LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Pulau Dewata, tunggu kami kembali ke sana yaa…

| 68 Comments

Ombak berkejaran pada suatu ketika di salah satu pantai Pulau Dewata

Pulau Dewata, tunggu kami kembali ke sana yaa… Sobat Lalang Ungu, itulah sekelumit pengharapan yang terlintas di hati ketika sore kemarin aku melihat-lihat foto-foto lama kebersamaan kami di Pulau Bali beberapa tahun lalu.

Ceritanya aku lagi bongkar-bongkar folder foto, mencari foto pemandangan yang ingin kuunggah di IG mumpung ada tema tentang landscape di salah satu akun pepotoan yang kuikuti, eh..sampai di salah satu folder yang berisi foto-foto di Bali tahun 2010 itu…dan aku pun terlempar ke dalam kenangan indah!

Ini tahun 2019 ya, hm…berarti sudah hampir 9 tahun yang lalu terakhir kalinya aku menginjakkan kaki di Pulau Dewata nan cantik itu. Namun, kenangan akan keseruan wisata di sana masih terbayang jelas hingga saat ini. Waktu itu, aku bersama keluarga kakakku mengikuti wisata keluarga yang diselenggarakan tempat kerja kakakku. Kalau tidak salah ada 3 bus yang mengangkut rombongan kami yang berangkat dari Semarang.

Tempat wisata yang kami datangi pada kunjungan kali itu antara lain Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, Sangeh, Pasar Seni Sukawati,Β  Istana Tampaksiring, Garuda Wisnu Kencana dan tentu saja Pantai Kuta. Ya, itulah tempat-tempat wisata murah-meriah yang kami kunjungi selama 3 hari di Pulau Dewata kala itu.

Di Tanah Lot, 9 tahun lalu…

Tanah Lot konon merupakan salah satu tempat di Bali yang mempunyai pemandangan matahari terbenam yang cantik, sayang waktu itu kami berkunjung pagi hari..hehe..tapi tetap saja terlihat cantiknya. Lokawisata ini semakin unik karena adanya 2 Pura tempat menyembah Dewa Laut, yang terletak di atas batu karang besar di pinggir laut.

Nah, kalau Danau Beratan Bedugul adalah sebuah tempat wisata di mana terdapat sebuah Pura yang terletak di tengah Danau. Pulau Ulun Danu namanya. Mungkin kalian akan merasa familiar melihat pura satu ini, terlebih bagi kalian yang menyimpan banyak uang kertas pecahan Rp.50.000,- di dompet! 😆

Pura Ulun Danu Bedugul Bali

Pura Ulun Danu di Bedugul

Belum ke Bali kalau belum ke Pantai Kuta! Haha … Begitulah yang sering dikatakan orang, karena tempat wisata satu ini memang sepertinya identik dengan Bali. Eh…, meskipun kabarnya di Lombok juga ada Pantai Kuta ya? Hehe.. Begitulah, kunjungan menjelang senja ke Kuta Bali juga telah kami lakukan waktu itu, meskipun sebentar… 😊

Menikmati laut keperakan di Kuta Bali

Nah, seperti telah kukatakan sebelumnya…melihat kembali foto-foto ini membuatku rindu ingin menikmati lagi keindahan Pulau Dewata ini. Apalagi setelah sekian lama kurun waktu berlalu, pasti sudah buanyaaaak…sekali perubahan yang terjadi. GWK misalnya. Waktu kami ke sana, patung keren itu belum jadi seutuhnya, baru badan dan kepalanya saja, nah…saat ini GWK sudah utuh lho!!

Oya, keinginanku ke Bali lagi ini juga karena beberapa waktu lalu aku mendapat ‘tagihan’ dari keponakan-keponakan tersayang. Tagihan libur bersama. Hehe… Jadi, karena libur akhir tahun yang biasanya kami lakukan tertunda di akhir tahun lalu -karena kepergianku ke tanah suci- maka mereka masih berharap ada gantinya yang lebih heboh di tahun ini! Rupanya keseruan libur bersama di tahun-tahun sebelumnya bikin nagih! 😉

Baca juga keseruan kami liburan keluarga di Dieng dan Malang.

Liburan ke Bali mungkin akan menjadi liburan pengganti nan asyik yang mereka tunggu-tunggu itu. Eh tapi, kalau ada tempat wisata yang belum pernah kukunjungi, pasti lebih asyik lagi tuh.. Maka aku pun mulai mencari-cari lagi..

Dan setelah searching akhirnya aku pun menemukan paket wisata ke Bali yang asyik punya dan lokasinya belum pernah kudatangi yaituΒ Β Paket wisata ke Nusa Penida. Nusa Penida adalah nama salah satu pulau cantik di Bali, yang letaknya berdampingan dengan 2 pulau cantik lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Daya tarik utama pulau Nusa Penida ini adalah keelokan alamnya yang eksotis, juga karena di pulau ini sering diadakan acara-acara menarik, festival budaya misalnya.

Ada apa saja sih spot cantik di Nusa Penida?

Penelusuran lebih lanjut menghasilkan keterangan yang lebih detil, dan foto-foto yang semakin membuatku terpesona! 😍😍Β  Ternyata banyak spot cantik di Nusa Penida ini, antara lain :

Pantai Atuh Nusa Penida

Pantai Atuh (Foto : Traveloka)

Pantai Atuh. Ini adalah pantai cantik dengan hamparan pasir putih, berlatarkan tebing-tebing tinggi sehingga seakan sepenggal surga tersembunyi.

Angel’s Billabong. Disebut sebagai ‘Bidadarinya Nusa Penida’ salah satu tempat favorit pepotoan ini merupakan ujung sungai yang berceruk nan eksotis, dengan dinding batu karang berwarna kuning kehijauan serta aliran airnya jernih dan indah.

Crystal Bay. Bagi penggemar snorkeling, bisa menikmatinya di sini. Selain itu, pemandangan matahari terbenam nan indah di lokasi ini juga menjadi penawaran terbaiknya.

Pantai Uug. Nah, kalau yang ini sering disebut juga dengan ‘Broken Beach’ karena adanya dua tebing yang menyatu dan membentuk semacam terowongan air.

Pantai Uug Nusa Penida

Broken Beach Nusa Penida (Foto : Traveloka)

Goa Giri Putri. Tak hanya pantai-pantai cantik, di Nusa Penida wisatawan juga dapat berwisata goa. Di Goa Giri Putri ini terdapat keindahan alam yang menawan, yaitu stalagtit & stalagmit yang mempesona.

Aaah…makin semangat deh ingin ke sini dengan keluargaku. Pasti senang sekali semuanya dengan aneka sajian nan menawan itu. Hmm…tampaknya sudah harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan bekerja lebih giat nih, agar pundi-pundi kami segera terpenuhi dan liburan impian kali ini bisa terwujud! Doakan kami ya..teman-teman… 🙂

68 Comments

  1. Bali emang ngangenin…apalagi klo kesana with someone spesial like you never find someone like you i have nothing but…halah malah nyanyi hahaha

    Sip mbak, semangat kangen ya hahaha

  2. Aku terakhir ke Bali tahun lalu, waktu libur Lebaran.
    Bali memang selalu bikin kangen buat kembali, karena banyak sekali tempat wisata indah di Bali yang wajib dikunjungi. Nusa Penida ini aku belum pernah kesana. Duh jadi pengin liburan ke Bali lagi πŸ™‚

  3. Aku kayaknya udah 6 tahun nggak ke Bali. Baca tulisan ini jadi kangen banget. Tapi aku belum pernah ke Nusa Penida. Bagus banget pesona alamnya ya mba

  4. Tahun lalu aku ke Bali udah banyak berubah mbaak. Masih pengen kesana lagi, deh. Masih banyak tempat yang belum didatangi, sih

  5. Ayo ke Bali lagi mbaaa hehehe
    Saya terakhir ke Bali tahun 2013 dulu.
    waooo udah lama juga ya haha
    Pengen banget balik ke Bali, tapi pengennya petualangan gitu, keliling pulau Bali.
    Semoga bisa terwujud, aamiin πŸ™‚

  6. Saya terakhir ke Bali tahun 2012 silam. Sudah lamaaa dan kangen pingin ke sana lagi. Belum puas soalnya mengelilingi semua areanya. Masih penasaran

  7. Pulau Dewata ini memang tak pernah kehilangan pesonanya. Entah sudah berapa kawasan wisata yang dirintis beberapa tahun terakhir. Namun, P. Dewata selalu mengundang rindu.

  8. bali memang indah, gak bosen ke sana

  9. Waktu maen ke Bali, Aku mampir ke Kuta, tapi salah timing kayaknya. Datang ke sana pas tengah hari, lagi terik-terikny. Ga tahan lama-lama di sana jadi ngajak adik buat cabut lagi dan balik ke hotel hihihi…. Harusnya pagi atau sorean, ya. Biar enjoy di sana.

  10. Sama Mba, aku 2011 terakhir ke Bali dan udaj lama banget jadi pengen ke sana. Btw Pantai Atuh dan Uug aku belum pernah ke sana sepertinya keren mba.

  11. Dari dulu pengen banget ke Bali dan menikmati pesonan alamnya, sayangnya sampai sekarang belum ke sampaian.

    Ya, kalau buka folder foto-foto lama memang banyak hal yang bisa bikin kangen ya mbak. Aplagi kalau foto-foto itu tentang perjalanan yang berkesan. Btw meski sudah sembilang tahun berlalu tapi kalau di-post lagi serasa baru kemarin ya ke Balinya, hehe.

  12. Saya juga ada rencana ke baliiii. Ke desa pinggan di daerah pegunungan kintamani. dekat Gunung Batur dan Gunung Agung. Semoga terealisasi ke sana tahun ini. Aamiiiin. Selain soal pemandangan, memang menantang juga sih. Cocok buat yang punya jiwa petualang macam saya hehe.

  13. Mupeng liatnya. Belum kesampaian sampai sana mbak. Liat postingannya duh… jd makin pingin ke sana.

  14. Aamiin. Pulau Dewata pasti akan selalu menanti untuk dikunjungi kembali πŸ™‚

  15. nggak kerasa juga sih hampir 2 tahun lalu berkunjung ke Bali.
    saat itu saya dan suami nggak kemana-mana, cuman males-malesan di hotel dan nongkrong di pantai milik hotel

    someday ingin ke sana lagi, mungkin sambil bawa orang tua πŸ˜€

  16. Mba Mehtaaaa..
    Aku baru mampir lagi ke sinii, lama ga nyapa2.
    Apa kabar? Moga sehat selalu yaa..

    Yah, Bali lagii, yang selalu ngangenin. Buatku Bali selain wisata alamnya yang indah, ada yang lebih indah persahabatan Blogger Bali kk Bli Budi, Hani, Mba Yuni dll

  17. Udah bertahun-tahun enggak ke Bali, kangeeeen main di pantai. Nusa Penida ini cakep banget sik. Keknya perlu agendakan liburan keluarga ke sana.

  18. Owwh…Nusa Penida itu bagian dari Bali yaa…
    Cantiknya Ya Allah~
    Tapi emmang kalau di Bali, asyiknya yaa…main di pantai.

    Uwuuwuw~
    Kangeeen liburaaan…

  19. Klo ngomongin Bali ini pasti bikin mupeng deh. Mau juga doong kesana. Huhuhuh. Keren2 yaaa Mbak.

  20. Saya jadi ingat terakhir traveling buat ngebolang itu sebelum saya punya anak!!! Ke Bali terakhir malah pas masih single. Duh lamanya yaaa…. Jadi pengen main lagi ni….

  21. Wahh baca inj jadi pengen ke Bali deh huhu aku belum pernah kesana. Insya Allah sih pertengahan tahun bisa kesana.

  22. Bali juga salah satu destinasi wisata yang sangat pengen saya kunjungi, Mba. Semoga suatu saat nanti bisa ke sana, amiiin

  23. 2 kali gagal berkunjung ke Bali gak menyurutkan niatku untuk tetap ke sana, semoga suatu hari nanti doaku berlibur ke sana bisa terkabul, amiiin

  24. Hayuk ke sana bareng mba Tan, sekalian aku mudik hahahaha
    kangen juga lama nggak ke Bali terakhir 2016, pengen ajak mas suami juga ke sini biar seru!

  25. Beberapa tahun yang lalu pas ikut acara bareng JNE, aku sempat ke Nusa Lembongan mba. Jadi mupeng juga nih bisa ke Nusa Penida.
    Kalau di Lembongan, ada yang namanya Devil’s Tear, mba. Kudu lihat tempat itu. πŸ˜‰

  26. Aamiin.. akupun rindu bali… udah 5 tahunan lah ngga ke bali.. ke bali tuh rasanya damai banget.. aku nyebutnya sih my 2 nd home, karena dulu paling sering ke bali untuk refreshing.. tapi semenjak ada anak kedua.. belum ke Bali lagi… bali.. tunggu kami kesana yaaa..

  27. Saya juga kepengeeen banget ke Bali lagi. Secara udah lama gak ke sana, terakhir tahun 2012 hahaa lama buanget ya. Ciri khas bali memang pantainya yang cantik dan melimpah hihi

  28. Aku terakhir ke sana pas SMA hahaha dah bertahun2 lalu dan udah sering baca/ dengar betapa banyak perubahan Pulau Bali. Moga2 segera bisa ke sana, kebetulan di sana jg ada bbrp saudara yang lama gak dkunjungi πŸ˜€

  29. AKu pun tiadaaa pernah bosan dengan Bali mba.. want to go there again and agaaain and again..

  30. Belum ke Bali kalau belum ke Kuta πŸ™‚

    Itu mungkin salah satu alasan kenapa travel tour selalu menyertakan Kuta dalam list ya, mb πŸ™‚

  31. 3 kali injakkan kaki di pulau dewata blm pernah sempat foto2 cantik. semua dokumentasi standar hape aja…kadang suka sedih lihat foto orang bagus2. hiks, hanya bisa merekam gambar dalam dg mata aja

  32. Merasa sebagai ponakan, aku mau ikut juga ke Bali ya, Mbak. Hahahaha

  33. Moga segera tercapai liburan barengnya Mba..

    Aku pun masih pengen menjelajah Bali, sayang sering nggak ada waktu dan dana. Wkwkwk

  34. Membaca tulisan Mbak Tanti tentang Bali, jadi kangen Bali. Pulau yang satu ini emanh favorit banget untuk menikmati keindahan alam dan budayanya ya.

Leave a Reply

Required fields are marked *.