LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

4 Langkah Atasi Bad Mood a la Mechta

| 8 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, salam sehat dan bahagia yaa.. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kabar baik semuanya. Eh, atau ada yang sedang bad mood alias suasana hatinya sedang tidak baik?

Yah, memang hari tak selalu indah. Begitu pun suasana hati kita, tak selalu cerah ceria, bukan? Ada kalanya kita ada di suasana hati yang suntuk, maunya ngomel-ngomel nggak jelas dan apapun di sekitar kita tampak / terasa salah hingga menjengkelkan rasanya.

Apakah aku pernah bad mood?

Tentu saja! Namanya juga manusia biasa, jadi tak luput dari kondisi yang satu itu. Eh, apalagi aku rada-rada moody alias suasana hatiku mudah berubah. Jadi yaaa…merasakan bad mood nggak hanya satu-dua kali saja, hehe..

Bagaimana caraku mengatasi bad mood?

4 Langkah Atasi Bad Mood a la Mechta

1. Tidur / tenangkan diri, kurangi interaksi dengan orang lain

Tidur? Nggak salah tuh?

Iya, nggak salah kok. Saat merasa bad mood, yang pertama kulakukan -tentunya bila kondisi memungkinkan- adalah pergi tidur, atau setidaknya berbaring, memejamkan mata dan mengosongkan pikiran.

Kalau kondisi tidak memungkinkan untuk tidur, maka aku akan berusaha mencari ruang untuk sejenak menenangkan diri. Entah itu ke kamar kecil atau musholla atau sekedar diam di ruang/meja kerja.

Intinya, menghindari dulu berinteraksi dengan orang lain. Tidak berinteraksi dengan orang lain saat bad mood membantuku meminimalkan ‘kerusakan’ yang mungkin terjadi akibat emosi tak terkontrol alias marah-marah. Ingat, kata-kata pun bisa menjadi ‘senjata tajam’, bisa melukai dengan tak kalah menyakitkan!

Tempat menenangkan hati

Pantai, salah satu tempat asyik menenangkan hati

2. Dengarkan musik kesukaan

Musik kesukaan bisa menjadi alat bantu dalam menenangkan hati saat bad mood melanda. Mendengar alunan musik kesukaan sambil mata terpejam dan pikiran kita ‘hening’.. duuh..nikmat sekali lhoo.. Suasana hati akan semakin mudah untuk membaik ☺

3. Cari dan Atasi Pemicu Bad Mood

Nah, bila hati sudah lebih tenang, tidak lagi kemrungsung atau inginnya marah-marah saja, tiba saatnya kita cari tahu apa pemicu memburuknya suasana hati kita.

Pemicu itu bisa dari dalam diri kita maupun dari luar. Kondisi internal yang bisa membuat suasana hati memburuk misalnya saat sedang sehat, ada beban pikiran, kurang tidur, haus/lapar, dll.

Adapun kondisi di luar diri kita yang dapat memicu bad mood pun ada banyak. Cuaca buruk, lalu lintas macet, beban pekerjaan, komunikasi buruk dengan orang lain, lupa/ketinggalan barang-barang penting, bertemu orang yang tidak disukai, dll.

Nah, setelah kita tahu pasti pemicu memburuknya suasana hati kita barulah dapat kita atasi berawal dengan mengatasi/menyelesaikan masalah itu terlebih dahulu.

Apakah suasana hati akan langsung kembali baik seperti sebelumnya, segera setelah pemicu teratasi?

Hmm, belum tentu juga, hehe.. Menurutku, pulihnya suasana hati kita juga bukan hal yang instan. Tapi setidaknya, perasaan kita akan jauh lebih mudah membaik setelah masalah teratasi, dibandingkan dengan membiarkan semua berlarut-larut dan tenggelam dalam suasana hati kita yang buruk.

4. Lakukan Hal Yang Menyenangkan

Hal terakhir yang menurutku penting dilakukan untuk kembali memulihkan suasana hati kita adakah melakukan hal-hal membuat hati kita senang.

Misalnya bila makan adalah hal yang membuatmu senang, ya..pilih saja menu favorit mu dan nikmati betul aktivitas makan itu. Nah..kalau aku, suka minum cokelat hangat saat sedang suntuk. Menenangkan dan membuat tidurku lebih nyenyak 🙂Berkebun, memotret, membaca, dll adalah hobi yang mudah kulakukan saat suntuk.

hobi berkebun

Berkebun dan memotret, dua hobi menyenangkan yang bisa digabung..

Berdasarkan pengalamanku, melakukan hobby atau meluangkan waktu untuk me time ini benar-benar ampuh untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Tentunya hobi yang akan dilakukan harus dipilih sesuai dengan kondisi yang ada saat itu ya.. Jangan mentang-mentang hobinya travelinglalu tiap kali bad mood langsung capcus jalan ke luar kota/luar negeri tanpa memikirkan dompet / waktu kerja. Lhaah…bisa-bisa malah pulang-pulang tambah stres karena tagihan ataupun teguran atasan! hahaha…

Sahabat Lalang Ungu, itulah tips singkat a la Mechta untuk atasi suasana hati yang buruk atau bad mood. Kalau kalian, ada tips apa? yuk, tambahkan di kolom komen ya..

8 Comments

  1. Nah ini tips menariknya. Kalau saya memang lebih ke no4 mba. Lakukan Hal Yang Menyenangkan agar hal-hal yang buat bad mood tersebut bisa hilang.

  2. Bener banget Kak, kalau bad mood dan pikiran penat, mending tidur dulu. Minimal merem melek lalu tarik nafas panjang.

    ama satu lagi sih kalo aku. Jauhi media sosial, Takutnya malah ketrigger lalu badmoodnya bertambah parah, sedih deh.

  3. Tidur tu udah paling bener mbak daripada marah2 ga jels sama anak2 ato orang lain klo lagi kesel dan badmooe aku pilih mwndingan tidur deh. Insyaallah bangun udh swger lagi

  4. Kadang sering banget mood gak mood gitu, apalagi kalau dalam suasana lagi kerja.. Duh tapi jarang sih sampai mengganggu ke pekerjaan, dan hal yang biasa kulakukan kalau laig gak mood gitu yang terakhir nomor 4, auto hilang deh gak moodnya hhi

  5. Nggak bisa nggak sepakat dengan semua tipsnya. Kalau pun masih kurang, tinggal ditambah lagi dengan cara-cara kesukaan lainnya.
    Misal, memasak bareng anak-anak. Bersihin koleksi tanaman di halaman, atau sekadar pindah-pindah posisi pot, juga buang dedaunan yang mengering.

  6. aku lakuin yang ke 4, tpi berhubung aku hobby bulutangkis, jadi di pake main bulutangkis deh 🙂

  7. semuanya sering kulakukan saat badmood, Kak. Dan memang sangat membantu. membaca buku, jalan kaki ke taman sambil dengerin musik 😀

  8. Bener banget nih tips buat ngatasi bad mood, Mbak. Aku sering melakukan ke-empat hal ini. Dan alhamdulillah, manjur :D. Paling suka baca buku sambil dengerin lagu, kalau gak gitu jalan kaki ke taman sambil dengerin lagu 😀

Leave a Reply

Required fields are marked *.