LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Refugia : Tanaman Sahabat Petani

| 81 Comments

Hai, sahabat Lalang Ungu.. sudah kenalkah dengan Refugia, tanaman sahabat petani? Nah, kalau belum kenal.., yuk mari kita kenalan dulu ya..

Itu adalah salah satu post di akun instagramku, yang menyebut bahwa Bunga Matahari selain merupakan tanaman semusim juga merupakan tanaman refugia. Teman-teman mungkin juga ingat beberapa post IG ku yang lain yang menyebut juga tentang tanaman refugia. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan Tanaman Refugia itu? Apakah itu nama jenis tanaman?

Pengendalian Hama secara alami

Sebelum kita bahas tentang refugia dan manfaatnya, sekilas kita bicarakan dulu tentang pengendalian hama alami, ya teman..Β  Dalam kegiatan pertanian / perkebunan, kehadiran hama merupakan salah satu yang ingin dihindari demi kesuksesan usaha pertanian/perkebunan kita.

Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan kimia, antara lain pestisida. Namun sayangnya hal ini memberikan dampak buruk yaitu adanya kontaminasi bahan aktif dan residu pada produk-produk pertanian yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Selain itu, penggunaan pestisida juga mengurangi populasi musuh alami dari hama & penyakit tanaman. Lalu, kita harus bagaimana dong?

Nah, di sinilah peran dari Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yaitu pengendalian hama & penyakit tanaman melalui pendekatan ekologi yang bersifat multi-disiplin untuk mengelola populasi hama dan penyakit dengan menerapkan berbagai teknik pengendalian yang kompatibel. Adapun 4 prinsip dasar dari PHT ini adalah : (1) Budidaya tanaman sehat; (2) Memanfaatkan musuh alami; (3) Pengamatan & pemantauan rutin; dan (4) Petani sebagai ahli PHT.

Nah, sebagai penerapan prinsip PHT yang kedua yaitu ‘memanfaatkan musuh alami’ maka perlu dijaga populasi dari musuh alami ini, jangan sampai lebih sedikit dari hama & penyakit. Salah satu upayanya adalah dengan menggunakan tanaman Refugia.

Apa itu refugia?

Beberapa tanaman refugia di sawah / ladang

Yang dimaksud dengan refugia adalah jenis-jenis tumbuhan yang ada / ditanam di sekitar lahan tanaman utama dan berfungsi sebagai mikrohabitat bagi musuh alami (predator & parasitoid) hama dan penyakit tanaman.

Apa peran tanaman refugia?

Tanaman refugia ini menghasilkan bunga-bunga yang merupakan sumber nektar sehingga sangat menarik bagi serangga-serangga baik hama maupun predator alaminya. Serangga yang masuk dalam kategori predator ini antara lain : semut, belalang sembah, kumbang, kepik, tawon, kupu-kupu, dll.

Dengan adanya tanaman refugia ini, para predator mempunyai tempat singgah yang sangat nyaman dan penuh makanan sehingga mudah berkembang-biak, dan menekan populasi hama pengganggu tanaman utama (misal : padi).

Tanaman apa saja yang cocok sebagai refugia?

Ciri-ciri utama tanaman yang cocok sebagai refugia adalah berdaun lebat, mempunyai bunga dengan warna-warni yang menarik serta mempunyai aroma khas.Β Secara garis besar ada 3 kategori / pengelompokan tanaman refugia, yaitu:

Refugia penghasil bunga.Β  Dalam kelompok ini a.l : Bunga Matahari, Tanaman Kenikir, Bunga Kertas (zinnia), Bunga Jengger Ayam, dll.

Beberapa bunga yang bisa menjadi refugia

Refugia penghasil sayuran. Tidak hanya tanaman bunga, adapula jenis sayuran yang dapat berfungsi sebagai refugia, a.l : bayam, kedelai, kacang panjang, kacang Tunggak, oyong, kecipir, dll.

Kacang panjang & kedelai adalah contoh tanaman sayur untuk refugia

Refugia tanaman liar. Ada pula tanaman-tanaman liar yang dapat bermanfaat sebagai refugia, a.l : tanaman Orok-orok, Sidaguri, dll

Gulma berbunga bisa juga menjadi refugia

Bagaimana teknik penanaman Refugia?

Pada dasarnya cara menanamnya adalah sama dengan cara bertanam tumbuhan lain, hanya yang perlu diperhatikan adalah :

  • penanaman refugia bunga dilakukan bersamaan dengan olah tanah (saat membuat guludan / pematang) sedangkan refugia sayuran ditanam sebelum pengolahan tanam, sehingga diperkirakan saat padi mulai tumbuh tanaman refugia ini sudah mulai berbunga dan menjalankan fungsinya sebagai sumber nektar bagi musuh alami hama padi.
  • Usahakan agar tanaman refugia ini tidak terlalu rimbun, karena bila demikian dikhawatirkan akan menjadi rumah bagi tikus, hama padi lainnya.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai Refugia, tanaman yang menjadi sahabat petani. Dengan penggunaan refugia, petani dapat menjaga agroekosistem pertanian, sehingga populasi hama dan penyakit terkendali dengan meminimalkan penggunaan pestisida ) pengendali hama kimia lainnya. Di samping itu dengan penggunaan refugia modal usaha tani akan dapat ditekan karena berkurangnya pembelian bahan kimia pengendali hama.

Nah, sekarang teman-teman jangan heran lagi bila menemui tanaman berbunga warna-warni ada di pinggir sawah/ ladang ya… Tanaman-tanaman itu bukan ditanam dengan alasan estetika (keindahan) semata, namun juga diharapkan menjalankan fungsinya sebagai tanaman refugia. Selfi-selfi di sekitar sana boleh…tapi jangan sampai merusaknya ya.. ☺

Ada yang mempunyai cerita tentang refugia di lingkungan sekitarnya? Silakan share di kolom komen ya… Terimakasih..

81 Comments

  1. Wah ilmu baru nih Mbak..aku baru tahu. Jadi mereka predator yang makan hama gitukah? Bener ga pemahamanku?

    • Tanaman2 ini menyediakan nektar yg menjadi makanan bagi predator2 (kumbang, kupu2, Tomcat, dll). Nah, predator2 ini yg akan memakan hama padi. Begitu alurnya mba..

  2. Keren! Refugia membantu bapak petani mengamankan ladang.
    Mba thanks, ilmu banget ki soal tanaman heheheh

  3. Ini ilmu bangeett.. mungkin sudah pernah dulu diajarin di sekolah ya.. Tapi dasar udah tua, udah lupa, jadi pengingat lagi deh.. Dwi fungsi banget tanaman jenis refugia ini ya..

  4. Ya mba.. bila dikelola dg baik, penanaman refugia di sekitar sawah & kadang bisa juga jadi penambah estetika.. wisata ke sawah..bonusnya Selfi dg bunga2 cantik hehe..

  5. Wih aku baru tahu tanaman Refugia, apa karena aku kurang suka menanam ya, jadi gak pernah browsing tentang tanaman hihi.
    Sip, terima kasih infonya mbaakk

  6. baru tahu soal refufia ternyata penghasil nektar buat predator, bberapa bulan lalu kaka ipar nanam bunga matahari tapi ga bisa bertahan lama mba kenapa yah xixixi

    • Bunga matahari merupakan bunga semusim mba.. jadi biasanya setelah dewasa, bunga2 tua menghasilkan biji maka ia akan mati. Nah, kita harus menggantikannya dg bibit bunga yang baru..begitu mba..

  7. Tanaman refugia bunganga cantik cantik untuk menarik hama ya mbak. Ilmu batu nih buat aku. Ternyata bisa ya mengalihkan hama supaya nggak mengganggu tanaman utama.

  8. Wow manfaatnya luar biasa ya tanaman refugia ini. Selain cantik juga membantu petani.

  9. Aku baru tahu tentang refugia nih, mba. Ternyata banyak ya tanaman refugia di sekitar kita.

  10. Baru tahu tentang tanaman Refugia, Mbak Tanti. Wah kalau di sawah ditanami pengendali hama alami ini, aku akan betah pergi ke sawah, nyari bunga -bunga tentu saja πŸ™‚

  11. Saya malah belum pernah lihat ada bunga matahari ditanam di dekat sawah. Kalau ada pasti bakal senang banget karena saya penggemar bunga matahari

  12. Ternyata sayuran pun ada yang tergolong tanaman refugia ya mba. Selama ini aku baru tahu sebatas bunga aja. Waktu melihat ke kebun, banyak bunga yang masuk dalam golongan tanaman refugia

  13. Ternyata ada cara alami yah buat basmi hama, alhamdulillah dapat lagi pengetahuan baru, ayah saya juga petani tp pnh pake pembasmi hama yg malah mematikan, dan masih bxk di kampung sy yg blm tau soal ini.
    Thanks banget kak

  14. tapi bagus juga ya kalau ditanam di sekitar persawahan jadi semarak dg bunganya dan hama bisa dimakan predator, begitu bukan

  15. Kembange apik apik tenan mba. Aku juga pengen nanam kembang mtahari di rumah. Bisa ga si?

  16. Baru tahu saya Mbak penggolongan tanaman yang masuk kategori refugia. Dan baru nyadar juga, pantesan ada yang nanam di bagian pinggir sawah tanaman yang masuk kategori refugia penghasil sayuran.

  17. Bagus banget tanaman penghalau hamanya ya mba.. selain cantik juga bermanfaat besat utk jaga agar tanaman utama tidak terganggu

  18. Tanaman refugia itu cantik2 ya Mbak, fungsinya juga ternyata penting banget buat tanaman lain (tanaman utama)
    Saya suka bunga matahari πŸ˜€

  19. Mungkin aku harus nanam bebungaan di samping pohon cabe & tomatku yaa. Karena sering banget diserang hama putih2 πŸ™

  20. Owalah tanaman itu bisa menarik hama toh?
    Sawah mbahku kayaknya gak ada beginian mba πŸ™

  21. Ahahaha iya selama ini pemikiranku ngapain sih ada bunga cantik ini ditanam di deket sawah gak keren banget atau ya sayang banget kan bagus kalao di teras rumah gitu hehueeh ternyata oh ternyata ya mbak . Makasih infonyaao

  22. Cantikny mb
    Penghilang stress bgt kalau d rmh ada ini

  23. Aku suka nanem kembang ini baunya nyelekit jadi bikin serangga ga mau dekat

  24. Aku kalau kesini malah akan sibuk foto foto makro daripada belajar soal taninya hahaha. Emak macam apa aku ya.
    Aku simpan buat pelajaran next

  25. Aku semasa kuliah pelajarannya ini nih berhubungan dengan tanaman termasuk PHT πŸ™‚

  26. Alhamdulillah dapat ilmu baru mampir ke blog ini. Kalau kembang ini banyak di Tasik kampung ku di halaman gitu tapi sayang ga suka bau nya huhu.

  27. Kembang srengenge bikin aku in get nama penulis cerpen sitok srengenge.. Berarti srengenge disitu artinya matahari ya

  28. Biji bunga matahari INI disukai Hamtaro juga sih, so hamster yg lucu

  29. jenis refugia banyak juga ya. dan ternyata banyak yg tumbuh di pinggir sawah dan menjadi tanaman pendamping sayuran. jadi banyak tahu nih.

  30. Terimakasih supportnya mba..

  31. Serangganya nggak nyerang bunga kok mba..mereka memanfaatkan nektarnya. Dan kebanyakan ini bunga semusim, jadi memang punya batasan umur..

  32. Pingback: Sulitkah Menanam Bunga Matahari? |

  33. Mungkin dulu di sekolah udah dipelajari, tapi baca tulisan ini aku semacam direfresh gitu mbak. Jadi tahu (lagi) soal refugia. Awalnya, aku mikir, kok bisa bunga matahari termasuk refugia, pasti bakalan “diserang” kan dia. Eh rupanya memang itu tujuannya, untuk peralihan tanaman yang lain ya. Keren amat! hahaha.

    Cuma yang jadi kepikiran, kalau petani bunga matahari (untuk produksi kuaci misalnya) berarti butuh tanaman lain/refugia lain untuk sebagai pengalihan ya? keren keren haha. Pagi-pagi udah dapet ilmu aku.

  34. Auto bayangin sawah yang pinggirnya banyak bunga matahari, cantik sekali.

    Ternyata gak cuma untuk alasan estetis tetapi juga untuk anti hama ya. Bisa untuk pertanian organik, biar lebih sehat.

  35. wah, ini mirip prinsip tumpang sari ya mba? Pantesan di beberapa sawah ada jenis tanaman lain yang memang diperuntukkan supaya tanaman utama tetap aman ya. Ilmu yang baru.

  36. Baru tahu saya ada refugia ini mbak. Saya tahunya kalau pengendalian hama mesti pakai pestisida, hehehe. Maklum saya kerja di pest control. Tapi bagus juga agar tidak berlebihan menggunakan pestisida kan kurang baik

  37. Baru tahu saya mba ada tanaman ini. Saya bekerja di pest control jadi tahunya kalau ada hama ya pakai pestisida, heheh. Tapi bagus juga ya untuk mengurangi penggunaan pestisida bagi tanaman

  38. Jadi bunga matahari ini salah satu refugia ya mbak yang bisa menangkal hama yang ingin memakan tanaman lain. Bagus juga kreativitas petani dalam menangkal hama

  39. Ilmu baru nih tentang dunia bercocok tanam. Ternyata selain ikhtiar dengan pestisida, ada langkah yang lebih aman bagi keberlangsungan sehatnya tanaman padi dan terhindar dari residu berbahaya saat padi konsumsi. Pernah eungeuh sih tanaman semacam bunga kertas gini ditanam di sekitaran pematang sawah. Ternyata ada maksudnya. Kirain tumbuh liar. Bahkan nggak baik juga kalau terlalu rimbun. Artinya turut dirawat juga ya sama Pak Tani.

  40. di desa saya yang mayoritas masih bekerja sebagai petani sering melihat ada tanaman/bunga-bunga yang di tanam di depan sawah, oh ternyata ini toh fungsinya sebagai tanaman refugia untuk menghalau musuh-musuh petani, thanks for sharing ya kak

  41. Oh, ternyata ini manfaat dari tanaman cantik nan menawan yaa…
    Untuk mencegah predator merusak tanaman inti.
    Sangat bermanfaat sekali menanam tanaman refugia ini berarti yaa…

  42. Beneran baru tahu yang namanya refugia lho mbak. Alhamdullah, bisa baca dari sini.
    Dan aku lihat, beberapa bunganya, malah ditanam di pekarangan rumah. Aku suka yang berwarna kuning dengan kepala putik tinggi itu.

  43. Wah, aku baru tahu mbak kalau ini refugia. Kukira bunga ini tanaman liar aja. Ternyata manfaatnya banyak sekali ya.

  44. Pingback: Yuk Mengenal Tanaman Kenikir dan Manfaatnya

Leave a Reply

Required fields are marked *.