LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Botok Bongkrek Pekalongan
Botok Bongkrek Pekalongan

Resep Botok Bongkrek Khas Pekalongan

| 62 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, sudahkah tahu Resep Botok Bongkrek khas Pekalongan? Atau jangan-jangan malah baru sekali ini mendengar nama kuliner ini? Hehe… Kalau begitu, coba perhatikan foto berikut ini ya..

Botok Bongkrek Pekalongan

Botok Bongkrek Pekalongan

Nah, itulah penampakan salah satu menu khas Pekalongan yang bernama Botok Bongkrek. Bagaimana, apakah tampilan menu itu familiar buatmu? ☺

Beberapa waktu lalu, aku mengunggah foto itu di akun Instagramku @mechtadeera dan ternyata banyak teman berkomentar belum pernah tahu tentang menu itu…apalagi mencicipi nya ya? Hehe… Rupanya kuliner Pekalongan  satu ini masih kalah terkenal dengan Megono dan Tauto Pekalongan, dua menu khas Pekalongan lainnya..haha ..

Ok lah kalau begitu..ada baiknya melalui rumah mayaku ini, kuperkenalkan saja Botok Bongkrek ini ke khalayak ramai ya.. Hihi..gaya bener deh ngomongnya ya, macam blognya terkenal saja 😊 Tapi tak apalah ya..meskipun blog ini DA/PA nya masih ndlosor tapi tak ada salahnya ikut mempromosikan tentang kuliner daerah sendiri, bukan?

Yuk mariii…kita mulai saja mengenal tentang Botok Bongkrek ini ya.. eng ing eng….

Botok

Nah.. sebelum mengenal lebih jauh tentang Botok Bongkrek Pekalongan, mungkin teman-teman sudah tahu tentang makanan yang bernama BOTOK?

Kalau menurut Wikipedia, Botok adalah makanan khas Jawa yang awalnya terbuat dari ampas / bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya. Karena masih mengandung zat gizi, ampas kelapa ini tidak dibuang begitu saja namun dibumbui cabai, garam, merica dan daun salam, lalu dibungkus dengan daun pisang sebelum kemudian dimasak dengan cara dikukus. Variasi Botok ini cukup beragam, ada Botok Lamtoro, Botok Teri, Botok Udang, bahkan ada pula Botok Tawon yang terbuat dari campuran ampas kelapa dan larva lebah.

Naah…itu tentang Botok secara umum ya. Sebelum tinggal di Pekalongan, sejauh itu pula lah pemahamanku tentang Botok, itu sebabnya awalnya aku terheran-heran ketika pertama kali mengenal Botok Bongkrek Pekalongan 😅

Bongkrek / Tempe Gembus

Yang dimaksud dengan BONGKREK dalam tulisan ini dan merupakan salah satu bahan pembuatan menu Botok Bongkrek BUKAN TEMPE BONGKREK yang banyak diproduksi di daerah Jawa terutama Banyumas, melainkan sebutan orang Pekalongan terhadap TEMPE GEMBUS.

Nah, Tempe Gembus itu sendiri adalah jenis tempe yang terbuat dari ampas tahu yang ditambah dengan ragi, lalu dibungkus dan difermentasikan. Selain diolah sebagai bahan sayur, gembus biasanya dijadikan lauk, dengan digoreng tepung ataupun dibuat bacem. Nah, ini dia penampakan Tempe Gembus yang disebut Bongkrek oleh orang Pekalongan :

Tempe Gembus

Tempe Gembus ( Foto : detik food )

Botok Bongkrek Pekalongan

Nah…setelah mengenal tentang Botok dan Bongkrek Pekalongan alias Tempe Gembus, mari kita sekarang mengenal tentang Botok Bongkrek, salah satu menu khas Pekalongan yang sama sekali berbeda dengan kuliner Botok pada umumnya!

Berikut adalah resep Botok Bongkrek khas Pekalongan… Ohya, resep berikut ini kudapatkan dari salah satu teman Blogger Pekalongan yaitu mba Vanya Rina yang juga telah memposting resep ini di akun instagramnya @vanya_rina . Dijamin maknyuuuus deh hasil masakannya…

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Botok Bongkrek khas Pekalongan

  • Satu papan Bongkrek (kira-kira 250 gr), iris bentuk kotak-kotak kecil
  • Setengah butir kelapa yang agak muda, diparut
  • 6 buah Tahu kulit / tahu putih
  • 2 buah Mentimun (boleh skip)
  • 2 batang Bawang Daun, diiris tipis

Bumbu-bumbu Botok Bongkrek khas Pekalongan

  • 8 siung Bawang Merah
  • 4 siung Bawang Putih
  • 5 bh Cabe rawit (boleh skip)
  • 1 sdt Ketumbar
  • 2 cm Kencur
  • 1 sdt Terasi
  • 2 ruang Lengkuas, geprek
  • 3 lbr Daun Salam

Cara memasak Botok Bongkrek khas Pekalongan

  1. Haluskan semua bumbu, kecuali Lengkuas dan Daun Salam
  2. Siapkan air setengah panci ukuran sedang (kira-kira 2 liter), masukkan bumbu halus (jangan ditumis), lengkuas dan daun salam, didihkan.
  3. Setelah mendidih, masukkan bahan-bahan lain : irisan Bongkrek, Tahu, irisan Bawang daun dan Kelapa parut, tunggu hingga semua bahan matang
  4. Angkat dan sajikan bersama kerupuk dan Sambal Kacang

Sambal Kacang : haluskan Cabe Rawit, Terasi, Kacang Tanah goreng, Garam dan Gula Merah. Tambahkan sedikit air.

Berikut ini post mbak Rina tentang Botok Bongkrek khas Pekalongan :

https://www.instagram.com/p/BrZbZ1ug8Jr/?igshid=1c7qph3f2v8y5

Nah.. kalau teman-teman sedang ada di Pekalongan, jangan lupa mencicip menu satu ini ya.. Rasa lezatnya gak kalah dari Megono ataupun Tauto Pekalongan lho..hehe.. Kalau foto pertama itu saat aku mencicipi Botok Bongkrek di Peken Batikan Pekalongan, terlihat ada variasi bahannya yaitu adanya irisan Putren (Jagung muda) dan Daun Melinjo (So). Ya, memang ada beberapa variasi bahan sayur ini.

Baca pula : Mencicip Kembang Pari di Peken Batikan Pekalongan

Oh ya, ada banyak penjual Botok Bongkrek di Pekalongan, salah satu yang juga terkenal lezatnya adalah Botok dari Warung Mbak Isah di Pekajangan Gg 10. Di sana, teman-teman bisa mencicipi Botok Bongkrek ini dengan kluban atau yang terkenal sebagai Kluban Botok. Ada pula Kluban Pindang Tetel. Dua-duanya Maknyuuuus…

Kluban Botok mba Isah

Yang ini Kluban Botok ala Mba Isah Pekajangan

Baca juga : Makan Kluban ala Pekalongan

Sahabat Lalang Ungu, itulah sekilas perkenalan dan resep Botok Bongkrek khas Pekalongan. Adakah teman-teman yang sudah pernah mencicipi kuliner ini? Atau adakah kuliner sejenis ini di daerah teman-teman? Bagi kisahnya di kolom komen yuuk…

62 Comments

  1. Kalau ke Pekalongan wajib nyoba kuliner ini mba. Murah meriah tapi sedep dan ngangenin. Kalau aku sukanya pake sambel kacang yang banyak. Jadi lebih nendang dan kaya rasa.

  2. Waaah, pagi2 baca resep bothok jadi lapeeer. Kalau pas kecil, ibuku suka bikin bothok dari biji mlanding, Mbak. Enak banget ya Allah :3
    Kapan2 mau nyobain bothok yg pake gembus juga ah pake resep ini

  3. Laper aku mba liat botot bongkrek ini, aku pernah liat di IG nya juga hehehe.. nanti tak coba bikin .. btw apa bedanya tempe gambus dengan tempe pada umum nya mba?

    • Kalau tempe biasa kan hasil fermentasi dari kedelai mba..nah kalau tempe gembus ini fermentasi dari ampas tahu.. jadi beda di bahan pembuatannya mba

  4. Sama deh mba aku juga sering ke Pekalongan malahan baru tau ini. Coba nanya om ku ah kalo mudik, bisa dibeli dimana. Hihi

  5. Saya penasaran dengan tempe gembus. Kayaknya tekturnya lembut gimana gitu, ya. Sayangnya di sini gak ada yang jual tempe gembus

  6. Botoknya beda dengan yang biasa aku makan ya mba ini. Kalau di tempatku adanya oncom mbak gak ada tempe bongkrek kay agitu. Duh jadi penasaran pingin nyobain botok bongkrek.

  7. Kalau makan botok teri sudah pernah, yang bongkrek mah belum.
    Pekalongan kaya kuliner juga, ya.
    Saya kira yang bikin masakan lezat adalah kelapa. Parutan kelapa atau santannya adalah penyedap rasa alami. Gurih dan ada rasa manisnya. Saya suka makanan bersantan. Resep sederhana tetapi rasa luar biasa.

  8. Oalah, persepsi tentang botoknya udah beda banget kita ya mba. Kalau dari bahan2 yang ada di atas sih sebenarnya lebih cocok disebut oblok2 kalau orang Semarang bilang hehehee… Enak lho oblok2 gembus gini, kesukaanku nih. Hanya saja klo oblok2 ga pake ketumbar. Bisa nih dijadiin modifikasi masakan di rumah.

    Tingkiuuu ya mba untuk pengetahuan baru soal botok bongkrek khas Pekalongan ini.

  9. Bumbunya memang bumbu botok ya, meski cara memasaknya beda.
    Patut dicoba

  10. Aku selalu salut dengan orang Jawa, tingkat kreatifitasnya tinggi banget. Bahkan ampas kelapa dan ampas tahu pun bisa diolah menjadi makanan yang menggoda selera.

  11. Saya termasuk yang kurang familiar dengan botok bongkrek, Mbak 🙂
    Pertama kali saya bca judulnya yang saya bayangkan botok bongkrek itu mirip dengan botok lamtoro dan botok teri yang sudah sering saya santap.
    Ternyata beda ya, Mbak.

  12. Resep baru ini buat saya. Izin saved ya. Melihat bahan bahannya mudah didapat suatu saat harus coba nih. Mengolah tempe dengan cara lain yang unik

  13. Oh beda ya botok khas Pekalongan dengan Semarang.
    Ini mirip oblok-oblok, karena ada tambahan bahan lain. Kalo botok Semarang itu cuma kelapa parut sama teri atau mlanding plus cabe

  14. di sini ada gak ya tempe bongkrek kayaknya gak pernah lihat di tukang sayur, btw makasih resepnya

  15. aku belum pernah makan ini, nih, tahunya pekalongan itu tauto aja hehehe, kapan-kapan wajib coba ah

  16. Oh te.pe bongkrek tu tempe gembus ya mbak, kalo di Cirebon tempe bongkrek tu tempe yg warnanya agak orange trs bau gitu. Aku brlum pernah nyobain nih, pankapan kalo ke Semarang bawain to mbak hehehhr…

    • Orang Pekalongan nyebut gembus dengan kata bongkrek..hehe..Gak tahan lama ki kalau dibawain..tuk ke Pekalongan saja..ehhe..

  17. aku baru denger nih… penampakannya bikin pengen nyoba hehe. Aku juga penasaran sama sambel tumpang, mba, katanya itu juga sama dari tempe

    • Tampilannya juga agak mirip sayur tumpang mbak..nah kalau sayur tumpang memakai tempe bosok sebagai salah satu bumbunya

  18. Namanya bikin penasaran, daaaan ternyata bongkrek=gembus 🙂
    Lupa-lupa ingat pernah nyoba belum, tapi bisa mempersepsi rasanya sih: gembus dibikin bothok. Kalau di warung langganan, hampir mirip oblok-oblok lah ya, tapi bothok lebih kesat.

  19. tolong jelaskan, apakah sesungguhnya tempe gembus itu terbuat dari tahu? jadi ga berbiji kedelai yang besar selayaknya tempe?

  20. Wah, aku baru tahu dan baru dengar makanan ini lho mbak, aku suka banget botok, entah botok telur asin, atau botok teri, kayaknya ini bakal jadi makanan favoritku juga dehhh..ngilerrr

  21. Aku belum pernah nyobain botok bongkreknya tapi bisa nih kapan-kapan nyobain resep yang di tulis mbak tanti di sini atau pas main ke Pekalongan bisa ngerasain langsung 🙂

  22. Aku suka botok yang pake lamtoro dan tempe gembus ini. Keliatannya enak nih. Biasanya Tempe gembus cuma aku goreng.

  23. Kalo nama botok keknya saya sering dengar. Tapi kalo bongkrek emang baru dengar, hehe. Ternyata masih banyak makanan khas daerah yang belum saya ketahui

  24. Pernah denger aja namanya tapi ga tau penampakannya, apa lagi mencicipinya. Kayaknya sedap juga, ya.

  25. Aduh batok ini favorit akuh banget nih, tapu mau bikin kagok jg soale di rmh yg suka cuman aku jd mending beli aja hehe

  26. aku mba baru tau nama makanan ini dan liat penampakannya jadi penasaran mau cobain :p tapi suka males masak 😀

  27. Aku pikir yang namanya bothok itu sesuatu yang dibungkus daun pepaya.
    Hehehe…salah ternyata yaa…
    Nikmatnya makan bothok ini pasti sama nasi hangat.

  28. Belum pernah nyobain makanan ini mba. Jadi tau Pekalongan ada makanan khas juga ya, ga cuma batik aja .

  29. Alhamdulillah pas keliling syawalan kemarin disajikan oleh temenku botok bongkrek, enak seger tenan. Kapan2 aku mau buat ah

  30. Dulu aku juga ngiranya botok itu yang pepesan dengan kelapa
    eh mas suami seering menyebut sayur gembus dengan botok bongkrek, jadilah dia menjelaskan usul asal nya kepadaku

  31. Baca tempe bongkrek jadi inget kisah dongeng dukuh paruk, ternyata tempe bongkrek diolah jadi menu yang sungguh menggoda ya, jadi penasaran sama rasa dari botok bongkrek ini

  32. Aku jadi pengen nyobain deeh mba.. rasanya khas pasti yaaa. Aku pecinta tempeee soalnya

  33. Aq jg blum tau botok bongkel nih. Loh botok itu dr ampas? Klo ibuku bkin ya sarinya ikutan sekalian krena pkenya kelapa yg msh muda.

  34. Oalah, gembus to. Pas baca judulnya kupikir tempe yang sudah tuek alias bosok, Mbak. Soale ibuku kemarin buat botok.

    Ntar deh, kubikin juga. Penasaran sama rasanya. Karena biasanya gembus itu kugoreng tipis-tipis, terus kukasih tepung. Lalap deh pakai cabe ijo. Ya Allah, ngetik ini sambil ngiler.

  35. Wah, kapan2 kalo ke Pekalongan lagi musti coba botok bongkrek ini deh. Biar nggak penasaran lagi

  36. pengen cobain resepnya pasti kayaknya enak banget dan orang rumah suka nih , makasih mbak postingannya

Leave a Reply

Required fields are marked *.