LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

4 Langkah Atasi Bad Mood a la Mechta

| 8 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, salam sehat dan bahagia yaa.. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kabar baik semuanya. Eh, atau ada yang sedang bad mood alias suasana hatinya sedang tidak baik?

Yah, memang hari tak selalu indah. Begitu pun suasana hati kita, tak selalu cerah ceria, bukan? Ada kalanya kita ada di suasana hati yang suntuk, maunya ngomel-ngomel nggak jelas dan apapun di sekitar kita tampak / terasa salah hingga menjengkelkan rasanya.

Apakah aku pernah bad mood?

Tentu saja! Namanya juga manusia biasa, jadi tak luput dari kondisi yang satu itu. Eh, apalagi aku rada-rada moody alias suasana hatiku mudah berubah. Jadi yaaa…merasakan bad mood nggak hanya satu-dua kali saja, hehe..

Bagaimana caraku mengatasi bad mood?

4 Langkah Atasi Bad Mood a la Mechta

1. Tidur / tenangkan diri, kurangi interaksi dengan orang lain

Tidur? Nggak salah tuh?

Iya, nggak salah kok. Saat merasa bad mood, yang pertama kulakukan -tentunya bila kondisi memungkinkan- adalah pergi tidur, atau setidaknya berbaring, memejamkan mata dan mengosongkan pikiran.

Kalau kondisi tidak memungkinkan untuk tidur, maka aku akan berusaha mencari ruang untuk sejenak menenangkan diri. Entah itu ke kamar kecil atau musholla atau sekedar diam di ruang/meja kerja.

Intinya, menghindari dulu berinteraksi dengan orang lain. Tidak berinteraksi dengan orang lain saat bad mood membantuku meminimalkan ‘kerusakan’ yang mungkin terjadi akibat emosi tak terkontrol alias marah-marah. Ingat, kata-kata pun bisa menjadi ‘senjata tajam’, bisa melukai dengan tak kalah menyakitkan!

Tempat menenangkan hati

Pantai, salah satu tempat asyik menenangkan hati

2. Dengarkan musik kesukaan

Musik kesukaan bisa menjadi alat bantu dalam menenangkan hati saat bad mood melanda. Mendengar alunan musik kesukaan sambil mata terpejam dan pikiran kita ‘hening’.. duuh..nikmat sekali lhoo.. Suasana hati akan semakin mudah untuk membaik ☺

3. Cari dan Atasi Pemicu Bad Mood

Nah, bila hati sudah lebih tenang, tidak lagi kemrungsung atau inginnya marah-marah saja, tiba saatnya kita cari tahu apa pemicu memburuknya suasana hati kita.

Pemicu itu bisa dari dalam diri kita maupun dari luar. Kondisi internal yang bisa membuat suasana hati memburuk misalnya saat sedang sehat, ada beban pikiran, kurang tidur, haus/lapar, dll.

Adapun kondisi di luar diri kita yang dapat memicu bad mood pun ada banyak. Cuaca buruk, lalu lintas macet, beban pekerjaan, komunikasi buruk dengan orang lain, lupa/ketinggalan barang-barang penting, bertemu orang yang tidak disukai, dll.

Nah, setelah kita tahu pasti pemicu memburuknya suasana hati kita barulah dapat kita atasi berawal dengan mengatasi/menyelesaikan masalah itu terlebih dahulu.

Apakah suasana hati akan langsung kembali baik seperti sebelumnya, segera setelah pemicu teratasi?

Hmm, belum tentu juga, hehe.. Menurutku, pulihnya suasana hati kita juga bukan hal yang instan. Tapi setidaknya, perasaan kita akan jauh lebih mudah membaik setelah masalah teratasi, dibandingkan dengan membiarkan semua berlarut-larut dan tenggelam dalam suasana hati kita yang buruk.

4. Lakukan Hal Yang Menyenangkan

Hal terakhir yang menurutku penting dilakukan untuk kembali memulihkan suasana hati kita adakah melakukan hal-hal membuat hati kita senang.

Misalnya bila makan adalah hal yang membuatmu senang, ya..pilih saja menu favorit mu dan nikmati betul aktivitas makan itu. Nah..kalau aku, suka minum cokelat hangat saat sedang suntuk. Menenangkan dan membuat tidurku lebih nyenyak 🙂Berkebun, memotret, membaca, dll adalah hobi yang mudah kulakukan saat suntuk.

hobi berkebun

Berkebun dan memotret, dua hobi menyenangkan yang bisa digabung..

Berdasarkan pengalamanku, melakukan hobby atau meluangkan waktu untuk me time ini benar-benar ampuh untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Tentunya hobi yang akan dilakukan harus dipilih sesuai dengan kondisi yang ada saat itu ya.. Jangan mentang-mentang hobinya travelinglalu tiap kali bad mood langsung capcus jalan ke luar kota/luar negeri tanpa memikirkan dompet / waktu kerja. Lhaah…bisa-bisa malah pulang-pulang tambah stres karena tagihan ataupun teguran atasan! hahaha…

Sahabat Lalang Ungu, itulah tips singkat a la Mechta untuk atasi suasana hati yang buruk atau bad mood. Kalau kalian, ada tips apa? yuk, tambahkan di kolom komen ya..

8 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.