LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

February 11, 2018
by mechtadeera
30 Comments

Berkunjung ke DEWI SAMBI (1) : Gancik Hills Top

Lalang Ungu. Sore akan segera beranjak menuju Maghrib namun kami masih menyusuri jalan berkabut di kawasan Kec Selo Boyolali, pada hari Jumat 9 Pebruari 2018 kemarin.

Ya, saya bersama 6 orang teman blogger sore itu sedang menuju Desa Samiran untuk memenuhi undangan dari Forum Komunikasi Desa Wisata (FK Deswita) Jawa Tengah yang akan mengadakan pertemuan ke-14 di desa tersebut. Kami ber-6 berangkat dari Semarang sekitar jam 3 sore, karena sudah diwanti-wanti rekan-rekan FK untuk tiba di sana sebelum Maghrib agar tidak terjebak kabut di perjalanan.

Benar saja, di sore nan gerimis itu, kabut sudah mulai turun di kawasan Selo meskipun jam tangan belum menunjukkan pukul 5 sore. Pemandangan pepohonan hijau di  kiri-kanan jalan tak  dapat kami nikmati sepenuhnya karena terselimuti kabut. Setelah sempat bertanya arah pada penduduk sekitar akhirnya kami sampai di Sekretariat Desa Wisata Samiran Boyolali (Dewi Sambi) menjelang pukul 6 sore itu. Alhamdulillah… Continue Reading →

February 3, 2018
by mechtadeera
20 Comments

Kenangan Liburan di Pagilaran

Lalang Ungu.  Hai, teman… Tak terasa sudah masuk di bulan ke-2 Tahun 2018 ini ya.. Tetap semangat dan bahagia, bukan? 🙂

Kebetulan juga lagi week end niih, jadi kali ini ku akan menulis tentang pengalamanku berwisata bersama keluarga ke salah satu tempat asyik, yaitu Agrowisata Pagilaran.

Sebenarnya, bukan baru pertama kali kuberkunjung ke daerah perkebunan teh yang berlokasi di Desa Keteleng Kecamatan Blado Kab. Batang ini.  Ya, beberapa kali ada kegiatan kantor yang berlokasi di area wisata yang dikelola ole PT Pagilaran ini, namun memang belum pernah khusus berwisata ke sana, sehingga kesempatan libur akhir tahun lalu merupakan salah satu momen yang tepat bagi keluarga kami untuk berkunjung ke tempat cantik ini. Continue Reading →

January 21, 2018
by mechtadeera
16 Comments

Apa Resolusimu Tahun ini, Teman?

Lalang Ungu. Hai teman… Sampai kita di akhir minggu ke-3 Januari 2018… Tetap bahagia kan yaaaa…? Iyalaah…harus itu..!

Oya, meskipun sudah lewat 3 minggu dari hari pertama di tahun 2018 ini, masih boleh kan ngomong eh nulis tentang Resolusi Tahun Baru?

Ya..jika di akhir tahun pembuatan kaleidoskop peristiwa dalam setahun itu merupakan hal yang banyak sekali kita temukan, maka di awal tahun yang menjadi tren adalah pembuatan Resolusi Tahun Baru.

Apa resolusi tahun baru-mu? Itu pertanyaan yang sering muncul di awal tahun begini. Dan ada beragam jawaban untuk pertanyaan ini.

Ada yang menjawabnya dengan lantang dan yakin, membeberkan list yang sudah dibuatnya ataupun satu dua target yang sudah dicanangkan. Dalam kelompok ini ada yang sudah siap dengan langkah-langkah / tahapan-tahapan yang akan dijalankannya untuk mewujudkan apa yang telah ditulisnya dalam list itu, ada pula yang belum tahu bagaimana mewujudkannya…sing penting wis gawe resolusi! Haha.. hayo ngakuuu…ada nggak yang seperti ini ? 😛

Ada pula yang menjawab tegas tidak mempunyai / menetapkan resolusi tahun baru, karena menurutnya itu hal yang sia-sia..lebih baik jalani saja hidup ini dengan mengalir apa adanya. Dalam kelompok ini ada yang membuat alasan tidak menetapkan target tertentu sebagai resolusi tahun baru karena tidak mau stres memikirkan apa-apa yang harus dilakukan untuk mencapai target yang telah ditetapkan dan takut lebih stres lagi bila pada akhirnya ada target -atau bahkan semua target- yang tak dapat terwujudkan di akhir tahun nanti.

Ada pula kelompok yang ragu-ragu. Entah karena merasa ‘butuh nggak butuh‘ dengan resolusi ini atau karena ikut-ikutan saja, agar tak dinilai ketinggalan zaman oleh lingkungannya tapi tak yakin akan kemampuannya merumuskan dan menjalankan langkah-langkah pencapaian target itu, juga tak mau merasa sedih atau kecewa atau bahkan stres berkepanjangan jika resolusi tak tercapai. Walhasil..masih belum memutuskan akan membuat resolusi atau tidak, sementara waktu terus berlalu dan ragu tetap membelenggu..huhuhu… Continue Reading →

January 14, 2018
by mechtadeera
28 Comments

Menuntaskan Rasa Penasaran di Pasar Karetan

Lalang Ungu. Hai teman… Januari sudah sampai di pertengahan niih.. Semoga teman2 tetap sehat dan bahagia yaa.. 🙂

Hm…hari minggu, hari pasaran. Ke Pasar Karetan asyik niih… Oya, teman-teman sudah tahu / mendengar tentang Pasar Karetan? Eh jangan salah yaaa… Ini bukan nama pasar yang menjual segala jenis karet-karetan lhooo.. Haha…

Ok deh, biar nggak kelamaan bingungnya, ku kasih tahu saja niih… Pasar Karetan adalah satu dari tujuh Destinasi Digital yang sudah ada di Indonesia, merupakan bentuk kegiatan digital sociopreneurship yang menggabungkan community online & offline juga sebagai pertemuan netizen (GenPI) dan masyarakat selaku pelaku ekonomi.

Lha…apa pula itu Destinasi Digital?

Menurut Menteri Pariwisata Bp Arief Yahya, yang dimaksud dengan Destinasi digital (digital destination) adalah destinasi wisata yang instragamable atau bagus bila diunggah ke media sosial. Target dari destinasi digital ini adalah kaum milenial ( 19-40 th) yaitu untuk memenuhi self esteem / kebutuhan untuk diakui.

Pasar Karetan di Radja Pendapa Camp

Continue Reading →

Asyiknya Bermain di Pulau Cemara Brebes

January 9, 2018 by mechtadeera | 29 Comments

Lalang Ungu. Matahari telah cukup terik ketika kami selesai trekking mangrove Pandansari di siang itu. Sudah masuk waktu dhuhur, maka sambil menunggu makan siang, kami pun sholat di mushola kecil dermaga Dewi Mangrovesari tersebut. Selesai sholat, ternyata baru kutahu bahwa kami akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Cemara. Hah, di Brebes ada pulau? Atau aku yang salah dengar?

Eh, aku tak salah dengar kok.  Ternyata Brebes memang punya banyak lokawisata. Selain Dewi Mangrovesari alias Desa Wisata Pandansari, ada banyak destinasi-destinasi wisata baru yang sedang dikembangkan oleh masyarakat setempat melalui Kelompok-kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), di antaranya adalah Pulau Cemara.

Naah..tentu saja aku penasaran ingin segera mengunjungi Pulau Cemara…tapi…ada juga rasa was-was timbul dalam hatiku. Apa pasal?

Rasa khawatir memang sempat terselip di hatiku ketika Pak Auki -salah satu pendamping kami di Famtrip Brebes-menyampaikan bahwa kami akan berperahu melewati laut sekitar 30 menit. Perahunya relatif kecil lhooo…aman gak siiih??? Itulah kekhawatiranku.

Namun rupanya kekhawatiran itu tak perlu bertahan lama. Pak Auki dan kawan-kawan dari Pokdarwis setempat meyakinkan kami bahwa perjalanan kami insya Allah aman, pengemudi perahunya sudah berpengalaman, perahu kami tidak berlebihan muatan -10 – 15 orang- dan cuaca juga sedang bersahabat.

Maka akupun kemudian dengan mantab mengikuti instruksi untuk menaiki perahu itu bersama sebagian rekan perjalananku kali itu -rekan-rekan blogger dan media- didampingi beberapa rekan dari Pokdarwis setempat.

Yuk mareee…berperahu menuju Pulau Cemara

View the pictures →

This gallery contains 11 photos

January 7, 2018
by mechtadeera
16 Comments

3 Pengalaman Berkesanku di 2017

Lalang Ungu.  Hai, teman… Minggu pertama di 2018 sudah hampir berlalu, semoga teman-teman semuanya tetap dalam keadaan yang membahagiakan yaa…. Keseruan pergantian tahun mungkin telah berlalu dan rutinitas keseharian telah dimulai lagi, tapi kita semua tetap semangat, bukan?

Tahun 2017 memang baru saja berlalu, tentunya masih membekas di kenangan kita, hal-hal yang paling berkesan di tahun itu, bukan? Mungkin pencapaian-pencapaian dalam kehidupan pribadi ataupun keluarga, dalam karir, dalam studi, ataupun hal-hal lain. Atau bisa juga ada pengalaman pahit namun mengandung hikmah, sehingga tak boleh begitu saja kita lupakan agar dapat kita jadikan pelajaran.

Ya, ada baiknya menuliskan hal-hal tersebut sehingga menjadi catatan tersendiri bagi kita yang mengalami dan mungkin juga bisa menginspirasi bagi pembaca tulisan kita. Itu sebabnya, saat mendapatkan giliran menentukan tema arisan ke-19 Blogger Gandjel Rel, kami – aku dan Dek Nuzha– memilih tema ‘kaleidoskop / pengalaman berkesan di 2017’. Terima kasih teman-teman Blogger Gandjel Rel yang telah menuliskan pengalaman berkesannya di 2017…

Bagaimana dengan pengalaman berkesanku sendiri? Alhamdulillah… Cukup banyak pengalaman berkesan di 2017 kemarin, dan dalam kesempatan ini akan kutuliskan 3 di antaranya. Continue Reading →

January 4, 2018
by mechtadeera
6 Comments

Keseruan AnDik LAPAS Anak Tangerang Gembira Bersama Prudential

Lalang Ungu.  Hai, teman… Apa kabar? Semoga di awal Tahun baru 2018 ini, kita semua dalam kondisi yang membahagiakan yaa… Nah, pada tulisan kali ini aku ingin menceritakan tentang keseruan sebuah acara syukuran Ulang Tahun di Bulan Nopember 2017 yang lalu.

Ulang Tahunku?

Hehe…bukaaan…. Ulang Tahunku sih masih di bulan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya kok, belum ganti ke Bulan Nopember..hehe….

Lalu ulang tahun siapa kah?? Continue Reading →

December 27, 2017
by mechtadeera
24 Comments

Susur Mangrove di Maerokoco Semarang

Selamat pagi, teman-teman… Pa kabar?

Semoga di penghujung Bulan Desember ini, teman-teman tetap semangat yaa… Iyalaah…kan habis liburan jilid 1, hehe… Eh, itu sih aku yang liburannya terbagi 2 bagian, yaitu bagian 1 tanggal 23-27 Desember sedangkan bagian keduanya nanti tanggal 30 Desember  2017 – 1 Januari 2018.

Nah, sambil bersiap tuk liburan akhir tahun nanti, maka kali ini kutuliskan dulu beberapa perjalanan ‘piknik tipis-tipis‘ yang beberapa waktu lalu kami lakukan, yaitu treking  / susur mangrove.

Susur Mangrove di Maerokoco

Continue Reading →

December 23, 2017
by mechtadeera
34 Comments

Yuuk, Berlibur ke Dewi Mangrovesari

Hai, temaaan…, apa kabar? Menjelang penghujung Bulan Desember ini, semoga teman-teman dan keluarga sehat-sehat selalu yaaa…

Oya, mungkin teman-teman juga sedang menikmati liburan ya, mengingat hari ini sudah tanggal 24 Desember dan sebagian besar anak sekolah sudah menerima rapor dan memasuki masa liburan sekolah.

Nah, berbincang tentang liburan, sudah adakah rencana liburan akhir tahun, teman-teman? Mestinya sih sudah ya, karena akhir tahun tinggal beberapa hari lagi dan perencanaan awal merupakan salah satu kunci keberhasilan liburan.

Etapi, kalau ternyata belum dapat lokasi tujuan liburan akhir tahun, aku punya informasi asyik lhooo… Cobain ke DEWI MANGROVESARI atau Desa Wisata Mangrove Pandansari Brebes, dijamin nggak akan nyesel deeh..

Sebagai gambaran, akan kuceritakan apa  saja yang dapat kita lakukan saat berlibur ke Hutan Mangrove yang ada Dukuh Pandansari Desa Kaliwlingi  Kec Brebes Kab Brebes Jawa Tengah itu.

Melakukan Tracking Hutan Mangrove

Menuju ke Desa Wisata Pandansari sekilas memang terlihat tak berbeda dengan desa-desa nelayan lainnya. Terdiri dari rumah-rumah penduduk dengan tambak-tambak di kanan-kiri jalan -yang tak terlalu lebar- dan ada perahu-perahu yang tertambat di beberapa bagian sungai.

Memasuki Dukuh Pandansari baru terasa bedanya. Ada Joglo Mangrove yang menjadi pusat edukasi dan ruang pembelajaran untuk memahami tentang ekosistem mangrove, dll.  Ada pula Sanggar Seni tempat pertemuan ide-ide kreatif warga berupa karya seni, dan juga penampilan tradisi / budaya baik itu tarian, musik, seni lukis maupun teater.

Tak perlu takut nyasar untuk menuju Hutan Wisata Mangrove, karena ada papan-papan petunjuk arah menuju lokasi ini, dan penduduk yang ramah pun akan memberi petunjuk dengan senang hati bila ditanyai.

Memasuki lokasi Hutan Wisata Mangrove ada gerbang dengan loket tiket masuk di sebelah kanan, dan posko Desa Wisata di sebelah kirinya. Oya, untuk memasuki kawasan ini pengunjung dipungut biaya Rp. 15.000 (orang dewasa) dan Rp. 5.000 (anak-anak) di hari kerja dan Rp. 20.000 (dewasa) dan Rp. 10.000 (anak-anak) di hari libur.

Memasuki gerbang kita akan melewati tempat parkir, warung & tempat makan serta kios-kios penjual cendera mata maupun oleh-oleh khas Brebes, langsung menuju dermaga.

Inilah dermaga menuju lokasi susur mangrove Pandansari

Lho..kok menuju dermaga? Bukannya kita akan tracking mangrove? Continue Reading →

December 19, 2017
by mechtadeera
8 Comments

Famtrip Banjarnegara (4) : Bukit Scotter & Telaga Merdada Melengkapi Pesona Dieng

Lalang Ungu.  Teman, jika disebut kata ‘DIENG’ , kata-kata apa yang langsung muncul di benakmu? Kalau aku, ada 3 kata yang muncul. Dingin dan kabut. Itu dua kata pertama yang langsung terpikir olehku setiap kali mengingat Dieng. Ya, beberapa kali mengunjungi daerah wisata nan elok ini, selalu saja disambut dengan rintik hujan, hawa sejuk cenderung dingin…dan kabut -tipis ataupun tebal- yang menyapa…

Namun dua kata itu tak serta merta menepis kata lain yang tercipta di benakku mengenai Dieng : mempesona. Ya, meskipun dingin dan berkabut, Dieng selalu saja mempesonaku dan membuatku mau dan mau lagi untuk mengunjunginya.. Hm, jangan-jangan ada mantera pemanggil di antara kabut itu?? Haha…

Kalau sebelumnya keelokan candi-candi dengan pemandangan indah di sekitarnya, kecantikan Telaga Warna maupun kondisi unik sekitar kawah Sikidang yang telah menawan hatiku, maka beberapa waktu lalu kudapati hatiku tertawan oleh dua lokasi lain di Dieng ini. Mau tahu? Ini dia keduanya : Continue Reading →