LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Mengawali langkah kembali menjadi Tamu Allah (1)

| 90 Comments

Salam jumpa, sobat Lalang UnguMengawali langkah kembali menjadi Tamu Allah menyita perhatianku akhir-akhir ini. Ya, meskipun rindu itu terus menggebu sejak beberapa tahun lalu, namun rupanya baru di akhir tahun nanti -insya Allah- kudapat memenuhi panggilan-NYA kali ini. Mohon doanya ya, teman-teman…

Penuh syukur kubersiap untuk keberangkatanku kali ini, meski terasa semua serba mendadak -dibanding perjalanan religiku sebelumnya- namun mudah-mudahan tidak mengurangi kesiapanku menjalankan ibadah kali ini. Dan salah satu wujud syukurku adalah dengan mendokumentasikan perjalanan religiku kali ini, sejak persiapan hingga insya Allah pelaksanaannya nanti. Nah, kuawali catatan ini dengan menuliskan beberapa upayaku untuk mengawali langkah menuju Makkah-Madinah itu :

Memilih PPIU yang terpercaya

Ibadah haji maupun umrah merupakan ibadah suci dan khusus, terutama pada lokasi pelaksanaannya yaitu di Makkah, yang notabene jauh dari negeri kita. Oleh karena itu perlu dibantu dengan biro perjalanan haji/umrah yang terpercaya, jangan sampai niat kita beribadah namun justru terlunta-lunta di negeri orang. Atau penyelenggara tidak amanah sehingga kepergian kita tertunda karena  dana yang sudah disetor  disalahgunakan… Aduuh, jangan sampai deh ya.. Itu sebabnya kita harus hati-hati dalam memilih Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Berikut 5 Pasti Umroh yang disosialisasikan oleh Kementerian Agama, yaitu :

  1. Pastikan travel berizin umrah. Untuk mengetahui resmi tidaknya PPIU , dapat mencari informasi di Kantor Kementerian Agama setempat, atau dapat juga melalui website resmi Kementerian Agama . Selain itu, rekomendasi dari kerabat yang telah berpengalaman juga dapat menjadi sumber informasi pemilihan travel ini.
  2. Pastikan jadwal keberangkatan dan penerbangannya. Penting untuk mengetahui dengan pasti jadwal keberangkatan & kepulangan, nama maskapai, serta jumlah seat yang tersedia sesuai booking dari travel tersebut. Upayakan pilih jalur penerbangan langsung, atau apabila ada transit pastikan waktu transit dan penerbangan lanjutan dengan pesawat yang sama.
  3. Pastikan harga dan paket layanannya. Jangan tergiur dengan harga yang murah dengan paket pelayanan yang tidak jelas / tidak sesuai dengan standarnya.
  4. Pastikan hotelnya. Pastikan tempat menginap sesuai standar yaitu minimal Bintang 3, dengan lokasi yang tidak boleh lebih dari 1 km dari tempat ibadah.
  5. Pastikan Visa nya. Visa untuk umroh ini hanya dikeluarkan oleh Perwakilan Pemerintah Arab Saudi di Indonesia, dan hanya beberapa travel resmi yang memiliki izin untuk mengurus visa tersebut.

Nah, kalau aku sendiri, tipe yang setia –uhuuuk..- kalau sudah cocok dengan sesuatu / seseorang / suatu lembaga, maka tak akan mudah berpindah hati..hehe.. Begitupun dengan rencana perjalanan umroh kali ini, kupercayakan pada KBIH yang sama dengan yang memfasilitasi ku berhaji 7 tahun lalu yaitu Assalamah Kopena yang sekarang membuka jasa Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah Al Baika dan bekerjasama dengan PT SAGHARA MAHABBTAIN WISATA Jakarta yang telah terdaftar di Kementerian Agama dengan No SK 696 Tahun 2017.

Saat mendaftar di Al Baika Pekalongan

Membuka rekening Umrah

Mungkin ada teman-teman lain yang seperti aku : sudah lama menabung niatnya untuk haji/umrah..eh gak nyampai-nyampai jumlahnya karena kepakai ini-itu yang penting juga. Nah, untuk mensiasati hal ini, bila memang sudah ada niat itu, langsung saja buka rekening khusus haji/umrah. Pembukaan rekening khusus ini sama prosedurnya dengan pembukaan rekening biasa.

Rekening khusus ini kan tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu, jadi terbebas dari bahaya kethithil-thithil alias tetap utuuuuh…hehe.. Saat ini sudah banyak bank / lembaga keuangan yang menawarkan tabungan khusus ini, jadi tak akan kesulitan bagi kita untuk memilih salah satunya. Lebih baik lagi kalau memilih bank yang sama dengan rekening KBIH pilihan kita, sehingga nanti kalau sudah cukup jumlahnya tinggal pindah dana dalam bank yang sama. Gampang, kan?

Baca juga : 3 Tips Menabung untuk ONH

Menabung di rekening khusus umrah (Gbr. Pixabay)

Dengan alasan itulah beberapa bulan lalu aku membuka rekening umrah di Koperasi Pemuda Buana ( Kopena ) Pekalongan. Kopena ini adalah sebuah lembaga keuangan yang juga mempunyai yayasan KBIH Al Baika yang telah kupilih untuk memfasilitasi umrahku, saat sudah cukup dananya tinggal pindah buku saja ke rekening Al Baika. Praktis dan tidak repot. 🙂

Oya, aku percaya banget bahwa niat suci kita untuk ibadah ini akan mendapat kemudahan dari Nya. Sekedar berbagi cerita ya teman, awalnya aku sempat galau karena kenaikan dollar yang cukup lumayan beberapa waktu lalu. Duuh, tentunya itu akan berimbas pada jumlah total biaya yang diperlukan untuk umrah. Apa bisa terpenuhi tahun ini kalau naik-naik terus begitu?? kekhawatiran itu muncul dalam hatiku. Sempat juga maju-mundur cantik sebelum menetapkan niat untuk mendaftar.

Kemudian aku pun berserah. Yang utama adalah aku telah berniat, dan harus mengambil langkah untuk mewujudkan niat itu. Bismillah saja. Insya Allah, DIA yang Maha Kaya akan mencukupkan segalanya, pada waktu yang telah ditetapkan-Nya. Kalau memang belum bisa berangkat tahun ini -karena satu dan lain hal- ya sudah, mungkin memang belum waktunya kembali ke sana, begitu bisik hati dalam kepasrahanku pada-Nya, yang pada akhirnya membulatkan tekadku.

Memang bila dilihat dari hitung-hitungan a la manusia, mungkin tampak mustahil segera terwujudnya cita-citaku dengan penghasilan yang kuterima dan pengeluaran-pengeluaran yang ada. Namun rupanya, bukan hitung-hitungan a la manusia ini yang terjadi. Rizki kita dalam genggaman-Nya. Alhamdulillah, Allah Maha Pemurah. Ada saja rizki yang kuterima, bahkan dari sumber-sumber yang tak kusangka sebelumnya 🙂

Demi Allah aku menuliskan ini bukan untuk riya’ namun -insya Allah- untuk memantapkan hati siapa saja yang masih ragu, bahwa sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pemurah. Tak perlu merasa takut dan penuh perhitungan secara njlimet jika berkaitan dengan ibadah kita, karena insya Allah, akan ada kemudahan dari-Nya. Percayalah…

Demikianlah teman, itulah beberapa langkah awalku untuk kembali menjadi Tamu Allah. Baru dua macam persiapan yang kutuliskan ya, masih ada persiapan-persiapan lain untuk umrah yang akan kutuliskan kemudian. Insya Allah tulisan ini juga akan mengawali rangkaian catatan perjalanan umrah kali ini, seperti juga catatan perjalanan haji yang kutuliskan 4 tahun lalu. Apakah akan menjadi 1 buku juga? Insya Allah…mohon doanya juga..

Oya, sebagai pelengkap dari catatan persiapan ini, sudikah teman berbagi pengalaman juga seputar persiapan umrah?  Silakan bagi kisahnya di kolom komen ya… Terimakasih…

90 Comments

  1. Turut senang membaca bahwa Mbak Tanti akan kembali jadi tamu Allah. Insya Allah segalanya lancar, pergi sampai pulang, Mbak 🙂

  2. Alhamdulillah ikut senang mendengarnya mbak, semoga deiberi kemudahan dan kelancaran…

  3. Baca tulisan atau cerita teman yang mau berangkat umroh atau setelah berangkat umroh jadi rinduuu kembali kesana..

    betul mba, jangan pesimis dengan rejeki menjadi Tamu Allah, saya termasuk saksi bagaimana rejeki itu datang ditempat yang tak terduga jika kita betul yakin niat kita ingin bertamu ke Rumah Allah..

    • Betul mba..rindu itu senantiasa hadir ya mba.. Semoga sedikit cerita ini menambah keyakinan teman2 untuk memantapkan niat dan membuang keraguan ya mba.. insya Allah..

  4. Matur suwun infonya mbakkk….semoga segera bisa umroh …..

  5. wah, banyak informasi bermanfaat disini. semoga aku bisa segera umroh ya…amiiin

  6. Semoga diberikan kemudahan atas ibadahnya nanti hingga semua selesai ya mbak. Bismillah semoga keluarga kami bisa diberi kesempatan kesana juga entah kapan

  7. Ah, iya. Kepikiran pgn buka tabungan haji/umroh gitu. Semoga disegerakan hehe

  8. MasyaAllah betapa beruntungnya Mbak Tanti, aku juga sudah nabung sedikit-sedikit tapi akhir-akhir ini kok nglokro terbentur kebutuhan yang lain semoga awal tahun depan bisa lebih istiqomah biar bisa segera nyusul Mbak Tanti ke Baitullah..amin Mohon didoakan ya mbak 😀

  9. Alhamdulillaaaah semoga semuanya lancar sampai akhir perjalanan nanti ya mba. Memang kita harus cermat untuk menyiapkan perjalanan religi ini

  10. Masya Allah senangnyaaa semoga lancar ya mba Tanti. .

  11. Aku belum pernah Umrah jadi belum pernah punya pengalaman apapun mengenai Umrah. Semoga lancar semua ya, Mbak Tanti. Makasih tipsnya juga. Jadi kalau mau Umrah biar segera terlaksana memang lebih baik buka buku rekening tabungan sendiri ya biar nggak tercampur dengan yang lain.

  12. Keinginan itu pasti ada, Mbak. Dan insya Allah mengarah ke sana.

    Ramadan kemarin aku bantu2 nenek yang berangkat umrah. Beliau pasrah banget sama bironya. Pokoknya terima beres, soal paspor sama suntik.

    Memang kalau dihitung manusia kesannya lebih mahal. Tapi, melihat sendiri (dapat info di grup WA) nenek kakekku serba enak di sana, kami yang di rumah ikut bahagia.

    • Betul Ika..yg paling penting adalah kenyamanan agar bisa beribadah dg baik.. Insya Allah ada kemudahan bagi kita semua.. Aamiin..

  13. Bismillah kalau ada niat semua dimudahkan Allah aja ya mba. Semoga perjalanannya lancar dan berkah mba

  14. Aku pernah baca bukunya dulu, dapat doorprize di workshop blogging IIDN Semarang.
    Barakallah Mba.. Moga Allah memudahkan langkah kita

  15. Aku doain Mbak Mechta lancar ya perjalanannya ke rumah ALlah

  16. Saya belum punya mengalaman apapun tentang hal ini, Mbak. Tetapi, senang membacanya. Semoga dilancarkan. Aamiin

  17. Alhamdulillah niat yang baik mba, semoga dilancarkan dan disegerakan ke tanah suci ya mba. Semoga saya juga bisa menyusul Aamiin

  18. makasih sharingnya jangan samapi tertipu ya

  19. Semoga bisa segera jadi 1 buku ya mba. Semangat terus untuk menulis lanjutannya.

  20. Semoga dilancarkan juga ya kak untuk umrohnya, doakan saya juga ya kak semoga saya dan keluarga bisa umroh.

  21. Makasih infonya. Do’a bunda dan semua teman blogger mbak Mechta akan mengiringi dengan do’a. Semoga lancar. Aamiin

  22. Alhamdulillah ikut senang mendengarnya Mbak. Semoga Mbak Tanti diberikan kelancaran dan kemudahan dalam beribadah. Kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.

  23. Aku senang bacanya, mohon do’anya ya mba semoga diberi rezeki untuk menjadi tamu Allah juga 🙂

  24. Alhamdulillaah, ikut senang mba. Semoga ibadahnya lancar, mudah, sehat, selamat, doa2 diijabah. Aamiin..

  25. Ya Allah, aku pun ingin jadi tamu Allah, sudah daftar haji sih, tai masih nunggu sekitar 10 tahun lagi, mungkin bisa umrah dulu ya kayak mba, saya turut senang, lancar ya ibadah umrahnya

  26. Mba, semoga Allah selalu memudahkan langkah kita untuk menuju rumah Allah ya mba. Persiapan umrah biasanya fisik dan mental juga jangan sampai terabaikan ya mba 🙂

  27. Aku blm pernah umroh nih mbaa, pingin bangeet. Makasih sharingnya, berguna buat aku nanti kalo ada rejekinyaa

  28. Alhamdulillah senang membaca pengalaman untuk menjadi tamu Allah. Sampai hari ini saya masih belum nih Mbak, semoga saya diberikan kesempatan untuk menabung umroh, aamiin

  29. Mupeng banget kalau orang cerita tentang haji ataupun umroh. Apalagi yg bisa bolak balik umroh, duuhh rasanya pengen jugaaa. Tapi baru sebatas keinginan nih, niat, tapi belum move on ke next step, masih merasa belum sanggup untuk sekedar membuka tabungan khusus itu, huhuhuh.

  30. Alhamdulillah, semoga ibadah umrahnya dimudahkan dan dilancarkan sm Allah ya, Mbk. Aamiin.
    Aku blm pernah, tapi senang sekali membaca pengalaman dikau ini mbk. Makasih udh share ya, Mbk.

  31. Mbaaak… Semoga senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam beribadah nanti yaa..

    Titip doa, semoga saya dan keluarga bisa menginjakkan kaki di tanah suci juga. Saya pun rindu bisa ke sana, Mbak.. Ya Allah.. :'(

  32. Alhamdulillah ya mbak kembali menjadi tamu Allah, semoga aku dan suami bisa segera menjadi tamu Allah di Tanah Suci..

  33. Hayuk mba ditulis biar komplit jadi 1 buku untuk kisah perjalanan umrohnya. Pasti menarik.

  34. Masya Allah, semoga semua urusan perjalanan umroh berjalan lancar ya mba. Semoga jadi buku lagi. Duhhh aku malu naskahku gak jadi2, banyak alasan sih

  35. Aku yang belum pernah umroh, jadi tahu banyak apa aja yang harus di persiapkan dari membaca postingan ini.

  36. Selalu saja ada hal yang mengganggu tabungan. Ketika akan niat umroh, ada saudara yang butuh uang begitupun tahun tahun sebelumnya

  37. Aku kemarin umroh backpacker mb sama suami dan ngerasa banget sama Allah dikasih banyak jalan kemudahan. Yang penting niatnya diperkuat insya Allah ada jalan gitu kan ya mbak.

  38. Alhamdulillah, barokallah Mba Tant, berarti udah pernah ke sana
    ini persiapan mau ke sana lagi? MasyaAllah, sehat terus dan dimudahkan segalanya ya Mba Sayang.

  39. barakallahu mbak, semoga lancar ibadahnya. Dan aku adi kepikiran buat tabungan umroh juga, doakan juga ya mbak 🙂

  40. Aamiin mbak moga2 jadi buku. Saya tu suka banget baca2 pengalaman org buat umroh atau haji, jd makin semangat utk nabung supaya sampai ke tanah suci juga TFS 😀

  41. Mbaaa…doakan ya supaya aku dan keluargaku disegerakan untuk menjadi tamu di Baitullah. Udah pengin banget nih ke sana.

  42. Semoga niat baiknya dilancarkan ya Mbaa. Mohon doakan juga, aku punya mimpi bisa pergi umroh sekeluarga, termasuk sama anak-anak. Kemarin temen umroh edutri ke sana, masya Allah, pengeeeen banget ;’)

  43. Aamiin… sayapun kepingin mba bareng keluarga insyaallah.. semoga dlm waktu dekat. Bahagia banget rasanya ya mba

  44. Semoga dilancarkan ya mba. Aku juga pengen banget bisa ke baitullah

    • Aamiin.. terimakasih doanya Noorma dan semoga Noorma sekeluarga juga mendapat kemudahan segera menjadi tamu Allah.. Aamiin..

  45. MasyaAllah, barakallah bunda, telah melakukan ibadah umrah. Saya malah belum, Bun. Target saya ibadah haji, masih waiting list. Mohon doanya ya Bun, semoga tahun 2021 panjang umur dan bisa beribadah di tanah suci.

    • Aamiin.. Saya juga baru akan umrah akhir tahun ini.. Semoga mba sekeluarga juga mendapat kemudahan dari NYA saat ibadah haji nanti..

  46. iyaahh.. kalau sudah mengunjungi tanah suci itu kita akan selalu dilanda kerinduan untuk bisa kembali ke sana lagi. aku juga pingin, makanya nabung nih. doakan ya biar bisa ke sana lagi.

  47. semoga rencana besarmu akhir tahun nanti diberi kemudahan ya mbak… aamiin

  48. Barokallah semoga lancar semua bu. Semoga barokah semua

  49. Selamat menuaikan ibadah ya Diajeng. Binerkahan lancar semuanya. Salam hangat

  50. Semoga dimudahkan ya, Mbak

    Kita memang harus cek agen-agennya karena memang ada yang nakal. Itu tetanggaku pernah ada yang bermasalah dengan visa hingga batal berangkat

  51. Mbak…doakan saya juga biar bisa menjadi tamu Allah seperti mbak Tanti…

Leave a Reply

Required fields are marked *.