LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Menikmati Sore Indah di Bandungan

| 67 Comments

Menikmati Sore Indah di Bandungan. Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu. Memasuki pekan kedua di Bulan November ini, semoga sahabat semuanya tetap sehat dan bahagia ya, sebagaimana diriku yang sedang bahagia karena di awal November ini akhirnya bisa kembali mengayunkan kaki dan menghirup udara segar khas alam terbuka. Alhamdulillah…

Lho..masih pandemi kok nekad berwisata, Bu?

Tak heran bila pertanyaan itu muncul di benak kalian, karena terus terang pertanyaan itu pun sempat muncul di hatiku sebelum aku memutuskan untuk mengiyakan undangan untuk mengeksplor keindahan alam Kab Semarang dan Magelang, kali ini melalui kegiatan Jateng On The Spot (JOTS) 2020 Kab Semarang dan Magelang.

Setelah lebih dari enam bulan memendam keinginan untuk jalan-jalan karena pandemi ini, tentu saja ‘jiwa piknik’-ku langsung meronta bahagia saat ada kesempatan untuk kembali menikmati hobi lama ini. Tapiiii…bagaimana cara untuk berwisata dengan aman di masa pandemi begini?

Berwisata dengan Relatif Aman di Era New Normal

Dari berbagai referensi tentang syarat berwisata agar tetap aman di masa new normal begini, dapat kusimpulkan beberapa poin pentingnya yaitu :

  • Pastikan tubuh kita sehat. Jangan memaksa diri berwisata bila kondisi tubuh tak sehat, karena selain membahayakan diri sendiri, juga berbahaya bagi orang lain.
  • Pilih tempat wisata yang telah direkomendasikan aman oleh Satgas Covid-19. Tempat-tempat wisata ini tentunya telah memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan sehingga relatif aman dikunjungi. Info ini dapat diperoleh dengan mengakses pusat informasi pariwisata setempat.
  • Pilih waktu yang tepat. Melakukan wisata pada hari kerja sepertinya bisa menjadi alternatif yang cukup baik, karena biasanya kunjungan wisata di hari kerja lebih sepi dibanding saat libur / akhir pekan. Hindari jam-jam sibuk lokasi wisata.
  • Berkomitmen untuk selalu terapkan protokol kesehatan selama wisata. Hal ini penting karena penerapan protokol kesehatan memang harus dilakukan oleh semua pihak, tidak hanya pengelola wisata namun juga kita sebagai pengunjung. Disiplin untuk melakukan 3M yaitu memakai masker sesuai standar kesehatan, sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak, ketiganya harus terus dilakukan, termasuk saat berwisata.

Nah, setelah memeriksakan diri dan dinyatakan dalam kondisi sehat, mengetahui bahwa tempat-tempat wisata yang akan kami datangi telah mendapat rekomendasi dari Satgas Covid-19 setempat dan juga memastikan pengaturan perjalanan wisata ini sesuai dengan protokol kesehatan, maka aku pun mengiyakan undangan tersebut.

Protokol kesehatan

Cek suhu badan & pakai hand sanitizer dulu ya..sebelum memulai perjalanan..

Berikut ini adalah catatan perjalananku mengeksplor sebagian keindahan alam dan kekayaan budaya di Kab. Semarang & Magelang pada tanggal 7-9 Nopember 2020 lalu. Catatan ini kuawali dengan pengalaman kami menikmati keindahan dan kesejukan alam di Bandungan, melalui kunjungan ke Susan Spa n Resort, Candi Gedongsongo dan Taman Bunga Celosia, yang ketiganya berlokasi di Kec Bandungan Kab. Semarang.

Makan Siang di Panorama Balcony by Susan Spa n Resort

Mengawali acara jalan-jalan kali ini, kami menikmati makan siang di Panorama Balcony, salah satu cafe di Susan Spa n Resort yang berlokasi di Dusun Piyoto, Jetis, Bandungan Kab. Semarang.

Cuci tangan di Panorama Balcony

Cuci tangan dulu sebelum masuk ke Panorama Balcony ya..

Di Panorama Balcony

Sambutan Bu Tanti dari Disporapar Jateng

Ini salah satu pengalaman makan siang yang asyik karena tidak hanya menikmati menu yang nikmat namun juga bisa ‘cuci mata’. Ya, dari lokasi cafe ini kami dapat menikmati pemandangan sebagian landscape Bandungan, baik dari dalam ruangan melalui jendela-jendela besar berkaca ataupun dari balkon tanpa atapnya. Dekorasi interiornya juga asyik dan instagramable lho 😍

Panorama Balcony by Susan Spa n Resort

Sudut2 cantik di Panorama Balcony by Susan Spa n Resort

Isi piring makan

Isi piringku siang itu 😋

View dari Panorama Balcony

Ada yang tahu gunung-gunung apa yang tampak di kejauhan itu? 🙂

Oya, salah satu ikon dari Susan Spa n Resort ini adalah bangunan kapel cantik yang terlihat juga dari Panorama Balcony ini. Nah..tentu saja kami tak melewatkan kesempatan ini, setelah makan siang dan sholat Dhuhur, pepotoan juga dong, di tempat cantik ini 🙂

Kapel di Susan Spa n Resort

Nunut pose di depan kapel di Susan Spa n Resort

Hal lain yang kusuka di Susan Spa n Resort ini, area luar ruangnya relatif luas dan hijauuuu menyejukkan mata dan hati 😍. Oya, tiket masuk ke Susan Spa n Resort ini Rp.25.000,- / orang, dan mendapatkan voucher untuk makan di sana.

Suasana outdoor Susan Spa n Resort

Hijaunya menyegarkaaan…

Kunjungan ke Candi Gedongsongo

Selesai makan siang di Panorama Balcony kami menuju ke salah satu destinasi wisata unggulan di Kab Semarang yaitu Candi Gedongsongo. Ini memang bukan kunjungan pertama bagiku, namun lokawisata ini adalah salah satu wisata alam yang kusuka dan merupakan salah satu tujuan wisata yang menjadi pilihan untuk kukunjungi di era new normal ini. Kenapa begitu?

Salah satu alasannya adalah karena wisata alam tentu saja di luar ruang dengan udara yang relatif bersih segar, mempunyai area luas sehingga memungkinkan jaga jarak dengan pengunjung lain, dan terutama adalah karena Candi Gedongsongo sudah mendapat rekomendasi untuk buka dari Satgas Covid-19 setempat sehingga relatif aman. Bahkan di awal Agustus 2020 lalu aku melangitkan harapan untuk berkunjung kembali ke sini di era AKB, melalui tulisan di blog ini. Tak disangka, kesempatan itu datang 2 bulan kemudian. Alhamdulillah 🙂

Baca Juga : Yuk Wisata ke Gedongsongo di Era Adaptasi Kebiasaan Baru.

Sekedar informasi bagi teman-teman yang belum tahu, wisata  Candi Gedongsongo ini merupakan komplek candi Hindu yang berlokasi di Dusun Darum, Krajan, Candi, Bandungan Kab. Semarang. Tiket masuk lokasi ini hanya Rp.10.000,- / orang lho.. Murah meriah, hehe..

3M di Candi Gedongsongo

Pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak, tetap harus dilaksanakan saat wisata di Candi Gedongsongo

Sebagaimana informasi yang kudapat sebelumnya, di komplek Candi Gedongsongo ini telah diterapkan protokol kesehatan.  Sebelum masuk area wisata kami mencuci tangan dengan sabun di tempat cuci tangan yang telah disiapkan oleh pengelola dengan relatif baik. Pengunjung dapat mencuci tangan dengan nyaman tanpa harus berdesak-desakan.

Selanjutnya dilakukan cek suhu badan oleh petugas dan masih tetap menjaga jarak saat antri di pintu masuk. Ada tanda-tanda lingkaran kuning tempat pengunjung berdiri dalam antrian dan tetap saling menjaga jarak.

Secara keseluruhan kulihat belum ada penataan / wahana rekreasi baru di komplek Candi Gedongsongo ini dibandingkan kunjungan terakhirku ke sini 3 tahun lalu, selain tambahan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan. Dan…tetap asyik untuk  dikunjungi!

Candi Gedong II Gedongsongo

Candi Gedong II di Komplek Candi Gedongsongo

Di Candi Gedong II

Numpang nyender di Candi Gedong II

Sore itu aku kembali ‘uji kaki’ menyusuri jalan-jalan di komplek Candi Gedongsongo, kali ini bersama ketiga rekan blogger yang juga mengikuti kegiatan ini. Alhamdulillah, kalau dikunjungan sebelumnya aku hanya berhasil sampai di Candi Gedong II, kali ini berhasil ‘naik kelas’ sampai ke Candi Gedong III 😀

Jalan2 di Gedongsongo Bandungan

Uji kaki menuju Candi Gedong 3. In frame : 3 blogger kece teman perjalanan kali ini..

Candi Gedong III Gedongsongo

Candi Gedong III di Komplek Candi Gedongsongo

Numpang slonjor di Candi Gedong III

Oya, selain dengan jalan kaki, candi-candi di komplek Gedongsongo ini bisa dijangkau dengan naik kuda. Sepertinya, kesempatan sampai ke bangunan candi yang paling atas akan lebih besar daripada jalan kaki, hehe..

Sewa Kuda Gedongsongo

Yuk..dipilih dipilih kuda nyaaa…

Taman Bunga Celosia

Nah, di Taman Bunga Celosia ini aku sempat kecelik. Terus terang, aku agak underestimate ketika menuju lokasi ini karena 3 tahun lalu pernah mampir ke lokasi wisata yang berlokasi di KM 05 jalan wisata ke Gedongsongo ini, dan kondisi saat itu hanyalah hamparan taman bunga dengan beberapa spot selfie antara lain Kincir Angin dan Rumah Hobbit, dll.

Ternyata, dalam waktu 3 tahun ini perkembangan Taman Bunga Celosia pesat sekali! Aku merasa kagum melihat kondisi saat ini yang jauh lebih bagus dengan spot selfie lebih beragam, dibanding 3 tahun lalu! Salut deh!!

Taman Bunga Celosia

Foto panorama salah satu zona di Taman Bunga Celosia terkini

Sebagai tempat wisata yang sudah mendapat rekomendasi di Satgas Covid-19 setempat, penerapan protokol kesehatan di sini menurutku relatif bagus. Tempat cuci tangan tidak hanya di depan pintu masuk saja, namun tersebar di area wisata ini. Himbauan penerapan protokol kesehatan 3M tidak hanya melalui tulisan yang juga tersebar di tempat-tempat strategis area wisata ini, namun juga penyampaian secara lesan secara berkala melalui pengeras suara.

3M di Taman Bunga Celosia

Penerapan 3M di Taman Bunga Celosia Bandungan

Tempat cuci tangan

Tempat cuci tangan di Taman Bunga Celosia ada banyaaaak..

Saat ini Taman Bunga Celosia mempunyai luas area 5,6 Ha yang terbagi dalam 3 zona yaitu : Taman Bunga Celosia (Celosia 1); Celosia Happy n Fun (Celosia 2) dan Museum Selfi (Celosia 3). Ada belasan wahana dan tentunya buanyaaaak spot selfie. 😍Menurut Pak Andi Afriansyah -GM Celosia- konsep dari Taman Bunga Celosia ini adalah wisata keluarga yang memadukan keindahan alam, spot-spot selfie yang saat ini sedang hits di kalangan milenial.

Panorama Celosia Happy n Fun

Foto panorama sebagian zona Celosia Happy n Fun

Salah satu wahana yang kucoba kemarin adalah Museum Selfi. Tidak susah menemukannya, cari saja bangunan berbentuk semacam istana boneka berwarna dominan kuning, dengan 2 patung penjaga berseragam warna merah-hitam. Nah..itu dia Museum Selfi.

Museum Selfi

Museum Selfi di Taman Bunga Celosia Bandungan

Nekad selfi dengan gaya yang sungguh embuh 🤣

Memasuki bangunan ini kita tidak harus melepas sepatu melainkan membungkusnya dengan kain pembungkus berwarna biru yang sudah disediakan di sana. Tidak sulit memakainya, namun karena (sepertinya) hanya 1 ukuran sehingga ketika kupakai ada sisa ruang yang kadangkala menyulitkan langkah karena rawan terinjak (nyrimpet bahasa Jawanya) hehe..

Ternyata di dalam Museum Selfi ini terdapat ruangan-ruangan berdinding cermin dengan hiasan aneka lampu. Bagi pecinta selfi mungkin akan suka menyusuri ruangan-ruangan yang sambung menyambung itu dan berfoto-ria di sana. Meskipun kurasa perlu trik-trik agar hasil foto tidak ‘bocor’ terutama bila banyak pengunjung 😊

Keluar dari Museum Selfi ini disambut suasana ceria hasil penataan tanaman-tanaman hias berbunga warna-warni yang ditata sedemikian rupa bersanding dengan bangunan / hiasan sesuai tema-tema tertentu. Aiih..jiwa narsis berfoto-ria benar-benar akan terpuaskan di sini!

Spot Selfi Taman Bunga Celosia

Salah satu spot Selfi yang sangat menggoda…

Akhirnya… salah satu lorong bunga ini berhasil menggodaku tuk Selfi 😊

Gemes nggak siii, dengan rumah warna-warni ituu….

Bunga..bunga..bungaaaa di mana-manaaaa 😍

Oya, Taman Bunga Celosia ini buka dari jam 8 -17 WIB di hari kerja dan sampai jam 18 WIB di akhir pekan. Tiket masuk saat weekday sebesar Rp.20.000 sedangkan saat weekend Rp.25.000. Sedangkan untuk memasuki / menaiki wahana permainan berkisar antara Rp.15.000 – Rp.45.000.

Kalau di Candi Gedongsongo pengunjung bisa memilih kuda sebagai alternatif kendaraan mengelilingi area wisata selain jalan kaki, maka di Taman Bunga Celosia ini pengunjung dapat berkeliling dengan menumpang metrocar dengan tiket Rp.20.000 untuk 2x putaran.

Naik metrocar mengelilingi Celosia Happy n Fun (Foto by Disporapar Jateng)

Sore semakin tua, membuat kami mau tak mau mengakhiri jalan-jalan di Taman Bunga Celosia kali ini. Demikian pula tulisan ini, tak terasa telah sepanjang ini. Sampai di sini dulu ceritaku ya.. Insya Allah akan segera bersambung dengan cerita pengalamanku lainnya saat mengikuti JOTS 2020 Kab Semarang dan Magelang.. Sampai jumpa..

Menjelang petang di Taman Bunga Celosia Bandungan

Lanjutan cerita : Memacu Adrenalin di Gumuk Reco Sepakung

67 Comments

  1. Saya! Saya! Pernah ke Bandungan. Asli tempat ini surganya Selfie! Dalam jarak yang tak begitu jauh, sekitaran Candi Gedong Songo ada destinasi yang ciamik. Ternyata Taman Bunga Celosia bagus banget ya Mbak, waktu itu saya ke Sunrise Hill, sih. Rasanya kapan-kapan kudu diulang lagi deh.

  2. Masya Allah kak indahnya. Apalagi bisa menikmati panorama di balkon. Aduh aduh aduh. serasa jiwa ini ingin langsung otw deh kak. Makasih kakak udh berbagi certa kak

  3. Awalnya aku baca, menikmati sore di bendungan. Saat baca sampe ke tengah, ini mana bendungannya. Eh ternyata daku gagal fokus baca judulnya ternyata Bandungan. Ahaha. Seru ceritanya mbak ❤️

  4. MasyaAllah, pemadangan di Bandungan indah sekali.
    Dari Panorama Balcony yang keliatan cozy, lihat Candi Gedongsongo jadi ingin juga main ke sana, suka dengan pemandangannya.
    Apalagi di Taman Bunga Celosia, kayaknya betah lama-lama di sana, ya … hehehe

  5. Alhamdulillah bisa melihat Bandungan dari dekat. Dulu aku kuliah di semarang dan sempat ke Bandungan mbak. akhirnya nyesel deh sekarang.

    Sekarang tempat wisata harus menerapkan protokol kesehatan yaa. agar wisatanya lebih berkesan dan sehat tentunya ya

  6. Wah pemandangannya asyik nih mba, pengen juga nih menikmati sore yang indah di bandungan ini… 😀

  7. Taman bunganya keren banget, Mba. Buat pecinta bunga, itu pasti jadi tempat favorit yaa 🙂

  8. Wuih seru. Banyak tempat buat cuci mata ya. Indah-indah. Duh, aku jadi kepengen cuci mata juga dengan pemandangan indah-indah seperti itu. 🙂

  9. Komplit banget tempat wisatanya, btw aku salfok sama museum tempat selfi nya itu, unik banget yah, masih penasaran mau liat fotonya yang lain

  10. Cakep-cakep amat nih tempatnya. Sore santai jadi makin asyik ditemani view pemandangan yang indah. BTW, saya suka euy suasana Panorama Balcony itu

  11. wah bagus banget di Bandungan, surganya selfie, dan apalagi di gedongsongo 😀 kalo aku sendiri sih, gpp aja sih berwisata asal yakin bahwa tubuh ini sehat dan tentunya wisata alam. Ah jadi pengen taman bunganya mba 😀

  12. Asik banget ya mbak tempat wisatanya dan hampir semua terbuka jadi ga gitu deg2an klo ketemu orang. Stay safe as always mbak.

  13. Kak Tantiii…ikuutt~
    Ajakin aku main ke semua tempat wisata keren di Semarang.
    Btw, Semarang-Magelang itu rasanya lumayan jauh ya..perjalanan ada 3 jam berangkali yaa…?

  14. Pingback: Memacu Adrenalin di Gumuk Reco Sepakung |

  15. Wah, ternyata Taman Celosia dan Candi Gedongsongo cakep bener yach. Wawktu itu aku cuma lewat aja ga mampir. Itu ada kuda2 juga yach, anakku pasti kepengen naik. Pemandangan bangunan Eropa yang menarik, restoran dengan sajian nikmat menjadi salah satu destinasi wisata yang bikin kita kepengen datang 😀 Buat pepotoan juga keren 😀 TFS.

  16. cakep banget sih tempatnya mbak. itu pot bunga boleh dibawa pulang aja nggak? hehehe

  17. Mbak, saya pernah ke Candi Gedong Songo 4 tahun yang lalu.
    Rasanya dulu candi ini tidak dipagari kawat begitu deh.

    Apakah sekarang kita bisa menyentuh candinya?

    • Nah..itu juga yg saya herankan mba..apa.mungkin pas kemarin itu sj ya, karena teman saya sehari sesudahnya ke sana bisa foto2 di tangga candi juga, seperti kami.waktu kunjungan 2 th lalu..

  18. Terimakasih untuk cerita perjalanannya mba! Jadi tergambar beberapa destinasi wisata yang ingin saya kunjungi nih.

  19. MasyaAllah hepi banget ya mbak diberi kesempatan berkunjung bareng dinas gitu.
    Dulu aku menangin yang Pekalongan, Brebes, Tegal Seru! Bandungan kangenya aku belanja sayur hahaha

  20. Aku kangen banget ke Bandungan, belum pernah selama pandemi ini, habisnya bisa bikin kita segar lagi ya kalau habis wisata dari sana

  21. Bersyukur ya sudah mulai banyak tempat wisata yang dibuka.
    Untuk Gedong Songo, menurutku sih ini area wisata dan olahraga juga. Jalan kaki untuk mengeleilingi semua candinya lumayan juga. Hahahahaha

  22. Alhamdhulilah Seneng ya mbak bisa jalan2 bareng disporapar. Bisa kopdar sama temen2 dan cuci mata di tempat2 keren. Ga bosen deh jalan ke Bandungan soalnya selalu ada yg baru

  23. Waaah…
    Tempatnya bagus banget, Mbak.
    Jadi kangen pengen liburan juga nih.

    Kebayang serunya family time di sana.

  24. Wah asyiik ya mb keliling kota Ungaran.Sudah lama juga pingin k Susan spa resort tp blum kesampaian, instgrammable ya…masuknya brp mb sekarang ?

  25. Spot-spotnya seru semua
    Segera memasukkan semuanya jadi destinasi trip impian keluarga

    Aamiin ya Rabbana

  26. Full jalan-jalan ya ini dari pagi sampai sore hihi. Jadi kangen jalan ke Kabupaten Semarang lagi, udaranya di sana enak banget hihi

  27. Aku belum pernah ke Panorama Balcony mbak, cantik juga ya interiornya, betah buat kumpul dan makan bareng keluarga di sini..

  28. Aku udah lama bgt gak ke Bandungan, skrg spot2 potonya cakep bgt ya. Huhu jd pengen, aku blom pernah k celosia si

  29. Ya Allah indah banget ya mba pemandangannya, aku sempet rekreasi ke Gedongsongo juga mba pas new normal September kemarin sayangnya karena datangnya sudah cukup mendung akhirnya sampai puncak gerimis turun dan gak jadi deh mampir ke Celosia

  30. Celosia tambah Uapiik! Tahun kemarin aku ke sana banyak yang lagi direnovasi, jadi kurang seru pas jalan. Trus aku pengen banget ke Susan resort

  31. MasyaAllah kangen banget sama suasana Candi Gedong Songo.. dulu aku pernah jalan-jalan sama keluarga kesana, dan anak-anak happy banget. Sekarang tempatnya makin keren yaaa mbak

  32. Wajib masuk jadi list lokasi wisata yang dikunjungi kalau mampir Kabupaten Swmarang nih. Makasih referensinya mbak. Btw anak-anak bisa masukkah? Ada beberapa tempat wisata yg tidak membolehkan anak umur di bawah 5 tahun.

Leave a Reply

Required fields are marked *.