LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Glow in the dark clok hasil karyaku
Glow in the dark clok hasil karyaku

Pengembangan Kreativitas Anak Bersama Faber-Castell Art Series 2

| 32 Comments

Creativity are teachable and can be ingrained in children through activity in everyday life!

Pengembangan Kreativitas Anak Bersama Faber-Castell Art Series 2.  Sahabat Lalang Ungu, kutipan di atas disampaikan oleh Ibu Yohana Theresia, S.Psi., M.Psi. seorang psikolog anak & keluarga dari Yayasan Heart of People.id pada webinar parenting yang kuikuti beberapa waktu lalu.

Kreativitas dapat diajarkan dan ditanamkan pada anak melalui aktivitas sehari-hari, itulah salah satu pesan Bu Yohana dalam webinar ini, bagian dari materinya mengenai upaya-upaya pengembangan kreativitas anak, yang merupakan salah satu soft skill yang perlu dimiliki di era digital ini.

Webinar Parenting Faber-Castell & Soft Launching Creative Art Series 2

Sebelumnya, ketika mendapat info akan dilaksanakannya webinar ini aku sudah sangat tertarik. Kurasa pengembangan soft skill di era digital ini memang sangat penting sehingga ‘Soft Skill Apa Yang Diperlukan di Abad Digital?’ yang menjadi tema webinar parenting Faber-Castell kali ini sangat pas menurutku.

Webinar parenting dan soft launching Creative Art Series 2 ini diselenggarakan pada Sabtu, 25 September 2021 melalui zoom selama sekitar 2 jam dari jam 10 WIB.

webinar parenting & sift launching Faber-Castell CAT 2

Moderator & Narsum Webinar Parenting Faber-Castell

Seperti webinar-webinar sebelumnya, acara ini dimoderatori oleh Andri Kurniawan -PR Manager Faber-Castell- dengan narasumber kali ini antara lain Ibu Yohana Theresia, S.Psi, M.Psi. Selain itu ada juga workshop pembuatan salah satu art series Faber-Castell yaitu jam dinding yang glow in the dark.

Anak Sebagai Korban Terselubung Dari Pandemi Covid 19

Pada awal pemaparannya, Psikolog Yohana Theresia menyampaikan hasil penelitian bahwa anak-anak sebenarnya adalah korban terselubung dari Pandemi Covid 19 ini.

Kenapa ada kata terselubung? Tak lain karena seringkali hal ini luput dari perhatian. Ekonomi yang melemah, Kesehatan masyarakat yang terancam, dll lebih sering menjadi fokus perhatian saat membahas akibat pandemi Covid19, menepikan fakta bahwa ada anak-anak yang juga menjadi korban keadaan ini.

Dari penelitian yang dilakukan Sutikno dkk (2020) terungkap bahwa terjadi peningkatan permasalahan perilaku anak akibat paparan stress di masa pandemi.

Beberapa contoh masalah perilaku anak itu antara lain: anak menarik diri dari keramaian, adanya gangguan somatisasi atau gangguan psikologis, dengan tanda-tanda seperti keluhan area fisik, depresi, agresi dan masalah perilaku lainnya.

Penyebab Permasalahan Anak Akibat Pandemi Covid 19

Ada beberapa hal yang menyebabkan anak bermasalah di masa pandemi Covid19 ini, antara lain:

  • Ruang gerak anak terbatas.
  • Kendala/hambatan anak dalam mendapat pendidikan yang berkualitas
  • Orangtua disibukkan dengan beragam masalah lain
  • Kondisi psikologis anak tidak stabil

Nah, seringkali solusi yang ditawarkan pada anak untuk mengatasi permasalahan-permasalahan itu adalah akses nyaris tak terbatas pada gadget, padahal hal ini bisa saja menimbulkan permasalahan baru bagi anak, a.l : masalah kesehatan fisik, terlambat bicara (umumnya pada Batita), masalah atensi & konsentrasi, masalah perilaku, masalah pada excutive function, memburuknya kualitas kelekatan anak-orang tua, dll.

Kreativitas Salah Satu Soft Skill Yang Perlu Dikembangkan Pada Anak

Alih-alih memberikan gadget pada anak untuk mengurangi tingkat ketertekanan anak di era pandemi ini, lebih baik orang tua meningkatkan kelekatan hubungan anak-orang tua dan mendorong pengembangan soft skill pada anak agar anak lebih siap dalam menghadapi pandemi maupun era digital saat ini.

Kreativitas adalah salah satu soft skill yang perlu dimiliki termasuk oleh anak-anak. Dalam hal ini, kreativitas merupakan kemampuan untuk memproduksi / mengembangkan suatu karya, ide, teknik atau pemikiran.

Pengembangan Kreativitas Anak

Kreativitas bagian dari Soft Skill di Era Digital

Ciri-ciri Orang Kreatif

Menurut Ibu Yohana, ciri-ciri orang kreatif ini antara lain : unik dalam memaknai masalah; berani mengambil resiko; dapat menyajikan ide yang berbeda (out of the box) dan tahan banting dalam menghadapi berbagai masalah.

Cara Menumbuhkan Kreativitas  Anak

Adapun berbagai cara yang dapat ditempuh orang tua untuk menumbuhkan kreativitas pada anak, antara lain:

  • Menghargai proses belajar
  • Mempersiapkan ruang khusus bagi anak untuk berkreasi dan bereksperimen
  • Memberi kebebasan pada anak
  • Memberi contoh nyata sebagai orang kreatif
  • Memberi berbagai sudut pandang dengan memperkaya pengetahuan anak
  • Suportif
  • Mengapresiasi usaha anak

Contoh Aktivitas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

Beberapa aktivitas sehari-hari yang dapat meningkatkan kreativitas anak a.l:

  • Alternate Uses Task. Ini semacam brainstorming yang dapat dilakukan orang tua dengan anak, misal melalui permainan menyebutkan aneka manfaat dari suatu benda. Makin kreatif seorang anak maka makin banyak jawaban unik yang dapat diungkapkannya tentang manfaat suatu benda.
  • Guided Fantasy. Melalui kegiatan membacakan cerita pada anak dapat dilakukan pengembangan imajinasinya yang akan mendukung kreativitasnya.
  • Open Ended Toys. Yang dimaksud di sini adalah jenis mainan yang menawarkan cara main yang beragam. Contohnya adalah Lego. Ini dapat melatih kreativitas anak dalam berkarya.
  • Exposure to art activities. Ajak anak melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan seni, maka anak akan makin terasah kreativitasnya. Faber-Castell Creative Art Series merupakan contoh produk yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak.

Faber-Castell Creative Art Series 2

Narasumber lain pada acara kemarin adalah Bp. Harsyal Rosidi –Product Spv Faber-Castell- yang menjelaskan tentang Creative Art Series 2 dari Faber-Castell.

Faber-Castell Creative Art (CAT) Seri 2 ini merupakan produk Faber-Castell yang sangat memperhatikan kebutuhan anak, khususnya usia PAUD dan SD, yang melibatkan aktivitas mewarnai, membuat prakarya, pengenalan warna, dll.

Produk yang merupakan lanjutan dari CAT Seri 1 yang telah di-launching pada tahun lalu ini telah dikembangkan sesuai tuntutan kondisi saat ini di mana pandemi belum berakhir dan anggota keluarga masih harus banyak di rumah. Dengan Faber-Castell CAT seri 2 ini diharapkan orang tua dan anak dapat bersama-sama mengembangkan kelekatan yang makin kuat.

Baca Juga : Merasakan Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa  Bersama Faber Castell ‘Color Your Own Totebag’

Beragam Jenis Creative Art Series Faber-Castel

Adapun Faber-Castell CAT seri 2 ini terdiri dari 4 jenis produk, yaitu: Basketball Arcade, Glow in the Dark Clock, Colour Your Own Drawstring Bag dan Finger Printing Art Set. Masing dikemas dalam kotak karton tebal yang memungkinkan produk sampai dengan utuh di tangan konsumen.

Keempat produk Faber-Castell CAT seri 2 ini tersedia ekskulsif pada official store Faber-Castell baik di Tokopedia maupun Shopee. Dan uniknya, dalam setiap kemasan produk ini ada voucher yang dapat digunakan mengikuti workshop yang diselenggarakan secara daring. Iiih..asyik sekali, bukan?

Manfaat Creative Art Series Faber-Castell

Sejalan dengan paparan Bu Yohana, selain dapat digunakan sebagai sebagai pengisi waktu di masa pandemi, berbagai jenis creative art series dari Faber-Castell ini bermanfaat antara lain: (1) melatih kemampuan motorik halus; (2) mengasah kreativitas; (3) meningkatkan self esteem & self confidence; (4) meningkatkan kelekatan orang tua-anak; (5) media mengekspresikan emosi

Workshop Pembuatan Jam Dinding Glow in The Dark

Sesi terakhir dari webinar ini adalah workshop pembuatan Glow in the Dark Clock, sebuah jam dinding cantik bermotifkan siluet gajah di antara pepohonan.

Isi kemasan CAT 2 Glow In The Dark Clock

Peralatan membuat Glow In The Dark Clock

Dalam kemasan CAT seri Glow in the Dark Clock ini, terdapat peralatan pembuatan jam, peralatan mewarnai, template bagian-bagian siluet, lem untuk menempel dan juga kertas berisi panduan nomor-nomor bagian siluet yang akan disebutkan urutan penempelannya oleh pemandu workshop. Oya ada pula kertas hitam polos yang dapat digunakan bila ingin menambah gambar dan tentu saja voucher workshop seperti yang telah disebutkan di atas.

proses pembuatan glow in the dark clock

Proses pembuatan jam gajah yang bersinar dalam gelap itu..

Dengan panduan dari instruktur ternyata tidak sulit mengerjakan prakarya ini, meskipun bila dilakukan oleh anak PAUD atau SD klas-klas awal mungkin tetap perlu beberapa bantuan dari orang tua. Terutama untuk memasang mesin jamnya mungkin.. 🙂

Dan inilah hasil prakarya kami kemarin. Krucil kami langsung minta jam gajah itu untuk dipasang di kamarnya, hehe..

Glow in the dark clok hasil karyaku

Taraaaa…jam gajahnya siap dipasang nih..

Sahabat, itulah cerita pengalamanku mengikuti webinar parenting dan soft launching Creative Art Series 2 yang diselenggarakan Faber-Castell pada 25 September 2021 lalu.

Adakah di antara kalian yang punya pengalaman mengembangkan kreativitas anak dengan produk-produk Faber-Castell? Yuk, bagi kisahnya di kolom komen ya.. Terima kasih..

32 Comments

  1. Pesan penting yang perlu diingat dari esai ini adalah being creative. Semakin bertambah usia harus semakin kreatif, karena pola pikir kita nantinya akan kita turunkan ke anak-anak kita kelak. Cemerlang sekali ide dari Faber Castell ini..

  2. Senang ya anak bisa berkreasi dan tetap berkreativitas meski di rumah saja. Anak saya gak mengikuti bentuk gajah dan pohon lho bikin jam nya. Dia gambar dan gunting lagi sendiri. Katanya pengen beda. Hehehe

  3. Jadi inget kemarin saya nemu crayon warna merk Faber Castell yg mungkin saya pake pas SMP-SMA dulu banget, karena ada label aman buat anak kecil dan ternyata masih bisa dipake saya kasihin ke keponakan.

    Tandain dulu Creative Art Series ini, boleh banget buat dijadiin hadiah sih.

  4. Memang betul, disaat pandemi sebenarnya anak-anak menjadi korban karena ruang gerak untuk berkembang menjadi terbatas. Creative arts dari faber Castell dapat menjadi solusi agar anak ttp dapat berkreativitas dan mengurangi tingkat stress pada anak akibat pandemi

  5. Bisa buat seru seruan bareng anak ini. Sambil mengasah kreativitasnya. Coba cek shopee lah

  6. Sering dapat wacana tentang dibutuhkannya kreativitas ke depannya. Orang tua perlu memberi ruang dan memfasilitasi anaknya untuk berkreasi … daan ternyata penting juga ya memberi contoh bagaimana menjadi seseorang yang kreatif itu. Faber Castell ini bisa banget jadi media anak untuk menyalurkan dan mengasah kreativitas mereka.

  7. Lucu bangetttt huhu. Anakku juga suka banget diajak bikin prakarya gitu, apalagi menggambar dan mewarnai. Jd nambah satu ide lagi nih, makasih yaa

  8. Penting bgt memang untuk terus menanamkan pada anak tentang pentingnya menghargai proses. Apalagi dalam hal kegiatan kreatif biasanya butuh kesabaran dan kreasi di prosesnya. Reminder juga nih artikelnya tentang Aktivitas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Thanks y. Jadi pingin bikin jam glow in the dark juga deh 😉

  9. Mba Tanti hasilnya keren banget ini, duh aku nggak. Ikutan pasti menyenangkan sekali ya Mba. Jadi pengen coba juga diriku.

  10. Untuk mendukung pengembangan kreativitas anak, kita juga harus memberikan contoh kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Ya, kita sebagai orang tua juga gak boleh mager doang di rumah tapi juga ikut terjun bikin prakarya sama anak-anak. Kayak Mba Mechta nih, keren banget bikin jam bareng sama anak.

  11. waaah keren yaa, bisa bikin sendiri, anak jadi lebih terasah kreatifitasnya, mau ah coba liat di e-com kesayangan 🙂

  12. Wah, bagus banget kak contoh aktivitas untuk meningkatkan kreativitas anak. Ini jadi evaluasi juga buatku, karena sering melarang anak karena khawatir berlebihan. Padahal kalau dibebaskan anak akan bermain dengan lebih percaya diri dan lebih kreatif juga ya.

  13. Aku kemarin juga ikutan webinar dari faber Castell mbak. Seru banget pas bikin jam nya anak2 ku pe semangat banget. Dan hasilnya memuaskan. Pingin beli paket creativity yg lainnya deh

  14. Memang benar, anak jadi korban terselubung. Terima kasih artikelnya kak. Produknya juga bagus ya. Coba aku cari nanti.

  15. Bener banget nih anak juga stres ya diam di rumah aja dan kita sebagai orang tua harus berfikir kreatif agar mereka ada aktifitas menyenangkan seperti berkreasi dengan fabercastell art ini.

  16. Cakep deh kitnya. Dan bermanfaat juga. Kalau anak saya pernah nyobain kit yang tote bag Mbak. Suka banget sama cat akriliknya Faber Castell karena wangi dan mudah diaplikasikan. Anak saya juga pakai spidol dan pensil warnanya.

  17. Asiknya yaaa buat aktivitas seru bareng anak nih, bisa mengasah kreativitas mereka juga jadinya yaaa

  18. Benar banget mba selama pandemi ini ruang bermain anak jadi terbatas. Dulu ortu bisa bebas ajak anak kemana aja buat salurkan keaktifanya. Jadi tantangan juga ciptakan permainan di rumah saja. Makasih infonya, mba 🙂

  19. Cantiknyaa…Glow in the Dark Clock.
    Aku sedih bacanya terkait anak-anak adalah korban terselubung dari pandemi, tapi happy setelah ada solusi dari Faber Castell.

    Memang yang paling seru itu bebikinan dan pada akhirnya bisa dinikmati bersama.

  20. Keren ya Faber Castell Art Series ini. Anak-anakku suka deh waktu bikin yang seri Jam bersinar dalam gelap ini. Gak susah bikinnya. Panduannya sangat membantu. Andai aja bisa bikin-bikin kayak gini sering-sering, pasti anak-anak gak kebosanan walopun sering di rumah. Sedikit teralihkan dari gadget dan internet ya.

  21. Menarik banget ini, kayaknya anakku bakal hepi bisa bikin jam dinding glowing in the dark gitu, makasih infonya mbak, tak cari online ah

  22. Ya Allah, setuju banget Mba kalau anak-anak itu korban terselubung dari pandemi ini. Rentan stress, ruang gerak minim, belum lagi tuntutan belajar daring, huhuu. Salah satu cara untuk release stress itu ya bermain dan berkreasi bersama orang tua ya. Salut untuk Faber Castell yang konsen pada hal ini. Ikut banggaa, karena ini produk kesayangan anak-anak juga <3

  23. Betul anak-anak jadi salah satu korban pandemi yang butuh banget perhatian. Daripada sekadar dikasih handphone, mending diajak mengasah kreativitas bareng Faber-Castell gini, ya, Mbak. Manfaatnya juga banyak, ya. Bisa menjadi tempat untuk mengekspresikan emosi.

  24. Wah jadi ingat nih kadang anak juga bosan dan bingung harus melakukan apa di tengah pandemi ini. Malah fokus ke gadget deh jadinya. Makasih sharingnya jadi tambah ilmu dan jadi pengingat.

  25. Lengkap banget nih sharing materinya. Anakku kemarin juga nyobain bikin ini. Biar belum rapi tak apalah

  26. sepakat banget mbak, kreativitas itu sebenarnya keterampilan yang harus dilatih, ya tiba-tiba anak bisa melakukannya sendiri. Lewat pengalaman belajar, dia bisa mengembangkan apa yang telah diketahui. Kalau enggak tau apa-apa, anak kemungkinan gak kreatif jadinya. Bagus ya acarnya Faber castell ini. membantu banget ortu untuk mengembangkan kreativitas anak di rumah.

  27. Jadi ibu di masa pandemi emang harus super kreatif yah kak biar anak-anak betah. Mau dikasih gadget mulu tapi juga ga bagus buat tumbuh kembamng si anak. Keren deh ini anak anak jadi punya aktifitas harian jadinya

  28. Wah baru tahu aku Faber Castell ada produk seperti itu yah. Dari dulu koleksi banyak seriesnya, karena suka gambar dan mewarnai. Semacam art therapy dan pelepas stress. Coba besok beli untuk ponakan, heheh.

  29. Apik mbak hasilnya, punyaku background ijonya karena keumala yg ngecat jd ga merata heheeh tapi biar lah yg penting dia happy kan ya. Apalagi keumala paling seneng nih bebikinan kaya gini

Leave a Reply

Required fields are marked *.