LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Menanam Bunga Matahari
Menanam Bunga Matahari

Sulitkah Menanam Bunga Matahari?

| 38 Comments

Menanam Bunga Matahari

Bunga Matahari sangat cantik

kembang di waktu pagi

daunnya hijau, bunganya kuning

memikat kumbang lalu

Adakah teman yang familiar dengan petikan lagu “Bunga Matahari” yang dinyanyikan Memey temannya Ipin-Upin itu? Hm, kalau aku sih baru setahun terakhir ini, tepatnya ketika mulai ada kegiatan kunjungan siswa ke kantor kami dan lagu itu seakan menjadi ‘lagu wajib’ yang kami nyanyikan bersama anak-anak PAUD saat jalan-jalan ke kebun dan menikmati pohon-pohon Bunga Matahari yang rajin berkembang di kebun kami.

Baca juga : Belajar bersama para penerus Bangsa.

Bunga Matahari di kebun

Bunga Matahari di kebun Dinperpa Pekalongan

Tak hanya tamu-tamu kecil kami yang senang dengan Bunga Matahari, sebagian besar tamu yang sedang berkunjung ke kebun kami umumnya selalu berlama-lama di sekitar tempat tanam Bunga Matahari ini.

Sulitkah menanam Bunga Matahari? itulah pertanyaan yang kemudian sering kami terima dari para penikmat Bunga Matahari yang mampir ke kebun kami.

Dan jawabnya adalah TIDAK.

Ya, menanam Bunga Matahari memang tidak sulit kok… Tidak juga harus mempunyai kebun luas. Tanaman berbunga cantik (yang umumnya) berukuran cukup besar dan berwarna kuning ceria ini bisa juga ditanam dalam pot / polibag lho…

Nah, sebelum belajar menanamnya..mari kita kenali Bunga Matahari dulu ya…

Mengenal Bunga Matahari

Nama ilmiah dan ciri khas Bunga Matahari

Bunga Matahari mempunyai nama ilmiah Helianthus annuus L,  bagian dari kingdom : Plantae; ordo : Asterales; famili : Asteraceae; bangsa : Heliantheae ; dan genus : Helianthus.

Merupakan tanaman semusim yang dikenal karena ciri khas bunganya yang relatif besar dan (umumnya) berwarna kuning ceria dengan kepala bunga yang besar dan sebenarnya merupakan bunga majemuk yang tersusun dari ratusan -bahkan mungkin ribuan- bunga kecil pada satu bonggol.

Bunga Matahari termasuk bunga majemuk

Bunga Matahari, bunga majemuk nan cantik

Keunikan lain dari bunga ini adalah heliotropisme yaitu perilaku bunga yang condong / menghadap ke arah matahari. Memandang bunga-bunga matahari yang bermekaran dan seakan kompak menghadap satu arah menyongsong matahari..sangatlah menyenangkan!

Manfaat Bunga Matahari

Ternyata ada banyak manfaat Bunga Matahari, teman..  Tidak hanya sebagai bunga hias saja, bunga ini juga dikenal sebagai sumber minyak yang bermanfaat sebagai bahan pangan maupun industri.

Sebagai bahan pangan, minyak Bunga Matahari yang merupakan hasil ekstrak biji Bunga Matahari ini sebagian besar mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan.

Siapa yang suka makan kuaci Bunga Matahari?

Ya, selain diekstrak menjadi minyak, biji Bunga Matahari juga sering kita konsumsi sebagai kuaci. Eh, kuaci ini cemilan sehat lho…karena menurut salah satu artikel di web hellosehat, di dalam biji Bunga Matahari ini tersimpan vitamin E yang merupakan anti oksidan yang kuat dan juga mengandung zat yang mampu mengurangi kolesterol LDL dan mencegah hipertensi.

Biji Bunga Matahari

Biji-biji Bunga Matahari

Selain itu, Bunga Matahari ini juga menjadi salah satu jenis bunga Refugia yaitu bunga sahabat petani.

Baca juga : Refugia, tanaman sahabat petani.

Budidaya Bunga Matahari

Menanam Bunga Matahari

Bunga Matahari kita tanam dengan menggunakan bijinya. Biji-biji ini bisa kita peroleh dari memanen bunga yang sudah tua atau membeli biji di toko bunga. Tentu saja kita tidak bisa menggunakan kuaci camilan ya.. 🤣 karena kuaci ini sudah mengalami proses dipanggang..

Langkah-langkah penanaman :

  1. Pilih biji yang akan ditanam. Bisa dilakukan uji layak tanam dengan melakukan perendaman 5-10 menit, lalu pilih biji yang tenggelam yang lebih layak tanam dibanding yang terapung.
  2. Siapkan media untuk persemaian. Bisa menggunakan baki semai atau polibag dengan campuran media tanah : kompos : arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Siram media agar siap ditanami.
  3. Tanam biji dalam media semai, ujung biji yang lebih runcing di bawah. Tempatkan semaian ini di tempat yang tidak terkena matahari langsung, jaga kelembaban media selama persemaian. Setelah 3-4 hari bibit akan mulai tumbuh.
  4. Setelah bibit sekitar 5 cm, pindahkan ke bagian yang agak terang agar tidak tumbuh bengkok.  Setelah tanaman mempunyai beberapa daun dengan tinggi sekitar satu telapak tangan, dapat dipindahkan ke pot lebih besar.
  5. Bunga Matahari ini bunga yang bisa mencapai ketinggian sampai sekitar 1 m, oleh karena itu bila tidak ditanam langsung di tanah maka pilih pot / wadah tanam yang sesuai untuk pertumbuhannya. Jangan terlalu kecil. Perbandingan media tanamnya tanah : kompos : sekam 2:1:1.
  6. Masukkan bibit dari persemaian ke pot yang akan menjadi tempat tumbuhnya, dengan kedalaman sekitar 10 cm atau seluruh akar tertutup media. Usahakan saat memindah tidak ada akar yang putus ya..
  7. Tempatkan pot di lokasi yang akan terkena sinar matahari secara langsung agar dapat tumbuh dengan baik.

Merawat Bunga Matahari

Setelah ditanam maka tentu saja bunga ini perlu dirawat dengan sebaik-baiknya agar bisa tumbuh subur dan berbunga indah.

Langkah-langkah Perawatan :

  1. Lakukan penyiraman secara rutin, 2x sehari, terutama saat kemarau. Perpaduan air yang melimpah dan sinar matahari penuh merupakan hal yang dibutuhkan bunga ini untuk tumbuh dengan baik.
  2. Setelah usia 2 bulan mulai tambahkan pupuk, ulangi setiap bulan kemudian.
  3. Jika terkena hama, maka berikan pestisida untuk mengendalikan hama tersebut.
  4. Kuncup-kuncup bunga mulai akan tumbuh menjelang usia tiga bulan. Nah..setelah ini berbahagialah karena kamu akan segera menikmati bunga-bunganya yang indah teman..

    Kuncup Bunga Matahari

    Kuncup-kuncup Bunga Matahari

  5. Apabila ingin menjadikannya bunga potong, maka lakukan pemotongan bunga pada saat bunga belum mekar sepenuhnya ya..agar bunga ini tahan cukup lama di dalam vas bunga kalian.. Pemotongan sebaiknya pada pagi hari.

    Bunga Matahari mekar

    Indahnya Bunga Matahari saat mekar sempurna

  6. Bunga yang sudah tua dapat dikeringkan dan dipanen biji-bijinya, untuk ditanam ataupun untuk diolah lebih lanjut.

    Bunga Matahari kering

    Bahkan saat mengering pun tampak unik ya..hehe..

Nah sahabat Lalang Ungu, demikianlah sekedar sharing tentang Bunga Matahari, cara menanam serta merawatnya. Bagaimana, tidak sulit bukan menanam Bunga Matahari? Yuk, mari kita coba…

Adakah di antara kalian yang juga suka Bunga Matahari atau bahkan pernah menanamnya? Yuk bagi kisahnya di kolom komen ya..

38 Comments

  1. Adik ipar saya di rumah mama menanam bunga matahari juga. Saya yg kurang telaten senang saja setiap mampir ke rumah orang tua disuguhi bunga yang cantik dan bikin mata segar.
    Saya juga bawa bijinya buat ditanam di pot. Tapi yaitu blm sempat juga hahaha
    Banyak alasan.

  2. Mbaaa tsakep buanget bunga mataharinya 😀
    Ibu mertuaku suka gardening gini Mb
    Kapan2 aku infoin tips ini dah

  3. saya pernah mencoba menanam bunga matahari tapi cuman bertahan sekitar 2 bulan, ternyata cara peraweatan saya yang salah ya 🙂

    jadi ingin mencoba lagi nih

  4. Oh caranya gitu ya? Pantesan pernah nanam bunga matahari cuma sekali berbunga terus mati deh. Makasih infonya ya

  5. Bunga matahari ini salah satu bunga yang jarang ditemui ya.. pekarangan rumah rumah di sekitar tempat tinggal saya juga sangat jarang aku temui.. ternyata menanam dan merawat tanaman bunga matahari tidak sulit ya.. jadi ingin menanam bunga matahari juga untuk pekarangan rumah saya

    • Sekarang lebih banyak diemui mba.. di tempat-tempat wisata atau di tepi persawahan sebagai refugia ..

  6. Aku suka banget lho sama bunga matahari. Gemes banget tinggi cerah dan ada kuaci yg bisa dimakan pula

    Tp jujur dulu mikirnya susah bgt nanemnya. Tp pas kakakku tanam di depan rumah dan berhasil, aku jgld tau kalo gak sesulit itu

  7. Cantik banget ya bunga matahari, saya pernah ditanamkan bunga matahari di depan rumah saya sama teman saya, alhamdulillah jadi dan berbunga juga, tapi tidak sebesar bunga matahari digambar milik mbak, tapi sungguh cantik bunganya ya mbak

  8. Saya suka bunga matahari yang tumbuh subur dengan warna kuningnya mba. Kalau di Bali seringkali dipakai tambahan untuk isi canang. Biasanya mereka pakai untuk sembahyang. Kuaci bunga matahari saya juga suka, bentuknya lebih besar paling enak dijadikan camilan saat nonton TV.

  9. Aku pengen sih menanam bunga atau tanaman lainnya dirumah tapi sayang halamannya minim banget jadinya ga bisa nanam. Btw saya suka sih bunga matahari soale bawaanya ceria aja gt hehe.

    • Kalau halaman kecil pilih tanaman bunga yg bisa ditanam di pot2 kecil pakai rak susun atau digantung hehe..

  10. Bunga Matarahi yang di zoom sampai dekat , Masya Allah cantik dan detailnya bagian perbagian yang menjadi terlihat sangat indah ya Mbak. Saya punya bunda matahari tapi sintetis. Entah kenapa bunga Matahari itu menarik banget untuk dilihat.

  11. aku pengen banget nanem, Mbak. Tapi, belum dapat bijinya nih. Setelahbaca cara tanamdari Mbak Tanti, oalah, tenyata aku kalau nanem ngawur banget. Angger tak sebar gitu,Mbak. Jebule harus disemai dulu. Hihihi.

    • Langsung di tempat tanam juga bisa tanpa disemai, tapi dijagain jangan sampai baru mulai tumbuh keinjak/dipatok ayam..hihi..

  12. Detail banget caranya, untuk aku yg krg paham nanam2 begini jadi mudah mengerti deh

  13. Ayoyoy… Lihat bunga matahari malah jadi pengen aku motoin
    Kebetulan memang terobsesi sama bunga ini
    Lagi nyari di Surabaya ada yang tanem dimana hehe

  14. Jebul enggak sulit-sulit amat ya perawatannya. Asalkan kena cukup sinar matahari dan banyak air udah aman ya mba.

  15. Boleh nggak minta biji kering bunga mataharinya? Beli deh. Susah aku nyarinya disini. Waktu itu beli sachetan tapi ga ada yg jadi satupun.

  16. Wah, sudah lama banget nih tidak bercocok tanam.
    Sampai lupa tanaman apa yang berhasil tumbuh subuh. Hehehe ..

    Tapi, sekarang sudah ada contekan cara menanam bunga matahari di blog mbak Mechta.
    Ntar kalo siap nanam, tinggal balik ke post ini lagi saja.

    Great sharing mbak ^^

  17. Cantik banget ya Bunga Matahari ini dan ternyata proses penanamannya tidak terlalu sulit, cukup kena sinar matahari dan rajin disiram. Nanti kalau pulang Semarang mau nanam juga ah, secara rumah yang di sana ada halaman tengah yang memang khusus untuk tanam-tanam.

  18. Dulu pas masih kecil, seumuran anak SD. Nenek suka nanam bunga matahari di depan rumah. Cantiknya masya Alloh itu si kuning menghiasi halaman rumah

  19. istri saya paling suka makan kwaci…. 😛

Leave a Reply

Required fields are marked *.