LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Bunga Telang
Bunga Telang

Bunga Telang, Tanaman Rambat yang Kaya Manfaat

| 46 Comments

Bunga Telang, tanaman rambat yg kaya manfaat

Bunga Telang, tanaman rambat yang kaya manfaat. Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu…semoga senantiasa sehat dan bahagia ya… Sahabat, kali ini aku ingin menulis tentang Bunga Telang, tanaman rambat yang kaya manfaat itu.

Perkenalanku dengan tanaman rambat ini adalah melalui keindahan bunganya. Ya, tanaman rambat kaya manfaat ini memiliki bunga cantik berwarna biru terang, ungu ataupun putih.

Tahu sendiri kan, aku ini penikmat warna-warni bunga. Naah..suatu hari ku melihat foto-foto bunga cantik bunga berwarna biru terang di antara rimbun daun-daun mungil nan hijau aku pun tertarik membaca artikel itu lebih lanjut, ternyata tanaman rambat berbunga biru cantik itu bernama Telang . 

Tentang Bunga Telang

Bunga Telang

Bunga Telang yang cantik

Penamaan

Telang yang mempunyai nama latin Clitoria ternatea ini adalah tanaman merambat anggota keluarga polong-polongan. Dari Wikipedia ku peroleh informasi bahwa tanaman ini mempunyai klasifikasi ilmiah sbb :

  • Genus : Clitoria
  • Bangsa : Cicereae
  • Famili : Fabaceae
  • Ordo : Fabales
  • Kelas : Magnoliosida
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kerajaan : Plantae

Tumbuhan yang berasal dari Asia tropis namun telah menyebar ke berbagai penjuru dunia ini mempunyai banyak nama lokal, antara lain : Aparajita (Hindi), Gokarna (Marathi), Butterfly Pea / Blue Pea Vine / Pigeon Wings (Inggris), Bunga Telang (Malaysia), Nager Hedi (Kanada), Teleng (Betawi/Indonesia), dll.

Manfaat Bunga Telang

Umumnya bunga ini digunakan sebagai pemberi warna biru / ungu pada makanan. Warna biru bisa kita peroleh dengan cara merendam / merebus kuntum-kuntum bunga berwarna biru ini, sedangkan bila kita tambahkan air perasan jeruk nipis / lemon pada cairan biru itu, maka warnanya akan berubah menjadi ungu 😍 Kemampuan Bunga Telang memberikan warna ini adalah karena antosianin yang terkandung di dalamnya.

Namun selain sebagai pewarna alami makanan, tanaman ini juga mempunyai beragam manfaat lainnya sebagai bahan pengobatan secara herbal. Menurut Mulangsari (2109), ekstrak Clitoria ternatea dalam obat herbal bersama dengan ekstrak tanaman lain ditujukan untuk memperbaiki kemampuan mental yang dikenal sebagai Medhya Drugs. Dalam jurnal ilmiah Mulangsari ini disebutkan juga potensi Bunga Telang sebagai anti katarak dan anti diabetes.

Selain itu, tanaman ini mempunyai beberapa manfaat lain sebagai obat, antara lain. Situs Sehatq(.)com dalam salah satu artikelnya menyebutkan ada 7 manfaat Bunga Telang untuk kesehatan, yaitu : (1) Meningkatkan daya ingat, (2) Mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder), (3) Meringankan depresi, (4) Mengandung antioksidan, (5) Menyembuhkan luka, (6) Mengurangi peradangan, dan (7) Menyehatkan jantung.

Sementara itu, artikel lain yaitu dari 99(.)co menyebutkan 7 manfaat lain dari Bunga Telang ini, yaitu : (1) Melancarkan haid, (2) Mengobati bronchitis, (3) Mengurangi rasa cemas, (4) Menjaga kesuburan wanita, (5) obat bagi beberapa gangguan penglihatan, (6) Mengobati bisul (abses), dan (7) Menetralkan sistem pencernaan (detoksifikasi).

Cara Menanam Bunga Telang

Sulitkah menanam Bunga Telang ini?

Mungkin pertanyaan ini terpikir oleh kalian, sebagaimana pernah hinggap di benakku beberapa waktu lalu. Alhamdulillah, seorang sahabat -Mas Rudi Sang Belalang Cerewet- menjawab kegalauanku itu dengan memberi tahu bahwa cara menanamnya sangat mudah, bahkan mengirimkan benih-benih Bunga Telang siap tanam dan juga bunga Telang kering siap seduh! Olala..senangnya hatiku! Maturnuwun mas Rudi ☺

Jadi, bunga-bunga Telang berwarna biru/ungu nan cantik ini bila tidak kita petik akan berkembang menjadi buah berbentuk polong (seperti Kapri / Buncis). Nah, di dalam buah ini terdapat biji-biji yang bila buah ini telah tua dan mengering maka biji-biji ini dapat kita ambil selanjutkan dapat kita jadikan benih untuk menanam pohon baru.

Buah Telang yang tua dan kering

Buah-buah Telang yg telah kering, di dalamnya ada biji untuk benih (Foto by Rudy)

Berikut ini kutulis ulang cara menanam pohon Telang dengan menggunakan benih / biji.

Cara menanam Kembang Telang dari Biji :

  1. Pilih biji Kembang Telang yang bagus, rendam dalam air bersih selama 12 jam
  2. Siapkan media yang terdiri dari tanah dan kompos, lalu taburkan biji di atas media tersebut
  3. Tunggu selama 1-2 Minggu hingga biji akan mulai berkecambah. Selanjutnya jaga jangan sampai tanah terlalu kering, sekitar 5 Minggu kemudian bibit Kembang Telang ini siap dipindah ke tempat lain sesuai keinginan.

Di rumah, aku menanam Bunga Telang ini di pot, saat ini baru sekitar sejengkal tingginya..hehe.. Sementara itu sebelumnya kami juga menanam biji-biji ini di halaman kantor, agar bisa diperbanyak bagi rekan-rekan kantor ataupun masyarakat yang membutuhkan. Alhamdulillah pohon-pohon Telang yang kami tanam di kantor sudah tumbuh subur, rajin berbunga dan sekarang mulai berbuah.

Pohon Telang

Pohon Telang di kantor kami

Cara Mengolah Bunga Telang

Mengeringkan Bunga Telang

Sebagian besar manfaat Kembang Telang dapat kita peroleh dengan cara menyeduhnya atau membuat minuman herbal. Selain dari kuntum segar Bunga Telang, seduhan ‘teh’ Telang ini bisa kita lakukan juga dengan bunga kering. Mengeringkan Bunga Telang juga memberi manfaat yaitu memperpanjang masa simpan.

Bunga Telang kering

Bunga Telang Kering, siap seduh

Pengeringan Bunga Telang dapat kita lakukan langsung di bawah sinar matahari, atau menggunakan oven pengering simplisia. Adapun langkah-langkah pengeringan Bunga Telang adalah sbb :

  1. Pemetikan bunga, pilih yang mekar sempurna dan kondisi utuh
  2. Cuci dengan air mengalir, lalu tiriskan

    Bunga Telang siap dikeringkan

    Bunga setelah dicuci, ditiriskan siap untuk dikeringkan

  3. Bunga yang sudah ditiriskan lalu ditata di atas kertas / tempat untuk menjemur, dijemur langsung di bawah sinar matahari jam 08.00-12.00 selama 2 hari.
  4. Bila menggunakan oven, lakukan pengeringan dengan suhu 50 derajat Celcius, selama 2 jam.
  5. Bunga yang telah kering  dapat langsung diseduh atau di simpan dalam wadah tertutup dan diberi silica gel agar tetap kering selama penyimpanan.

Seduhan Bunga Telang

Air seduhan Bunga Telang

Dua warna air seduhan Bunga Telang

Minuman dari seduhan Bunga Telang ini bisa kita nikmati hangat maupun dingin, dari kuntum bunga segar ataupun bunga kering

  1. Ambil sekitar 6 kuntum bunga segar, cuci bersih sebelum dimasukkan ke dalam cangkir/gelas
  2. Bila menggunakan bunga kering langsung dapat dimasukkan ke dalam cangkir / gelas
  3. Seduh dengan air panas / hangat, bila suka dapat ditambahkan rempah dan pemanis (madu / gula batu) sesuai selera
  4. Seduhan Bunga Telang siap dinikmati

Baca Juga : Sulitkah Menanam & Merawat Daun Mint?

Kue Lapis Bunga Telang

Kue Lapis Bunga Telang

Kue Lapis Bunga Telang (Foto by Superindo.co.id)

Foto dan resep berikut ini kudapat dari artikel di Web Superindo.

Bahan-bahan

  • 1/2 cup tepung gandum
  • 1 cup tepung beras
  • 2 sdm tepung Tapioka
  • 1/2 cup gula
  • 3 pak Kara instan @65 ml
  • 1,5 cup air
  • 1/2 sdt garam
  • Sari Bunga Telang secukupnya
  • Ekstrak Vanila secukupnya

Langkah Pembuatan 

  1. Panaskan Kukusan
  2. Campur adonan kering, sisihkan
  3. Campur adonan basah, lalu tuang ke dalam adonan kering
  4. Aduk rata adonan hingga semua tercampur rata, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama
  5. Warnai satu adonan dengan sari Bunga Telang, lalu sisihkan.
  6. Oles cetakan dengan sedikit minyak, lalu masukkan selapis adonan. Kukus selapis demi selapis adonan selama 5 menit, dengan warna berselang-seling.
  7. Pada lapisan terakhir kukus selama 15 menit atau hingga matang, angkat dan dinginkan sebelum siap dihidangkan.

Puding Bunga Telang

Seorang sahabat -Muna Sungkar- beberapa waktu lalu mengunggah hasil olahan dari Kembang Telang ini, yaitu Puding Bunga Telang

View this post on Instagram

Keisengan kemarin. Lihat pohon telang lagi banyak bunganya kepikiran bikin apa yg anak2 tertarik makan. Akhirnya nyobain bikin puding bunga telang. Enyaaaakkk….. . Resep puding bunga telang. Cuci bersih bunga telang kemudian rebus bersama air matang 500ml sampai mendidih. Aku kemarin pake 10-13 kuntum bunga. Saring airnya buang kuntum bunganya. Dinginkan lalu tqmbahkan air sampai totalnya kira2 750ml . Lapisan biru 7sdm gula halus 2sdt agar2 plain 1 sdt bubuk jelly plain Masak bersama rebusan air telang sampai mendidih. Kalau sudah dingin tuang sedikit di cetakan atau gelas. . Lapisan putih 200 ml susu UHT Air 400 ml 7 sdm gula halus 2 sdt agar2 bubuk 1 sdt jelly bubuk plain Masak sampai mendidih. Kalau sudah dingin tuang di atas lapisan biru. Ulangi lagi menuang lapisan biru tunggu dingin lalu lanjut ke lapisan putih. Total ada 5 lapis ya. . Pudingnya cantik dan anak2 suka dong. Ternyata ga cuma enak dibikin teh, bunga telang juga enak dibikin puding. @belalangcerewet @xibianglala #puding #pudding #pudingbungatelang #bungatelang

A post shared by happytummy (@muna_sungkar) on

Duuh lihatnya jadi kemecer bukan? Yuk dicoba resep yang dibagikan Muna di post tersebut 😋

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah perkenalan kita dengan Kembang Telang, tanaman rambat yang kaya manfaat ini. Bagaimana, tertarik untuk menanam dan mengkonsumsinya? Atau sudah punya pengalaman dengan Si Cantik ini? Yuk, bagi ceritanya di kolom komen yaa… Terima kasih 😘

Ohya, untuk tulisan lain tentang Berkebun dan Tanaman, teman-teman bisa membaca di Kategori Berkebun dan tanaman ini ya…

***

Bahan bacaan :

  1. Penyuluhan Pembuatan Bunga Telang Kering Sebagai Seduhan Teh Kepada Anak Panti Asuhan Yatim Putra Baiti Jannati (Dewi Andini Kunti Mulangsari, Univ Wahid Hasyim, 2019)
  2. Biru Nan Cantik, Ini 7 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatanmu (Cynthia Novianti, 99.co, 2020)
  3. 7 Manfaat Bunga Telang, Si Cantik yang Menyehatkan (Fadhli Adzhani, Sehatq.com)
  4. Bunga Telang, Si Ungu Kaya Manfaat yang Tumbuh Subur di Kebun (Superindo.co.id)
  5. Wikipedia

46 Comments

  1. Suamiku suka metik nih mbak dekat waduk banyak buat dijadiin minuman biasanya. Kalau mau nanam sendiri gampang gak sih mbak? jadi pingin nanam

  2. Aku udah beberapa kali nemu teman blogger yang bahas bunga Telang. Sempat lihat di tv juga pas bikin minuman sama makanan yang dicampur Telang. Secara nyata ini belum lihat. Jadi penasaran

  3. seriusan deh mbak aku baru tahu bunga telang dan manfaatnya ini. sering liat updatean teman2 mengenai bunga ini sih, terjawab sudah yaa. wkwkwk
    ternyata banyk juga mnfaatnya, duh kok pudingnya lucu mbak, warnya cantik.. memang ya bunga telang ini kaya manfaat

  4. Di rumah saya, bunga telang udah merambat. Sempat berbunga sedikit, tetapi kecil-kecil dan mati. Setelah itu belum berbunga lagi. Gak tau nih kenapa

  5. Ini bunga telang yg biasa hidup di semak-semak pinggir jalan nih. Kadang saking terbiasanya, gak dianggap sama orang yg lalu. Padahal kalo dirawat dan tumbuh di halaman rumah, cantik banget ini. Btw aku baru tau ternyata bunga ini ada manfaatnya juga 🙂

  6. banyak juga ya manfaatnya, jadi minuman warnanya cantik, bisa diolah jadi kue juga

  7. Awalnya aku ga ngeh manfaat bunga telang. Di twtangga sebelah ada tanemannya tp ya diapa2in sampe suatu hari baca artikel manfaat telang akhirnya minta deh tanemannya ama tetangga dan alhamdhulilah sampe srkarang masih subur dan rajin ngembang. Alhamdhulilah bisa bikin teh telang dan puding pankapan nyobain kue lapis telang. Suka banget warna birunya

  8. Wah jujur saya baru tahu klo bunga telang itu bisa dijadikan bahan makanan juga lho. Ilmu baru nih Mba hehehe

  9. Mpo juga pernah bikin agar agar bunga telang karena warna cantik daripada yang lain dan memakai pewarna alami.

  10. MasyaaAllah cantiknt Mbaa
    Warnany mirip dg salah satu bunga yg ada d sini
    Btw Indonesia memang enggak cm empon2an yg bisa dimanfaatin buat dikonsumsi, bunga2an jg, salah satuny bwt puding ini
    Kreatifny org kita Mbaa
    Salutt

  11. Bunga telang ini banyak banget tumbuh di kampung saya mbak. Beberapa kali juga pernah digunakan buat mengobati alergi.

  12. Saya juga termasuk yg suka menyeduh bunga Telang ini, mba. Badan berasa enakan setelah meminumnya.
    Pernah juga dijadikan pewarna puding.
    Banyak manfaat si bunga Telang yg bagi sebagian hanya dianggap tanaman semak.

  13. Di daerah aku namanya bukan bunga Telang mbak lupa lagi hihi. Emang kaya akan manfaat juga ini bunga.

  14. Aku juga nanem bunga telang ini mbak. Sayangnya nanemnya ga kena panas jadi jarang berbunga

  15. Luar biasa memang manfaatnya ya mba dan for aure aku suka warnanya yang unguuuu

  16. Cantiknya warna bunga Telang.
    Baru tahu manfaatnya gini, kak…padahal pernah beberapa kali beli di teman minuman yang mengandung bunga telang ini.

  17. Wah, so many usefull of Telang Flower nih. My friend make tea from this flower. The colour of this flower is cute . I like this flower.

  18. Warna bunganya juga bagus dan tentu saja manfaatnyajuga lebih bagus

  19. Ternyata banyak sekali manfaatnya ya mba, dan juga jadi memberi warna yang cantik jika dibuat puding, tapi di dekat rumahku udah jarang lihat Bunga Telang ini mba, jadi kepikiran buat nyoba nanem Mba.

  20. Warnanya bagus, ungu. Perawatannya mudah, dan tanamanya juya berguna yah, kurang apa lagi coba, masolo harus mulai menanam sekarang ahh…

  21. Aku lagi mau nanam ini Mbak
    Aku bahkan jadi agen jualan teman berupa Cendol Telang lo
    Anakku juga suka banget

  22. Warna bunganya cantik banget ya…Jadi pengen nanem bunga ini..banyak banget manfaatnya dan bisa dipakai untuk berbagai makanan dan minuman…

  23. Akhir-akhir ini banyak yang membuat status bunga Telang, tapi saya belum pernah lihat langsung tanamannya. Sepertinya ini tanaman liar ya Mbak, pernah lihat di kebun, tapi gak tau kalau namanya Telang. Mbak Mechta malah nandur sendiri di rumah..

    Warnanya ungunya itulo bagus banget. Saya penyuka merah ikut terpesona keunguannya

  24. Bunga telang di foto mbak Mechta tampil jadi cantik banget..
    Di rumah juga udah banyak dari hanya satu batang pohon aja, senang banget lihat warnanya yang cerah

Leave a Reply

Required fields are marked *.