LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Berwisata ke Pekalongan dengan Kereta Api, kenapa tidak?

| 100 Comments

Lalang Ungu. Berwisata ke Pekalongan dengan Kereta Api, kenapa tidak? Beberapa waktu yang lalu, seorang sahabat menghubungiku melalui chat di Whatsapp.

“Assalamualaikum, mba… Minta info dong tentang tempat wisata yang dekat-dekat Stasiun. Ini anak-anak pengen naik Kereta Api, jadi pengen kuajak saja ke Pekalongan yang dekat..hehe…”

Itu pesan darinya yang mengawali  chat kami kemudian. Oya, temanku ini berdomisili di Semarang, rupanya putri-putri mungilnya ingin merasakan pengalaman naik kereta api, sehingga ibu mereka terpikir untuk mengajak kedua putrinya naik kereta api dari Semarang ke Pekalongan. Jadi yang dimaksud dengan ‘Stasiun’ dalam pesan temanku itu, adalah Stasiun Pekalongan, kota tujuan wisata mereka, yang juga merupakan kota tempat tinggalku..hehe..

Nah aku sangat setuju dengan pilihan mereka ke Pekalongan dengan kereta api ini, karena berkereta dari Semarang ke Pekalongan memang mengasyikkan. Betapa tidak, perjalanan tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 1,5 jam saja. Dengan kondisi kereta yg relatif nyaman rentang waktu 1,5 jam itu tak akan terasa lama. Semua gerbong ber-AC, tempat duduk juga nyaman meskipun belum reclining seat, kondisi gerbong pun bersih, dan asyiknya lagi setiap tempat duduk dekat dengan ‘colokan listrik‘ sehingga tidak perlu takut kehabisan baterai sambil berkomunikasi dalam perjalanan. Oya, kukasih bocoran ya… Bila naik KA Kaligung, usahakan pesan kursi no 11/12 maka kita akan dapat tempat ternyaman karena jarak antar kursi yang lebar. Lebih OK lagi kalau bisa pesan no A / D, itu berarti kita duduk di samping jendela hingga leluasa melihat pemandangan selama perjalanan… 😀

Bag dalam gerbong KA Kaligung

Kondisi gerbong KA Kaligung

Yang paling asyik bagiku adalah pemandangan yang dapat kita nikmati selama perjalanan dengan kereta api Semarang-Pekalongan ini. Hamparan sawah dan kebun dapat kita lihat di sebagian besar waktu perjalanan, diselingi pemandangan daerah pemukiman penduduk. Saat musim tanam padi, hamparan hijau menyejukkan mata sedangkan saat menjelang panen hamparan sawah menguning menghangatkan hati.

Memasuki daerah Batang, pemandangan akan semakin cantik karena jalur kereta api ini akan melewati tepian laut. Pantai Ujung Negoro namanya. Pantai yang berlokasi di daerah Ujung Negoro Kab Batang ini memang cantik. Dari balik jendela kereta api kita dapat sekilas menikmati keindahannya.

Pantai Ujungnegoro dari balik jendela KA Kaligung

Pantai Ujungnegoro dari balik jendela KA Kaligung

Lalu, di Kota Pekalongan, tempat wisata mana saja yang cocok dikunjungi bersama anak-anak? Banyaaaak… Nih, kuberi info 3 lokawisata di antaranya :

1. Wisata Bahari PPNP

Wisata Bahari PPNP Pekalongan ( Sumber Gambar : Web BP2KP Pekalongan )

Wisata Bahari PPNP (Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan) ini terletak di Kelurahan Panjang Wetan, tepatnya di Jl. WR. Supratman – Panjang Wetan – Kec. Pekalongan Utara. Lokawisata yang diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikan Fredy Numbery pada Juli 2006 ini buka setiap hari kecuali hari Kamis, atau dengan kata lain buka hari Jumat – Rabu, dengan jam buka mulai jam 06.00 – 18.00. Dari Stasiun Pekalongan PPNP berjarak sekitar 7 Km dengan waktu tempuh sekitar 22 menit (saat lalu lintas relatif lengang). Dari Stasiun pekalongan, bila menggunakan ojek online perkiraan biaya sekitar Rp. 10.000,- sedangkan dengan mobil online sekitar Rp. 20.000,-

Apa saja yang dapat dilihat anak-anak di sini?

Area bermain anak. Terdapat area bermain anak di lokasi wisata Bahari PPNP ini, lengkap dengan alat-alat permainan kesukaan anak-anak, seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, permainan berputar, panjatan, dll. Adanya pepohonan yang cukup banyak dan rindang di area ini akan membuat anak-anak nyaman saat bermain demikian juga terdapat kursi-kursi di sekitar area yang cukup nyaman untuk orang-tua yang menunggui putera-puteri mereka saat bermain. Oya, pohon-pohon dan tanaman yang ada di taman ini juga ada tertulis nama-namanya, sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak.

Gedung Akuarium. Gedung akuarium yang ada di Wisata Bahari PPNP ini terdiri dari 3 lantai, di mana pengunjung dapat mengenal aneka jenis ikan kekayaan bahari maupun teknologi yang digunakan untuk mengelola kekayaan bahari itu. Pada lantai 1 akuarium, pengunjung dapat berkenalan dengan berbagai jenis ikan air laut maupun air tawar, akuarium-akuarium ini dilengkapi dengan nama ikan dan nama latinnya.  Di lantai 2, pengunjung disuguhi miniatur-miniatur kapal dan alat-alat tangkap ikan, juga terdapat buku-buku hasil penelitian mengenai perikanan. Bagi pengunjung yang suka berselfi, jangan sungkan naik ke lantai 3 akuarium ini, di mana terdapat ruang terbuka dengan pemandangan lepas ke arah laut, dan tentunya pengunjung dapat juga berselfi-ria di sini 😀

2. PIM Pekalongan

Pemandangan Pusat Informasi Mangrove Pekalongan

Pusat Informasi Mangrove Pekalongan

Pusat Informasi Mangrove (PIM) Pekalongan ini terletak di daerah Kandang Panjang Kec Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Apa saja yang dapat dinikmati dan dipelajari anak-anak di PIM Pekalongan?

Berperahu keliling area.  Pengunjung dapat menyewa perahu dan berkeliling menyusuri lorong-lorong teduh di kerapatan pohon-pohon bakau, sambil sesekali mengamati ikan-ikan yang bersliweran di antara akar Mangrove.

Gardu pandang.  Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan menaiki gardu pandang yang ada di kawasan ini. Namun harus hati-hati dan bergiliran ya…

Sunset di PIM Pekalongan

Sunset di PIM Pekalongan

Jogging track. Jika berkunjung pada sore hari, maka dari ruas jogging track yang menyatukan gazebo-gazebo di atas hamparan air area penanaman mangrove ini dapat dinikmati pemandangan sunset yang cantik.

Perpustakaan dan Pusat informasi mangrove. Nah, di sini pengunjung dapat mengenal berbagai jenis mangrove, habitat maupun kegunaannya. Juga mengetahui cara-cara budidaya mangrove bahkan dapat pula langsung praktek bertanam mangrove di bawah bimbingan petugas yang ada di sana.

Pengenalan Mangrove di PIM Pekalongan

Pengenalan Mangrove di PIM Pekalongan ( Foto herbarium dari FB PIM Pekalongan)

Oya, lokasi PIM ini juga berjarak sekitar 7 Km dari Stasiun Pekalongan dengan waktu tempuh sekitar 22 menit. Dari Stasiun Pekalongan ini dengan menggunakan ojek online biaya sekitar Rp. 9.000,- sedangkan bila pesan mobil online Rp. 17.000,-

3. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Dari Stasiun Pekalongan, ke Museum Batik Pekalongan tidaklah jauh. Jaraknya hanya sekitar 4 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja. Jika menggunakan ojek online perkiraan biaya Rp. 6.000,- sedangkan bila menggunakan mobil online sekitar Rp. 12.000,- saja.

Apa yang bisa dipelajari di Museum Batik?

Tentunya banyak sekali yang dapat kita pelajari dalam kunjungan ke museum yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono pada 12 Juli 2006 ini.

Mengenal ragam jenis Batik Nusantara. Tidak hanya dapat mengenal sejarah dan ragam jenis batik dari Pekalongan saja, namun di sini kita dapat mengenal batik dari seluruh penjuru Nusantara.

Mengetahui proses pembuatan batik. Di Museum ini terdapat beragam peralatan dan bahan-bahan yang digunakan dalam proses membatik, sejak dari membuat pola hingga proses akhir sebuah kain berbatik siap digunakan.

Belajar membatik. Tidak hanya mengetahui prosesnya, pengunjung juga dapat belajar membatik di bawah bimbingan instruktur di sana, baik itu batik tulis maupun cap. Asyik, bukan?

Belajar membatik di Museum Batik Pekalongan

Belajar membatik di Museum Batik Pekalongan

Nah, itu beberapa tempat wisata edukatif yang tak jauh dari Stasiun Pekalongan.  Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk ke Pekalongan dengan kereta api ya. Di samping sekarang pelayanan berkereta api sudah makin meningkat, cara pemesanan tiket pun semakin mudah lho.. Kalau aku, sekarang lebih senang pesan online daripada beli langsung di stasiun. Lebih praktis! 🙂

Pemesanan secara online mudah sekali. Lewat Pegipegi misalnya. Tinggal klik halaman awal, pilih menu ‘kereta’, pilih kota keberangkatan & tujuan, tanggal keberangkatan, juga jumlah penumpang, lalu pilih kereta yang tersedia sesuai jadwal keberangkatan dan ketersediaan tempat duduk. Lanjut dengan Isi Data Pesanan, Data Kontak dan Data Penumpang. Selesaikan pembayaran… Mudah bukan?

Pemesanan tiket KA via Pegipegi

Beberapa langkah mudah pemesanan tiket kereta via Pegipegi

 

KA Kaligung di Sta Poncol

Ke Pekalongan bisa naik KA Kaligung dari Sta. Poncol ya…

Jadi, kapan mau ke Pekalongan menggunakan moda Kereta Api? Yuuk…kutunggu di Kota Batik ya….

100 Comments

  1. Menarik juga keretaan ke Pekalongan. Ga cuman liat batik , banyak yg lain juga ya

  2. Wah asyik nih jalan-jalan ke Pekalongan naik kereta api, tapi kalo ke Pekalongan aku sering nya naik mobil sih.

    • Sejak pelayanan KAI lebih OK..aku sih lebih milih KA kemana-mana (bila terjangkau)..karena bermobil lebih lama waktu tempuhnya…dan sering macet! Haha..

  3. wah ada banyak destinasi wisata juga ya di pekalongan…
    iya nih, enaknya naik kereta ajak istri dan anak.
    pengen yang berangkat pagi pulang sore,

  4. aku suka wisata naik kereta api, soalnya bisa santai dan bisa menikmati perjalanan

  5. Aku juga lebih senang naik kereta kalo ke Pekalongan. Sebelumnya kan lebih sering naik mobil, tapi malasnya tuh terjebak macet kalo ketemu perbaikan jalan atau jembatan. Mbak, kemarin kok aku lupa melihat ke bagian dalam museum Batik ya, hahahaa

  6. Pingback: Pohon Randu Pelabuh Rindu | RyNaRi

  7. Sayang pas ke Pekalongan nggak ketemu Mechta ya….karena acara nya padat saya tak berani menghubungi.
    Semoga kapan-kapan bisa menikmati kota Pekalongan.

  8. Dari semarang ke pekalongan mah deket banget, kapan kapan main ah kesana

  9. Woo baru tau kalo pegi pegi ada tiket kereta juga, duluu pernah oakai pegi pegi untuk booking hotel.

  10. Belum pernah ke Pekalongan, saya pun paling seneng naik kereta api kalau bepergian karena bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, dan nggak kena macet pula, hehehe

  11. Kalau pulang ke Tegal mampir ke Pekalongan ah … walau sehari, pasti menyenangkan

  12. Skrg KIA semakin bagus ya servisnya, nyaman naik kaligung ke Smrg. Yg ptg hp ttp dpt nyawa krn ada colokan listrik.
    Belakangan kl kesana bgkt pake travel, pulang capek tggl duduk manis di kereta.
    Bumil prnh tergoda sama nasgor nya, sampe rumah lsg eksekusi nasgor deh haha….

  13. Aku taunya pekalongan museum batik aja qiqiqi untungnya baca ini jadi banyak tau tempat yang lain

  14. Aku udah lamaaa pengen ngajak bocah ke Pekalongan naik kereta api, belom kelakon.

  15. aku belum pernah ke pekalongan, pengen banget ke sana… pengen banget beli batik langsung disana, secara aku pecinta batik huhuhu…

  16. Jadi kalau ke Pekalongan sekarang gak hanya kalau mau berburu batik. Cobain ah naik kereta api ke Pekalongan

  17. Wah, ternyata pekalongan banyak yang bisa dikunjungi ya. Bookmark dulu deh

  18. saya baru tau kalau pegi pegi bisa dipakai untuk pesen tiket kereta api juga.. hihi btw liat postingan ini saya jadi kangen pekalongan deh

  19. Wah aku ada rencana juga mau naik kereta api pas traveling nanti. Tapi waktu itu juga gunakan kereta api pas ke Purwokerto, mba. Lebih asik ya pakai kereta apinya 🙂

  20. Wah, banyak juga ya ternyata tempat yang bisa jadi tujuan wisata di Pekalongan. Aku belom pernah ke sana. Dan naik kereta, bisa bikin berwisata tambah seru. Anak-anak suka naik kereta. 🙂

  21. wahhh saya belum pernah naik kereta api nih, anakku yang sudah pernah.
    Baru tahu nih, ternyata banyak juga tempat wisata di pekalongan yaa 🙂

  22. Wah aku dulu sempat ke Pekalongan tapi belum tahu daerah yang disebutkan di atas. Next time semoga ada kesempatan ke Pekalongan dan mencoba beberapa wisata yang berbeda.

  23. Aku berkali-kali ke Pekalongan tl nggak pernah ke salah satu tempat di daftar mbak Mechta.
    Kudu diulang lagi ke Pekalongan yaa.

  24. semenjak mutasi ke surabaya saya jadi pengen keliling menggunakan kereta mba, mumpung dijawa, karena kota dulu batam belum ada kereta apinya..

    Next pekalongan jadi satu destinasi ahh…

  25. Aku belum pernah nyobain kereta ke Pekalongan kalau naik kendaraan pribadi pernah. Puas nyari batik kalo ke Pekalongan

  26. Keretanya bagus ya mba..aku belum pernah lho. Asli jadi pengen nyobain jalan-jalan ke sini

  27. Sejak kereta dah bagus fasiltas dan pelayanannya, saya juga senang naik kereta sekarang Mba 🙂

  28. Aku belum sempat ke mueum batik waktu ke Pekalongan nih mbak, jadi harus balik lagi ya

  29. menarik juga y mba Pekalongan ga cmn liat batik doang jd pgn kesini 🙂

  30. Penasaran dengan museum batiknya, ternyata seru ya wisata ke pekalongan. Terkenal itu ya batiknya ya?

  31. Kangen bangetttt jalan-jalan pake keretaaa. Apalagi kereta-kereta di Pulau Jawa udah jauhh lebih nyaman ya mb.. aku sepertinya pernah lewat Pekalongan.. tapi gak sampe mampir-mampir.. ternyata banyak destinasi menarik yaa.

  32. Wauw asyiknya berwisata di Pwkalongan yah mba, aku penasaran sama mangrove nya. Oiya aku baru tau aplikasi ini, ternyata ada yah app memudahkan travel pesan kereta. Thanks infonya mba

  33. Waaah bisa dijangkau pakai kereta api ya? Dari dulu pengen banget ke Pekalongan mau lihat kyk apa sih kota batik ini 😀
    TFS infonya mbak 😀

  34. Aku mau mbaaa ke Pekalongan naik Kaligung. Udah bersih dan enak banget lah ini Kaligung. Dulu pernah naik Kaligung pas liburan ke Tegal, serombongan rame banget dengan keluarga besar.

  35. Seru banget mba bisa berwisata pake kereta api. Jadi inspirasi juga nih buat jadwal liburan nanti. Tfa mba.

  36. Kemarin baca-baca mengenai wisata BP2KP.
    Seru yaa…
    Wisata yang ramah anak dan bisa untuk keluarga.

    Gak perlu yang mahal…
    Tapi sudah bahagia.

  37. Kalau denger Pekalongan aku langsung tertuju sama batik aja nih terhayat ada banyak wisata disana ya.

  38. Informatif buanget inih…josss mb Tanti

  39. Ke Pekalongan nggak lengkap ya kalau nggak nyari batik ^_^

  40. Aku langsung bookmarked linknya, buat referensi jalan-jalan ke Pekalongan.
    Makasi ya Mba, ga pernah kepikir buat mampir ke sana kalau ga baca tulisanmu. 🙂

  41. Banyak tempat bagus ya di pekalongan ternyata! Aku suka cuma ngelewatin doang kalau mau ke Klaten, hihihi. Padahal pakai mobil, tapi karena ada misis tertentu, ya nggak bisa jalan2 santai.

  42. pekalongan hanya numpang lewat, wah banyak yang bisa dikunjungi ya

  43. Sekarang jalan-jalan naek kereta api sudah lebih nyaman ya, banyak fasilitas yang ditawarkan jadi bisa jadi alternatif transportasi yang diandalkan 😀

  44. Pernah ke wisata bahari tapi hape tempat simpan fotonya rusak huhu ilang deh dokumentasinya

  45. Kalau perjalanannya santai, memang asik naik kereta api
    Pemandangan sepanjang jalan itu memanjakan mata banget
    Rasanya betah aja duduk di samping jendela ya

  46. Waw catet, no 11 12 ya mbak bolehlah dicoba kalau nanti ke pekalongan, Saya termasuk yang suka Naik kereta kalau bepergian mbak

  47. Lengkap ya pemandangan di keretanya… Ada kuliner jg ga di deket stasiun?

  48. AKu lagi ngebayangin naik kereta api ke Pekalongan terus belanja daster batik yang banyak hehehe. Sekarang naik KA kelas ekonomi aja udah enak dingin pake AC dan harganya terjangkau. Plus kita pesan tiketnya via Pegipegi. Praktis banget ya dan gampang bayarnya juga.

  49. Aku mau banget ke Pekalongan lagi naik kereta api. Sepertinya asik. Apalagi sekarang sudah ada ojol ya, mau kemana-mana jadi mudah.

  50. Wah cucok nih. Pengen banget Jalan2 ke Pekalongan. Asyik dapat bocoran tempat2 yg bs dikunjungi.. n gak jauh dari stasiun. Makasih mbak.

  51. Nah..sama nih. Posisi duduk favorite saya klo naik kereta itu pasti yg deket jendela. Duuhh…pekalongan, jadi rindu dgn kota batik ini

  52. Aku pernah dong ke Pekalongan, tapi lewat doang pas ke Banyuwangi naik mobil, jd ngelewatin kotanya yg tengah malam gtu ,sepiiii cuma ada penyapu jalan yg udh sepuh. Trus dimana2 ada toko batik ya.. jd pengen ke Pekalongan akutu pas kotanya gemerlap

Leave a Reply

Required fields are marked *.