LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

3 Jenis Minuman Herbal yang Nikmat Berkhasiat

| 61 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia ya… Sahabat, dalam tulisanku kali ini aku akan menuliskan tentang 3 jenis minuman herbal yang nikmat berkhasiat. Wah, tumben-tumbenan nih nulis tentang minuman sehat, apakah latah karena banyak yang sedang membahas pencegahan virus Corona dengan ramuan herbal?

Ya, boleh saja kalau ada yang mengartikan begitu. Tulisan ini memang terinspirasi dari berita-berita yang menyatakan manfaat rimpang khususnya dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk konon katanya bisa mencegah virus Corona yang sedang trending di seantero jagad raya ini. Membaca berita-berita tersebut, aku lalu teringat pada minuman / wedang herbal yang selama ini memang kami konsumsi sehari-hari, karena kebutuhan masing-masing anggota keluarga kami. Mau tahu? Nah…inilah ke-3 minuman herbal sederhana yang nikmat berkhasiat tersebut :

3 Jenis Minuman Herbal yang Nikmat Berkhasiat

1. Wedang ASERE

Jangan terkecoh dengan namanya ya, karena itu hanyalah penamaan di keluarga kami saja, untuk wedang (minuman hangat) yang terbuat dari Apel Hijau dan Sereh (sebutan lainnya : serai / kamijoro) 😀

Awalnya aku mendapatkan resep ini dari kiriman seorang teman melalui WA group beberapa tahun lalu, karena ia mengetahui bahwa aku seringkali merasakan sakit / nyeri pada lutut dan pinggang. Sebelumnya aku rutin menjalani terapi sinar di salah satu RS di kota kami, namun kurasakan keluhanku tak banyak berkurang dan suatu saat waktu terapi yang biasanya bertepatan dengan hari liburku berganti jadwal menjadi hari kerja. Aduuh…aku kesulitan untuk izin seminggu sekali. Nah, kemudian aku mendapatkan resep Wedang Apel Sereh  itu darinya.

Manfaat Apel & Sereh ( Sumber : WAG)

Aku mencobanya dan alhamdulillah cocok, keluhan nyeri pada lutut dan pinggangku teratasi dengan rutin minum ramuan/wedang ini, bahkan ibu pun suka dan menyatakan bahwa rasa pegal-pegal pada boyok (pinggang) beliau hilang dengan rutin minum wedang apel sereh ini.  Cara membuatnya pun gampang. Mau tahu resepnya? Ini dia :

Bahan Wedang ASERE (Apel-Sereh)

  • Apel Hijau (2 buah)
  •  Sereh / Serai (5 batang)
  •  Air (3 gelas / hingga merendam semua bahan)

Cara membuat Wedang ASERE (Apel-Sereh)

Langkah pembuatan Wedang ASERE

  1. Cuci apel dan sereh dengan air mengalir;
  2. Potong-potong buah Apel (langsung dengan kulitnya) seukuran 2-3 cm;
  3. Memarkan pangkal batang Sereh lalu dipotong-potong sepanjang jari;
  4. Siapkan air ke dalam panci kecil, masukkan potongan Apel dan Sereh, masak dengan api kecil hingga potongan apel lunak dan air menyusut hingga sekitar 1 gelas;
  5. Dinginkan sejenak, tuang dalam gelas/cangkir, siap dinikmati hangat-hangat.

Nah,bagaimana..gampang bukan cara membuatnya? Bisa diminum pagi atau sore hari, kalau kami sih biasanya membuat ini sore/malam.. Tak perlu ditambah gula, madu atau pemanis lainnya karena ada rasa manis ‘tipis-tipis’ dari buah Apelnya dan ada rasa serta aroma khas dari Sereh.  Sedaap..

Baca Juga : Wedang Apel Sereh

2. Wedang SIRLAM

Wedang herbal kedua yang rutin dibuat untuk dikonsumsi di keluarga kami adalah Wedang Sirlam. Hayoo..singkatan dari apakah nama itu?

Daun Sirsak dan Daun Salam adalah komposisi dari minuman herbal kedua ini. Kalau minuman dari Apel dan Sereh adalah kesukaan aku dan ibu, maka minuman yang kedua ini rutin dikonsumsi oleh adikku dan isterinya sebagai salah satu upaya untuk menjaga kesehatan mereka, antara lain menjaga stabilitas kolesterol, mencegah batu ginjal, menstabilkan kadar gula darah, mencegah naiknya purin (asam urat). Daun Sirsak bisa untuk mencegah tumor sedangkan Daun Salam melindungi dari radikal bebas. Rasanya sepat cenderung pahit (namanya juga jamu ya..hihi..), itu sebabnya aku jarang ikut meminumnya 😁

Bahan Wedang Sirlam

  • 9 helai Daun Sirsak tua
  • 5 helai Daun Salam
  • 4 gelas air

Langkah pembuatan Wedang Sirlam

  1. Cuci bahan-bahan dengan air mengalir;
  2. Potong dan buang semua ujung daun;
  3. Rebus dalam panci dengan air yang sudah disiapkan menggunakan api sedang sampai mendidih dan air surut sekitar 1 gelas;

    Rebusan Daun Salam dan Sirsak

    Daun Sirsak & Salam direbus

  4. Dinginkan sebentar lalu wedang siap diminum.

3. Wedang Empon-empon

Nah minuman herbal yang terakhir ini baru beberapa kali kami buat karena penasaran setelah seringkali mendapat kiriman resep via WAG. Kami namakan Wedang Empon-empon karena minuman hangat ini terbuat dari beberapa jenis empon-empon. 

Oya, Sahabat sudah tahu tentang empon-empon ini?

Empon-empon adalah istilah dari Bahasa Jawa, berasal dari kata ’empu’ yang mempuyai arti ‘rimpang induk’ atau ‘akar tinggal’. Jadi istilah empon-empon ini digunakan untuk menyebut kelompok tanaman yang mempunyai rimpang / akar tinggal. Contohnya : Jahe, Kunyit, Kencur, Temulawak, Temuireng, Temugiring, dll.

Bahan Wedang Empon-empon

Bahan Wedang Empon-empon

Bahan Wedang Empon-empon

  • Jahe 2 potong sebesar ibu jari
  • Temulawak 1 ruas ibu jari
  • Kunyit 1,5 rimpang sebesar ibu jari
  • Sereh 3 batang
  • 4 gelas air
  • Madu bila perlu

Cara membuat Wedang Empon-empon

  1. Cuci semua bahan dengan air mengalir;
  2. Untuk Jahe dapat dibakar sebentar sebelum dimemarkan;
  3. Memarkan bahan-bahan lainnya;
  4. Rebus bahan-bahan dalam air yang sudah disiapkan dengan api sedang sampai mendidih dan air surut hingga sekitar 2 gelas;
  5. Dinginkan sebentar lalu masukkan ke dalam gelas;
  6. Bila perlu, tambahkan madu secukupnya / sesuai selera, aduk dan Wedang Empon-empon siap diminum hangat-hangat.

Harapan kami dengan khasiat dari masing-masing bahan itu mudah-mudahan bisa meningkatkan imunitas tubuh kami dan menjaga tubuh tetap bugar.

Nah, Sahabat Lalang Ungu, itulah ketiga minuman herbal yang sederhana (mudah dibuat) namun rasanya nikmat dan penuh khasiat, yang telah kami konsumsi dalam keseharian keluarga kami. Mengkonsumsi minuman herbal ini merupakan salah satu upaya kami mewujudkan pola hidup sehat,   selain mengatur pola makan, olahraga teratur, tidur cukup, dll.  Nah, bagaimana dengan teman-teman adakah tips sehat lainnya? Yuk, bagi di kolom komen ya…

61 Comments

  1. wedang empon empon kayaknya paling gampang buat dicari bahannya, besok saya bikin deh udah catet bahan sama cara buatnya juga makasi mba udah sharing :*

  2. Sekarang empon2 mahaaaallll Mbaaaa
    Harganya naik drastis, gegara corona effect, hiks hiksss…
    semoga kita semua sehaaattt ya

  3. Terima kasih untuk sharingnya, mbak. Ini bermanfaat banget. Akan aku coba bikin untuk keluarga yang di rumah 🙂

  4. aku seringnya jahe dan sereh.. belum pernah padukan sereh dengan apel, apalagi daun salam dan sirsak. sepertinya boleh juga nih dicoba..

  5. Kebetulan mau bikin empon2 tapi cuma jahe & kunir. Lainnya nggak doyan huhuuuu padahal penting khasiatnya buat sekarang ya. Btw makasih tipsnya. Bahannya udah ngumpul tinggal eksekusi.

  6. yang untuk regenerasi tulang lutut bisa dicoba nih hehe

  7. Wah aku baru tau mbak Wedang Asere ini, biasanya aku di rumah rajin bikin rebusan jahe dan sereh dicampur gula aren aja 🙂

  8. Biasanya kalo ngga enak badan aku langsung minum wedang jahe sama wedang uwuh. Baru tahu apel hijau sama sereh bisa mengatasi nyeri tulang lutut, coba saya infoin ke papa saya ya. Makasih infonya

  9. Wah aku belom coba nih resep di atas. Biasanya aku cuma cemplung-cemplungin aja kapulaga, cengkeh, kayu manis, sereh, jahe, tanpa tahu namanya apa hahaha

  10. Waah setuju nih… bisa banget buang racun dalam tubuh biar tubuh fit dan terlindungi dari berbagai virus penyakit.

    Semoga kita sehat selalu. Makasih sharingnya mba

  11. Wedang sirlam dan asere baru tahu nih mbak. Noted dulu artikelnya bermanfaat banget mbak.

  12. Alhamdulillah dapet pengetahuan baru. Mau nyoba bikin deh. Ijin share ya Mbak.

  13. Baru tau soal wedang asere, mbak, makasih banget infonya. Kebetulan aku gak doyan makan apel ijo haha jadi direbus aja yaa jadi wedang 😀

  14. Wedang ASERE kyknya menarik…

    (Eh, kalau ditambah jahe namanya jadi Wedang ASEREJE, gak ya? 😀 )

  15. Baru dengar wedang asere. Wah pengen nyoba banget. Soalnya saya langganan sakit pinggang dan lutut.

  16. Mba, aku pengin nyobain yang wedang apel dan serai itu. Tiap hari dibuatin ibu godogan serai dan jahe. Boleh juga nih yang pake apel, untuk ibu cocok kayaknya karena ada keluhan di lututnya.

  17. Dulu saya rutin bikin minuman hangat dari sereh, jahe, dan kunyit, tambah madu dan jeruk lemon, rasanya seger dan enak. Eh sekarang malah jarang bikin karena malas belanja ke pasar, baca artikel ini jadi pengen rutin bikin lagi

  18. Kalau pas ke resto favorit dikotaku, Warung Yogja, aku terkadang pesan Teh Jahe Serai Gula Aren.

    Nampol banget!
    Apalagi kalau saat gejala flu, terus minumnya usai hujan. Di antara redup lampu resto dengan latar belakang lampu malam kota.

    Begh,,, so romantic, indeed!

  19. Wah wah, aku langsung eksekusi mau bikin wedang asereh, secara aku suka apel dan suka wanginya sereh, xixixi. Mayan kan kalo bisa regenerasi tulang lutut, biar sehat sampai tua. 🙂

  20. Belum pernah coba yang nomor satu dan dua, pernahnya nyoba yang nomor 3, itupun dibuatkan sama nenek. Next deh coba yang nomor 1 dan 2 hihi

  21. Minuman herbal kita ternyata selain menyehatkan juga menyegarkan ya mbak.. aku juga sering bikin wedang empon empon itu. Kalau asere malah belum pernah coba.

  22. Saya baca Wedang Asere kok jadi aserehe ya mbak, hehe.

    Saya dan keluarga saat ini -terutama sejak kasus Corona merebak- jadi rajin minum wedang tradisional nih mbak. Karena bisa meningkatkan stamina tubuh sehingga virus nggak mudah masuk.

    Khusus Wedang Asere itu menarik sekali karena baru tahu ada campuran apelnya. Apel aja sudah sangat menyehatkan ya apalagi dicampur sereh, manfaatnya jadi bertambah :).

  23. Sedep2 nih kayanya. Aku pengen nyobain yg asere. Abangku beberapa bulan ni ngelih lututnya suka sakit. Siapa tau minum ni jd sehat. Thanks for sharing mbak

  24. Semuanya baru tau satu2nya wedamg yg familiar di aku cuma wedang uwuh. Alhamdulillah ya mbak Indonesia kaya dengan herbal gini hehe

  25. Wow..mupeng ma aserenya..mudah bgt buatnya nt bikinlah kpn2 mmg kita hrs meningkatkan imunitas kita biar strong hadapi Corona

  26. Kaget aku pas baca apel dicampur sereh. Hehe.. Belum bisa mbayangin seperti apa rasanya. Tapi pengen nyobain juga buat stamina badan.

  27. Aku paling yang kepengen bikin adalah apel sama sere
    kelihatannya enak banget mba. Aku pengen bikin dua gelas jadi tinggal apelnya dan sere dikalilipat ya?

  28. yang sering maya dan keluarga buat wedang empon-empon aja, wedangnya juga ditambah kayu secang yg bagus buat syaeraf. Maya tertarik dengan wedang aserenya, ntar kapan-kapan nyoba. Makasi resep wedangnya mb

  29. Ibu nih lagi rajin bikin wedang empon-empon. Isiannya diubah-ubah dengan mengikuti fungsi dari masing-masing rimpangnya. Enak pokmen mba. 🙂

  30. Terima kasih infonya, mbak. Akhir-akhir ini kami suka membuat wedang empon-empon. Saya jadi mulai terbiasa. Sehat terus, ya

  31. Pingback: Kala Corona Melanda |

Leave a Reply

Required fields are marked *.