjemahkan dan dicetak ulang hingga sekarang, namun aku masih tetap terkenang beberapa seri buku ini dengan lembar-lembar kertas putih kekuningan yang waktu itu pun sudah cukup jadul saat kubaca dulu. Hehe..

Sahabat Lalang Ungu, sebenarnya masih cukup banyak nama penulis cerita petualangan dan detektif yang karya-karyanya menjadi favorit ku. Namun kali ini, sampai di sini dulu kutuliskan ya.. InsyaAllah lain kali kutuliskan dengan lebih lengkap.

Oya, bagaimana dengan kalian? Apa genre buku cerita/novel / bacaan kesukaan kalian? Yuk, tulis ceritanya di kolom komen yaaa… Terima kasih..

18 Comments

  1. Aku dulu pas SMP SMA ya seringnya baca yang Enyd Blyton dan Agatha Christie, selalu seruuu ceritanya

  2. Waah buku-buku Enyd Blyton adalah favoritku. Dulu masih SMP bahkan koleksi. Sayang sekali saat ini cuman tinggal beberapa saja buku-buku tersebut. Ada yang ilang, ada yang kebanjiran.

  3. Lima sekawan, pasukan mau tahu karya Enid Blyton mengingatkan ku pada kunjungan perpustakaan pertama kali di SMP. Aku langsung suka. Masa-masa SMP ku sungguh dipenuhi misteri bersama mereka.

  4. Wah kita berada dalam satu generasi ya mba, selera bacaan kita pun sama. Sapta Marga juga bacaan favorit waktu aku kecil. Nah kalo kapten Kosasih dan Gozali mulai suka saat SMA, sampai koleksi juga novelnya.

  5. Lho mbaa… kok kesukaan kita sama ya. Hampir semua buku yg Mba Tanti tulis itu aku udah baca juga.

    Klo sekarang tambah dengan aneka novel karya John Grisham dan J.K Rowlings, suspense thriller gitu mba. Klo Grisham lebih ke sosok pengacara, sedangkan Rowlings menulis tentang detektif partikelir yang seorang veteran perang.

  6. Sebagian sama mba, kesukaan kita ^^

    Aku baru aja mau nyinggung tentang Sapta Siaga dan Agatha Christie di blogpost terbaru hehe ….
    Bacaan masa kecil emang gak ada bandingnya ^^

  7. Waah penggemar buku-bukunya Budhe Agatha Christie juga to? memang selalu menyenangkan ya Mbak kalau buku yang kita baca bikin larut dan menikmati setiap adegan yang digambarkan

  8. jamanku lima sekawan mbaaak, hihihi kayaknya memang legend sekalii ya mbak, dibalik penulisnya yang ternyata emmm emmm

  9. Sepertinya cuma aku yang nggak punya memori buku di masa lalu. Hiks! Taunya cuma majalah Bobo, itu pun bacanya di rumah tetangga

  10. Mbak kita tos dlu ah..bacaan kita sama semua mulai dr 5sekawan yg sekarng buku2nya udh nurun ke nadia trs agatha christie itu idolaku bgt2 mbak

  11. Duh penulis idola dan teman bertualang sejak kecil nih mbak!
    Enid blyton, Karl May dan banyaaaak lagi! Aku juga penggemar berat Agatha Christie dan Pearl s Buck. Dulu punya hampir semua bukunya.

  12. Aaakk, sama semua buku favoritnya.
    Khusus Winnetou, paling suka di scene Penjelajahan di Negeri Balkan.
    Berasa ikut eksplor eksotisnya padang pasir, juga oase-oase di setiap persinggahan tokoh utama.
    Duh, jadi pengen baca ulang Winnetou dah..

  13. Penasaran pengin baca tentang detektif soalnya suka banget. Ada beberapa yang ingin aku baca. Makasih ya Mbak referensinya.

  14. aku juga suka genre ini mba, bikin penasaran, bikin kita juga ikut berfikir. kadang ada yang ga sesuai dengan perkiraan kita. kadang membuat kita berfikir “lho kok bisa?”. hehe

  15. aku udah bacakan bukunya enyd blyton ke anakku nih, hoho. meski ada beberapa hal yang dia ga begitu paham tapi lumayan menjelaskan ke dia tentang serunya petualangan sih..

    eh aku nggak tahu nih karya S. Mara Gd. untuk anak2 bisa dibaca mulai usia berapa ya mbak? coba cari di aplikasi e book ah

  16. Wah aku jadi ingat cerita Lima Sekawan
    Dulu sering baca ini di perpustakaan sekolah
    Cerita seperti ini memang seru untuk dinikmati ya kak
    Jadi ikut penasaran dan deg deg

  17. Dari sekian banyak buku yang ditulis di atas, serial bukunya winnetou yang sudah dibaca sejak jaman SMA, selain it u tentu saja ada buku Agatha Cristie, namun sayangnya dulu belum terlalu banyaka bukunya,

  18. Keren kak Tanti..bacaannya setia dengan buku terjemahan.
    Aku suka Enid Blyton. Tapi untuk Agatha Christie agaknya belum pernah mencoba.
    Ingin memperkaya bacaan dengan menjelajah ke penulis legendaris.

Leave a Reply

Required fields are marked *.