LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Gathering Netizen-MPR di Semarang
Gathering Netizen-MPR di Semarang

Aku Bangga Menjadi Orang Indonesia, Bagaimana Denganmu?

| 46 Comments

Sabtu, 9 Oktober 2021 kemarin menjadi salah satu hari yang menyenangkan bagiku. Ada beberapa hal menyenangkan yang kutemui hari itu, salah satunya adalah kesempatan mengikuti gathering netizen bersama MPR yang diselenggarakan di Semarang.

Gathering Netizen-MPR di Semarang

Gathering Netizen Semarang bersama MPR RI

Proud to be Indonesian

Tema besar dari acara ini adalah “Proud to be Indonesian”. Adapun sub temanya adalah “Bijak Bermedia Sosial Dalam Mewujudkan Karakter Bangsa”.

Apa yang membuatmu bangga menjadi orang Indonesia, Sahabat Lalang Ungu?

Kalau aku, terus terang ada banyak hal yang kurasakan membuatku bangga menjadi orang Indonesia. Nih, kutuliskan beberapa di antaranya:

Bangga Dengan Keberagaman Budaya Indonesia

Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa. Dalam materi Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang kubaca, data BPS menyebutkan negara ini terdiri dari 1.128 Suku Bangsa, yang tersebar dalam wilayah NKRI yang terdiri dari 18.108 pulau. Wow..sungguh beragam, bukan?

Keragaman budaya ini tentu merupakan potensi besar bagi suatu bangsa, termasuk Indonesia. Dengan memahami aneka ragam budaya ini akan makin memperkaya wawasan kebangsaan kita.

Namun keragaman budaya bisa juga menjadi sumber perpecahan bila kita tidak hati-hati. Itu sebabnya kita semua mesti berperan aktif serta merawat persatuan bangsa dalam keberagaman ini.  Ingat, Bhinneka Tunggal Ika adalah satu dari 4 Pilar MPR RI.

ragam suku budaya by netizen semarang

Peragaan ragam suku dan budaya oleh netizen Semarang

Bangga Dengan Kekayaan dan Keindahan Alam Indonesia

Sahabat Lalang Ungu, masih ingat nggak pelajaran sejarah saat SD, hal apa yang menjadi daya tarik utama orang-orang asing datang ke Indonesia sejak zaman kerajaan dulu kala?

Kekayaan alam kita, salah satunya adalah rempah-rempah, itulah daya tarik utamanya. Sejarah nasional kita telah mencatat bahwa kekayaan alam merupakan salah satu unggulan Indonesia sejak berabad lalu.

Selain itu, keindahan alam Indonesia pun telah terbukti nyata. Gunung, Laut, Hutan, bahkan bagian dalam bumi Indonesia ini menyimpan kekayaan dan keindahannya tak akan habis dikisahkan. Alhamdulillah …

Indahnya alam Indonesia

Sebagian keindahan alam Indonesia

Bangga Dengan Karakter Bangsa Indonesia

Bapennas dalam salah satu artikel di website-nya menuliskan bahwa terdapat 5 karakter utama Bangsa Indonesia, yaitu: religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan.

Kelima karakter tersebut bersumber dari Pancasila , pilar utama dari 4 Pilar MPR RI.  Masing-masing karakter tersebut tidak berdiri sendiri-sendiri melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk suatu keutuhan pribadi.

Bangga Dengan Prestasi Bangsa Indonesia

Sahabat, tidakkah ada rasa haru dan bangga yang membuncah di dadamu kala Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di dunia internasional? Entah itu dalam event pertandingan, lawatan, atau hal-hal membanggakan lainnya. Aku merasakannya, dan kuyakin demikian pula kalian …

Sahabat Lalang Ungu, keempat hal yang kutuliskan di atas itu memang baru sebagian kecil hal membanggakan dari Indonesia, kuyakin Sahabat dapat menemukan lebih banyak lagi hal membanggakan dari Indonesia.

Cukupkah merasa bangga saja sebagai orang Indonesia?

Menurutku hal itu belum cukup. Rasa bangga ini harus ditindaklanjuti dengan langkah-langkah nyata, wujud dari rasa bangga tersebut.

Berawal dari rasa bangga itu, sudah selayaknya kita turut berupaya menjunjung tinggi dan menjaga nama baik Bangsa Indonesia, melalui sikap dan perbuatan kita baik di dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bermedia sosial, hal yang saat ini tak terpisahkan dalam keseharian kita.

Bijak Bersosial Media

Selain diingatkan lagi tentang rasa bangga menjadi orang Indonesia -antara lain oleh Bp. Budi Muliawan, S.H.,M.H  (Ka Bag Pembinaan & Hubungan Antar Lembaga Sekretariat Jenderal MPR RI) dalam acara kemarin juga diingatkan untuk selalu bijak bersosial media.

Salah satu poin penting arahan Ibu Siti Fauziah, S.E., M.M (Ka. Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI) pada acara kemarin adalah pentingnya sikap bijak dalam bersosial media ini, meskipun ada banyak nilai-nilai positif yang kita dapat dari sosial media, terdapat juga sisi negatif yang harus kita waspadai.

Jangan sampai terjadi sosmed mendekatkan yang jauh namun menjauhkan yang dekat. Artinya, kita tidak boleh terlalu asyik berkegiatan di dunia maya, hingga melupakan / menomorduakan kualitas hubungan di dunia nyata, entah itu dengan keluarga kita ataupun tugas dan kewajiban kita.

etika sosial

Etika di masyarakat itu penting, bagaimana di sosial media?

Menjaga etika bersosial media juga tak kalah pentingnya,  karena interaksi di dunia maya juga bisa memberi dampak dalam dunia nyata, positif maupun negatif.

Ingat kutipan seorang bijak “mulutmu harimaumu?” Kurasa, di masa sekarang ini berlaku juga: jari-jarimu adalah pedangmu. Kita harus berhati-hati ‘memainkan’ jari-jemari kita baik saat posting konten atau bahkan sekedar berkomentar di sosial media, jangan sampai justru menimbulkan perpecahan/perselisihan.

Sempat baca di salah satu artikel online Fakultas Psikologi sebuah universitas swasta di Jawa Tengah, bahwa setidaknya ada 3 hal terkait pentingnya bersikap bijak dalam bersosial media ini, yaitu: (1) menjaga diri dari kecemasan dan depresi; (2) menjaga nama baik diri; dan (3) menjaga persatuan.

4 Pilar MPR RI

Pada gathering netizen Semarang (dan sekitarnya) bersama MPR RI yang diselenggarakan kemarin, kami juga mendapatkan insight-insight baru tentang 4 Pilar MPR RI.

Apa itu 4 Pilar MPR RI?

Berikut ini kukutip tentang 4 Pilar MPR RI dari materi sosialisasi 4 Pilar MPR RI pada web MPR Rumah Kebangsaan:

4 Pilar MPR RI merupakan empat konsepsi pokok kenegaraan Indonesia, yang merupakan prasyarat minimal, disamping pilar-pilar lain, bagi bangsa ini untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berdasarkan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

Apa Saja Unsur 4 Pilar MPR RI?

  1. Pancasila. Ideologi dan dasar negara yang harus menjadi jiwa yang menginspirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Merupakan konstitusi negara sebagai landasan konstitusional bangsa Indonesia yang menjadi hukum dasar bagi setiap peraturan perundang-undangan di bawahnya.
  3. NKRI. Merupakan bentuk negara yang dipilih sebagai komitmen bersama.
  4. Bhinneka Tunggal Ika. Merupakan semboyan negara sebagai modal untuk bersatu.

Mengapa MPR Melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI?

netizen semarang & MPR

Foto bersama netizen Semarang dan Tim MPR RI

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI melalui berbagai macam kegiatan (termasuk gathering semacam ini) dilakukan karena sesuai dengan mandat konstitusionalnya, MPR sebagai lembaga negara yang mencerminkan keterwakilan politik rakyat dan daerah berkomitmen untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terhadap nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat dalam 4 Pilar MPR RI tersebut.

Keseruan Acara  Gathering Netizen Semarang Bersama MPR RI

Sahabat Lalang Ungu, telah kuungkapkan di awal tulisan ini, bahwa pertemuan yang kuikuti kemarin sangat seru dan menyenangkan.

Selain berdiskusi dan memberikan masukan kepada tim MPR RI, ada juga beberapa quiz yang diberikan oleh mba Nia Nurdiansyah selaku moderator yang harus dijawab peserta secara berkelompok, juga segenap peserta (20 orang netizen Semarang & sekitarnya) berkolaborasi membuat video kreatif yang mencerminkan rasa bangga kami sebagai putera-puteri Indonesia.

sesi diskusi gathering netizen semarang & MPR RI

Peserta bergiliran memberikan masukan dalam diskusi

Behind the scene pembuatan video kolaborasi itu sungguh kocak dan heboh. Sakit perut kami karena tawa yang tak berkesudahan terhambur sepanjang sesi pembuatannya, namun sesungguhnya kami semua tetap serius dan bersemangat memberikan sebuah persembahan terbaik dari Semarang.

Oya, cuplikan keseruan acara gathering kemarin dapat di lihat di post instagram kami ya …

Sahabat Lalang Ungu, itulah cerita pengalamanku mengikuti gathering netizen Semarang bersama MPR RI yang berlangsung di Semarang pada Sabtu, 9 Oktober 2021 kemarin.

Apakah kalian pernah mengikuti acara serupa? Yuk ceritakan di kolom komen ya… Oya, jangan lupa follow akun-akun medsos resmi MPR RI baik di Instagram, Twitter maupun Facebook ya…

***

Sumber bacaan:

  • Narasi Tunggal: Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Bappenas. bappenas(.)go(.)id. 17/7/2017.
  • Pentingnya Bersikap Bijak Dalam Bersosial MediaFak. Psikologi UMP. psikologi.ump(.)ac(.)id. 20/9/2020.
  • Materi Sosialisasi 4 Pilar MPR RI. MPR Rumah Kebangsaan. mpr(.)go(.)id.

46 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.