LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Berkenalan dengan Tere di Joglosemarkerto

| 31 Comments

Berkenalan dengan Tere di Joglosemarkerto. Jam tangan menunjukkan waktu pukul 17.15 ketika KA Joglosemarkerto tujuan Solo mulai beranjak meninggalkan Stasiun Purwokerto dengan tepat waktu. Alhamdulillah…inilah salah satu hal yang menjadikan KA sebagai salah satu alat transportasi favoritku sekarang : nyaman dan tepat waktu.

Kuatur posisi dudukku dan bersiap menikmati pemandangan sore dari jendela KA itu sebelum malam tiba dan aku tak akan lagi leluasa menikmati pemandangan di luar sana.

Salah satu pemandangan cantik dari balik jendela kereta

Lalu tiba-tiba kurasakan perutku bernyanyi. Aih..untung kursi sebelahku masih kosong, sehingga aku tak perlu takut nada keroncong itu terdengar penumpang lain..haha.. Ah, ada-ada saja perutku ini, belum lagi lewat Maghrib tapi kok sudah unjuk rasa padahal menu makan siang sebelumnya kurasa cukup mengganjal perut hingga sekitar j 8 sampai rumah, sehingga aku sengaja hanya membeli minuman saja di stasiun tadi. Rupanya aku harus membeli makan malam di kereta nih…

Sambil menunggu pramugari/pramugara lewat, kudengarkan suara kondektur kereta yang menyapa penumpang lewat pengeras suara, memperkenalkan diri dan memberikan info tentang perjalanan yang ditempuh Joglosemarkerto malam itu. Seperti biasa saat mengawali perjalanan KA. Eh..tunggu ada yang baru kudengar.

Pengumuman itu juga menyebutkan cara pemesanan makanan/minuman saat perjalanan kereta api tanpa penumpang  harus menunggu pramugara/pramugari menawarkan di masing-masing kereta. Wah, patut dicoba nih.. segera saja kucatat no kontak yang disebutkan yang dapat diakses via Line/WhatsApp.

Tidak menunggu lama, akupun mulai menghubungi no itu via WA..dan segera mendapat balasan seperti ini :

Chat dg Tere – Teman Reska

Selanjutnya kami pun berbalas pesan sesuai arahan dari Tere hingga akhirnya sebuah menu siap di antar ke tempat dudukku.

Langkah pemesanan makanan via Tere

Mungkin layanan Tere ini memang bukan hal baru ya, aku saja yang sudah lama tidak naik KA jarak jauh sehingga baru kenal, hehe… Nah, bagi teman-teman yang belum mengenal Tere, berikut kutuliskan ringkasan langkah-langkah pemesanan makanan via Tere adalah sbb :

  1. Menghubungi nomor kontak Tere yaitu 0811 1061 2121 ;
  2. Chat via WA, dapat mengetik ‘Hi’ untuk memulai percakapan. Akan ada balasan perkenalan Tere dan pilihan : Pemesanan (untuk layanan pemesanan menu) dan CC (untuk menghubungi Costumer Cervice);
  3. Ketik ‘pemesanan’ . Akan ada balasan berupa pilihan : Order (utk order menu) dan CekStatus (utk pengecekan status pemesanan).
  4. Ketik ‘order’ selanjutnya balasan berupa pesan untuk menuliskan kode booking tiket.
  5. Setelah memasukkan kode booking, akan mendapat balasan berupa data kita dan permintaan konfirmasi kebenaran data tersebut.

    Chek data penumpang oleh Tere

  6. Setelah kita mengkonfirmasi data tersebut, kita akan diminta untuk memasukkan data nomor tempat duduk kita yang kemudian dibalas dengan tampilan data kita sesuai nomor tempat duduk dan permintaan untuk konfirmasi apakah data tersebut sudah benar atau belum.
  7. Setelah kita konfirmasi selanjutnya ada pilihan menu layanan yang kita inginkan, sebagai berikut : MKN (makanan); MNM (minuman); SSB (sewa bantal / selimut); MCH (merchandise) dan LIN (lain-lain). Nah.. ternyata Tere tidak hanya melayani pemesanan makanan/ minuman saja..hehe.. Untuk pemesanan makanan maka ketik saja ‘MKN’
  8. Selanjutnya akan keluar pilihan menu makanan seperti dalam foto berikut ini :

    Pilihan menu makanan dari TERE

  9. Ketikkan kode menu pilihanmu. Contoh : MNG untuk menu Nasi Goreng.
  10. Selanjutnya ada pilihan lagi tentang menu-menu yang tersedia pada kelompok menu pilihan kita, terdiri dari nama menu,deskripsi dan harganya. Tuliskan nomor urut menu yang kita pilih dalam daftar pilihan menu tersebut.
  11. Setelah itu kita tuliskan jumlah pesanan kita dan apakah kita akan memesan menu lain  atau tidak. Jika tidak, maka Tere akan minta kita menuliskan alamat email kita sebelum mengkonfirmasi pesanan kita.
  12. Setelah kita konfirmasi pesanan, berikutnya adalah cara pembayaran. Apakah BL (bayar langsung) atau BP (batal pesan). Untuk pembayaran tidak harus secara tunai tapi bisa menggunakan uang elektronik juga ternyata.

    Closing order Tere

  13. Setelah itu kita tinggal menunggu pesanan kita disiapkan dan diantarkan ke tempat duduk kita.
  14. Setelah makanan datang kita melakukan pembayaran kepada pramugara/pramugari KA yang mengantar dan makanan siap dinikmati.

    Menu pesanan diterima sekitar 30 menit setelah pemesanan

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah langkah-langkah pemesanan melalui Tere – Teman Reska – yaitu virtual assistant dari Reska yang akan memudahkan kita dalam memesan makanan, minuman, bantal, selimut, merchandise, dll tanpa harus menunggu pramugara/pramugari lewat di sekitar kita. Bagaimana, mudah ternyata ya?

Nah ini Nasgor yang kupesan via Tere waktu itu..

Apakah teman-teman yang juga senang memesan makanan/minuman melalui Tere ini saat di kereta? Yuuk, bagi kisahnya di kolom komen ya.. Terima kasih…

31 Comments

  1. Waah aku baru tahu yang virtual assistant Tere ini mba. Biasanya kalo laper aku langsung ke gerbong restorasi trus makan di sana. Wekeke. Seingetku di aplikasi KAI access juga bisa pesan kalau mau sekalian pesan tiket mba.

    • Nah..aku paling males tuh kalau harus jalan2 ke restorasi..haha… Iya, pesan via aplikasi juga bisa kalau sdh diniatkan dari awal utk beli..hehe..

  2. Baru tahu nih ada Tere dan bisa memesan semua kebutuhan kuliner kita di kereta. Maklum saya naik keretanya jarang jarang hehehe …
    Kalaupun naik kereta biasanya malah bawa bekal dari luar. Lain kali coba menggunakan bantuan Tere ini hehehe

  3. Wuah, simple ya Mbak. Tak perlu kita kasak-kusuk di dalam kereta. Cukup duduk manis, mainkan jari dan tadaaa, datanglah pesanan.

  4. Uhuyyy asik juga nih ada si Tere
    Tadinya kukira Tere yg penyanyi itu mbaaa, atau Tere Liye si Penulis best seller hehehe
    Ternyataaaa, ini inovasi brilian dari KAI yhaaa

  5. Mbaa, aku baru tahu ada Tere. Awalnya aku ngira Tere apaan apa TR penyanyi. Eh teryata bukan. Ini jadi lebih praktis ya mbaa 🙂

  6. Aku baru tahu Tere ini.. Makasih infonya mba

  7. Wah mpo kirain sih Tere siapa? Sempat kebanyang penyanyi, enaknya banget bisa makan dan mba pramugara tidak usah mondar mandir nawarin

  8. Makanan di kereta yang paling sering saya beli itu nasi goreng. Sebetulnya rasanya biasa banget. Gak ada istimewanya kalau dari segi rasa. Tetapi, entah kenapa suka kangen aja sama nasgor kereta hehehe

  9. Asyik kenalan sama TER. Baru tahu nih Mbak.Menu makanannya juga di singkat-singkat jadi praktis.

  10. Aku belom pernah kenalan ama Tere ni Kak. Trakhir kemarin naik KA dari Malang ke Jogja nggak ada soalnya. Masih manual sama pramugara pramugari yang jalan ke sana ke sini hehe. Pdhl bantu banget ya ada ini.

  11. Seruuuu, berasa ada teman chat, nih. Berbalas pesan. Hehe. Salut deh sm KAI, selalu ada inovasi inovasi yg semakin membuat KAI jd lebih baik. Semoga jd inspirasi bagi armada umum lainnya seperti kapal misalnya. Btw, Kapan-kapan kalau naik kereta jarak jauh, aku mau ah kenalan sm si TeRe.

  12. Waaah naik kereta sekarang lebih menyenangkan ya mbak. Karena fasilitas nya terjamin. Dulu belum ada layanan TERE seperti ini. Kalau ada layanan semacam ini pastinya kita bakal bebas memesan makanan dan minuman yang dijual di kereta api ya mbak. Jadi kangen naik kereta api….sayang di Bali tidak ada rel kereta api hiks….harus pulang ke Jawa dl hehehe……TFS ya mbak.

  13. Aku biasanya malah kalo di KA nyegat petugasnya yang keliling nawarin makanan. Baru tahu ada si Tere ini

  14. Ak baru tahu loh mba, dan ini lebih simpel ya.. Kya dipesawat jadinya bisa pesan lewar online

  15. Kadang malu ya mbak kalau terdengar suara perut yang lagi lapar hihihi. Enak banget lagi kosong keretanya mbak gada ada teman di sebelahnya.
    Wah aku baru tau nih kalau pemesannnya bisa lewat wa, udah lama gak nak kereta ke Jawa mbak. PT.KAI makin keren ya

  16. Wuih keren. Ada ya layanan Tere begini. Efisien banget. Kita gak perlu ke mana-mana, pun demikian dengan waiternya gak bolak-balik. Pas ngasih makanan aja. Kudu niru nih yang lain

  17. Chat dengan Tere, kukira chat dengan teman mbak yang namanya tere ternyata tere ini nama jenis layanan untuk pemesanan kalau naik KA ya. Memudahkan banget sih ini, sayangnya saya pernah naik KA jadi belum ada pengalaman juga chat dengan Tere

  18. Halo Tere…
    Aih namanya lucu yaa….kaya nama penyanyi zaman dulu.
    Praktis banget kalo di KAI.
    Kangen naik keretaaa…tut~tuut, tuuutt~

  19. Asik banget naek kereta zaman sekarang ya fasilitasnya udah oke banget

  20. Loh, aku pikir ini Tere nama orang. Ternyata virtual assitant. Ya ampun makin jos aja ini pelayanan kereta api saat ini.

  21. Wah makasih infonya mbak jd tahu Tere. Ini buat semua kereta kan ya? Kebetulan mau pergi naik kereta insyaAllah Januari bila tak ada halangan 😀
    Btw uang elektronik yang dipakai buat pembayaran apa mbak?

  22. Aku baru tauuu nih mbak, atau ga dengerin dengan seksama ya. Next, insyaaAllah coba ah, membantu bgt kalo pas mager ke kereta makanz atau kelamaan nunggu petugas

  23. Baru ya Mak Tere ini. Keren ih. Udah kayak menu jaringan telepon cara dapetinnya. Mantaap

  24. Wah… baru tahu! Saya beberapa bulan yang lalu beberapa kali naik kereta malahan gak pernah tahu layanan ini. Baru ya? Atau mungkin karena saya selalu naik kereta malam, jadi saya langsung tidur maka tak pernah dengar pengumuman ini? Boleh juga nih kapan-kapan dicoba.

  25. Saya baru tahu nih soal layanan Tere ini. Memudahkan penumpang di kereta untuk memesan makanan yaaa. keren banget. Jadi kangen naik kereta deh

Leave a Reply

Required fields are marked *.