LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Bam bekas sebagai pot tanaman

Pemanfaatan Barang Bekas untuk Pot Tanaman

| 63 Comments

Pemanfaatan Barang Bekas untuk Pot Tanaman

Pemanfaatan barang bekas untuk pot tanaman. Hai Sahabat Lalang Ungu, salam jumpa di akhir pekan ini ya.. Apa nih kegiatan akhir pekannya? Berwisata, santai-santai di rumah, bersih-bersih gudang atau mengerjakan hobi, misalnya berkebun?

Nah, bagi teman-teman yang hobi berkebun atau berencana memulai aktivitas berkebun di rumah, dalam tulisan kali ini aku ingin sampaikan ide pembuatan wadah tanaman dari barang bekas. Ya, wadah tanaman di rumah kita, tidak harus menggunakan pot-pot yang mahal harganya, kita bisa membuatnya sendiri lho…

Coba lihat di sekitar kita, mungkin ada barang-barang bekas yang bisa kita manfaatkan sebagai wadah tanaman di halaman. Selain mengurangi timbunan barang bekas, uang pembelian pot-pot bisa disisihkan untuk keperluan lain, kegiatan membuat pot dari barang bekas ini juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang dapat dikerjakan bersama-sama keluarga di waktu libur. Nah..barang apa saja yang dapat kita pakai sebagai pot tanaman, ini beberapa jenis di antaranya.

Kemasan minuman (gelas plastik).

Gelas plastik sebagai tempat semai

Bibit siap pindah dari gelas plastik yg jadi tempat semai..

Gelas plastik kemasan minuman dapat kita gunakan sesuai dengan ukurannya. Untuk gelas air mineral / teh 200ml bisa kita gunakan untuk ndeder / pembibitan sebelum tanaman dipindahkan ke wadah yang lebih besar ukurannya.

Untuk gelas yang ukurannya lebih besar misalnya gelas jus atau minuman lain, dapat kita gunakan untuk tanaman-tanaman yang kecil-kecil, misalnya Mawar tanah / Krokot, Lili paris, Kaktus kecil dll. Buat beberapa lubang kecil di samping / di bawah agar air bisa mengalir.

Kemasan sabun cuci.

Kemasan Sabun cuci sebagai pot tanaman

Mawar Tanah dalam pot kemasan Sabun Cuci

Kemasan sabun cuci ukuran 1 kg atau 1 lt dapat kita gunakan dengan terlebih dahulu mencuci bersih agar tidak ada lagi sisa sabun. Jangan lupa buat beberapa lubang di bagian bawah/samping, agar air dalam media tanam nanti tidak menggenang.

Kemasan minyak goreng.

Kemasan minyak goreng yang dapat kita gunakan adalah yang berbahan plastik tebal dengan ukuran minimal 1 liter. Sebagaimana kemasan sabun, kemasan minyak goreng ini harus dicuci bersih sebelumnya dan dibuatkan lubang-lubang di bagian bawah & samping.

Alat dapur yang rusak.

Pot dari bekas alat dapur

Pot dari alat dapur yg rusak ( Gbr. Pixabay & m.liputan6.com)

Punya panci, teko atau baskom yang bocor dan tidak bisa ditambal lagi? Atau tempat nasi / Cething (bhs Jawa) yang sudah tidak layak pakai? Jangan dibuang / digeletakkan begitu saja. Angkut ke halaman, lubangi di beberapa tempat, tambahkan media tanam dan mereka siap ditanami. Bisa digunakan untuk membibitkan benih-benih atau sebagai pot tanaman tunggal yang tidak terlalu besar seperti tanaman kencur, temu kunci, seledri, sawi, kaktus, mawar, dll.

Kaleng susu.

Bagi keluarga dengan anak Balita atau keluarga dengan Lansia, biasanya mempunyai banyak kaleng susu yang tidak terpakai. Nah, bersihkan dan angkut saja ke halaman. Setelah ditambahkan beberapa lubang yang diperlukan dan diberi media tanam, kaleng-kaleng susu bekas ini bisa lebih berguna sebagai pot tanaman. Jika ada banyak kaleng susu, isi dengan tanaman yang sejenis lalu bariskan secara rapi dapat digunakan sebagai pembatas area yang cantik lho ☺

Kaleng Cat.

Kaleng bekas cat untuk pot tanaman

Tanaman Cabai dalam pot kaleng bekas cat

Baru mengecat rumah dan mempunyai kaleng-kaleng bekas cat dalam berbagai ukuran? Sama seperti kaleng susu, dengan penambahan lubang di beberapa sisi dan media tanam, kaleng-kaleng ini pun bisa memberikan fungsi lebih dari sekedar timbunan barang bekas. Oya, tambahkan juga cat warna-warni di permukaan kaleng maka mereka akan tampil lebih cantik. Untuk kaleng cat berukuran 25 liter, bisa digunakan untuk menanam bibit tanpa memindah lagi, misalnya tomat, terong, cabai, dll.

Ban bekas.

Ban bekas sebagai pot tanaman

Tanaman Kangkung dalam pot ban bekas

Ban bekas juga bisa menjadi aset berharga dalam kegiatan berkebun kita. Bisa langsung diisi media tanpa harus membuat lubang tambahan, atau bisa juga disemarakkan dengan cat warna-warni dan gambar-gambar unik. Gunakan cat tembok putih sebagai dasar lalu tambahkan warna dan bentuk sesukanya sehingga ban itu akan tampil lebih ceria sebagai pot bagi tanaman sayur, tanaman buah maupun tanaman hias kita.

Bam bekas sebagai pot tanaman

Tanaman hias dalam pot dari Ban bekas

Nah, bagaimana teman-teman? Siap mengeksekusi ide-ide ini? Yuuk mariii…

63 Comments

  1. Bagus banget idenya, Mbak. Kreatif dan tentu saja barang sisa atau yang suda tak lagi dipake, bisa manfaat ya. Lucu yang teko itu. Selama ini masih manfaatin kaleng dan wadah bekas untuk pot-pot tanaman. Dan ibu mertua yang biasanya telaten, hehe.

  2. Idenya bagus banget, mbak.
    Cocok buat yg kreatif dan doyan berkebun di rumah.

    Saya mah cuma ada satu petak kecil tanah di depan rumah, dan belum ditanami apa2. Hehehe

  3. Cakep2 ya mbak hihihi kayak ala ala vintage juga apalagi yg pake perkakas dapur bekas…kebetulan masih ada sisa halaman kosong di rumah, bisa cobain ini tipsnya…

  4. Ihhh keren banget idenya!
    Sampah berkurang, pekarangan pun semakin sedap dipandang

    Ide mba Tanti, memang da best!

  5. Aku sering pake plastik bekas minyak goreng untuk tanaman dirumah. Pingin bikin yang dari bekas ban, unik dan lucu ya

  6. Tempat tanamannya jadi cantik-cantik ya, penuh warna-warni. Memanfaatkan barang bekas untuk pot tanaman bisa jadi salah satu cara mencintai bumi kita ini ya…

  7. Saya dulu punya banyaaaaakkk banget kaleng susu bekas, sebagian saya buatin pot bunga, tapi bunganya pada mati, kayaknya kepanasan deh huhuhu.
    Akhirnya saya kasih aja ke tetangga yang butuh.
    Kalau bungkus minyak dan lainnya yang dari plastik, mau deh cobain, kebetulan saya punya beberapa tanah kompos hasil sampah organik yang sudah membusuk 😀

  8. KEmasan gelas plastik tuh banyak banget ya mbak, bisa digunakan buat menanam tanaman jadi lebih irit gak perlu beli pot lagi. Kalau kaleng susu aku gak punya, gak pernah belu sisi kalengan 🙂 Pakai panci bocor lucu juga kali ya

  9. Waah alat dapur yang rusak oke juga ya dibuat pot, dulu aku ada beberapa malah kubuangin. Hiks.

  10. Cakep-cakeeep deh Mba ..dan ide sederhana yang bisa membuat kebun kita cantik! Dan pastinya, sedikit kreativitas akan menambah warna di kebun

  11. Idenya bagus mbak. Di rumah saya juga banyak barang yang rusak dan tidak terpakai. Tinggal cari waktunya nih

  12. Nanam pake barang-barang bekas ini sebenarnya udah sejak lama dikenalkan ya, Mba. Nenekku suka pakai barang bekas untuk nanam tanaman. Waktu SD, sekolahku juga ngajarin dan mengajak anak2 utk memanfaatkan barang bekas utk tempat tanaman. Sekarang cara ini bisa disosialiasikan lagi ya, buat generasi milenials 🙂

  13. Bagus ya mbak liatnya. Yg penting penataannya jg harus rapi biar nggak asal bruk aja hehe. Lebih bagus lg kalo tanamannya yg bisa dimanfaatin yak kaya cabe, tomat.

  14. Ide pot dari panci atau ceret bocor bisa aku gunakan. Pas banget ada yang bocor dan gak bisa dibuat masak lagi. Tinggal diwarnai aja ya biar makin cantik dengan tampilan baru

  15. Bisa juga buat kegatan anak ya mba, ngecat wadah cat yang cantik trus nanem2. JAdi keidean nih.

  16. Kalau aku lihat tanaman tanaan yang memperindah halaman rumah tuh aku sedih. Rasanya kepingin banget membuat hijau dan segar rumah yang kusewa ini. Tapi apa daya, sama sekali ndak ada tanah dan ndak ada halaman. Tersisa cuma 1 meter buat jemuran. Tapi ide bagus juga sich, bisa saja ya beli tanah di tukang tanamannya terus diletakkan di dalam rumah atau digantung gitu y, pakai barang bekas

  17. Di rumah saya ada beberapa alat dapur yang rusak. Ternyata bagus juga dijadikan pot. Nanti minta tolong suami, ah

  18. Sumpah yang ban sama teko cakep bangeeeeeet!!! Perlu nih ditiru. Apalagi yang teko, unik. Di rumah saya yang hobi berkebun, merawat tanaman dgn telaten adalah tante. Cuma, sekarang beliau udah ikut suaminya (nggak tinggal bareng saya lagi) jadilah taman kecil di halaman depan rumah terbengkalai hehe.

  19. Wahh kreatif banget ya itu ban bekas dihias jadi cantik terus jadi pot juga. Semoga suatu hari nanti kalau rumahku punya halaman yang luas bisa buat kaya gitu hehe.

  20. Aku suka ngumpulin tapi belum semua dieksekusi hahahaha. Cuman ngumpulin doang #dijambakmassa. Tapi memang lumayan sih plastik2 bekas itu untuk pot tanaman awet lo

  21. Aku tau ide ini sudah lama.. tapi entah mengapa belum tergerak untuk memulainya hiks.. membaca tulisan ini jadi tambah termotivasi untuk segera merealisasikannya.. thanks mbakku sudah mengingatkan yaaa

  22. benar juga ya bisa dimanfaatkan jadi berguna dan bagus

  23. Ternyata pot pake barang bekas lucu juga ya mba. Bisa jadi ide buat media pot tanam. Ga kebayang sebelumnya pake perkakas bekas. Hehehe

  24. Awww cantik dan kreatif sekali ya. Betul mbak, sampah plastik harus kita manfaatkan kembali supaya nggak langsung jadi sampah.

  25. Cantiiknyaa…mashaAllah.
    Aku juga punya 2 ban bekaa di rumah, tadinya mau di re-use jadi tempat duduk, tapi belum terlaksana hingga kini.

    Aaah…dijadikan rumahnya bunga-bunga gini juga cantiik yaa…

  26. Cantiiknyaa…mashaAllah.
    Aku juga punya 2 ban bekaa di rumah, tadinya mau di re-use jadi tempat duduk, tapi belum terlaksana hingga kini.

    Aaah…dijadikan rumahnya bunga-bunga gini juga cantiik yaa…

  27. Mba Tanti apik banget hahahha
    Ternyata bisa dibuat bermacam-macam ya barang bekas nggak melulu harus dibuang. Yang ban itu lucu banget, keren. Pengen bikin juga

    • Karena banyak anak2 yg berkunjung ke kantor kami, jadi dipilih warna-warni ceria gini utk ban nya… Lucu ya Nyi..

  28. Jadi inget zaman aku kecil di kampung, kalau pas waktu menjelang tujuhbelasan ibu2 bapak2 jg bikin tanaman2 gtu dengan pot dr bahan2 bekas. Kebanyakan dr ban bekas buat menghias kampung. Eh ternyata dr bungmus jg bisa ya, gk pernah kepikiran hehe

  29. keren banget ya…ternyata sampah pun bisa jadi bermanfaat. aku ga habis fikir sama plastik minyak goreng dan sunligt itu. hahaha…kalau orang pasti dah dibuang. tapi disini malah jadi pot tanam.

  30. Pot dari ban bekasnya keren ik kalau dicat gitu. Dirumahku lagi banyak banget botol-botol plastik, Mbak. Banyak banget. Ada saran nggak sih Mbak sebaiknya ditanami apa kalau botol-botol gitu? Kan medianya nggak terlalu besar.

    • Bisa dijadikan pot gantung atau pot tempel di dinding, Ika. Ada teman tanam kangkung atau Selada di situ, bisa juga kok..kan umurnya hanya sekitar 30-40 hari. Atau tanam krokot yg bunganya warna-warni seperti di fotoku itu cantik juga lho. Tinggal tancap beberapa batang saja bisa tumbuh sendiri.. coba deh..

  31. Sarannya buat manfaatin wadah -wadah plastik oke juga nich, secara banyak banget wadah plastik tidak terpakai dirumah.
    Tertarik juga dengan pemanfaatan alat-alat rumah tangga, terkesan klasik kalau dipake buat pot

  32. wah jadi lebih bermanfaat ya kak kalau barang bekas dan tak terpakai bisa digunakan untuk tempat tanaman, bisa dicoba nih kak 😉

Leave a Reply

Required fields are marked *.