LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Makaroni Kukus dan Putih Telur Bumbu Rendang by Mechta

Makaroni Kukus dan Putih Telur Bumbu Rendang

| 48 Comments

Alhamdulillah..sampai lagi di akhir pekan kita.. Apa kabar, Sahabat Lalang Ungu? Semoga selalu sehat dan bahagia ya..

Akhir pekan kali ini, aku gabut. Tak ada agenda ke luar rumah, siram-siram tanaman sebentar, bersih-bersih rumah sekadarnya, lalu lanjut klekaran alias berbaring-baring saja sambil main HP.

Eh, tapi kok bosen ya.. Hmm, tiba-tiba saja iseng buka-buka kulkas dan lemari dapur, cari-cari sesuatu yang bisa dimasak. Tumben amaat?? 🙂

Hasil pencarian di kulkas menemukan sosis, keju dan putih telur kukus. Sementara dari lemari dapur ada telur, makaroni kering, bumbu rendang instan dan santan instan. Ok deh..mari kita eksekusi, guys.. Prok prok prook..jadi apaaa?? *nada Pak Tarno

Makaroni Kukus dan Putih Telur Bumbu Rendang by Mechta

Camilan & lauk anti ribet a la Mechta

1. Makaroni Kukus

Biasanya, kami menggunakan makaroni ini untuk membuat makaroni panggang atau sebagai campuran sayur sop. Namun kali ini lagi pengen bikin cemilan, tapi yang praktis alias tanpa harus hidupkan oven. Cari-cari resep nemu resep Makaroni Kukus, yang bahannya tersedia dan bikinnya sepertinya mudah, maka capcus dicoba deh..

Bahan-bahan Makaroni Kukus

  • Makaroni kering 200 gr
  • Telur ayam 2 bh
  • Susu 200 ml
  • Keju parut 100 gr
  • Sosis ayam 1 bh
  • Bawang bombay 1/4 bh
  • Bayam brazil 1 genggam
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat Makaroni Kukus

  1. Rebus makaroni hingga lembek, tiriskan airnya.
  2. Panaskan minyak untuk menumis, sementara itu iris-iris Bawang bombay, Bayam brazil dan sosis ayam.
  3. Tumis Bawang bombay hingga harum, lalu masukkan irisan sosis, tumis hingga merata dan sosis berubah warna, matikan api.
  4. Masukkan susu, telur, kaldu bubuk dan sebagian keju parut (sisakan sedikit untuk topping) lalu aduk cepat hingga merata, masukkan makaroni rebus dan irisan Bayam brazil, lalu aduk kembali hingga tercampur rata.
  5. Siapkan panci kukus, sambil menunggu panas, pindah adonan makaroni ke dalam wadah tahan panas dan taburkan keju parut di bagian atasnya.
  6. Masukkan wadah tahan panas berisi makaroni itu ke dalam panci kukus yang telah siap, kukus selama 20 menit.
  7. Makaroni Kukus siap dihidangkan.
Makaroni Kukus debgan Sosis dan Bayam Brazil

Makaroni Kukus a la Mechta

Nah..mudah sekali bukan membuatnya? Tentu saja, karena kalau sulit membuatnya maka si awam dapur ini tak akan memilih resep ini untuk dibuat! 😁

Oya, di resep aslinya menggunakan daging cincang /  kornet, nah karena bahan ini tak ada tadi, maka aku pakai saja sosis sebagai gantinya.

Bayam brazilnya juga merupakan tambahan yang tidak ada di resep aslinya lho..hehe.. Kebetulan mudah didapat karena tinggal metik di teras, jadilah improvisasi dengan menambahkan si bayam ini ke dalam adonan. Hasilnya enaaak lhooo.. 😋

2. Putih Telur Bumbu Rendang

Kurang kerjaan amat segala telur dipisahin putihnya terus dikukus?

Hehe..bukan begitu konsepnya, teman.. Sebenarnya ini adalah salah satu upaya memanfaatkan sisa bahan pembuatan kue, agar sisa bahan pangan yang masih bisa dikonsumsi tak terbuang percuma.

Adikku hobby-nya bikin kue, cake maupun kue-kue kering. Nah, kadangkala hanya butuh kuning telur saja sebagai bahannya, sehingga tersisalah putih telur yang cukup banyak. Kumpulan putih telur itu ditempatkan dalam wadah, diberi sedikit bumbu, dikukus, lalu disimpan di kulkas untuk diolah kemudian.

Seringnya sih dimasak jadi Sambal Goreng Telur, Balado Telur, campuran tumisan sayur atau campuran sayur sop. Nah kali ini, karena nemu bumbu instan rendang, akhirnya kubuat saja Putih Telur Bumbu Rendang ini 😊

Bahan-bahan Putih Telur Bumbu Rendang

Bahan Putih Telur Bumbu Rendang

3 bahan utama Putih Telur Bumbu Rendang a la Mechta

  • Putih telur yang telah dikukus 500 gr
  • Bumbu Rendang instan 1 bks
  • Santan instan 1 bks
  • Gula dan Garam secukupnya
  • air 3-4 gelas

Langkah Pembuatan Putih Telur Bumbu Rendang

  1. Potong dadu/kotak Putih Telur Kukus.
  2. Larutkan santan instan dalam air, lalu rebus bersama irisan Putih telur kukus dan bumbu rendang.
  3. Setelah mendidih, kecilkan api, masak dengan api kecil hingga kuah mengering dan bumbu meresap.
  4. Koreksi rasa, tambahkan gula dan garam secukupnya jika terasa kurang.
  5. Putih telur bumbu rendang siap dihidangkan.

Nah..gampil banget kan cara pembuatannya. Rasanya enak tentu saja, meski aku agak kurang puas dengan penampilannya yang pucat, tidak seperti umumnya rendang yang gelap..hehe..

Putih Telur Bumbu Rendang

Putih Telur Bumbu Rendang a la Mechta dg penampilan yang mirip Terik Tahu 😂

Mungkin ini karena menggunakan putih telur yang dalam kondisi matang tidak berubah warna, tidak seperti daging yang berubah warna kecoklatan dalam kondisi matang sehingga rendang daging berwarna merah kecoklatan, tidak seperti Terik Tahu begini..hahaha… Atau karena bumbu instan yang kupakai kali ini berbeda dengan yang biasanya? entahlah.. Lain kali akan kucoba dengan bumbu instan rendang merk yang biasa kami pakai, yang hasilnya merah gelap / kecoklatan itu.

OK Sahabat Lalang Ungu, segini dulu ya ceritaku kali ini, berkenalan dengan 2 olahan masakan praktis anti ribet a la Mechta..hehe.. Oya, kalau di rumah kalian, olahan makaroni / putih telur favorit kalian apa? Bagi yuk ceritanya di kolom komen.. Terima kasih sebelumnya..

 

Untuk melihat tulisan tentang kuliner, baca juga di kategori makanan ya…

48 Comments

  1. Wah enak ini, bisa dicoba.

  2. wah bisa dicoba deh ini bikin makaroninya… makasih resepnya yaaa mbak. tampaknya lezat nih…

  3. Enak nih, boleh di coba deh kapan”

  4. Tampak nikmat semua mbaa.. hehehe.. bisa jadi pilihan menu buat krucils nih. Anakku yg kecil lagi picky picky kalau makan. Kayaknya dibuatin makaroni ini maknyus juga. Thanks mbak. Ijin save resep yak

  5. Menyimak menu yang direkomendasikan kak Tanti.
    Paling pingin coba adalah menu Makaroni Kukus. Karena karbo dari makaroni ini cocok penuhi nutrisi tanpa kudu makan nasi.
    Cocok banget untuk bekal sekolah dan camilan anak sehari-hari.

  6. wah boleh di tiru nih resepnya, bumbu rendangnya bikin jadi ga eneg walau pakai keju dan putih telur ya mba 🙂

  7. Wah pas banget di rumahku lagi ada stok makaroni nih mbak, bisa nih dicontek resepnya ya. Bisa buat camilan sekaligus makanan berat variasi dari makanan sehari2, khususnya buat anak2 supaya gak bosan nih.

  8. Baca pelan-pelan buat menghapal resepnya, eh, malah jadi banjir ngeces pas baca ‘Terik tahu’:-))
    Sudah lama banget ndak bikin, seringnya karena terik tahu harus dibuatkan sambal terpisah kalo mau ekstra pedas ya.
    Anyway, makaroni kukusnya tampak sedap pun

  9. Saya pernah bikin kari putih telur, ceritanya kurang lebih sama dengan Lalang Ungu nih, hasilnya pucat seperti muka kedinginan, eh.
    Nah, mamaku tuh kasi tips, putih telur diberi kunyit bubuk atau pewarna makanan sebelum dikukus, hasilnya memang menggoda. Merah merona atau kuning menarik. Siapa tahu bisa diterapkan untuk rendang putih telur ini.

  10. Aah kayaknya enyak banget iniii. Sore-sore suka hujan, ngemil makaroninya sama teh anget. *lupakan diet

  11. Makaroni kukusnya jadi andalan banget kalau anakku yang sulung ogah makan nasi, Mbak, dan maunya ngemil mulu. Cemplung-cemplung dikasih wortel, bayam, sawi sendok, kecambah, masuk semua deh.

  12. Waah kesukaan anak-anakku nih mbak, terutama yang makaroni kukus. Bisa dicoba praktekkan. Matur nuwun sharing resepnya mbak Tanti.

  13. Wah! cocok nih buat aku yang lagi diet, gak boleh makan yang goreng goreng dan perbanyak protein. Terimakasih ya mbak resepnya, segera dipraktekkan 🙂

  14. mac kukus emang enak mba, dulu aku suka icip2 kalau lagi buatin anak hehe.. terkesan buat menu mpasi tapi sebetulnya buat orang dewasa juga okey. rasanya gurih gitu yaa, creamy dan mengenyangkan

  15. Jadi pengen bikin makaroni kukus setelah baca postingan ini. Baru tahu juga kalau putih telur enak juga dimasak bumbu rendang. Kalau aku cuma pernah masak rendang kentang itupun dengan bumbu rendang instant karena praktis dan mudah

  16. Resepnya keren, Mbak. Jadi penasaran pengen nyobain. Sering punya stok putih telur, karena biasanya kalo bebuatan cake yang dipake cuma kuningnya aja. Matur nuwun untuk sharing nya, Mbak.

  17. Biasanya kalo buat makaroni aku sukanya dipanggang si tapi boleh juga kapan2 nyobain yg dikukus layanya.malah lebih simple. Makaroni kesukaan keumala nih budhe. Aku contoh ya mbak resepnya

  18. Kalau makaroni kukus dah pernah nyoba, emang enak dan lebih sehat ya mbak? Tapi yang putih telur bumbu rendang ini belum pernah nyobain. Asyiik ada resepnya, kalau pas nggak mager, mau nyobain aah.

  19. Belom pernah coba aku mba. Sukanya makaroni tak oseng2 kalau telur dadar dan cwplok. Bisa juga nih tak coba, enak kayaknya dan bumbu sajinya juga ada.

  20. He em yaa… rendangnya jadi kayak terik heheee… tapi tetap enak kan mbaa rasanya. Jadi ingat nih di tempat bumbu punya yang instan gitu juga, gulai atau apa yaaa.. dimasak aja ah, pake telur atau tahu gitu enak ketoe. Thanks untuk idenya mba.

  21. Asiiik dapat resep baruu. Kadang suka bingung kalo ada putih telur banyak di rumah. Kan kalo bikin bumerku kue kering di rumah, pth telurnya banyak ga kepake. Bisa dibuat putih tlur bumbu rendang ya.

  22. Wah putih telur bumbu rendang ini baru denger aku mbak jadi pengen nyoba juga di rumah. Aku suka nyetok putih telur di kulkas

  23. Waah, ide bagus yang perlu dicoba nih. Biasanya aku bikin makaroni panggang, sekali-kali nyoba bikin yang kukus ah.

  24. Resepnya nampak mudah untuk diikuti, sepertinya setelah ini aku akan mencoba membuat hehe

Leave a Reply

Required fields are marked *.