LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Minggu Ceria Bersama Sisi di Jatinan & Pagilaran Batang

| 81 Comments

Minggu Ceria Bersama Sisi di Jatinan & Pagilaran Batang. Hai, sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Tetap bahagia di awal Minggu ke-2 Bulan Maret ini, bukan? Weekend baru saja berlalu, mudah-mudahan masih menyisakan keceriaan ya.. 😉

Nah, begitu juga dengan kami. Akhir pekan penuh tawa baru saja kami lalui, menyisakan rasa hangat di hati tuk mengawali pekan ini.. Suasana ceria di akhir pekan kami kemarin, tak lain karena kedatangan Sisi -keponakan bontotku- yang lucu dan menggemaskan.

Oya, cucu Yangti yang paling mungil ini memang istimewa. Kelahirannya di tengah keluarga kami disambut suka cita, oleh orang tua dan kedua kakaknya yang sudah remaja (waktu itu kelas 1 & 3 SMA), juga oleh segenap keluarga besar kami, yang 9 bulan sebelumnya sedang dirundung duka atas kepergian kakak sulung kami. Benar-benar kebesaran Tuhan, ketika ternyata wajah Sisi sangat mirip wajah almh Budhenya. Semoga kelak dia juga mewarisi kepandaian, kebaikan & keteguhan hati dari almarhumah… Aamiin…

Si kenes Sisi

Nah, itu sedikit cerita tentang Sisi mungil kami yang Desember tahun lalu baru merayakan ultah ke-3 nya… Oya, sebenarnya, berapa hari kemarin ibu kami sedang kurang sehat, aktivitas beliau jauh berkurang. Kalau biasanya sebelum subuh sudah bersiap ke masjid, lalu dilanjutkan sekitar jam 6-an bersenam di teras, beberapa hari kemarin beliau lebih banyak istirahat saja di kamar.

Tapi syukurlah, kedatangan cucu bontot kesayangan ini membuat beliau lebih semangat. Minggu pagi kemarin, beliau sudah keluar kamar lalu mengusulkan untuk sarapan bersama di luar rumah. Wah tentu kami senang hati menuruti keinginan beliau. Kalau jajan di luar membuat nafsu makan ibu kembali lagi, kenapa tidak? 😉

Pasar Minggon Jatinan Batang menjadi pilihan kami untuk mencari sarapan di Minggu pagi -yang Alhamdulillah cerah- kemarin. Selain karena ada banyak pilihan sarapan yang akan bisa kami pilih, lokasinya juga memungkinkan bagi Sisi untuk bermain-main karena ada perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan alat-alat permainan anak lainnya.

Pasar Jaringan Batang

Suasana Pasar Jatinan Batang di Minggu pagi kemarin

Betul saja, kami puas mencicipi aneka menu sarapan di sana. Banyak pilihannya. Ada aneka bubur, nasi liwet, lontong pecel, gendar urap, soto tauto, mie kenyol, dll. Ibu yang sejak dari rumah ingin dhahar bubur, ternyata di sana malah kepincut dengan menu tradisional Gendar Urap Genjer 😋 sementara Sisi menolak nasi dll serta lebih memilih ngemil telur gulung hingga habis 8 tusuk! 🤣

Sarapan di Jatinan Batang

Nyam-nyaaaam…

Oya di pasar jajan ini, uang / alat tukarnya berupa koin tanah liat. Jadi, sebelum belanja-belanja pengunjung menukarkan dulu uangnya dengan koin. Tempat penukarannya di dekat pintu masuk dan beberapa lokasi juga di arena pasar. ‘Uang’ 1 koin bernilai Rp 2000. Untuk Gendar Urap Genjer harganya seporsi 2K (2 koin), telur gulung 1K dapat 2 tusuk, aneka bubur 2K/porsi, Lontong pecel 3K, Nasi liwet kumplit 4K, dll. Untuk minumannya juga bervariasi. Ada Setup Jahe + kolang-kaling 1K, Teh manis 1K, Es Palu butung 2K, dll. Jajanan tradisional juga banyak, di antaranya ada Serabi Kalibeluk 4K/biji dan Wajik Klethik 2K/bungkus. Wis pokoke wareg sarapan di Jatinan Batang ini..hehe..

Gendar Urap Genjer

Gendar Urap Genjer di Jatinan Batang

Bubur dan Setup Jahe di Jatinan Batang

Semangkuk Bubur dan secangkir Setup Jahe kolang-kaling menghangatkan pagi

Nasi Liwet Jatinan Batang

Nasi liwet kumplit a la Jatinan Batang

Selesai makan maka giliran Sisi bermain. Dia aktif mencoba semua alat permainan yang ada di sana. Yang paling disukainya ternyata perosotan. Meski tubuhnya mungil, dia tak takut memanjat satu persatu anak tangga, memasuki lorong dan meluncur turun dengan perosotan. Bravo, little girl!

Sisi di Jatinan Batang

Perosotan…mainan kesukaan Nok Sisi

Stand mewarnai Jatinan Batang

Stand Ngelir / mewarnai di Jatinan Batang

Oya, ada juga stand mewarnai di Jatinan Batang ini. Di stand ini, anak-anak (dan orang dewasa) bisa mewarnai gambar yang dilukis pada beberapa pilihan media, a.l layang-layang (2K), tas jinjing (5K) dan tas serut (8K). Kulihat, cukup ramai juga stand ini. Senang melihat mereka itu tekun memoleskan warna-warna ceria pada gambar-gambar pilihan mereka. Di stand ini Sisi hanya melihat-lihat saja, kukira ia tak tertarik untuk mewarnai, ternyata justru ia merengek minta mewarnai ketika kami di Pagilaran.

Lho..ke Pagilaran juga?

Haha..iyaa… Rupanya ibu masih ingin mengajak Sisi jalan-jalan, maka kemudian kami memutuskan untuk ke Pagilaran saja, tempat wisata di perkebunan teh, sekitar 45 menit dari pusat kota Batang. Pagilaran memang sudah sering kami kunjungi, bahkan pergantian tahun 2017/2018 kami lewatkan juga di sana, namun kami tak pernah bosan dengan tempat wisata yang menawarkan udara sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan mata ini.

Pagelaran Batang

Di Pagilaran Batang

Di Pagilaran, aku menemani ibu duduk-duduk menikmati pemandangan di sana sementara si kecil ditemani ayahnya sibuk playon, foto-foto dengan Mickey mouse dan Donald bebek …serta mewarnai. Ya, Sisi benar-benar mewarnai gambar yang disediakan, dalam arti ‘menumpahkan’ semua warna yang tersedia ke atas media bergambar! 🤣🤣

Mewarnai di Pagilaran

Tahap-tahap Si Mickey Mouse tersapu warna-warni pilihan Sisi 🤣

Untuk berfoto dengan figur boneka di sana Rp. 5000 sedangkan untuk mewarnai membayar Rp. 10000, dengan hasil karya yang dibawa pulang. Apapun hasilnya, yang penting gembiraaa.. Tidak hanya Sisi, yang terpenting Yangti nya juga gembira. Meskipun harus jalan perlahan-lahan dari parkir ke lokasi taman, diselingi hujan sebentar sehingga harus berteduh di warung, tapi ada senyum di wajah Ibu. Alhamdulillah…

Demikianlah..satu hari Minggu yang ceria bersama Sisi sudah berlalu..yang menyisakan kehangatan di hati Yangti-nya dan juga kami semua. Itu cerita akhir pekan kami kemarin, teman.. bagaimana cerita akhir pekan kalian? Yuuk, bagi di kolom komen ya.. Terima kasih…

81 Comments

  1. Wuah senangnyaa, banyak makanan yang wajib dicoba tuh kalo ke pasar Minggon ya. Sederetan menu makanan dan foto2nya ini sukses bikin ngiler, apalagi harganya murmer. Duh kalo kesana sepertinya nggak berhenti2 icip menu ini menu itu hahaha.

  2. Unik pasarnya ya mbk. Belanjanya pakek koin gt. Jd tuker duit dulu gt ya mbk sebelum belanja belanja. Btw sisi kayaknya doyan banget sm telur gulung, fokus gt waktu makan telur gulungnya *hahay. Semoga yangtinya sisi sehat selalu ya mbk. Aamiin

    • Iya mba..sebelum belanja tuker koin dulu di petugas. Betuuul…dia doyan banget tuh sampai gak mau makan lainnya..haha.. Aamiin..terima kasih doanya utk ibu, mba..

  3. Aku pengen buburnya tuh. Kayaknya gurih, mantep lagi di kasih es batu dikit. Lhooh…ngeces deh.
    Senang yah Eyang jadi bersemangat berkat Sisi.
    Sehat selalu yah Eyang…

  4. Bingung, Mbak. Soal koin, apakah ada tempat penukaran koinnya di loket pintu masuk? Habis unik juga. Koin semacam itu bikin yang belanja jadi harus tukar koin, sedang yang dagang tak perlu repot cari uang kembalian, ha ha.
    Semoga ibu lekas sehat lagi, ya, Mbak. Asyik bisa jalan-jalan gitu. Makan di luar ternyata menyenangkan apalagi lokasinya di taman yang ramai. Saya jadi pengen, he he.
    Unik-unik makanan khas Batang itu. Saya jadi ngiler dengan telur gulungnya. Sayang saya tak boleh kaman gorengan.
    Baca ini bikin saya pengen sarapan di luar, ha ha. Soalnya pagi hari kadang membosankan harus ini-itu ditambah masak sarapan.

    • Iya mba…sebelum belanja kita tukar koin dulu di petugas. Haha..iya makanannya enak-enaaak..sampai bingung milihnya mba..hehe..

  5. Kayaknya kalau syaa ke sana bisa bikin pilih makanan yang mana. Selalu tertarik untuk mencicipi beraneka kuliner tradisional

  6. Senangnya kumpul² saat hari libur ya mbak.. Apalagi sambil rekreasi icip kuliner. Ngileeer.

  7. Beberapa hari lalu, saat tur ke Sumatera aku juga diajak mencicipi nuansa seperti di Jatinan ini.

    Namanya, Nggruput alias Minggu Meruput di Pringsewu Lampung.

    Semua kuliner yang disajikan kudu tradisionil, higienis, zero micin dan pengawet.

    Jadi, agak-agak bisa nih membayangkan perasaan sukacita YangTi.

    Yang pasti, agak “kalap” lah melihat jumlah makanan yang tersedia di depan mata, hahaha…

  8. Itu yg gambar figur boneka emang lagi hits ya. Ponakanku kemarin juga malak ginian. Harganya juga sama ternyata. Seruunya jalan2 bareng gini ya

    • Haha..iyaaa..di beberapa tempat ada mewarnai gambar begini. Ada gambar2 kartun ada juga bunga dan binatang..bisa milih..

  9. Seru banget yaa. Jadi kangen keluarga di Jawa juga. Trernyata telur gulung gak cuma ada di Bandung aja yaa.. kirain.. hehehe

  10. Wahhh senangnya bisa menikmati liburan bersaa keluarga tercinta 🙂
    Hubungan keluarga jadi makin akrab yaa 🙂

  11. Wahhh tempatnya ramai yaa, ramah sama anak kecil juga karena ada mainan yang bisa dimainkan anak 🙂

    Sarapannya jadi lebih lahap tuh pasti 🙂

  12. Makanan yang difoto enak-enak semuaaa mba.. aku suka deh! Jadi ikutan laper hehehe.. btw, tempat pikniknya asyik ya?

  13. Jatinan batang ini maksudnya di daerah batang jawa tengah ya mba? MasyaAllah seru ya kayaknya berwisata di hari minggu bersama keluarga

  14. seneng bnaget ya, bisa menemani Sisi bermain sekaligus kulineran. seru banget ya. sarapan berfaedah ini ya hehhe

  15. seru banget ya mba liburan sama keluarga. Itu koinnya dari tanah liat mba? Kalau aku, akhir pekan kemarin cuma jalan2 ke bioskop aja mba.

  16. masyaAllah seru ya mba. menyangkan orangtua itu sederhana. ngajak sarappan aja bareng cucu dan anak sudah bahagia. sehat2 terus ibunya mba. salam sayanf buat sisi

  17. Aku penasaran dengan gendar urap itu mba, sayang tidak ada fotonya.. Yg aku tahu urap dari sayuran kalo ini isi urapnya apa mba?

    • Ya mba..ini urap sayuran mba, ada kacang panjang, tauge, genjer, kembang Turi.. nah dimakan dengan Gendar (olahan nasi yg ditambah ‘bleng’) sebagai pengganti Lontong mba..

  18. Aku pengen deh mewarnai Mickey mouse-nya di lingkungan seindah itu, mewarnai kan bisa mengurangi stress 😀

  19. Gayanya Sisi berfoto bener-bener nih 🙂 Wajahnya yang mirip almh budhe jadi bisa mengobati kerinduannya ya mbak. Cucu kesayangan ini juga bisa jadi penyemangat yangtinya ya.
    Unik banget mbak alat pembayaranya pakai kon tanah liat, jadi inget waktu itu ada acara tujuh bulnanan keluarga tamu yg datang membeli rujaknya juga pakai koin seperti itu.

  20. Subhanallah.. seneng baca lihatnya.. selain bondingtime dengan anak juga dengan orangtua ya mba.. semoga kalian semua sehat selalu yaaa dan bisa terus melakukan kegiatan bersama sama seperti ini setiap saat.. bahagia selalu

  21. Menghabiskan akhir pekan dengan keluarga memang selalu menyenangkan ya mba, apalagi bisa menikmati suasana dan jajan-jajan seru, asli ngiler deh lihat jajanannya, suasananya juga asyik ya, Sisi tampak menikmati sekali, apalagi saat bermain di kebun teh

  22. Wah tempatnya asyik banget ya kaya di hutan gt banyak pepohonan pasti seger deh udaranya. Anak-anak juga happy soale ada Playground juga ya.

  23. Wah, Sisi lucu sekaliii. Pasti seneng yah diajak jalan dan makan2 sambil menggambar dan mewarnai mickey mouse segala.

    Alhamdulillah ibunda mbak Mechta walau terlihat sudah sepuh tapi masih semangat ngajakin Sisi jalan2 yah mbak, semoga beliau sehat terus yah mbaaaak 🙂

    Dan itu aku lihat foto mbak Mechta jadi mendadak kangen pengen dijajanin traktiran indomie lagi deh bhahahahaha

    • Aamiin..makasih doanya Erry.. Iya ih kangen pengen ketemuan lagi bareng2.. semoga ntar ada saatnya ya..
      Eeh..ingat Indomie jadi ingat si adek ganteng ituuuh…hahaha…

  24. Mba, panganane kok murah-murah bingiiitt… Kebangeten murahe 🙂

    Jadi kangen nih ke Pagilaran lagi. Hawa yang sejuk dan pemandangan yang asri bikin hati senang. Ntar ah kalau pas gendhuk liburan pengin jalan-jalan lagi ke Pekalongan Batang dan sekitarnya.

  25. Mba Tanti bikin mupeng banget buat main ke Jatinan lagi. Duh kangen makanan jaman dulu huhuhu apalagi liat ini belum sarapan

  26. Dimanapun, jadi cucu paling kecil itu uenaak. Karena dapat perhatian dari semua saudara-saudara yang lain hehehehe.
    Btw, mewarnai steorofoam emang lagi booming dimana-mana ya, di tempatku juga ada. Sama 10.000 an juga. Hasil karya yang boleh di bawa pulang itu yang bikin anak anak sueneng….

  27. Pasarnya ini mirip dengan pasar yang ada di daerah saya juga nih mbak. Uangnya juga ditukar pakai koin jaman dulu. Jajanannya juga jajanan tradisional so emang pasar yang kayak gini unik sekali ya mbak. Apalagi perginya bareng keluarga gitu 🙂

  28. Wah senengnya si dek sisi diajak piknik nih sama keluarga besar. Aku juga mau ah main ke sini mbak

  29. Senengnyaaa jajan di pasar tradisional bareng keluarga. Aku pun kalo pulang ke Purworejo pasti harus menyempatkan ke pasar kampung mbak. Pastinya harus beli centil, lupis, lapis dan jajanan tradisional lain. Dipuas2in pokoknya

  30. waahh aku baru tau ada pasar jatinan mbak
    kapan kapan coba main kesini deeh

  31. Aku nungguin foto kebun teh pagilarannya nih manaaa hihi

  32. ramai juga ya diserbu penduduk sana daerah itu
    tempatnya keren memang suasananya dapet buat keluarga kumpul
    mbak aku ngiler sama foto nasi liwetnya duh .

  33. Baru tahu ada pasar minggu jatinan…kelihatannya asyik..baru sekali kr pagilaran pas hamil gendhis 2017 hihihi

  34. Mirip pasar karetan yang di deket Semarang ya mba. Bagus sih biar liburannya ga melulu makan di mall. Lebih menyatu dengan alam

  35. Lengkap banget ya pasarnya konsep pasar begini lagi hits ya Mba, di Wonosobo juga sudah ada di 2 tempat kalo ga salah, dan aku penasaran. Hehe.

    Sisi… Semoga shalihah dan ceria selalu ya.. Semoga Yangti juga sehat-sehat. Aamiin..

  36. wah tempat yang menyenangkan ya apaalgi ada permainan anak

  37. Wah jadi ingat 13 tahun yang lalu berkunjung di sana sama sesorang yang spesial, jadi nostalgia kalau kapan kapan ane kesana lagi

  38. Menunya sederhana tapi enak semua, ah jadi pengen ke Pagilaran deh mbak..

  39. Oooo tidak. Aku jadi pengen ke pagilaran lagi soalnya kemaren cuma sebentar banget

  40. Mba, Sisi ini masih 3 tahun ya, tapi udah pinter mewarnai gitu. Kok aku ikut gemes sama Sisi. Masih kecil tapi udah bikin orang2 di keluarga mba Tanti bahagia ya. Sehat2 untuk Ibu juga ya mba, aamiin

Leave a Reply

Required fields are marked *.