LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Hari Blogger Nasional 2021

Saya Blogger, Alhamdulillah…

| 62 Comments

Hari Blogger Nasional 2021

Selamat Hari Blogger Nasional Th 2021

Hai Sahabat Lalang Ungu.. Selamat Hari Blogger Nasional Th 2021 ya.. Setiap kali sampai di 27 Oktober yang sejak tahun 2007 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional ini, aku bersyukur sebelas tahun lalu memberanikan diri membuat blog dan telah melewati saat-saat menyenangkan menjadi seorang blogger.

Awal Perjalanan Sebagai Blogger

Begitu pula di 27 Oktober 2021 ini, aku kembali bersyukur menjadi seorang blogger, kegiatan yang kutekuni sekitar 11 tahun ini, tepatnya mulai akhir Januari 2010.

Berawal dari rasa suka saat membaca beberapa blog waktu itu, lalu makin tertarik ketika merasakan hangatnya interaksi dengan para penulis blog itu meski hanya melalui berbalas komen, aku akhirnya terinspirasi untuk membuat rumah mayaku sendiri.

Beranda Mechta itu nama yang kupilih untuk blog pertamaku menggunakan platform yang sekarang tinggal kenangan. Lalu pada September 2012 membuat blog kedua Lalang Ungu di wordpress gratisan sebelum akhirnya pada November 2017 boyongan ke alamat yang sekarang, dengan masih menggunakan nama yang sama.

Lalang Ungu TLD

Boyongan Lalang Ungu di November 2017

Pengalaman keseharianku serta opini-opini pribadi atas beberapa hal yang terjadi / kuamati di sekelilingku adalah hal-hal yang menjadi sumber ide menulis di awal masa-masa ngeblog itu (bahkan hingga sekarang). Selain fiksi dan puisi tentunya, yang merupakan ‘bahan bakar’ andalanku untuk ngeblog saat itu 😊

4 Hal Yang Membuatku Tetap Menulis

Apa sih yang membuatmu tetap menulis?

Kalau ada yang melontarkan pertanyaan demikian, maka inilah alasan-alasan yang membuatku tetap menulis:

1. Menulis Adalah Salah Satu Bentuk ‘Me Time’ Bagiku

Alasan pertama aku tetap menulis / ngeblog sampai saat ini adalah karena inilah salah bentuk me time-ku.

Setelah sepekan disesaki aneka tugas dan pikiran terkait tugas kedinasan, kesempatan menulis di akhir pekan merupakan pelepas penat yang selalu kusyukuri.

Mengingat hal-hal menyenangkan yang kutemui/kujalani dan menuangkannya dalam rangkaian kata hingga membentuk satu tulisan yang utuh dan layak baca, memberi kepuasan tersendiri bagiku.

Bahkan saat pikiran terasa penuh atau hati berat terbebani aneka rasa, mengurai rasa lewat tulisan menjadi salah satu proses self healing bagiku.

2. Menulis Memberiku Banyak Pengalaman Baru

Alasan kedua aku tetap menulis adalah karena hal itu telah memberiku banyak pengalaman baru.

Dalam menulis suatu tema, seringkali aku membutuhkan referensi yang kuperoleh dengan membaca tulisan-tulisan lain terkait tema itu. Dari kegiatan itu aku mendapat info-info baru yang membuka wawasan.

Selain itu, melalui kegiatan menulis aku mendapat teman-teman baru, terlebih saat mulai mengenal komunitas menulis. Alhamdulillah banyak pengalaman baru kudapat melaui keterlibatanku dalam komunitas-komunitas yang kuikuti.

Awal ngeblog aku memang berusaha memisahkan antara kehidupanku di dunia nyata dan dunia maya. Namun akhirnya aku menyadari hal itu tak mungkin -setidaknya bagiku- dan mulai keluar dari ‘cangkang’ku selama itu.

Kopdar akbar pertama yang kuikuti adalah Kopdar Blogger Nusantara Tahun 2013 yang sangat berkesan bagiku dan menjadi pemicu minatku mengikuti acara-acara blogger offline selanjutnya.

KBN 2013 di Jogjakarta

Kenangan di KBN 2013 Jogjakarta.

Alhamdulillah cukup banyak pengalaman bepergian ke tempat-tempat baru bersama teman-teman baru, yang kudapatkan karena aku menulis / ngeblog selama ini.

Pengalaman berkomunitas juga menjadi hal yang menyenangkan buatku. Tergabung dengan teman-teman sehobby memang banyak keuntungannya. Selain di komunitas Blogger Pekalongan, saat ini aku tergabung juga di komunitas-komunitas blogger lainnya, a.l : Gandjel Rel, IIDN, KEB, Blogger Perempuan, Blogger Plus, Blogger Hub, Warung Blogger, dll.

3. Menulis Merupakan Salah Satu Caraku Berbagi

Ada banyak cara untuk berbagi, dan menulis adalah salah satu cara yang kugunakan untuk berbagi informasi yang kuketahui, dengan harapan teman-teman yang membacanya mendapatkan manfaat dari informasi tersebut.

Bukan berarti aku menilai diri sendiri sebagai ahli lho…sama sekali jauh dari hal itu! Aku pribadi seringkali merasa terbantu dengan info-info yang kudapat secara online dan rasa terima kasihku itu kuwujudkan dengan membagikan juga info / pengalamanku melalui tulisan-tulisanku di Lalang Ungu.

Senaaang rasanya bila mendapat komen atau email dari pembaca yang mendapat manfaat dari info / pengalaman kecil yang kubagikan lewat tulisan. Alhamdulillah 🙂 Dan itulah salah satu alasanku tetap menulis hingga kini.

4. Menulis Membuka Pintu Rezeki

Seiring berjalannya waktu, menulis juga membuka pintu rezeki lain bagiku. Bukan hanya rezeki non materi yang sudah kutuliskan di atas, namun juga rezeki materi. Terutama setelah boyongan ke rumah baru yang sudah TLD ini, alhamdulillah makin cuan 😊 Tak kupungkiri, ini menjadi salah satu alasanku untuk tetap menulis..

Hasil Ngeblog

Alhamdulillah..

Mungkin pencapaianku belum sebanyak teman-teman lain, tapi ada kepuasan tersendiri bagiku ketika melihat rekapan dengan perkembangan yang meningkat dari tahun ke tahun. Teman-teman juga merasa demikian, bukan?

Demikianlah Sahabat Lalang Ungu, ringkas kata aku tetap menulis / ngeblog  karena menemukan banyak kesenangan dari kegiatan ini!

Ya, ngeblog atau menjadi blogger sesungguhnya telah memberi banyak hal bagiku selama 11 tahun ini, hal-hal positif yang terus kusyukuri. Menjadi blogger menjaga kewarasanku! 😊

Sahabat, yuk berbagi juga pengalaman serunya sebagai blogger…

62 Comments

  1. Keren Mbak, masih bertahan ngeblog sampai saat ini.

  2. Aku pertama ngeblog di Blogdetik, dan kenal mbak Mechta juga dari Blogdetik. Kopdar pertama kita di Jogja dan ingat banget Mechta foto-foto pakai kamera mirrorless baru haha..

    Selamat Hari Blogger mbak Mechta Dera, eh, mbak Tanti..

    Nama pena yang terus kebawa sampe sekarang ya..

  3. Menulis membuat wawasan saya bertambah, saya sepakat ini mbak. Terutama untuk tulisan-tulisan yang dilombakan, di mana harus mempelajari materi sesuai tema.

    Alhasil, terpaksa jadi nambah pengetahuan baru.

    Selamat hari blogger nasional mbak. Tetap semangat berkarya dan menebar kebaikan lewat blog lalang ungu ini ya.

    • Selamat Hari Blogger Nasional Kak.. Terima aksih sdh berkunjung dan kehamgatan BW adalah salah satu yg menyenangkan buat saya..

  4. Aku bersyukur menjadi salah satu blogger juga karena dengan begitu, akhirnya aku bisa mengenal Mbak Tanti Mechta yang humble dan suka berbagi ilmu tentang tanaman.
    Selamat hari blogger ya Mbak Tanti.

    • Aiih..terima kasih mba Rani..jadi tersanjung nih aku.. Senang berkenalan dengan mba Rani juga, mudah2an suatu saat bisa ketemuan kita ya..

  5. Selamat hari blogger Mba, keren banget udah bertahun-tahun ngeblog dan jadi blogger.
    Blogger juga memberikan banyak hal ya dalam hidup.

    Kalau saya baru aktif ngeblog taun 2018, bahkan baru kenal dunia blog itu menghasilkan uang.

    Kalau sebelumnya ya nulis blog buat ngerumpi sendiri aja, wakakakak.
    Sekarang, makin semangat ngeblog, buat ngumpulin duit.

    Duiitttt aja mulu si Rey ini.
    Etapi, gara-gara itu saya jadi rajin nulis, bahkan merasa kurang banget kalau ga nulis sehari 😀

    • Wang wang wang waaaang..wang wang wang waaang… Haha..jadi keingat lagu yg happening di reels nih mba..

      BTW ga ada salahnya to mikirin duit karena nyatanya duit adalah salah satu yang kita butuhkan ya mba..hehe.. Alhamdulillah dari keg ngeblog pun bisa dapat duit ya mba..

  6. Yeay alhamdulillah 11 tahun bukan waktu yang sebentar. Untuk konsisten seperti yang mba lakukan ini tak mudah. Salut! Keren mba. Dan semoga selalu berkarya ya mba sebagai blogger. Makin banyak cuan 🙂

    • Mohon doa semoga bisa tetap konsisten ya mba..karena terus terang buat saya ini bukan hal yang mudah..haha.. Apdet blog minimal seminggu sekali saja ngos2an lho saya..haha..

  7. Salah satu keseruan sebagai blogger buat saya karena banyak cerita yang menjadi kenangan. Gak semua bisa disimpan di otak. Jadi saat membaca lagi tulisan di blog, suka ketawa atau seneng. Karena yang saya tulis pastinya hanya kenangan yang menyenangkan

    • Betuuul..salah satu hal yg memyenangkan dari ngeblog adalah membaca tulisan2 lama dan merasakan kembali keriaan yg kita rasakan saat itu ya..

  8. Gara-gara ngeblog aku bertemu juga dengan mba Tanti , ketemu di Blogger NUsantara kan yaaa.
    Alhamdulillah terllau nikmat jadi blogger tuh, 13 tahun yang lalu aku mulai menggelutinya dan menjadi pembuka pintu ke tempat2 sekarang ku mengais rezeki.
    Pokoknya happy Blogging ya Mba Tandti,

  9. betul banget poin terakhir, dengan ngeblog jadi membuka pintu rezeki. Bisa silaturahim sama teman-teman baru, dan memberi kebahagiaan setelah menulis

  10. Selamat Hari Blogger, mbak!!
    Woww hebat bisa bertahan dari 2007 sampai saat ini.
    Aku juga menulis awalnya untuk melepaskan penat seperti menulis diary online.
    Lama kelamaan menemukan banyak orang secara online juga

  11. Masya Allah udah lebih dari satu dekade ngeblog, ya, Mbak. Alhamdulillah banyak hal positif yang didapat. Kalau aku, salah satu alasan ngeblog karena ingin menuliskan perjalanan ke berbagai UMKM dan wisata yang ada di daerahku, Mbak. Senang rasanya bisa ikut mempromosikannya. Hehe.

  12. Lama juga ya mbak usia ngeblognya. Klo ibarat manusia, seumuran anak ABG. Semangat trs menulis ya mbak, dan bisa meraih apa yang diinginkan

  13. selamat Hari Blogger Nasional mbaaa… semoga selalu mendapat banyak manfaat dan menebar berkah lewat platform blognya

  14. Alhamdulillaah bisa bertahan sampai sejauh ini ya, mbak. Seneng dengernya dg konsisteni ngeblog ini. Semoga makin semangatt berbagi dalam bntuk tulisan ya, Mbaak.

  15. Kak Tanti idolaku..
    Senang sekali kalau baca tulisan kak Tanti yang senantiasa menyajikan tema-tema mengenai tanaman, lifestyle juga makanan.
    Gak mudah untuk tetap bertahan menjadi blogger di masa media sosial video lebih masif.

    Selamat Hari Blogger.
    Semoga senantiasa bermanfaat.

  16. Saya sepenuhnya setuju sama empat hal diatas mbak Tanti. Ditambah lagi, buat saya menulis dan blogwalking buat otak tetap jalan disela bekerja dan jadi ibu rumah tangga. Saya rasakan sendiri hingga saat ini. Kosakata jadi bertambah, teman pun ikut bertambah ^^

  17. MashaAllah ya, kak Tanti.
    Walau awalnya hanya bertemu melalui dunia maya (blog) tapi bisa jadi seperti saudara karena seringnya berkunjung dan membaca tulisan sahabat blogger.
    Semoga semakin mempererat persaudaraan dan memberikan kebaikan di setiap rangkaian kata yang tercurahkan.

  18. Usia ngeblognya lama banget mbak.. Salim dulu sama senior nih..

    Jadi penasaran sama cerita blogger 11 tahun yg lalu kek mana mbak? Secara katanya beda gitu sensasinya.

    Aaak, aku belum pernah kopdar sama sekali nih. Seneng denger cerita teman-temannya yg sudah pernh kopdar, ikut event, jalan bareng dsb. Moga nanti ku bisa merasakannya juga nih

  19. So true, saya juga termasuk yang bahagia memutuskan untuk terjun dan menekuni dunia blogger walaupun baru 2 tahunan ini lah yaaa, tapi asli rasanya tuh happy karena memang ini passion aku sejak dulu, plus seneng aja kalo tulisan kita bisa bermanfaat buat orang lain yaa

  20. alhamdulillah ya, mbak sudah 10 tahun ngeblognya. saya juga awal ngeblog sekitar tahun 2010an. nggak nyangka banget bisa bertahan sampai sekarang ya. heua

  21. Sudah lama banget ya Mbak. Semoga makin menginspirasi. Karena menulis kita juga jadi saling kenal, ya. Meski hanya lewat blog walking.

    Awal saya menulis dulu juga hanya untuk me time, yang akhirnya membawa ke banyak pengalaman baru dan seru.

    Semangat terus, ya.

  22. Wah sudah lama sekali yaa mba ♥️♥️ ibaratnya ini udh llulus SD yaa klo di compare sama anak ♥️

  23. Selamat hari Blogger Nasional, Mba 🙂 Maaf telat ngucapinnya hihi

  24. Alhamdulillah, saya juga masih blogger hihi.. walau tulisannya lebih banyak karena dimonetize or lomba hehe

  25. MasyaAllah Mba udah 11 tahun ,keren euyy.. aku mulai ngeblog tahun 2017 itu juga gak sengaja karena diajak teman. Ehh..jadi ketagihan sampe sekarang. Doakan aku istiqomah seperti Mba yaaa 🙂

  26. Jadi tahu sejarahnya, terima kasih udah berbagi cerita ya mba, semoga semakin semangat membuat tulisannya.

  27. Alhamdulillah, aku juga bloger. Banyak ilmu, pengalaman, teman, dan materi yang aku dapat dari sini

  28. Menulis tapi membuat bahagia ya mbaak.. Kadang menulis buat aku bisa jadi kenangan yanh bisa ku baca kapanpun..

  29. aku setuju banget menulis membuka pintu rezeki..

  30. Satu hal yang paling saya ingat dari sampean itu,,

    LALANG UNGU

  31. Luar biasa ya mbak perjalanan ngeblog selama ini. Dari yang nulis-nulis sekadar curhat atau berbagi ide sampai bisa berprestasi. Kita sama mbak. Sebagai sesama bloger, aku turut merasakan euforianya 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked *.