LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Webinar IIDNxIM3Ooredoo
Webinar IIDNxIM3Ooredoo

Menimba Ilmu Optimalkan Peluang Blog Melalui Webinar Series IM3 Ooredoo X IIDN

| 48 Comments

“Sudah berapa lama ngeblog?”

“Alhamdulillah, mulai ngeblog di 2011”

“Waah…asyik dong. Pundi-pundi hasil ngeblog sudah banyak lah yaa…”

“Alhamdulillah…sedikit banyak, kita syukuri saja, bukan?” 🙂

***

Sekelumit percakapan itu sempat beberapa kali terjadi, terutama dengan beberapa teman yang rupanya baru menerima info bahwa menjadi blogger itu ngrejekeni alias mendatangkan banyak rezeki.

Dalam menjawab komentar-komentar tersebut, aku tidak menyanggah namun juga tidak seratus persen membenarkan anggapan mereka. Karena terus terang di perjalanan blogging yang lumayan panjang kulalui ini, ada banyaaak sekali rezeki yang kudapatkan meskipun tidak selalu berwujud natura ataupun pengisi pundi-pundi.. Hehe..

Baca juga : Ngeblog Sebagai Penyeimbang Hidupku

Bahkan terus terang aku merasa masih banyaaaak sekali kekurangan, terlebih dalam pemanfaatan  blog terkait job, karena praktis baru kumulai sekitar 2 tahun ini setelah boyongan / pindahan dari blog gratisan ke Top Level Domain. Nah, itu sebabnya aku sangat ingin menggali potensi blogku dan meningkatkan performanya. Mau cuan dari blog, Bu? Yaiyalaaah.. 😀

Webinar Series Kolaborasi IM3 Ooredoo & IIDN

Alhamdulillah, harapanku itu terkabul. Senang rasanya saat membaca pengumuman di grup FB dari salah satu komunitas yang kuikuti yaitu Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) pada tanggal 26 Agustus 2020 tentang akan ada webinar series dengan tema Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging. Webinar series ini merupakan kerjasama / kolaborasi antara IIDN dengan IM3 Ooredoo. Nggak tanggung-tanggung, 25 webinar akan digelar selama sebulan lebih! Uwoow bangeeet, kaan.. 😍

Pengumuman di FB IIDN tentang webinar series IIDN – IM3 Ooredoo

Nggak pake lama, aku pun mendaftar dan memilih materi-materi yang ingin kuikuti. Oya, berdasarkan identifikasi kasar, ada 3  kelemahan utama dari blogku, yaitu : (1) DA merosot tajam setahun terakhir ini; (2) Masih kurang maksimal pada penulisan artikel dan penggunaan penunjang artikel (foto / infografis); dan (3) Masih newbie dalam mendapat dan mengelola job melalui blog. Nah, mengingat ketiganya maka aku berminat pada materi-materi webinar yang menyangkut SEO & optimasi DA, foto & disain grafis, serta tentu saja materi tentang peningkatan performa blog / blogpost terkait job.

Hasil Yang Diperoleh Dari Webinar IM3 Ooredo X IIDN

Pengennya sih ikut semua ya..tapi karena satu dan lain hal, akhirnya hanya sebagian yang berhasil kuikuti acara webinar tersebut, yaitu 12 webinar sejak tanggal 5 September 2020 lalu hingga tanggal 2 Oktober 2020.

Webinar IIDNxIM3Ooredoo

Serius mengikuti webinar IM3 Ooredoo – IIDN

Beruntung sekali penyelenggaraan webinar series ini pada akhir pekan. Meski awalnya sempat keteter pada hari Jumat karena baru nyampai rumah sekitar ashar, ndilalah kok mulai pertengahan September lalu jam kerja dikurangi sehingga Jumat sebelum Dhuhur sudah sampai rumah. Alhamdulillah…semesta mendukung! 🙂

Dapat apa saja tuh dari 12 episode webinar yang diikuti?

Banyak ilmu dan wawasan baru tentunya! Nih, kubagikan beberapa di antaranya ya..

Wawasan Baru Tentang SEO

Adakah teman yang masih awam dengan Search Engine Optimization (SEO)? Jika ada, mari bergandeng tangan denganku. Hihi.. Jujur aku awam banget tentang hal ini. Selama ini nulis ya nulis saja…belum ada upaya optimasi apapun. Duuh, jangan ditiru ya teman.. Pantas saja Domain Authority (DA) ku anjlog ya, lha wong aku abai tentang SEO dan optimasi DA ini.

Alhamdulillah melalui Mas Priangga Otviapta dalam 2 episode webinarnya tentang SEO untuk pemula, aku mendapat pencerahan. Jadi, SEO ini adalah upaya mengoptimasi website sehingga bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian.

Ternyata banyak manfaat SEO untuk blog personal, a.l : sebagai investasi jangka panjang, dapat menarik brand untuk bekerja sama, memperoleh banyak trafik potensial, bisa menentukan audience berkualitas, penting bagi yang akan menjual jasa dan juga bisa memberi nilai tambah bagi blog.

Riset kata kunci (keyword) juga merupakan hal yang penting. Tools gratisan pun bisa digunakan untuk hal ini. Google Trends, Google Suggest, Ubersuggest, adalah tiga di antaranya yang dicontohkan penggunaannya kemarin.

Tips-tips tentang On-page SEO dan Off-page SEO juga kudapatkan dari 2 episode ini, menunggu untuk kupraktekkan. Sejauh ini baru sempat mencoba riset kata kunci dengan Google Trends, menggunakan sub judul, menambahkan internal link  dan ngecek apakah blogku sudah SEO friendly (yang hasilnya tentu saja masih jauuuh dari harapan..hihi..). Tak apa, semua butuh proses, bukan?

Wawasan Baru Tentang Foto & Disain Grafis Sebagai Pelengkap Tulisan

Untuk pelengkap tulisan di blog selama ini aku hanya mengandalkan foto-fotoku (yang sebagian besar hasil smartphone) dan foto/gambar dari web yang menyediakan secara gratisan, belum pakai infografis karena aku belum pintar membuatnya, hehe.. Alhamdulillah kemarin aku bisa mengikuti 4 webinar tentang fotografi dan desain grafis.

Tips edit foto dengan aplikasi di HP kudapatkan dari Mbak Ety Abdoel di episode ke-5 (Ngedit Foto Kece Cuma Pakai HP) sedangkan penuturan Koh Deddy Huang dalam episode ke-24 membuatku lebih percaya diri bahwa menggunakan smartphone pun bisa menghasilkan foto kece, asal kita kuasai teknik-tekniknya. Kuasai teknik komposisi dalam fotografi adalah salah satu upayanya.

Edit foto by Snapseed

Before-after edit foto menggunakan Snapseed

Selanjutnya Mbak Mutiara Hidayati membuatku tahu tentang dasar-dasar membuat desain grafis dan makin mengenal Canva serta pemanfaatannya dalam blogging. Dalam penyampaian materi terselip pula tips-tips yang ok punya..

Tips Membuat Desain Grafis Yang Baik

Mbak Mutiara Hidayati menyampaikan bahwa ada hal-hal penting yang harus kita perhatikan agar menghasilkan desain grafis yang baik. Tips membuat desain grafis yang baik menurut beliau adalah:

  • Pahami tujuan membuat desain.
  • Matangkan konsep desain
  • Siapkan info-info apa saja yang harus dicantumkan
  • Pahami target klien / audience
  • Jangan kalap! Tidak perlu semua ornamen dimasukkan, pilih yang perlu & relevan
  • Pastikan informasi yang ingin disampaikan telah tercantum dengan benar

Baru kutahu, ternyata Canva tidak hanya bisa digunakan untuk membuat disain grafis, Canva juga bisa untuk membuat header blog, infografis, Media Kit dll.

Infografis Ciplukan by Canva

Ilustrasi blogpost sederhana dengan menggunakan salah satu template Canva

Wawasan Baru Di Bidang Teknik Penulisan Artikel / Blogpost terkait job

Materi-materi webinar di bidang ini adalah yang terbanyak kuikuti. Ada Mbak Indriyas Wahyuni, Mas M. Firman dan tentunya Sang Ketua Umum IIDN yaitu Mbak Widyanti Yuliandari, masing-masing berbagi wawasan di bidang ini. Semuanya materi yang sangat ndaging alias ‘penuh gizi’ dalam kaitan blog dan job.

Tips Tulisan Review
Materi webinar IIDNxIM3Ooredoo

Salah satu dari banyak materi bergizi di Webinar IIDN X IM3 Ooredoo

Pernah merasa bingung saat akan membuat tulisan review produk? Berikut tips membuat tulisan review dari Mbak Widyanti Yuliandari dalam webinar episode 9 (Seluk Beluk Review), khususnya tentang Do dan Don’ts nya.

  • Jujur. Dalam mengulas suatu produk, kita harus jujur, jangan bohong.
  • Self experience. Kunci dari review yang baik adalah adanya pengalaman pribadi. Harus terlihat natural, review adalah penyampaian tentang pengalaman pribadi, bukan hard selling.
  • Boleh menyebut kekurangan, tapi tidak harus. Sampaikan kekurangan dengan halus, lebih baik dalam bentuk saran, bukan kritik.
  • Beri penjelasan lengkap. Penjelasan lengkap akan membuat pembaca benar-benar tahu tentang produk tersebut, tidak terjebak / terjerumus.
  • Jangan salah sebut brand / typo. Ini merupakan kesalahan fatal, jadi harus benar-benar teliti.
  • Jangan review produk palsu / abal-abal. Lakukan riset produk agar benar-benar mengenal produk tersebut.

Mengenal IMPreneur, salah satu paket baru IM3 Ooredoo

Oya, selain mendapat pencerahan tentang ngeblog dan kaitannya dengan job melalui Blog, melalui webinar series kali ini aku juga mengenal beberapa paket baru dari IM3 Ooredoo, salah satunya adalah IMPreneur.

IMPreneur merupakan paket khusus dari IM3 Ooredoo yang didesain untuk pelaku SME (small to medium-sized enterprises) / setingkat UMKM di Indonesia yang ingin memberi kemudahan tunjangan komunikasi bagi karyawan / anggota timnya.

3 Jenis Paket IMPreneur
  • Max. Dengan 1 Juta Rupiah/bulan mendapatkan quota 320 GB yang dapat di-share ke 20 orang anggota tim.
  • Pro. Untuk paket ini mendapatkan quota 130 GB yang dapat di-share  ke 10 orang anggota tim, dengan biaya 500 Ribu Rupiah/bulan.
  • Fit. Jumlah quota yang dapat dibagikan adalah 65 GB untuk maksimal 5 orang anggota tim, diperoleh dengan biaya 300 Ribu/bulan.

Wah, boleh juga nih ya..untuk penunjang usaha yang saat ini banyak dilakukan dari rumah. Atau bisa juga digunakan dalam keluarga misal oleh Kepala Keluarga yang ingin membagi quota kepada anggota keluarganya. Quota internet dan telepon dapat dibagi sesuai kebutuhan masing-masing anggota keluarga di masa pandemi ini, di mana penggunaan internet ditengarai meningkat. Kalau di keluarga kami mungkin cocok yang paket Fit karena hanya ada 4 anggota keluarga saja.

Kemudahan IMPreneur
  • Kemudahan untuk sharing quota internet dan quota telepon ke semua anggota tim
  • Bebas sharing quota ke siapapun dan berapapun hingga 20 orang
  • Memenuhi kebutuhan kolaborasi antar tim tanpa ribet

Oya, yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa leader / parent number / yang akan membagikan quota ini menggunakan nomor pasca bayar baru sedangkan anggota / child number dapat menggunakan nomor pra bayar / pasca bayar eksisting (yang sudah ada). Gimana, IMPreneur ini menarik bukan? 🙂

Nah, Sahabat Lalang Ungu, itulah cerita pengalamanku menimba ilmu optimalkan peluang blog melalui webinar IM3 Ooredoo X IIDN yang baru saja usai. Terima kasih sekali untuk tim IIDN, IM3 Ooredoo dan juga semua narasumber atas penyelenggaraan webinar series yang keren ini. Semoga apa yang kupelajari ini dapat segera kuterapkan dan mendapatkan hasil sesuai harapan. Aamiin.

Apakah kalian juga mengikuti webinar series ini, teman? Yuk, bagi pengalamannya di kolom komen ya.. Terima kasih..

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging

48 Comments

  1. Baca tulisan ini seakan ikutan menimba ilmunya juga mbak hehe.. memang ya belajar itu sampai kapanpun, apalagi sudah menjadikan dunia blog sebagai hoby yang bisa mendatangkan peluang,.. perlu banget selalu upgrade skill blog ya

  2. ga salah aku mmapir ke blog ini, aku juga dapet pencerahan dari sini mba, makasi bangettttt sudah sharing detail begini, jadi kepingin deh ikut webinarnya..

  3. MEnyenangkannya dapat banyak wawasan ngeblog ya Mbak Tanti. Masya Allah.
    Saya juga ikuti beberapa materi.

  4. Asik banget ya…jadi nambah ilmu meski dari rumah aja…Apalagi tentang review ya…blogger pasti butuh ilmunya nih…

  5. Samaan kita mba, DA ku juga anjlok setahun terakhir ini. Ntahlah karena apa. Semoga kedepannya kita lebih memperhatikan hal-hal penulisan supaya blog makin berkualitas, aamiin

  6. Ternyata mba Tanti ikut sampai 12 seri ya, kereeen deh, salut mbak.
    Optimasi blog memang banyak printilannya, aku pernah ngikut kelas SEO offline tiga kali dengan coach yang berbeda. Dan semua intinya sama, harus ditindaklanjuti dengan praktek, dan ini yang kadang dilakukan kadang kelupaan. PAdahal kalo mau konsisten pasti bagus hasilnya.

    Aku juga tahu dari webinar bareng IIDN dan IM3 Ooredoo lalu kalo sekarang ada paket baru yang bisa share kuota. Asik ya jadi lebih hemat kaan

  7. Banyak ilmu yang tersebar ya ikut acara IIDN, keren banget setiap pekan nambah ilmu baru

  8. untungnya walaupun di rumah aja, banyak ilmu yang bisa diserap berkat webinar yang diadakan banyak pihak ya mbak 🙂

  9. Makasih mba informasinya. Banyak ilmu yang bisa kita peroleh dengan adanya webinar seperti ini ya mba. Makasih sudah berbagi

  10. Keren nih bu bisa ikutan seri acaranya sampai akhir. Semoga sukses selalu dan terpilih jadi pemenang…

  11. Webinar IIDN sama IM3 ooredoo ini sungguh kece-kece temanya yaa..
    Beneran, kalau gak dilawan rasa malas itu tentu akan memengaruhi kita saat akan menimba ilmu.
    **aku ngaku niih…cuma berhasil ikut 2 dari serangkaian acara IIDN. Sedih deeh…

  12. Saya dong selalu ketinggalan kalau ada webinar gini, padahal ilmunya daging semua 😀
    Keren banget deh kolaborasi IIDN dengan IM3, selalu memberikan update ilmu yang manfaat banget 🙂

  13. Ilmu kepenulisan atau ngeblog semakin dalam di telusuri semakin banyak yang mesti dicari tau. Beruntung sekali bisa mengikuti kegiatan bermanfaat seperti ini
    Dengan segala keterbatasan kini.terus menggali skill jadi activity yang menyenangkan

  14. Banyak sekali ilmu yang bermanfaat dari serangkaian acara webinar ini. Dari empat materi yang boleh diikuti, ternyata pada harinya bisa kita ikut lebih, selama ad kuota zoom nya ya…

  15. Tulisan yang panjang dan lengkap ulasannya, saya yang ga bisa ikutan webinarnya jadi bisa dapet ilmu juga. Makasih ya.

    Btw gudlak buat lombanya, semoga menang yaaa

  16. Setuju sama mba Wid. Kalau memang ada kelemahan aatau kekurangan produk memang kudu menyampaikan dengan alus ya mba. Ini yang masih PR banget buat aku. Seru banget ya mba. Zoomku sering eror sinyal jadilah ak ikutnya gak nuduk

  17. banyak juga 12 episode yang diikuti ya mbak, aku kayanay cuma ikutasn 4 kalo gak salah. Waktunya kalau malam suka kurang cocok, kalau udah daftar harus tanggung jawab kan gak enak kalau bolos hihihi.
    Tapi ilmunya oke banget buat belajar aku

  18. Aku pun senang sekali bisa ikut beberapa webinar yang diselenggarakan oleh IIDN ini mba. Maunya sih ikut semua yaa… apa daya, kadang pas bentrok dengan aktivitas lain. Jadi makin banyak dapet insight bermanfaat deh dari rangkaian webinar ini.

  19. Paket IMPreneurnya terjangkau banget mbak, apalagi yang 1 juta sampai 320 GB dan bisa share sampai 20 orang. Untuk usaha online cocok banget ini.

  20. Luar biasa ya persembahan dari IIDNxim3 Ooredo ini. Puluhan webinar yang menyajikan materi yang luar biasa. Gratis pula. Sayangnya saya gak sempat ikut satu pun webinarnya, jamnya belum cocok. Huhuhu. Selalu ngepas sama kerjaan lain.

  21. Wah Makasih banget mbak, aku juga newbie ngeblog apalagi ngereview produk jadi ikutan belajar do and dontnya

  22. Aku ikutan Webinar ini mbak, tapi yg bagian terakhir aja.
    Nyesel ngak ikutan dari awal, soalnya banyak pematerinya yg memberikan ilmu sesuai bidang mereka.
    BTW FS ya mbak, smoga bisa ikutan blog competition Webinar series Im2 Ooredoo X IIDN ini

  23. Bagus banget ini ilmu blog nya. Memang sekarang ini harus berlomba-lomba membenahi blog ya Mba.

  24. Wah, seeru banget ya kak webinarnya. Apalagi im3 ooredoo makin kesini makin banyak ngasih keuntungan ya. Bisa sharing quota juga, jd kalo ada temen, keluarga atau siapapun yg butuh ditransferin quota buat belajar jd makin mudah ya..

Leave a Reply

Required fields are marked *.