LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

July 7, 2022
by mechtadeera
12 Comments

Daftar Makanan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Lalang Ungu. Sebagai orang tua, memperhatikan tumbuh kembang anak merupakan hal yang sangat penting. Tentunya, kita ingin memiliki anak yang bisa tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan usianya.

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu atau posyandu yang rutin diadakan di lingkungan rumah jadi salah satu cara orang tua untuk melihat tumbuh kembang anak. Namun sekarang, Anda bisa dengan mudah menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak jika tidak punya waktu untuk datang ke posyandu.

Jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kondisi tumbuh kembang anak Anda, Anda dapat melakukan konsultasi dokter online untuk menjaga kondisi Anak agar selalu optimal. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menggunakan kalkulator tumbuh kembang anak, daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat tumbuh kembang anak, dan beberapa informasi terkaitnya. Continue Reading →

Antara Sapi, PMK dan Berkurban

July 3, 2022
by mechtadeera
51 Comments

Antara Sapi, PMK dan Berkurban

Antara Sapi, PMK dan Berkurban

Obrolan Mayang dan Bundanya : Antara Sapi, PMK dan Berkurban

“Bunda, apakah tahun ini kita akan berkurban lagi?” tiba-tiba Mayang melempar pertanyaan ke bundanya, di antara kesibukannya mengerjakan PR bersama Lana sahabatnya.

“Insya Allah, Nak. Ayah kemarin sudah menjadwalkan untuk melihat-lihat sapi bersama temannya. Eh, PR-mu sudah beres, sayang?” jawab bundanya sambil meletakkan piring-piring lauk yang dibawanya ke meja makan.

“Wah, Oom tetap akan memilih sapi untuk kurban kali ini? Nggak takut dengan PMK, Tante?” Lana menatap Bunda Mayang dengan penuh tanda tanya di matanya.

“Nah, iya tuh Bun.. Tadi kami lihat berita di TV, saat ini sedang marak PMK lho.. Mengapa ayah tetap berkurban? Kalau tertular bagaimana?” Mayang tak mau kalah, menegaskan pertanyaan sahabatnya.

“Hm.. Kalau kalian sudah selesai kerjakan PR, bantu menata meja dan kita makan dulu yuk.. Setelah makan nanti kita ngobrol tentang sapi, PMK dan kurban ini. Bagaimana?”

“OK.. Siaap, Bunda..” 

Mayang dan Lana pun bergegas membereskan buku-buku mereka di atas karpet tempat mereka belajar, lalu bangkit melaksanakan arahan Bunda Mayang.

Continue Reading →

June 28, 2022
by mechtadeera
44 Comments

5 Langkah Menghalau Rasa Malas Ngeblog a la Mechta

Hai Sahabat Lalang Ungu… Apa kabar? Semoga sahabat semua selalu sehat dan bahagia ya.. Yups, jangan lupa bahagia, karena dengan bahagia semua aktivitas kita akan terasa menyenangkan.

Termasuk aktivitas kita sebagai bloger. Apakah sahabat masih merasakan blogging sebagai aktivitas yang menyenangkan? Apa buktinya? Rutin ngeblog bahkan bisa one day one post?

Wiih..mantab sekali kalau bisa begitu ya.. Aku sendiri, meski masih merasakan ngeblog sebagai aktivitas yang menyenangkan bagiku sampai dengan detik aku menulis ini, tapi tetap saja masih terseok-seok update blog secara rutin.

Bahkan terus terang saja saat ini pun aku sedang dalam proses kembali ke rutinitas nulis di blog ini untuk dapat update minimal seminggu sekali, setelah hampir 1 tahun belakangan ini Lalang Ungu lebih banyak nganggur hingga sawangen, hehe..

Sebenarnya sejak Juli tahun lalu sih mulai macet ngeblognya, tapi biar gampang kita lihat saja frekwensi ngeblogku di 2022 ini. Sampai dengan tanggal 27 Juni ini tahun 2022 telah terlewati selama 178 hari atau 23 minggu, dan jumlah tulisan di Lalang Ungu baru 10 biji! Jadi, rata-rata update 17-18 hari sekali atau 2-3 minggu baru muncul tulisan baru! Hiks.. Menyedihkan sekali bukan? 😔

Itu sebabnya aku bertekad untuk memperbaiki hal ini, dan berikut ini akan kutuliskan beberapa langkah yang telah kutempuh dalam upaya menghalau rasa malas ngeblog yang kualami.  Continue Reading →

June 19, 2022
by mechtadeera
62 Comments

Pilih Mana : Makan Di Tepi atau Di Tengah Sungai?

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar di akhir pekan kali ini? Semoga tetap sehat dan bahagia menikmati akhir pekan ini ya..

Akhir pekan memang paling asyik buat jalan-jalan ya.. Entah itu sekedar mencari tempat makan, atau melipir mencari suasana berbeda di tempat yang berbeda, tadabbur alam misalnya..

Eh, bagaimana bila dapat tempat makan yang bisa sekalian menikmati pemandangan alam yang menyejukkan mata dan suasananya menentramkan hati? wiiih…tentu saja mengasyikkan sekali!

Seperti pengalaman kami beberapa waktu lalu, makan bersama di 2 tempat yang tak hanya asyik untuk kulineran namun juga mendapatkan pemandangan alam yang indah. Simak yuuk ceritanya…

Pilih mana : makan di tepi atau di tengah sungai?

Continue Reading →

June 12, 2022
by mechtadeera
30 Comments

Healing a la Mechta

Lalang Ungu. Mager banget di hari Sabtu kemarin ini. Mungkin karena agak flu dan malam sebelumnya susah tidur karena hidung mampet. Melipir sebentar ke daerah tetangga yang udaranya lebih sejuk, sepertinya menyenangkan, tapi…kemudian ingat gerobak kami belum kembali dan sedang tidak mood berboncengan agak jauh. 😐

OK lah..cari kegiatan menyenangkan di seputar rumah saja deh.. Dan inilah cerita healing ala Mechta kali ini.

Healing a la Mechta

Continue Reading →

Makaroni Kukus dan Putih Telur Bumbu Rendang by Mechta

June 5, 2022
by mechtadeera
48 Comments

Makaroni Kukus dan Putih Telur Bumbu Rendang

Alhamdulillah..sampai lagi di akhir pekan kita.. Apa kabar, Sahabat Lalang Ungu? Semoga selalu sehat dan bahagia ya..

Akhir pekan kali ini, aku gabut. Tak ada agenda ke luar rumah, siram-siram tanaman sebentar, bersih-bersih rumah sekadarnya, lalu lanjut klekaran alias berbaring-baring saja sambil main HP.

Eh, tapi kok bosen ya.. Hmm, tiba-tiba saja iseng buka-buka kulkas dan lemari dapur, cari-cari sesuatu yang bisa dimasak. Tumben amaat?? 🙂

Hasil pencarian di kulkas menemukan sosis, keju dan putih telur kukus. Sementara dari lemari dapur ada telur, makaroni kering, bumbu rendang instan dan santan instan. Ok deh..mari kita eksekusi, guys.. Prok prok prook..jadi apaaa?? *nada Pak Tarno

Makaroni Kukus dan Putih Telur Bumbu Rendang by Mechta

Camilan & lauk anti ribet a la Mechta

Continue Reading →

May 4, 2022
by mechtadeera
26 Comments

Lebaran 2022 Kami Sungguh Berbeda

Lalang Ungu. Gema takbir bersahut-sahutan mengiringi perjalanan kami di malam takbiran tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2022 lalu, beberapa saat setelah pemerintah mengumumkan bahwa Idul Fitri 1443 H jatuh pada 2 Mei 2022.

malam takbiran 2022

Menuju Semarang di Malam Takbiran 2022

Perjalanan kami malam itu menuju ke Kota Semarang, ke rumah masa kecil kami yang kami putuskan akan menjadi tempat lebaran kami tahun ini, setelah tahun-tahun sebelumnya selalu lebaran di Pekalongan bersama Ibu.

Sebuah keputusan mendadak sebenarnya, baru kita putuskan sekitar seminggu sebelumnya. Awalnya ketika aku merasa sepertinya tak kuat hati untuk melakukan kebiasaan kami menjelang hingga hari lebaran, di rumah Pekalongan. Continue Reading →

Agrowisata Urban Farming Kel Pajajaran Bandung

April 5, 2022
by mechtadeera
24 Comments

Buruan Sae : Konsep Urban Farming Kota Bandung

Hai Sahabat Lalang Ungu.. Setelah cukup lama hiatus, aku berniat menghidupkan kembali rumah mayaku ini. Doakan semoga konsisten ya..

Tulisanku kali ini late story ya..tentang pengalaman berkunjung ke Kota Bandung, tepatnya ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung beberapa bulan lalu.

Di DKPP Kota Bandung

Berkunjung ke DKPP Kota Bandung, Desember 2021

Saat berkunjung pada Desember 2021 lalu, kami diterima secara langsung oleh Ir. Gin Gin Ginanjar, M.Eng selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung beserta jajarannya. DKPP Kota Bandung ini mempunyai 6 Bidang, yaitu : Bid. Ketersediaan Pangan, Bid. Distribusi dan Konsumsi Pangan, Bid. Keamanan Pangan, Bid. Tanaman Pangan & Hortikultura, Bid. Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Bid. Perikanan.

Pemanfaatan barang bekas untuk urban farming

Contoh ide pemanfaatan barang bekas dalam pertanian perkotaan di halaman DKPP Kota Bandung

‘Oleh-oleh’ berkesan yang kami bawa pulang saat itu adalah konsep BURUAN SAE dan Agrowisata Urban Farming.

Apa Itu Buruan Sae?

Continue Reading →

April 1, 2022
by mechtadeera
2 Comments

Mah..kangeeen…

Mah, saat mulai menulis kali ini aku sedang duduk di ruang depan dan menyaksikan jalan depan rumah kita lebih ramai dari biasanya.

Awalnya aku sempat mbatin kok tumben ramai sekali motor dan mobil lalu lalang begini…tak seperti biasanya.

“Wah..banyak yang sudah siap-siap sambut ramadan sepertinya..rame bener nih jalan..” celetuk adik.

Ah iya Mah..mungkin itu alasannya. Ramai orang keluar mencari persiapan sambut Ramadan, atau sengaja jalan-jalan mumpung belum Ramadan? hehe..entahlah..

Ingatanku melayang ke saat-saat seperti ini di tahun-tahun lalu, biasanya H-1 Ramadan kita sekeluarga masih dalam perjalanan pulang nyadran ya Mah.. Rute wajib kita Pekalongan-Semarang-Salatiga-Karanganyar-Jogja PP.

Perjalanan yang lumayan panjang ya Mah.. Lelah pastinya, tapi senang kumpul bersama membersihkan makam leluhur, kirim doa dan bermaaf-maafan jelang ramadan. Satu dari banyak perjalanan berkesan yang ingin kuulang-ulang bersamamu..namun tak mungkin lagi.

*banjiiiir*
Continue Reading →

Serum Pencerah Wajah dari Pond's

March 9, 2022
by mechtadeera
36 Comments

Mencoba Serum Pencerah Wajah Dari Pond’s

Mencoba Serum Pencerah Wajah dari Pond’s. Hai Sahabat Lalang Ungu.. Berasa gak sih akhir-akhir ini cuaca sedang tak menentu, kadang panas cetar eh tak lama hujan lagi.. Bikin badan gak nyaman,  kulit pun terasa gak sehat ya..

Eh iya lho..beberapa waktu lalu pas lagi nyantai di rumah dan punya waktu untuk lebih memperhatikan wajah, aku sedih.  Iya, jadi sedih saat menyadari wajahku tampak kusam, kering dan ada flek-flek hitam. Hmm..tampaknya perlu segera cari produk perawatan wajah yang tepat nih… Serum pencerah wajah, misalnya..

Serum Pencerah Wajah dari Pond's

Pond’s Triple Glow Serum & Triple Glow Serum Mask

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Kering

Dari info-info yang kubaca, ternyata selain faktor usia, memang cukup banyak hal lain yang menyebabkan kulit -termasuk wajah- tampak kusam dan kering.

Polutan dari udara, kelembaban udara yang rendah, cuaca yang tidak baik, paparan sinar matahari, produk perawatan kulit yang tidak tepat, terpapar AC relatif lama,  itu adalah beberapa faktor eksternal yang bisa mengganggu kesehatan kulit kita sehingga menjadi kering dan kusam.

Dari faktor-faktor eksternal ini, sering terpapar sinar matahari dan terpapar AC relatif lama mungkin merupakan hal yang paling memberi dampak bagi kulitku. Ya maklum saja, sehari-hari berkutat di ruang kerja ber-AC tapi juga sering harus jalan-jalan ke kebun / ruang terbuka untuk kontrol ini-itu.. Sudah gitu belum temukan skincare yang cocok pula..hiks 😔

Adapun faktor internal yang menyebabkan kulit tak sehat ada banyak juga, a.l : stres, perubahan hormon, kurang istirahat/tidur, asupan nutrisi dan air yang kurang, dll.

Nah kalau dari faktor internal ini yang harus kuperbaiki adalah asupan buah dan sayur, air putih…dan olah raga! Haha..iyaa..aku tuh paling males gerak selama ini.. Sungguh bulan hal yang baik! Ok, bismillah aku harus segera melakukan perbaikan pola makan dan pola istirahatku nih..

Alternatif Solusi Masalah Kulit Wajah Kusam & Kering

Continue Reading →