LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Dua produk olahan Mangrove : Sirup dan Sabun.

| 50 Comments

Hijaunya Mangrove, menjanjikan keteduhan

Hijaunya hutan Mangrove, menjanjikan keteduhan

Ketika berkunjung ke kawasan Pekalongan Mangrove Park beberapa waktu lalu, sebenarnya ada yang kurang kurasakan, yaitu tidak sempat melihat secara langsung hasil pengolahan buah Bakau.

Ya, memang dari penjaga yang ada di Pusat Informasi Mangrove (PIM) itu kami mendapat informasi bahwa buah mangrove ini dapat diolah baik sebagai makanan, minuman maupun produk non pangan.

Sirup, dodol, kripik dan tepung mangrove adalah beberapa jenis olahan buah mangrove yang dapat dikonsumsi.  Adapun produk non pangan dari buah mangrove antara lain : sabun dan bahan pewarna alami.

Buah Mangrove ( sonneratia sp )

Buah salah satu jenis Mangrove : Pidada

Nah, sebagai tamba gela atau pengobat kecewa, seorang sahabat menghubungi salah satu pengelola PIM untuk mengunggah dua buah foto langkah-langkah pembuatan Sirup Mangrove dan Sabun Mangrove pada beranda FB PIM, dan mereka telah memberikan izin padaku untuk memajang foto itu di sini, sebagai tambahan informasi bagi mereka yang mungkin membutuhkan.  Ini dia :

Sumber : FB PIM Pekalongan

Sumber : FB PIM Pekalongan

Sumber : FB PIM Pekalongan

Sumber : FB PIM Pekalongan

Nah … itu dia dua dari beragam produk olahan buah mangrove yang telah dihasilkan oleh kelompok masyarakat yang bekerja sama dengan PIM. Jika mampir ke Pekalongan Mangrove Park, jangan lupa tanyakan tentang produk-produk itu dan silakan borong … 🙂

50 Comments

  1. kalo yang kemarin aku lihat itu salad buah mangrove, kira-kira dapat dimanfaatkan apalagi ya si buah mangrovenya? hehe

    eeh… ada salad juga ya? berarti di makan segar dong.. aku malah blom pernah lht… Kata petugasnya, bisa dibuat kue2 juga tepungnya… tapi aku blom nyobain blas..hehe…

  2. Tahunya cuma buat syrup dan kue. EH ternyata bisa buat sabun juga ya… Sungguh kaya alam kita 🙂 tfs mbakyuuu

    dan tugas kita menjaga agar alam kita tetap dapat bermanfaat namun tetap lestari ya mbak Wid.. 🙂

  3. Waah aku belum pernah nyobain sabun n sirup dari mangrove mba, kapan2 harus coba 🙂

    hihi…mari mencobaa… ups, padahal yg nulis saja blom nyoba juga… *ditoyorbuibusekampung 🙂

  4. Nggak kebayang ya rasanya, enak ngga ya sirupnya..penasaran…

    daan… aku juga penasaran, karena baru pesen blom sempat ngicipi..hihi…

  5. ooh bisa dibuat sabun juga ya mbak

    betul mbak.. ternyata memang banyak kegunaannya… 🙂

  6. mantap, banyak manfaatnya

    begitulah 🙂

  7. sempat nyicip oleh2 permen semacam dodol buah mangrove dari Jatim, Jeng. Untuk sirup dan sabun belum pernah. Matur nuwun nggih sharingnya.

    sami-sami, Ibu.. dan saya juga penasaran blm mencoba semuanyaa..hehe…

  8. Wah postingannya keren. Ternyata mangrove selain buat ngejaga pantai biar ngak abrasi buahnya juga bisa dimanfaatkan. Keren. 🙂

    terima kasih… Bgmn dg di Bali? Mgkn pemanfaatan mangrove di sana lbh beragam ya? 🙂

  9. Aku baru tahu lho ada sirup mangrove. Bagus idenya. Tahun lalu waktu ke Pekalongan, hanya sehari untuk shooting hahah… yang dicoba Garang Asem nya ….

    ayo ayooo..ajak Vay ke Pekl…msh banyak kuliner yg bs dicoba lho mba Zy.. 🙂

  10. di tempat saya juga ada magrove tapi hanya dijadikan tempat wisata saja

    minimal masy jd tahu pentingnya mangrove yaa…

  11. Ada kontak yang bisa di hubungi gan..? Makasih

  12. Owalaaaa aku kok baru ngeh ya Mba
    Iya juga sih, di Sby kan ada taman mangrove juga dan ada warga setempat yg memproduksi sirup bogem.

  13. Wah saya baru tahu kalau mangrove ternyata bisa dibuat sabun dan sirup, dodol, dan lainnya. Kirain hanya tanaman biasa saja lho

  14. Ternyata pohon mangrove tidak hanya bermanfaat untuk menahan abrasi pantai.
    Ternyata buahnya juga bisa dimanfaatkan utk sabun dan sirup.
    Makasih infonya, mba.

  15. Et dah baru tahu kalua mangrove bisa bahan baku buat sirup dan sabun. Bermanfaat ya. Kalau gitu budidaya mangrove memang harus digalakan nih

  16. Aku baru tahu ini kalau mangrove tidak hanya untuk menjaga pesisir pantai dari abrasi, tapi juga bisa diolah menjadi sirup dan sabun. Kalau mau coba produknya mesti ke Pekalongan atau udah bisa beli secara online ya, Mbak?

  17. Pengen coba karena penasaran dengan rasanya kayak gimana. Soalnya saya paling cuma pernah lihar pohon mangrove saja di Pangandaran secara langsung atau di film tapi tidak tahu buahnya bisa diolah menjadi sirup, aneka pangan, sampai sabun.
    Semoga pemasarannya kian luas saja dan banyak masyarakat yang menggunakannya. Bagi saya pohon mangrove itu adalah pohon yang subhanallah sangat bermafaat untuk menjaga pesisir darti ancaman abrasi selain pohon kelapa yang mestinya harus banyak lagi ditanam di persisir pantai agar masyarakat aman.

  18. Wah baru tahu buah mangrove bisa diolah jadi sirup dan sabun.
    Kira kira rasanya gimana ya mbak sirup buah mangrove ini? Sudah pernh mencobanya mbak?

  19. Ya ampun ternyata mangrove itu buah ya mbak hihihi aku kudet banget ya. Bisa dibuat sabun juga ya. Jauh gak sih mbak lokasinya Pekalongan Mangrove Park kalau dari keluar tol?

  20. Wah banyak juga ya manfaat dari magrove,, jadi inget setahun lalu menanam mangrove di pulau untung jawa… sudah sebesar apa apa mangrove aku.. duh kok jadi curhat gini hehe

  21. Aku baru tau loh kak ada olahan dari buah mangrove, aku pikir fungsi mangrove ya cuma supaya pantai ga terkikis abrasi aja gitu, hehehe

  22. aku baru tahu bahwa tanaman mangrove bisa dibudi dayakan menjadi makanan dan sabun.

  23. ternyata ya, mangrove itu buahnya mirip jambu biji ya penampakan dari luarnya. dan ternyata lagi, bisa dibudi dayakan jadi macam-macam sekarang. masya Allah

  24. Waktu di Mangrove Indramayu malah ga da satu pun produk hasil olahnnya. .. baru tau deh bs prosuksi sabun n kue jg ya.

  25. Ehh iya aku pernah ke sebuah acara BUMN dana da mahasiswa yang buat sabun dari buah magrove ini lho terus ada banyak produk juga yang dihasilkan dari buahnya.

  26. Wah manfaatnya memang banyak sekali ya mba.. shampo dan sirup ya. I just found out from you

  27. Baru tau kalo olahan magrove bisa buat produk Sirup n bisa buat sabun juga. Masya Allah ya, kekayaan alam yg Allah ciptakan 🙂

  28. Mba, itu ada akun ig nya juga kah? Pengin kepoin nih produk2 olahan dari Mangrove. Bagus juga ya mangrove dibudidayakan, selain jadi penjaga pantai dari gerusan air laut, ternyata buahnya bisa digunakan sebagai bahan dasar aneka produk.

  29. Aku baru tahu buah salad. Seneng kalau lihat ada yang bisa dimanfaatkan dan dijadikan komoditi. Selain juga bermanfaat untuk menjaga lingkungan

  30. Manfaat mangrove ini ternyata banyak ya Mbak. Ternyata buah juga bisa dibuat olahan makanan gitu. Jadi penasaran nih pengen icip rasanya sirup mangrove dan pake sabunnya.

  31. Apakah ada nomor telepon yang bisa dihubungi untuk belajar pembuatan sabun cair dari mangrove?

    • Mohon maaf sy sdh lama tdk kontak. Mgkn bisa hub akun ‘Pim’ ( Pusat Informasi Mangrove Pekalongan ) di FB

Leave a Reply

Required fields are marked *.