LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Akses jalan masuk/keluar Top Selfie Pinusan Kragilan

Singgah Sejenak ke Top Selfie Pinusan Kragilan

| 90 Comments

Singgah sejenak ke Top Selfie Pinusan Kragilan

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Kali ini, aku akan bercerita tentang pengalaman kami singgah sejenak ke Top Selfie Pinusan Kragilan, yang baru saja kami lakukan kemarin pagi. Nah…masih anget alias fresh from the oven nih…hehe..

Tentang Top Selfie Pinusan Kragilan

Mungkin sebagian di antara teman-teman banyak yang sudah mendengar tentang salah satu tempat wisata kekinian ini -bahkan sudah pernah berkunjung- namun mungkin juga ada di antara teman-teman yang baru mendengar / membaca namanya dan belum sempat berkunjung. Seperti aku…hehe..

Ya, aku memang sudah agak lama mendengar nama salah satu tempat wisata di Magelang ini, membaca cerita kunjungan ke sana dan melihat foto-foto cantik di sana, lalu berharap ingin bisa melihat langsung keindahannya, dan Alhamdulillah baru kemarin pagi -Jumat, 19 April 2019- aku akhirnya kelakon menikmati keindahan tempat wisata ini secara langsung.

Jam Operasional Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan ini mulai dibuka / beroperasional sekitar 3-4 tahun lalu, dengan Jam Operasional mulai dariΒ  07.00 – 17.00 setiap hari.

Tempat wisata yang dikelola oleh warga sekitar daerah Kragilan ini langsung menjadi hits sejak pembukaannya, sebagai tempat tujuan berselfi-ria di alam terbuka, tentunya dengan didukung oleh spot-spot pepotoan yang instagramable ya..

Lokasi dan Rute menuju Top Selfie Pinusan Kragilan

Lokasi nya dekat dengan tempat wisata Magelang yang telah lebih dulu terkenal yaitu Ketep Pass, tepatnya Top Selfie Pinusan Kragilan ini berada di Desa Pogalan, Pakis, Magelang. Dari namanya kita sudah menduga lokasinya adalah di Hutan Pinus, dan ternyata hutan Pinus Kragilan ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu

Lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu

Lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan ini bisa diakses dari arah Jogja via Muntilan, dari arah kota Magelang maupun dari arah Kota Salatiga. Garis besar rute nya adalah sbb :

  • Rute dari Jogja : Jogja – Muntilan – arah Ketep Pass – arah Kopeng – pertigaan Pogalan (lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan).
  • Rute dari Kota Magelang : Kota Magelang – Jl Raya Kopeng – persimpangan arah Ketep Pass – pertigaan Pogalan (lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan).
  • Rute dari Salatiga : Salatiga – Kopeng – arah Ketep Pass – pertigaan Pogalan (lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan).

Nah, tadi pagi kami mengambil rute yang pertama karena sekalian perjalanan pulang dari acara di Jogja. Dari penginapan nDalem Padma Asri di daerah Sleman kami berangkat sekitar pukul 07.30 dan sampai di Pinusan Kragilan ini sekitar pukul 10-an. Oya, perjalanan ini kami tempuh secara santai, sempat mampir di beberapa tempat juga, sehingga waktu tempuh sekitar 2,5 jam ini tidak bisa juga jadi patokan ya…hehe..

Sempat Merasa Kecewa

Ya, aku sempat merasa kecewa ketika keluar dari kendaraan kami di lokasi parkir Top Selfie Pinusan Kragilan. Mengapa?

Terus terang aku menaruh harapan lebih ketika sebelumnya melihat foto-foto dan membaca tentang lokawisata satu ini. Kesejukan hutan Pinus adalah yang utama kuharap untuk melihat pertama kali. Tapi apa yang kutemui?

Sejak diarahkan masuk ke lokasi dengan gerbang bertuliskan TOP SELFIE ini aku agak ragu. Benar ini bukan ya? Kok nggak ada tulisan Pinusan atau Kragilan sama sekali? Masih merasa ragu ketika petugas menarik uang parkir Rp10.000 untuk 1 mobil kami, dan mengarahkan kami ke lokasi bertuliskan ‘tempat parkir mobil’. Menuju lokasi tersebut memang terlihat beberapa hasil karya seniman lokal yang rupanya dimaksudkan untuk menjadi spot pepotoan. Aneka bentuk dan warna-warni, namun dalam tampilan yang -menurutku- relatif sederhana.

Ketika turun dari mobil, yang pertama kali kulihat adalah deretan warung tenda dengan menu yang umum ditemui di tempat-tempat wisata.

Lha..mana hutan pinusnya?

Mana spot-spot yang konon spektakuler itu?

Setelah celingak-celinguk kami melihat rombongan-rombongan pengunjung berjalan ke satu arah, di ujung depan mengarah ke sebelah kiri area parkir itu. Tidak jelas apa yang ada di sana, karena tertutup deretan warung-warung itu. OK, mari kita lihat ada apa di sana.

Dengan langkah perlahan kami mengikuti rombongan pengunjung itu. Ya, perlahan karena ada ibu yang sudah sepuh dan tidak begitu lancar lagi jalannya. Lalu ketika hampir sampai di ujung area parkir, ada seorang bapak-bapak yang duduk di pojokan sana bertanya kepada kami, kenapa mobilnya tidak di bawa saja ke bawah? Kasihan ibu bila harus berjalan ke bawah.

Lha…ke bawah mana? Mobil (dan motor) tidak harus parkir di sini to?

Begitu pertanyaan kami. Ternyata oh ternyata…lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan itu masih sekitar 300 meter ke arah bawah dari lokasi parkir itu…dan kendaraan BOLEH dibawa ke sana! Ahay…kenapa nggak ada yang bilang dari tadi?? Ok lah..terima kasih pak..

Belakangan baru kuketahui bahwa bapak itu rupanya salah satu petugas yg menjaga ‘lalu-lintas’ mobil naik-turun. Ia berkomunikasi menggunakan HT dengan rekannya di bawah sana, menanyakan berapa mobil yang akan naik, dan apa warna/jenis mobil yang terakhir naik. Itu cara mereka mengatur karena akses ke lokasi di hutan Pinus itu hanya cukup untuk 1 mobil saja.

Top Selfie Pinusan Kragilan : Hijau, Sejuk dan Meriah

Alhamdulillah…kemudian akhirnya kami pun menemukan Top Selfie Pinus Kragilan yang sebenarnya dan menikmati suasananya yang didominasi hijaunya hutan Pinus, berudara segar dan meriah dengan aneka spot selfie yang ada di sana! ☺

Dari lokasi awal kami parkir itu kami kemudian masuk ke jalan yang menurun, menuju sebuah gerbang dengan beberapa penjaga yang memberikan karcis masuk. Menurut petugas itu, seharusnya kami membayar Rp12.500,-/orang tapi karena tiket dari Taman Nasional saat itu belum datang, kami tadi hanya membayar Rp.5.000,-/orang dan mendapat karcis dari KSWT (Kelompok Sadar Wisata Top Selfie). Hm, dapat diskon nih..hehe…

Tiket ke Top Selfie Pinusan Kragilan

Tiket masuk dari KSWT

Dari gerbang itu kami menuju lokasi melalui jalan menurun di tengah pepohonan Pinus yang mengapit di kanan-kirinya. Naah… Itu pemandangan jalan yang tak asing karena sering kulihat dalam foto-foto tentang lokasi ini. OK fix, kita sampai di lokasi yang benar! 🙂

Akses jalan masuk/keluar Top Selfie Pinusan Kragilan

Jalan ini salah satu spot foto sejuta umat di Top Selfie Pinusan Kragilan ☺

Apa saja yang dapat kita lakukan di Top Selfie Pinusan Kragilan?

1. Berfoto ria

Naah…dari sejak awal memasuki lokasi di hutan Pinus ini sudah terlihat bukti dari nama lokawisata ini. Tempat pepotoan yang TOP. Ya, TOP dalam arti ‘terkenal’ yang terbukti sejak dari titik awal area itu sudah dipenuhi orang-orang yang berfoto-ria. Juga TOP dalam arti ‘atas‘ terbukti dari banyaknya spot-spot pepotoan yang ada jauh di atas tanah : di atas pohon, di antara pepohonan ataupun di anjungan-anjungan yang berlokasi tinggi, kesemuanya untuk mendapatkan background yang dicari : pucuk-pucuk pohon, langit dan awan, dll.

Spot foto apa saja yang ada di Top Selfie Pinusan Kragilan?

Buanyaaaak…haha… Ya, ada beragam spot foto di sini, a.l : panggung di atas pohon / rumah pohon; hammock warna-warni yang dipasang di pohon nan tinggi, berpose dengan Burung Hantu; Menara Bambu; Sepeda gantung; Ayunan bersayap; Jembatan Gantung; Garden with Love; Rumah Kayu; Kursi santai; Sarang burung & Bunga Matahari; dll. Gugling dengan kata kunci ‘Top Selfie Pinusan Kragilan’ maka foto-foto cantik di spot-spot pepotoan di sini akan muncul. Kalau kami memang kurang minat jadi tidak berfoto di sana..hihi…

Panggung pohon dan hammock d Top Selfie Pinus Kragilan

Hammock warna-warni dan panggung di atas pohon

Hammock Top Selfie Pinusan Kragilan

Sisi di Hammocknya Top Selfie Pinusan Kragilan

Wis tah kumpliiit pokoke! 😉 Oya, untuk berfoto di spot-spot ini pengunjung dikenai biaya Rp5.000,-/orang/spot. Kecuali untuk pose dengan Burung Hantu yang biayanya seikhlasnya serta foto mandiri di jalan masuk ataupun di antara pepohonan Pinus gratiiiis.

Burung Hantu Top Selfie Pinusan Kragilan

Si Kuncung, Burung Hantu berumur 2 th di Top Selfie Pinusan Kragilan

Bergaya di Pinusan Kragilan

Kalau cuma gegayaan di antara pinus begini mah…haratiiiis.. πŸ˜€

Jadi jangan lupa membawa kamera dan mengajak teman saat ke sini ya…agar bisa berfoto bergantian dan menghemat ongkos! Haha.. Tapi, kalaupun tak membawa kamera atau tak yakin dengan ketrampilan memotretmu, jangan takut… Banyak fotografer profesional di sana. Dengan biaya Rp2.500,-/file foto kamu bisa membawa pulang kenangan indah di Top Selfie Pinusan Kragilan ini.

2. Piknik

Selain berfoto-ria, kita dapat juga berpiknik di lokasi ini. Jangan lupa membawa selembar tikar dari rumah, lalu cari lokasi di rerumputan di bawah pohon Pinus yang tidak ramai orang untuk menggelar tikar. Nah..setelah siap kita bisa duduk-duduk santai sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah atau dipesan dari warung-warung makan yang ada di sana.

3. Berkuda

Pengunjung juga bisa menyewa kuda dan mengelilingi lokasi ini, dengan dikawal oleh tukang kudanya tentu. Tidak hanya anak-anak, kulihat banyak juga orang dewasa yang kulihat menaiki kuda atau sekedar berfoto dengan kuda itu

Nah, itu dia ceritaku saat kemarin pagi singgah sejenak ke Top Selfie Pinusan Kragilan. Pernah ke sini juga? Yuuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.. Terima kasih…


Sebagian foto juga bisa dilihat di IG Mechta Deera

di IG post yang ini ya…

90 Comments

  1. Petugas parkirnya kurang profesional, mestinay menginfokan langsung pada pengunjung. yah, butuh koordinasi yang baik untuk itu.
    Sayang memang belum diberi foto soalnya penasaran juga dengan panorama di sana. Di desa saya juga ada hutan pinus, butuh banget pembanding soalnya hutan pinus yang dikelola sebagai tempat wisata Pesona Jati Ciwangi itu baru dibuka dan masih sederhana.
    Dunia digital ada gunanya juga, orang jadi suka pelesiran untuk piknik dan selfie, lalu berimbas pada peran serta masyarakat dan pemerintah untuk mengelola hutan yang ada sebagai wanawisata. (Wana = hutan.)

  2. Aku menantikan foto-fotonya ya ya mbak, seger pastinya lihat pohon-pohon pinus. Mbak Mechta gak jadi kecewa dong ya sekarang πŸ™‚

  3. Sebetulnya saya suka agak malas ke tempat wisata yang sedikit-sedikit bayar. Maunya sekali bayar aja trus bisa menikmati semuanya. Tetapi, kadang-kadang tertarik juga kalau tempat wisatanya memang sangat menarik perhatian saya. Sayangnya belum ada fotonya ya, Mbak πŸ™‚

  4. Aku dari dlu pengen banget ke suasana ala hutan pinus tapi kenapa malah belum terwujud. Padhala ngebayangin foto di antara pohon pohon pinus sungguh indah.

  5. Sering banget nih nongol di TL Instagramku, Mba. Cakep-cakep dan bikin mupeng, soalnya aku belum pernah ke sana πŸ˜€

  6. seru juga nih untuk wisata bareng anak. udah dapet pemandangan bagus dan udaranya sejuk.

  7. Jaman dulu aku kesana belum ada burung hantu segala, tempat selfie aja belum dihias dengan bunga-bunga. Masih alami cuma hammock, dan rumah pohon. Tapi soal parkir memang dulu lokasinya dekat dengan tempat selfie atau di rumah penduduk saking nggak ada tempat parkir di sana

    • Nah aku kok malah gak suka foto di yg dihias bunga2 atau apalah gitu ya mba.. Lebih suka di antara Pinus saja hehe .

  8. Beberapa kali lihat review pinusan Kragilan ini mbak. Tapi belum sempat juga sampai ke sana. Untuk berwisata apalah oke kalau bawa stroller mbak? Mengingat Aisha udah susah banget kalau dibawa tanpa stroller

    • Saya lihat kmrn ada yg bawa stroler juga mba .. tapi memang agak susah karena sebagian jalannya tanah berbatu..

  9. Top ya mb pepotoan di jalan setapak yang diapit barisan pinus. Memang kece kok, apalagi foto berdua pasangan sambil saling menautkan tangan hehe

  10. ini tempatnya bagus banget yaaa, pemandangan alam yang bikin seger ke mata dan ga bosen di liat nya hihihi, kalo di bandung semacam bukit moko,
    btw ini tiket masuknya terjangkau banget ya hihi

  11. Terasa adem mbak saat berwisata di hutan Pinus seperti ini. Spot2nya menarik ya pastinya membuat pengunjung nya betah berada disini. Memang tiap tempat wisata beda peraturan, tapi apapun peraturan yang ditetapkan pihak pengelola kalau tempat wisata itu menarik untuk dikunjungi pastinya akan penuh atau ramai pengunjung. Jadi pengen lihat foto-foto nya mbak

  12. Ah, rencana pingin ke sini sejak tahun-tahun lalu, belum kesampaian, Mbak. Padahal saya di Jogja, dekat kesitu. Pingin foto di hutan pinus sejuta umat juga hehe

    • Hihi…kapan2 mampir mba.. Lucunya yg di jalan itu, ada bangku, motor, dll props foto.. Diangkut ke pinggir saat ada mobil mau lewat..ntar ditaruh lagi utk pepotoan lagi..

  13. Wisata hutan pinus saat ini makin marak ya. Alhamdulilah kakakku tinggalndi gunung dengan pemandangan hutam pinus yang indah. Alhamdulilah kalau pulang kamoung, aku selalu main ke sana. Itu murah bht ya, foto dibeli sefitu buat kenamg kenangan. Kalau di sini mana dapat

    • Dapatnya file mba..nah kalo foto banyak dan mau semua (karena bagus semua hasilnya ) tinggal dikalikan 2,5K saja..hehe…

  14. Wah mba mechta udah sampe sana aja. Aku aja belum pernah babar blas.. mbok ya o aku dijak mba nek pas jalan jalan hehe

  15. Ya ampun wisata alamnya asyik banget yaa cocok nih buat tempat refresing melepas penat. Jadi inget terakhir ke hutan pinus itu awal Januari di Palembang.

  16. Auto nyanyi Thousand Years.
    Tempatnya romantis dan banyak sekali pengunjungnya yaa…
    Mungkin karena harga yang terjangkau.

    Boleh bawa bekal sendiri gak?

    • Boleh mba.. banyak juga yg kulihat bawa tikar lalu piknik serombongan ehhe.. meskipun di sana ada juga kios-kios makanan mba

  17. Asikkk jalan-jalan Mba Tanti ke pinusan
    apik banget ya PInusane mroto gitu
    spot foto yang ciamik untuk dipajang di medsos
    hahaha

  18. Pemandangannya cantik banget ya, mba mechta, kalau ke Magelang mesti mampir ke sana nih biar dapat spot foto kece di Hutan Pinusan, sayang ya nggak ada info bisa bwa mobil ke sana, kasian kalau ajak sepuh mesti jalan kaki 300 meter lagi

    • Ya mba.. BISA bawa mobil ke lokasi meski harus bergantian karena akses masuk & keluar hanya satu itupun dipakai utk pepotoan..haha..

  19. Namanya memang top selfie ya mba.. wisata utamanya ya swafoto ya. Saya malah kebayang bisa tracking di sepanjang hutan pinus yang wanginya khas dan pasti sejuk

  20. Wah aku belum pernah ke sini. Padahal aku suka main ke hutan pinus. Di Jogja banyak banget hutan pinus sekarang

    • Aku yg belum ke Pinus Mangunan Jogja mba.. Pengen ke sana juga..dulu susah pernah ke Mangunan tp yg kebun buahnya

  21. Tempat swafoto yang paling asri, indah dan menarik. Tiket masuknya juga murah meriah mbak. Kalau bawa keluarga pasti menyenangkan ke tempat ini.

    • Iya mba..banyak kulihat keluarga2 selain dari.pasangan2 hehe.. Utk tiket masuk memang murah mba, ntar di dalam bayar lagi di spot foto yg Dimau..

  22. duh, pengen deh dapat foto2 bagus kaya gini. aku sering jalan sendirian. jadi fotonya cuma bisa selfie doang. hehehe…yang penting ada akunya.

  23. Tak pikir kecewa beneran, Mbak, jebule areane masih masuk to. Hahaha.

    Temenku kemarin ada juga yang barusan ke sini. Duh, aku ngiler lihat foto-fotonya. Apalagi mereka baru honeymoon. Bwahahaha. Bikin envy.

  24. Tempatnya sejuk
    Instagramable
    Dan cocok untuk sejenak melepas penat di perkotaan
    Aaah kapan ya bisa ke sini…

  25. hutan pinusnay rapat banget ay, kebayang kalau anginnya gede

  26. Hutan pinus nya mantap banget mbak.., pasti betah banget kalau lama2 di sana….
    Kalau tempat saya gak ada hutan pinus…
    Ada nya cuma hutan sawit sama karet

    • Saya pernah juga pepotoan di Hutan Karet ..nggak kalah cakepnya lho.. Kalau di Hutan Sawit mah belum pernah..gak ada yg dekat rumah sih..hehe..

  27. pohon2 pinus yang tinggi menjulang itu emang cakep banget ya.., apalagi yang di spot sejuta umat he… he.., bisa aja deh mbak….
    masyarakat sini juga keren ya punya kelompok sadar wisata, semoga membawa kemasalahatan untuk warga desa sini

    • Hehe..kalau Mbak lihat foto2 di medsos, ada yang duduk manis di bangku panjang / motor yg melintang di tengah jalan ini, dll…ternyata dibalik foto itu ada sesi angkat-angkat bangku dll ketika ada kendaraan yg akan melintas..hehe..

  28. Sukaaaa banget hutan pinus
    Aku suka banget aroma pinus apalagi kalau baru habis hujan
    Tanah lembab, buah-buah yang berjatuhan, pohon yang menjulang
    Love it so much

  29. wahhh keren banget mbak hutan pinusnya.
    Saya suka banget nih tempat-tempat yang kek gini. Kita bisa berinteraksi langsung dengan alam

  30. Waahh..ini toh tempat heboh di Magelang itu..Februari kemarin aku ke Jogja, mbak tapi gak sempet kesana karena waktunya mepet abis dari Borobudur. Next time deh aku agendain main kesana. Liat foto2 di sosmed tentang hutan pinus ini jadi mupeng pengen kesana juga.

    • Aku beberapa kali lewat sini juga baru sempat mampir kemarin mba..hehe. kalau sempat mampir pas hari kerja lebih asyik mungkin mba..

  31. Hai mbak…waah kok petugas parkirnya ga ngasih tau kalo kendaraan bisa masuk ya? Duuh kalo udah kebacut jalan kaki kesana gimana tuhh…lumayan juga ya
    Lokasinya luas banget ga, mbak?Ada permainan outdoor juga kah?

    • Iya mba, untung belum terlanjur jalan.. Sejauh kulihat tidak ada permainan mba..adanya tempat2 utk selfie dengan beragam bentuk dan warna

  32. Tukang fotonya bisa kasih soft copy ngak mbak? Bagus neh lokasinya, saya belom prnh ke hutan pinus buat wisata.

  33. Halo kak Lalang Ungu, eh# kak Mechta ..
    Akhirnya kesampaian juga ‘nyasar’ ke Kragilan ya hehehe ..

    Memang berdasarkan pengalamanku juga ke Kragilan beberapakali, petugas parkir di area atas waktu itu juga meneriakkan aba-aba untuk kendaraanku diparkir disana, tapi aku keukeuh tetap berlanjut memarkir kendaraan di area bawah.

    Laah, kalo jalan dari area atas ke area bawah yaaa .. capek jugaa :D.
    Nanjak pulangnya itu, loooh .. wwwkkk

    Oh, disana sekarang ada fasilitas berkuda ?.
    Wuaah apa ngga semrawut yaaaa areanya …

    • Yg kulihat kemarin cuma ada 1 kuda sih, papasan waktu kita jalan ke lokasi Hammock..entah ada yg lain / tdk..

  34. Duh…murmer banget, difotoin Rp 2.500/file. Di Kawah Putih Ciwidey, Rp 10.000.
    Yawda foto sendiri pakai kamera ponsel. Hehe…pokok ada fotonya.
    Enaknya di hutan pinus gitu, gelar tiker sambil makan bekal ya…Terus tiduran menatap langit di sela-sela pokok pinus…Mantap…

  35. Cakep ya hutan pinusnya, masuk kawasan taman nasional gunung merbabu tentunya lbh terawat ya. Aku blm pernah kesini ni, catet ah buat rekomendasi kalau ke magelang

  36. Hutan pinus memang selalu menarik hati, tapi nggak tahu kenapa, saya kok kurang srek dengan nama Top Selfie ya?

    Jalau dari segi harga, masuk ke Pinus Kragilan ini termasuk murah lho.

    Terima kasih ya sudah berbagi info πŸ™‚

  37. Wisata hutan pinus sekarang semakin banyak ya. Habisnya fotogenik banget sih ya mau di foto dari angle mana saja.

    jadi Pinusan Kragilan ini kalau dari tempat parkir masih belum kelihatan ya mbak? padahal kan pohon pinus kan tinggi-tinggi yakks

  38. Kasihan banget Si Burung Hantu. Dieksploitasi di siang hari padahal jelas-jelas kita belajar bahwa mereka ini makhluk nokturnal yang bangunnya di malan hari dan tidurnya di siang hari. Kalau mereka stres, lama lama bisa mati. Seperti kita deh yang kalau jam tidurnya dikurangi seenaknya. Duh miris. Nggak banyak yang mau foto sama Burung Hantu di siang hari biar praktek ini nggak terus terjadi.

    Senang tapi Mba, saya bisa mampir ke tulisan Mba ini. Ternyata spot foto di Hutan Pinus makin banyak ya. Saya taunya yang di Imogiri sama Gunung Pancar aja.

    • Iya sedih ya.. Dan saya sempat merasa dia menatap tajam tapi berwajah suram saat saya foto…mungkin Krn sesungguhnya dia tidak senang ada di sana.. hiks..maafkan kami, Kuncung..

  39. Aku sering denger namanya. Ternyata cantik banget ya. Masukin ke list untuk next trip ah.

  40. Main ke hutan Pinus ini suasananya romantis dan terasa adem ayem ya mba

  41. Saat ini hutan Pinus memang dialihfungsikan dari sadapan getah ke lokasi wisata. Setidaknya itu yang disampaikan pihak Perhutani di Cianjur, mengingat disini juga hutan Pinus yang awalnya hanya didatangi saat mau diambil getah, kini setelah dikelola jadi banyak pengunjungnya
    Lebih dari 8 lokasi wisata hutan Pinus di Cianjur yang oleh Perhutani dikelola jadi lokasi wisata

  42. Ah bagus ya buat tempat selfie. Bagus juga buat mencari oksigen alami

  43. Saya tertarik keliling kawasannya dengan berkuda mbak. Lagian tiket masuknya terjangkau banget yak. Alamnya asri lagi.. berlimpah 02 segar.

  44. wah masih sangat rindang ya kak hutan pinus nya, pasti adem banget nih kalau main kesana, jadi pengen bikin tenda kemah disana malahan saya kak, sepertinya seru πŸ˜€

  45. Hawanya pasti adem dan seger banget suasananya ya mbak. buat nge-camp cocok

Leave a Reply

Required fields are marked *.