LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Kenikir sebagai Refugia
Kenikir sebagai Refugia

Yuk Mengenal Tanaman Kenikir dan Manfaatnya

| 65 Comments

Siapa suka lalap daun kenikir?

Waah..banyak yang suka ya.. Aku sering konsumsi daun kenikir juga. Namun, kalau aku sih kurang suka lalap (karena gak suka sambal) jadi kalau masak daun kenikir biasanya lebih sering diurap, dibuat pecel atau bahkan ditumis! Sedeeep…

Eh, Sahabat Lalang Ungu sudah tahu belum, kalau tumbuhan Kenikir itu tidak hanya 1 macam saja? Ada Kenikir Sayur yaitu kenikir yang lebih umum dikonsumsi daunnya, ada pula Kenikir Bunga yang lebih sering ditanam sebagai tanaman hias / refugia.

Naah…apakah masih ada yang susah membedakan antara Kenikir Sayur dan Kenikir Bunga? Kalau belum tahu, sini siniii…kuberitahu.. 🙂

Tanaman Kenikir

Kenikir dan manfaatnya

Kenikir (Cosmos caudatus Kunth) merupakan tanaman perdu yang masuk dalam keluarga Asteraceae dan berasal dari Amerika Latin, menyebar ke banyak negara termasuk Indonesia.

Kenikir dapat tumbuh hingga 75-100cm. Mempunyai ciri batang tegak, segi empat, mempunyai alur membujur, bercabang banyak dan ruasnya berwarna keunguan.

Tanaman Kenikir

Rumpun perdu Kenikir

Kenikir ini mempunyai beberapa nama lokal, antara lain disebut sebagai Ulam Raja (Melayu) ataupun Pelompong (Malaysia). Di sebagian daerah Jawa disebut juga sebagai tanaman Cokra-cakri. Tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah hingga pegunungan, menyukai tempat terbuka yang banyak disinari matahari, dan biasanya dibudidayakan melalui bijinya.

Beda Kenikir Sayur dan Kenikir Bunga

Dari tanaman Kenikir yang sering/umum dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah daunnya. Daun Kenikir yang mempunyai rasa dan aroma yang khas ini biasanya dijadikan lalapan, atau bahan Pecel, atau ditumis.

Nah tanaman Kenikir / Cosmos ini ada banyak jenisnya, dan meskipun hampir semuanya edible (dapat dimakan) namun yang umum dikonsumsi adalah yang dikenal sebagai Kenikir Sayur.

Cara membedakan yang paling mudah antara Kenikir Sayur dan Kenikir Bunga ini adalah dengan melihat bunganya.

Bunga Kenikir Sayur berwarna pink/merah muda dengan ukuran yang relatif lebih kecil, sementara bunga Kenikir Bunga berwarna kuning/oranye, dengan ukuran yang lebih besar.

Beda Kenikir Sayur dan Kenikir Bunga

Nah..bedakan saja melalui penampilan bunganya ya..

Ukuran daun pada Kenikir Bunga juga rata-rata lebih besar dan bila diperhatikan dengan sungguh-sungguh, pada Kenikir Sayur ruas daunnya agak keunguan, hal yang tidak terlihat pada Kenikir Bunga.

Kenapa harus dibedakan sih? Kan sama-sama bisa dimakan?

Betul, memang sama-sama bisa dimakan, tapi rasa dan aroma daun Kenikir Bunga lebih tajam sehingga kurang disukai dibanding daun Kenikir Sayur.

Manfaat Kenikir

Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan

Daun Kenikir yang banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran ini mempunyai kandungan saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri.

Di masyarakat, daun Kenikir ini banyak dikenal sebagai penambah nafsu makan, obat lemah lambung dan penguat tulang (pkht.ipb, 2018).

Ada banyak sumber bacaan yang menyebutkan manfaat lain daun kenikir ini, yaitu :

  • Mengatasi peradangan payudara saat menyusui;
  • Mengatasi bau mulut;
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh;

Nah..bila masih penasaran, langsung saja gugling dengan kata kunci manfaat daun kenikir ya..

Manfaat Kenikir Untuk Tanaman Lain

Selain bermanfaat bagi manusia, tanaman ini juga dapat bermanfaat bagi tanaman lain ataupun dalam kegiatan berkebun.

1. Kenikir Sebagai Tanaman Refugia

Manfaat pertama  adalah Kenikir sebagai salah satu tanaman refugia, dengan menanam Kenikir di antara tanaman kita lainnya, maka akan membantu mengurangi penyerangan hama terhadap tanaman kita.

Kenikir sebagai Refugia

Refugia Kenikir di tepi sawah

Warna bunga Kenikir menarik perhatian serangga untuk lebih memilihnya dibandingkan tanaman-tanaman lainnya. Serangga itu bertelur di pohon Kenikir dan setelah telur menetas menjadi ulat maka ulat akan memakan daun-daun Kenikir. Kandungan minyak atsiri, saponin dan tanin yang ada pada Kenikir akan meracuni ulat-ulat itu hingga mati.

2. Kenikir Sebagai Pestisida Nabati

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kandungan zat kimia pada tanaman Kenikir ini beracun bagi serangga, itu sebabnya daun kenikir menjadi salah stu bahan yang tepat untuk digunakan sebagai pestisida nabati yaitu zat anti hama yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

manfaat kenikir untuk pestisida nabati

Pestisida Nabati Kenikir (Info grafis by Pusat Perpustakaan & Penyebaran Teknologi Pertanian Kementan RI)

Cara Membuat Pestisida Nabati Daun Kenikir

  1. 450 gr daun Kenikir diiris halus.
  2. Tambahkan 1 liter air panas, rendam selama 24 jam.
  3. Saring hasil rendaman.
  4. Tambahkan 1 sendok teh deterjen / liter larutan.
  5. Pestisida nabati daun Kenikir siap digunakan

Cara Mengaplikasikan Pestisida Nabati Daun Kenikir

  • Campur larutan pestisida nabati kenikir dengan 14 liter air sebelum diaplikasikan.
  • Penyemprotan  kepada tanaman kita dapat dilakukan 2x seminggu

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah perkenalan kita dengan tanaman Kenikir dan manfaatnya juga cara membedakan antara Kenikir Sayur dengan Kenikir Bunga.

Apakah kalian suka lalap Kenikir juga, atau bahkan menanamnya di rumah? Bagi ceritanya di kolom komen yuuk..

Oya, tulisan lain di blog ini tentang berkebun & tanaman bisa dibaca di sini ya..

***

Sumber info:

  • Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.) . PKHT-IPB. (pkht.ipb.ac.id, 23/3/2108)
  • Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan Pria & Wanita. (daya.id, 3/11/2020)
  • Ampuh, Basmi Hama di Lahan Anda dengan Tanaman Kenikir. (msmbindonesia)
  • Pestisida Nabati dari Daun Kenikir. ( Pustaka Setjen Pertanian, 18/9/2021)

65 Comments

  1. Masya Allah cantik-cantik bunganya baik kenikir sayur dan kenikir bunga. Saya belum pernah Mbak makan lalap daun kenikir.

  2. Jujurly, selama ini saya taunya kenikir yang dipakai bahan makanan. Ternyata ada kenikir jenis lain, dan melihat gambarnya cukup familiar.

  3. Eh ini bunga kenikir ya, disamping rumahku ada, aku pikir bunga tai kotok namanya ahaha. Soalnya ada juga bunga tai kotok mirip kaya gini bunganya. Aku taunya kenikir lalapan kesukaan suamiku hihi

  4. Ya allah aku baru tau lho kenikir ada bunganya hihi. Btw kenikir itu punya rasa dan wangi yang khas dan paling suka pakai bumbu pecel makannya hehe.

  5. Aku baru tau kalau ada bunga yang bisa dilalap ya. Cantik banget warnanya, ga tega untuk ditelan #eh apa ini yg dilalap itu daunnya? Tapi eniwei daunnya pun aku baru tau. Cuma tau daun pokpohan kalau selain dari selada or kemangi.

  6. aku ga suka banget nih kenikir haha.. sayuran yang bikin traumatis bangeet karena pas kecil aku dipaksa makan ini sama ayahku. rasanya agak pahit gitu kan yaa..

  7. Manfaat kenikir luar biasa yaa..
    Yang amazing adalah untuk pestisida nabati. Memang sebaiknya mengsir serangga yang menganggu jangana menggunakan zat kimia berbahaya, agar tanaman lain tetap sehat namun serangga yang gak baik pun pergi.

  8. Kenikir yg kuning sering banget aku temui mbak… Ternyata bermanfaat banyak nih ya daun kenikir. Sumpah baru tahu lho.

  9. Di sekitar tempat tinggalku tetangga pada nanme ini mba Tan
    aku suka liatnya, kalo nanem sendiri skip hahaha ada banyak ayam capek nanem dimakanin terus. Kenikir ini kalau sayur cikri kan, enak banget dipecel maupun kluban.

  10. aku malah baru tahu kalau yang kuning itu namanya bunga kenikir mba hahaaa pantesan wanginya khas ya

  11. aku termasuk orang yang menyukai tanaman-tanaman yg banyak banget manfaatnya. Di halaman rumah baru tersedia, sere,kunyit, jeruk. Kenikir sih belom ada, mau coba ah tanam juga

  12. Orang tua saya yang suka kenikir. Biasanya dijadiin lalapan. Kalau kenikir bunga lumayan sering lihat tumbuh liar di jalan. Sepertinya memang termasuk tanaman yang mudah sekali tumbuh, ya

  13. Aku baru ngeh kalau yang berbunga oranye itu kenikir bunga mba. Tak pikir daun kenikir yang biasa dikonsumsi yang itu, ternyata yang warna pink tjantik.
    Ternyata selain banyak manfaat untuk kesehatan, daun kenikir juga bisa sebagai pestisida nabati. Makasih banget infonya mba.

  14. Tanaman ini banyak tumbu liar ditempatku, tapi bunga yg menarik dan bagus sehingga banyak yg ambil jadi bunga hias. Aku baru tau klu ini bisa dikomsumsi dan sangat bagus.

  15. Wah gak nyangka kenikir banyak manfaatnya utk kesehatan bahkan utk kekebalan tubuh ya mbak. Baru tahu juga yang kembang kuning2 itu juga disebutnya kenikir, tapi yang disayur biasanya bukan yang itu ya?
    Biasanya kyknya di tukang belanjaan soalnya udah dijual tanpa bunga gtu.
    Kalau di Bogor sini terus terang blm pernah liat dan nyayur ini sih.

  16. Ini namanya bunga kenikit tohh di daerahku ada banyak dan tumbuh liar. Ternyata manfaatnya banyak banget ya untuk kita dan untuk tanaman lainnya.

  17. Menarik nih manfaat kenikir untuk pestisida alami, mau explore juga ah!

  18. Bungannya bagus mba. Aku tahunya kenikir ya sebagai lalapan. Baru tahu juga kalau teryata ada beberapa nama bahkan namanya Ulam Raja ya. Unik. Banget

  19. Manfaatnya disesuaikan dengan kebutuhan ya Mba Tan. Aku paling nih nanti butuh buat menyusui biar lancar heheheh aamiin. Makasih ya mba Tan ulasannya

  20. ya Allah kemana saja saya ini ya. Baru tau kalau bunga ini namanya bunga kenikir. Nggak tau nama tapi tau rupa. Tau rupa tapi nggak tau nama. duuh

  21. Kenikir ni punya aroma yang khas banget. Emakku biasanya membuatnya jadi urap gitu. Dan aku suka banget makan sayur urap kenikir. Maknyus rasanya. Apalagi kalau sedikit pedas.

  22. ternyata ada kenikir bunga ya. saya cukup sering lihat kenikir sayur ini di pasar. katanya sih sayuran ini juga bagus buat kanker

  23. Maasyaa Allah
    Kenikir ini bikin saya senang pulang ke rumah mertua
    Pasti mereka suguhkan lalapan kenikir yang dicampur sama bumbu pecel
    Nikmat bisa bikin tambah nasi terus

  24. Wah, aku baru tahu banyak manfaatnya kenikir. Biasanya sih buat pecelan aja karena memang enak, dan aromanya khas banget gitu deh

  25. Mbaaak aku baru tau kalau cosmos bisa dijadikan pestisida alami…keren euy aku suka lihat bunganya yang cerah ceria dulu sempet punyatapi pas bangun rumah mati

  26. Mabk selama ni aku pahamnya kenikir bunga sama yg biasa dimasak tu sama aja ternyata bedaa. Dan banyaak ya manfaat kenikir ternyata bunganya juga cantik. Kayanya jd kepengen nanem nih hahaha

  27. Aku tahunya kenikir tuh sayur mbak ternyata ada ada yang tanaman hias dan bunganya pun berbeda..banyak manfaatnya bagi kesehatan ya ternyata..

  28. Oalahhh beda tho. Selama ini nggak pernah merhatiin. Mbak Mechta rajin sharing ttg tanaman nih aku makin tau jenis2nya hihi

  29. Urap kenikir, salah satu kuliner khas Semarang yang ngangenin.
    Soalnya di Lombok ndak ada yang buat urap pake kenikir

  30. Wah bisa dijadikan pestisida alami, aku catat dulu cara pembuatannya.

    Kalo aku suka kenikir untuk urap, pecel, atau trancam. Untuk lalapan enak juga asal daunnya yang masih muda. Kalo ditumis malah aku belum pernah nyoba

  31. Saking bermanfaat nya serangga bertelur ya mba kasihan kenikirnya hiks. Di depan rumahku banyak kenikirnya, depan rumah orangnya suka tanam tanam mba. Pantes bermanfaat dia nanem ini.

Leave a Reply

Required fields are marked *.