LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Penggantian Paspor Habis Masa Berlaku Ternyata Mudah

| 62 Comments

Hai, sobat Lalang Ungu.. Penggantian paspor habis masa berlaku ternyata mudah. Kemudahan itu kurasakan sendiri kemarin, menepis rasa was-was yang sebelumnya hadir di hatiku sebelumnya.

Kenapa was-was?

Ya maklum saja, sebelumnya aku memang jarang mengurus apa-apa sendiri. Biasanya ada keluarga atau teman yang membantu misalnya dalam perpanjangan KTP ataupun SIM. Demikian juga 7 tahun lalu ketika membuat paspor pertama kali ada biro perjalanan yang membantu membuatkannya.

Nah, sekarang ini aku ingin melakukannya sendiri, selain karena lebih irit (iyalah..namanya juga minta bantuan orang lain, wajarlah kalau ada biaya jasa yang harus kita keluarkan bila melalui pihak ketiga), ingin mencari pengalaman (lumayan..bisa menambah konten blog, hehe..) juga karena kata teman-teman yang sudah mencoba sendiri mengurusnya mudah.

Baca Juga : Pengalaman perpanjangan SIM di Polresta Pekalongan

Lalu, apa benar mengurus penggantian paspor yang habis masa berlaku itu mudah? Yuk simak pengalamanku di Kantor Imigrasi (Kanim) Pemalang ya..

1. Persiapan

Ada baiknya, teman-teman mencari info terlebih dahulu mengenai prosedur pengurusan paspor yang habis masa berlakunya ini, bisa dengan cara bertanya pada yang sudah pernah melakukan, atau mencari info secara online. Ketikkan saja kata kunci pencarian ‘prosedur penggantian paspor’ di google atau mesin pencari yang lain, maka akan muncul banyak artikel tentang ini yang dapat kita baca. Termasuk dari web resmi Dirjen Imigrasi. Tujuan dari pencarian informasi ini agar kita mendapat gambaran awal tentang persyaratan maupun tahapan-tahapan pengurusannya.

Adapun persyaratan penggantian paspor yang habis masa berlaku (khususnya yang diterbitkan setelah tahun 2009) adalah : KTP yang masih berlaku dan paspor lama. Selain yang asli, siapkan pula fotocopy-an nya, baik untuk KTP maupun paspor lama tersebut. Untuk paspor yang penerbitannya sebelum tahun 2009, tetap harus menyiapkan dokumen/berkas-berkas seperti pengajuan paspor baru : a.l KTP, Akta Kelahiran / Ijazah / Surat Baptis, Kartu Keluarga dan Akta Nikah bagi yang sudah menikah.

Oya, selain data tersebut di atas, bila paspor akan digunakan untuk haji / umroh maka perlu membawa Surat Rekomendasi dari Kementerian Agama Kab / Kota setempat. Dan jangan lupa siapkan juga beberapa lembar materai 6000 agar tak perlu bolak-balik membeli bila diperlukan saat pengurusan. Dua-tiga lembar materai cukuplah..

2. Pendaftaran antrian secara online

Antrian online

Contoh antrian online via Web Dirjen Imigrasi

Setelah berkas-berkas yang diperlukan lengkap dan siap, lalu kita datang ke Kantor Imigrasi terdekat untuk pengurusannya. Nah, sebelumnya kita harus mendaftar antrian secara online. Caranya bisa dengan mengunggah aplikasi antrian online ini, atau mendaftar melalui web imigrasi. Nah, kemarin aku mendaftar melalui web karena androidku sudah penuh aplikasi! wkwkw…

Pertama kita kunjungi laman web imigrasi  (antrian.imigrasi.go.id) tersebut, lalu membuat akun. Melalui akun inilah kita melakukan pendaftaran untuk permohonan ataupun pengambilan paspor. Untuk pembuatan akun ini data yang dibutuhkan adalah NIK, nama, tanggal lahir, alamat rumah dan alamat email untuk verifikasi /aktivasi akun dan password.

Setelah akun siap, masuk lagi dengan nama akun dan password yang telah terdaftar itu, pilih opsi ‘pendaftaran’ lalu masukkan pilihan kantor imigrasi yang akan dikunjungi, nama yang akan mendaftar serta pilih waktu kunjungan (tanggal dan jam kunjungan (pagi/siang). Apabila pada waktu yang kita pilih itu masih memungkinkan maka berikutnya akan muncul kode antrian, nama Kanim, nama pemohon, tanggal dan jam kunjungan. Bila pada hari yang kita pilih antrian sudah penuh, muncul pemberitahuan untuk memilih hari / tanggal lainnya.

contoh daftar permohonan online yang sudah siap dicetak

Selanjutnya screenshoot & print halaman yang menampilkan kode antrian ini, untuk diperlihatkan pada petugas di Kanim saat kedatangan kita. Bagaimana bila lupa atau tidak tahu bahwa kita harus mencetaknya, dan terlanjur datang ke Kanim sesuai jadwal? Jangan takut, ada solusinya. Datang saja ke Koperasi Kanim setempat dan minta diprint kan di sana. Untuk Kanim Pemalang, file tersebut dikirim ke no WA 089644020872, agar bisa dicetak oleh petugas koperasi. Biayanya 4000 rupiah.

3.Pengurusan di Kantor Imigrasi terdekat

Kanim Pemalang

Ruang Pelayanan Keimigrasian di Kanim Pemalang

Sesuai jadwal yang telah kita daftarkan, kita datangi Kanim terdekat dengan membawa semua persyaratan yang telah disiapkan. Oya, gunakan pakaian yang rapi (bukan T-shirt atau celana pendek) dan bersepatu ya..

Tunjukkan bukti pendaftaran online kepada petugas dan akan diberikan sebuah map berisi formulir-formulir yang harus kita isi, antara lain : Surat Pernyataan Permohonan Paspor, Formulir Surat Perjalanan RI untuk WNI dan Surat Pernyataan Tambah Nama. Oya untuk kedua form Surat Pernyataan membutuhkan materai tempel 6000.

Form yg harus diisi di Kanim oleh pemohon

Masukkan juga berkas-berkas yang diperlukan ke dalam map ini, yaitu fotokopi KTP yang masih berlaku dan paspor lama yang habis masa berlakunya, asli dan fotokopinya, lalu kumpulkan map berisi berkas-berkas kita ke meja pelayanan. Selanjutnya duduk manis menunggu nama kita dipanggil.

Ketika kemudian nama kita dipanggil ke meja pelayanan, bila semua persyaratan sudah lengkap maka kita akan mendapat no antrian untuk foto. Nah, jadi kita kembali duduk manis sambil melihat layar monitor atau mendengarkan panggilan sesuai no antrian kita.

No antrian untuk foto

Pemanggilan masuk ke ruang tunggu di ruang foto per 15 nomor, jadi di sana juga masih menunggu beberapa waktu hingga nama kita dipanggil untuk menghadap petugas dan difoto.

Oya, sempat ada seorang pemohon yang terkena teguran karena menggunakan T-shirt. Ia kemudian diarahkan untuk menggunakan kemeja yang tersedia di salah satu lemari. Ah, salut rupanya Kanim Pemalang menyediakan beberapa helai kemeja untuk mengantisipasi hal ini.

Ruang foto Kanim Pemalang

Di ruang foto Kanim Pemalang. Oya di lemari yang ada pada foto kiri bawah itu, ada beberapa kemeja untuk pemohon yang memerlukan pinjaman kemeja.

Sebelum difoto dan dicatat data biometrik kita (scan jari) petugas menanyakan beberapa hal terkait identitas dan keperluan paspor tersebut. Petugasnya ramah dan sangat membantu. Oya terima kasih untuk mas Benhard -petugas Kanim Pemalang- yang mengizinkanku memotret di ruang ini, hehe… Setelah difoto dan scan jari maka kita akan mendapat selembar Bukti Pengantar Pembayaran.

Biaya yang harus dibayar sejumlah Rp 300.000 untuk buku paspor 48 hal + Rp 55.000 untuk jasa TI Biometrik. Dapat dibayar melalui bank ataupun kantor pos, paling lambat 7 hari. Setelah itu, lembar ini digunakan untuk pengambilan paspor pada 3 hari kerja setelah pembayaran. Waktu pengambilan pada hari Senin-Kamis, jam 13.00-15.00 ya..

Pembayaran paspor di Kanim Pemalang

Di Kanim Pemalang pembayaran dapat dilakukan di mobil layanan PT Pos Indonesia ini

Oya, bagi pemohon yang berdomisili jauh dari Kanim  -khusus bagi pembayaran di kantor pos (atau mobil layanan PT Pos) – ada opsi pengiriman paspor yang sudah jadi oleh PT Pos Indonesia ke alamat pemohon. Nah, karena Kanim Pemalang ini cukup jauh (sekitar 2 jam perjalanan PP) dari rumahku, dan aku harus izin lagi dari kantor untuk pengambilan paspor ini, maka aku menggunakan opsi pengiriman ini.

Untuk itu lebih dahulu mengisi form yang memberikan kuasa kepada PT Pos Indonesia untuk mengambil paspor atas namaku ( form ini bermaterai 6000), melampirkan fotokopi KTP dan membayar biaya pengiriman sesuai jarak rumah pemohon.

Nah teman…, demikianlah pengalamanku mengurus sendiri penggantian paspor yang habis masa berlaku di Kanim Pemalang. Alhamdulillah mudah dan lancar, tidak sampai setengah hari. Punya pengalaman serupa? Yuk, bagi cerita di kolom komen ya..

Update 23 Nol 2018 : Alhamdulillah, paspor sudah sampai di rumah via pos, pada hari kerja ke-4 setelah pembuatan..

62 Comments

  1. Pengurusannya sama seperti mau bikin baru ya mbak, hanya saja bawa paspor lama. Ternyata biayanya masih sama nih kayak dulu untuk paspor 48 halaman, tapi aku pengen ganti yang e-pas deh kayaknya hehe. Thankyou udah sharing mba

  2. Aku kira susah mba kalo perpanjang paspor yang terlewat, lebih simpel ya mba proses perpanjang paspor ini

  3. Prosedurnya sama gak nih dengan bikin paspor baru? Harganya apakah sama untuk seluruh Indonesia?

    • Sama prosedurnya dg bikin baru, hanya berkas yg dibutuhkan saja lebih sedikit. Biayanya sama se-Indonesia mgkn ya..karena kemarin lihat sudah ada PP yg mengatur..

  4. Beberpa bulan sebelum jalan-jalan ke Malaysia, suami saya baru sadar kalau masa berlaku passpornya sudah habis. Untung aja gak main beli tiket. Karena ketika ganti passpor, nomornya juga beda lagi. Urusan pergantian passpor juga mudah kalau sekadar habis masa berlaku

  5. Wah ternyata mudah ya Mbak.

    Terakhir urus paspor itu tahun 2015, berarti masih berlaku sekarang. Terima kasih sharingnya ya.

  6. Waah makasih infornya, pasporku pun sudah habis masa berlakunya dan belum mengurus perpanjangannya karena belum ada rencana pergi ke mana-mana sih

  7. Barokallah Mba Tant, akhirnya paspor jadi juga. Oh nggak perlu ke Semarang ya, Pemalang ternyata aada yo. Baru ngerti aku kalo ada, asikkk bikinya jadi deket yo Mba. Aku tapi masih KK kendal hiks. Sehat terus ya mba Sayang, bahaagia terus. Lope.

  8. Keinget dulu waktu urus passport ya ampun ribetnya minta ampun. Soalnya ada satu dokumen yang gak sesuai dengan ijazah, huhu. Tapi alhamdulillah jadi bisa juga punya passport. Dan masih lama expired nya mba

  9. wah, informasinya jelas bgt ya…Insya Allah ga perlu takut lagi berurusan sama imigrasi

  10. Asyiknya sekarang sudah ada yang menuliskan prosedur pengurusan paspor, seperti ini. Terima kasih infonya, Mbak.

  11. Cepet juga yaa…prosesnya.
    Ga ribet seperti yang aku bayangkan.

    Semoga lancar semuanya sampai kembali lagi ke tanah air yaa…mba.

  12. Aku juga 3 bulan yang laluperpanjangan pasport, gampang banget memang dan untung nya lagi nggak rame.

  13. salut juga ya, kantornya menyediakan kemeja. Memang kasihan sih kalau jauh-jauh datang ternyata pakaiannya kurang sesuai, untunglah ada tempat peminjaman hehehe

  14. Ak jg baru tau waktu perpanjangan kmrn, walau expired nya udh lama bgt selama paspor lama ada, tetep d hitung perpanjangan, gak hrs bikin baru lg

    • Iya mba..awalnya kukira kalau telat begini ada denda atau gimana, ternyata tidak. Denda hanya berlaku untuk yang hilang atau rusak ya

  15. Jadi di Pemalang bisa ngurus paspor ya, Mbak? Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Semarang deh ya. Aku belum punya paspor jadi belum punya pengalaman sama sekali sama paspor deh. Mungkin nanti kalau pengen kerja jadi TKW di luar negeri atau mungkin kalau aku punya impian ke luar negeri baru deh mau bikin paspor. Hehehe.

    • Iya Farida..tinggal kita cari mana Kanim yg terdekat dg kita, biar ga ribet. Ahok bikin saja dulu..siapa tahu ada yg mendadak ngajak jalan2 ke luar negeri hehe..

  16. Seperti bikin baru ya prosesnya. Dibatam sini ada registrasi via whatsapp dan banyak tempat. Ada juga mall pelayanan publik yg lebih praktis. Asyik sdh perpanjangan paspor siap jalan lg ya

  17. Baca ini jadi inget mau bikin paspor tapi ketunda mulu karena harus perbaiki eKTP ku yang salah. Btw sekarang mudah ya tinggal daftar online terlebih dahulu.

  18. Lhooo kok enak banget yo mba, malah bisa diambilkan dan dikirim oleh PT. Pos gitu. Aku jadi tergoda untuk memperpanjang pasporku nih. Tapi kayaknya harus bawa full berkas deh karena pasporku lebih awal dari 2009 terbitnya 🙁

    • Iya Alhamdulillah ada opsi pengiriman kalau bayar lewat PT Pos. Nah, langsung kumpulkan saja berkas2nya dik, lalu capcuuus perpanjang paspornya

  19. Toss Mbak
    Saya juga beberapa waktu lalu mengurus paspor habis masa berlaku
    Mudah dan ga seseram yang dikisahkan teman-teman pada saya.

  20. Oh skrg biaya laspor 355 ya berarti, baru tau akuu. Pasporku udh oada mati nih, butuh perpanjang. Makasih sharingnya mbaa

  21. Aku blm pernah punya pasport, jadi blm pernah perpanjangan.. hehe..

  22. Iya mbak. Dua tahun lalu, abis pulang dari Malaysia for good. Saya dan anak anak perpanjangan pasport eh malah ganti baru. Alhamdulillah cepet banget gak pake ribeut padahal berenam. Sayangnya aku gak sempet ditulis di blog hihi thanks ulasannya ya mbak.

  23. Pasporku masih lama hehe.
    Sekarang emang enak ya kalau bikin maupun ganti paspor baru, lebih mudah, Tinggal daftar pakai aplikasi, bikinnya juga cepet 😀
    Kalau aku kejadiannya kerudungku pakai putih, pdhl begron foto warna putih, syukurlah disediain kerudung wkwkwk 😛

  24. Prosedurnya memang mudah dan jelas ya mba, apalagi jaman online seperti sekarang yang masih memudahkan pengguna paspor

  25. Gampang banget ya ternyata mba proses perpanjangan paspornya. Ntar kapan2 mau perpanjang juga ah, pasporku udah kadaluarsa dari 8 tahun yang lalu.

  26. Prosesnya sama seperti bikin batu ya mbak….terima kasih infonya

  27. Aku baru aja mikir, ini yang jauh gimana, masak bolak balik lagi. Ternyataaaaaa, bisa dikirim ke rumah. Ah, semua serba dimudahkan ya, Mbak. Thanks ya untuk sharingnya.

  28. Seneng ya sekarang prosedur administrasi jd makin mudah begini

  29. Infonya mbak Tanti urut bangeet dan bermanfaat nih. Bagusnya ada opsi pengiriman paspor tadi yah. Jadi nggak perlu bolak-balik ke kantor Imigrasi.

  30. Berguna banget emang cari info sebanyak2nya biar ga bolak balik ya mbk. Kmr anter ponakan eh namanya klitu. Lgs dibenerin tp tetep nunggu.

  31. Berkat tekhnologi skg ngurus administrasi jd mudah ya mbak. Ak blm punya paspor. Jd seneng kalau nemu artikel gamblang begini. Tfs mbak

Leave a Reply

Required fields are marked *.